Home » Kongkow » Olahraga » 5+ Cara Supaya Habis Sahur Kamu Nggak Tidur Aja. Bisa Nambah Pahala Tanpa Buang Banyak Tenaga

5+ Cara Supaya Habis Sahur Kamu Nggak Tidur Aja. Bisa Nambah Pahala Tanpa Buang Banyak Tenaga

- Senin, 04 Juni 2018 | 14:20 WIB
5+ Cara Supaya Habis Sahur Kamu Nggak Tidur Aja. Bisa Nambah Pahala Tanpa Buang Banyak Tenaga

Tidur setelah sahur adalah godaan yang paling berat saat puasa. Padahal efeknya justru kurang bagus lho untuk tubuh. Selain bisa-bisa kamu kelewatan sholat subuh, tidur setelah makan sahur juga akan membuat badanmu terasa nggak enak saat bangun nanti. Oleh karena itu, kamu harus bisa menahan kantuk yang menyerang saat sehabis sahur.

Ada berbagai kegiatan anti-ribet, namun bermanfaat untuk kamu lakukan setelah sahur ini. Kegiatan ini bukan cuma sebagai alternatif daripada tidur setelah sahur, tapi juga ibadah tersembunyi yang semoga membawa dirimu dapatkan pahala di bulan suci. Apa saja ya? Simak kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah sahur selain tidur doang berikut ini.

1. Ramaikan group WhatsApp dengan sahabat. Biar berpahala, singkirkan dulu gosip-gosip seru tapi nggak bermanfaat

Ibarat zaman sekolah, kamu tetap bisa isi waktu setelah sahur dengan utak-atik ponsel buka group WhatsApp. Nah, untuk sekarang, kenapa nggak meramaikan lagi grup WhatsApp selepas sahur? Hitung-hitung mempererat tali silaturahmi ‘kan? Tapi karena sedang berburu pahala di bulan puasa, singkirkan dulu hasrat untuk menggosip ataupun ngomongin hal-hal yang nggak berfaedah ya. Mending berbagi info bermanfaat, misal soal toko online mana saja yang mengadakan promo gila-gilaan atau diskusi soal kebijakan tunjangan hari raya. Tuh, kurang bermanfaat apalagi hayo?

2. Mau pahala instan? Ini sih sudah jelas, isi waktu sehabis sahurmu dengan sholat sunnah lalu lanjutkan dengan mengaji selama 20 menit

Bulan puasa saatnya kamu gunakan waktu untuk mengejar pahala sebanyak-banyaknya. Untuk itu, kamu bisa isi waktu setelah sahur dengan shalat sunnah sambil menunggu adzan subuh berkumandang. Selain pahala tercapai, tubuhmu pun akan kembali fresh lantaran gerakan shalat selalu bisa membuat tubuh terasa lebih bugar dari sebelumnya.

Nah, habis sholat sunnah, lanjutkan dengan mengaji ya. Sambil menunggu adzan subuh berkumandang, cukuplah untuk mengaji sekitar 15-20 menit. Kalau kamu rutin melakukannya, qatam Al-Quran dalam sebulan sudah menjadi kenyataan. Bener nggak?

3.  Streaming pengajian atau channel-channel berfaedah di YouTube. Hitung-hitung biar ilmunya nambah

Daripada sibuk bikin stories atau update status melulu, mendingan kamu streaming pengajian di YouTube. Kamu bakal dapat ilmu baru tentang berbagai lini kehidupan. Apalagi sekarang teknologi sudah makin canggih, kamu cuma perlu buka YouTube sambil gegoleran di kasur sudah bisa menimba ilmu dari mana-mana. Kalau bosan streaming pengajian, coba deh cari cari channel-channel edukatif seperti “Kok Bisa” atau “National Geographic”. Mumpung otak juga lagi fresh-freshnya, gih, timba ilmu sebanyak-banyaknya.

4. Biar waktu luangmu berfaedah, beberes kamar kosan atau rumah boleh juga. Mumpung tenaga masih full-fullnya

Ketika berpuasa biasanya disarankan untuk tidak terlalu banyak lakukan aktivitas fisik. Maklum, namanya juga menahan haus dan lapar, oleh karena itu kamu harus pandai sekali mengatur aktivitas yang mengeluarkan tenaga. Seperti saat ingin beres-beres rumah atau kamar kos, lebih baik kamu lakukan setelah sahur. Karena pada saat itu tenaga sedang full-fullnya dan tubuh masih fresh sekali. Kalau rumah atau kamarmu bersih dan rapi, pasti lebih nyaman juga kan untuk dijadikan tempat menunggu adzan magrib berkumandang.

5. Biar nggak ngantuk, coba deh kepoin akun-akun kuliner atau restoran. Lumayan kan buat persiapan buka puasa nanti

Mungkin sekilas sangat menyiksa kalau harus membuka akun-akun makanan dan restoran saat kamu harus menahan haus dan lapar. Tapi kalau dilihat dari sisi positifnya, nggak semenyiksa itu kok. Hitung-hitung kamu mencari inspirasi kira-kira mau masak apa untuk buka puasa nanti. Atau mungkin kamu berencana bukber bareng teman? Cari saja dulu referensi tempatnya. Mumpung kamu baru saja sahur dan perut masih kenyang. Kalau buka-buka akun kuliner dan restorannya siang atau sore hari pas perut lagi lapar-laparnya, itu baru yang namanya nyiksa!

Puasa itu ada banyak waktu luang yang tersedia, namun kamu harus pandai mem-filter mana saja yang harus dikerjakan sewaktu puasa. Hal ini karena kamu tetap harus jaga kondisi badan agar ibadah puasa lancar. Begitu juga dengan waktu setelah sahur yang semestinya kamu bisa manfaatkan sebaik-baiknya. 

Cari Artikel Lainnya