999 +
0
205
0
9 Cara Jitu dan Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak
4 months 'ago'

Demi menguasai Bahasa Inggris, banyak orang yang rela menggelontorkan banyak dana. Cara yang ditempuh mulai dari mengikuti kelas kursus bahasa Inggris, mendatangkan guru privat Bahasa Inggris ke rumah, hingga les privat dengan jaminan pasti bisa speaking dalam waktu singkat, yang biayanya lumayan menguras kantong.

Padahal, mempelajari bahasa Inggris bisa saja dilakukan secara otodidak. Tidak sedikit mereka yang pada akhirnya menguasai bahasa Inggris dengan baik adalah mereka yang mempelajarinya sendiri secara konsisten, dan tentunya nyaris tanpa biaya! Lalu bagaimana cara belajar bahasa Inggris secara otodidak? Simak ulasannya berikut ini :

 

9 Cara Jitu dan Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

 

1. Tanpa niat yang kuat, tidak mungkin Anda bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak

Niat adalah nyawa dari suatu usaha. Tanpa niat yang kuat, upaya apa pun tidak akan bertahan lama. Hasilnya, apa yang dicita-citakan akan gagal diraih. Begitu pun untuk mempelajari Bahasa Inggris. Step paling pertama, Anda harus memiliki niat yang kuat dulu sebagai pondasi Anda.

Bagaimana cara membangun niat yang kokoh, yang tidak hanya panas di awalnya saja? Ingatlah bahwa informasi dan teknologi dunia saat ini disebarkan dalam bahasa Inggris. Bahasa dalam operating system, berita dunia terhangat, dan lain-lain mayoritas menggunakan bahasa Inggris.

Belum lagi saat Anda akan mendaftar beasiswa atau melamar kerja di perusahaan yang kredibel, kemampuan Anda berbahasa Inggris menjadi salah satu poin yang bakal sangat dipertimbangkan.

Apalagi jika Anda bekerja di instansi pemerintah atau kementerian yang ada kalanya mendatangkan penyuluh atau undangan khusus dari luar negeri. Kebisaan Anda mengaplikasikan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan saat itu, sangat dibutuhkan.

 

2. Malas membaca? Jangan mimpi bisa menguasai Bahasa Inggris secara otodidak

Belajar bahasa Inggris secara otodidak berarti Anda belajar bahasa Inggris tanpa ada guru yang menjelaskan penggunaan kata atau tata bahasa Inggris secara langsung kepada Anda.

Yang paling diandalkan dalam proses belajar bahasa Inggris adalah Anda sendiri. Maka, Anda harus pro aktif mencari informasi dan memahamkan diri tentang Bahasa Inggris. Dan salah satu jendela utamanya adalah dengan membaca.

Membaca disini bukan berarti Anda harus membaca artikel bahasa Inggris yang dipenuhi dengan kata-kata asing yang Anda sendiri belum mengerti. Tapi lebih pada membaca penjelasan tentang penggunaan kata-kata dalam bahasa Inggris, berikut grammar-nya.

Anda patut bersyukur karena untuk mendapatkan bahan pelajaran kini super gampang. Selain lewat buku, Anda bisa belajar bahasa Inggris hanya dengan mengetik kata kunci di Google dan Anda pun akan mendapat berbagai artikel saran untuk membantu Anda.

Anda tidak perlu terburu-buru untuk melahap semua pelajaran bahasa Inggris melalui teorinya. Pelan-pelan saja, mulai dari dasarnya seperti perkaya perbendaharaan kata (noun, verb, adjective, adverb), memahami penerapan tenses simple present, simple past, dan seterusnya. Setahap demi setahap.

Coba praktekkan ini : buat jadwal 1 bab pelajaran yang harus Anda kuasai dalam 1 minggu. Misal, minggu pertama Anda targetkan permantap Tenses Simple Present. Dalam sehari Anda membaca dan mempelajari topik tersebut sekurang-kurangnya 30 menit. Bisa Anda kerjakan di tengah istirahat kuliah atau kerja.

Atau kalau mau lebih bagus lagi pelajari sebelum Anda tidur malam. Karena beberapa saat sebelum tidur adalah waktu paling baik untuk menyerap dan menyimpan pelajaran ke dalam otak.

Kalau Anda mampu dan punya waktu lebih lowong, Anda bisa menargetkan menguasai 2 bab dalam 1 minggu. Misalnya bab Tenses simple present plus simple past.

 

3. Labeli benda dengan nama bahasa Inggrisnya

Khusus untuk kata-kata benda, cara cepat dan fun untuk mudah menghapalnya adalah dengan melabeli benda tersebut dengan nama bahasa Inggrisnya. Anda bisa menggunakan kertas dan isolasi bening.

Misalnya, tempelkan nama “wardrobe” di lemari pakaian, “refrigerator” di lemari es, “drawer” di laci, “stove” di kompor, dll.

Cara ini lebih ampuh membuat Anda menghapal kata benda tanpa harus terlalu memeras otak. Dan terbukti lebih efektif dari menuliskan daftar puluhan kata bahasa Inggris berikut artinya di secarik kertas lalu menghapalnya.

Tapi ingat, benda-benda yang layak Anda labeli adalah benda yang bukan sedang dan akan Anda kenakan. Anda tentu tidak mau dibilang aneh karena label kata bahasa Inggris di pakaian yang Anda kenakan, kan?

 

4. Nonton film atau video berbahasa Inggris

Ini salah satu cara belajar bahasa Inggris secara otodidak yang paling seru dan menyenangkan: Menonton film. Film yang Anda nonton bisa film berbahasa Inggris subtitle Indonesia, atau film berbahasa Indonesia subtitle Inggris.

Dalam proses belajar dengan menonton ini, Anda perlu buku catatan, pena, kamus (buku atau elektronik) dan remote control (jika menonton lewat TV) karena Anda akan sering-sering menekan tombol pause film. Disarankan untuk menggunakan kamus elektronik seperti aplikasi kamus smartphone agar pencarian kata lebih cepat.

Cara belajar dengan menonton ini pun sangat mudah. Untuk pemula, putarlah film berbahasa Indonesia ber-subtitle Inggris dulu. Sambil menikmati jalan cerita film, pause film di part yang menurut Anda penting untuk Anda ingat bahasa Inggrisnya.

Di buku catatan, tuliskan judul film. Saat menemukan kata baru, frasa, atau kalimat penting, catat beserta artinya. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah mengingat kata atau istilah Bahasa Inggris karena ingatan Anda berasosiasi pada film tertentu.

 

5. Speaking, dan jangan malas buka kamus dan googling

Untuk menguasai suatu bahasa, tentu saja harus memperkaya kosakata bahasa tersebut. Kamus adalah ensiklopedia kata. Buat Anda yang serius ingin mempelajari bahasa Inggris secara otodidak, aplikasi kamus adalah aplikasi wajib yang harus ada di handphone Anda. Installah aplikasi kamus yang lengkap dengan cara pengucapan dan bookmark untuk menyimpan kata.

Lalu bagaimana memanfaatkan kamus secara efektif? Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris tentang apa pun yang Anda pikirkan. Saat tersendat pada kata tertentu, segera cari bahasa Inggrisnya dalam aplikasi kamus. Hapalkan, lapalkan, dan simpan di bookmark agar Anda dapat dengan mudah menemukan kembali kata tersebut.

Dengan cara ini, Anda akan menambah kosakata dengan kata sehari-hari yang Anda butuhkan. Dan, jika menemukan kata atau istilah bahasa Inggris yang tidak Anda dapatkan maknanya dalam kamus, jangan enggan untuk mencarinya di google.

Ingat bahwa mencari kata di kamus atau dengan googling ini sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu kurang dari semenit. Jadi tidak ada alasan untuk malas melakukannya jika Anda ingin memperdalam bahasa Inggris Anda.

 

6. Dengarkan lagu bahasa Inggris, cari arti liriknya

Cara fun lain belajar bahasa Inggris selain dengan menonton film adalah dengan mendengar musik! Anda cukup mendownload sejumlah lagu berbahasa Inggris favorit dan mencari lirik beserta arti liriknya.

Dengan metode ini, Anda akan mempelajari bahasa Inggris per kalimat atau per frase dan bukan per kata. Dimana cara ini juga sangat baik untuk membuat Anda mempelajari kalimat dalam Bahasa Inggris secara utuh, lengkap dengan grammar-nya.

Jika ingin lebih detail, Anda bisa mencari arti per kata yang belum Anda ketahui artinya dalam lirik tersebut. Lakukan cara ini sekurang-kurangnya 1 lagu per minggu.

 

7. Hapal minimal 1 kata baru per hari

Ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat bukan berarti Anda harus terburu-buru, dengan menghapal belasan atau puluhan kata per hari. Cukup beberapa kata atau 1 kata per hari saja sudah lumayan.

Kenapa? Karena otak kita butuh proses untuk menyimpan sebuah kata baru ke memori jangka panjang. Jika setiap hari kita memaksa otak untuk menghapal puluhan kata, Anda mungkin akan menghapalnya saat itu, tapi sepekan atau sebulan kemudian Anda sudah lupa lagi.

Untuk meringankan kerja otak, Anda boleh menghapal 1 kata saja per hari. Misalkan, kata “furious” yang artinya “sangat marah”, lalu gunakan dalam kalimat. Contohnya : “I am furious because you lie to me” (saya sangat marah karena kamu berbohong padaku)

Sediakan selembar kertas  untuk menulis daftar kata. Tulis kata, arti, berikut contoh kalimatnya di kertas tersebut. Tempelkan di tempat yang mudah Anda lihat, misalnya di samping cermin atau di pintu lemari. Besoknya, tuliskan lagi 1 kata baru, dan seterusnya.

Dalam sebulan, Anda menghapal kurang lebih 30 kata baru. Dan itu sudah sangat lumayan, dibanding tidak menambah kosa kata apapun dalam sebulan, atau menghapal ratusan kata yang tidak bertahan dalam ingatan.

Cara ini selain efektif menambah kosakata Anda, juga lebih ringan dijalankan utamanya bagi Anda yang memiliki kesibukan yang padat.

 

8. Manfaatkan medsos dan aplikasi chat

Sayang jika Anda hanya menggunakan media sosial sebagai ajang bergaul secara online dan unjuk diri. Karena fungsi medsos bisa lebih dari itu.

Agar apa yang Anda hapal bisa lebih “nempel” di ingatan, Anda bisa menggunakan kata tersebut dalam kalimat lalu posting sebagai status. Jika ragu, Anda boleh menanyakan benar tidaknya kalimat yang Anda buat ke teman yang lebih paham bahasa Inggris.

Ingat, Andalah yang harus membuat kalimatnya, dan teman Anda sisa mengoreksi. Bukan meminta teman Anda menerjemahkan kalimat Anda itu ke Bahasa Inggris. Karena, kalimat bahasa Inggris yang Anda buat dengan usaha Anda sendiri akan lebih mudah Anda ingat, ketimbang hanya terima jadi dari teman Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung di forum atau grup belajar bahasa Inggris yang sudah banyak bertebaran di medsos. Tambahkan teman dari negara lain juga bisa menjadi cara jitu memanfaatkan medsos sebagai media pembelajaran bahasa Inggris.

Yang harus Anda perhatikan, tetaplah berhati-hati dan selektif saat menambahkan teman. Tambahkan teman yang menurut Anda bisa memberi dampak positif bagi Anda.

Kunjungi grup dan beranikan diri memberikan komentar dalam bahasa Inggris. Jangan khawatir jika grammar Anda belum mantap. Karena mungkin admin atau teman akan mengoreksi, dan Anda pun akan belajar hal baru lagi. Anda bisa menjalankan metode ini di sela-sela aktivitas atau saat bersantai.

 

9. Dan kuncinya adalah KONSISTEN

Poin terakhir yang merupakan kunci dari segala keberhasilan adalah “konsisten.” Tanpa konsistensi, segala upaya hanya akan setengah matang, tidak menemui target yang diharapkan.

Salah satu trik jitu untuk bisa konsisten, pasang alarm di HP, yang disetel berulang tiap harinya. Misalkan, setiap jam 9 malam untuk menghapal dan menulis 1 kata baru. Atau setiap Sabtu jam 8 malam untuk mempelajari lirik lagu bahasa Inggris.

Jalankan schedule yang Anda buat secara konsisten, jangan anggap sebagai beban, tapi sebagai latihan menyenangkan untuk pencapaian yang memuaskan.

Oke, itu dia 9 cara jitu dan menyenangkan untuk mempelajari bahasa Inggris secara otodidak. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow