Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 6 Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Berolahraga

6 Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Berolahraga

- Selasa, 24 September 2019 | 09:00 WIB
6 Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Berolahraga

Olahraga tidak akan menyehatkan apabila Anda mengonsumsi beberapa makanan sebelum berolahraga. Ahli gizi mengungkapkan ada beberapa bahan makanan yang membuat olahraga menjadi tidak maksimal. Berikut ulasannya.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mentah seperti kangkung, bayam, dan brokoli dapat menyebabkan ketidaknyamanan serius ketika Anda sedang berpergian. "Sayuran berdaun hijau dijamin menyebabkan perut distensi seperti banyak gas di perut dan kembung," ungkap Philip Goglia, Ph.D., penulis Turn Up The Heat: Unlock the Fat-Burning Power of Your Metabolism.

Lebih baik Anda mengonsumsi salad hijau sebelum berolahraga. Demikian dikatakan Katie Serbinski, pendiri dari Mom to Mom Nutrition. Salad ini sendiri hanya terdiri dari campuran buah favorit Anda dengan komposisi setengah cangkir sayuran, air, dan beberapa gandum kering atau granola.

2. Minuman olahraga
Sebagian besar merek minuman untuk olahraga di pasar menawarkan sedikit gizi namun terlalu banyak gula. "Minuman olahraga dapat menawarkan beberapa vitamin dan elektrolit. Tetapi kadar gula tinggi berjalan melalui sistem Anda dalam sekejap mata menyebabkan Anda lemas nanti," kata Serbinksi.

"Sebaliknya, memilih jus natrium seperi tomat yang menyediakan kalium, meningkatkan tekanan darah yang sehat, dan bahkan dapat membantu Anda tetap terhidrasi berkat kandungan rendah sodium," ujar Nancy Teeter, ahli diet.

3. Hummus dan kacang

Tidak diragukan lagi kacang merupakan sumber protein. Tapi jika dalam bentuk kemasan, hummus dan kacang sering mengandung banyak minyak.

4. Roti gandum dan Muffin

"Gluten terikat adalah inflamasi yang berarti mereka tahan air dan menyebabkan kembung," kata Goglia. Makanan tersebut menyediakan energi karena banyak gula tetapi efek samping yang jauh lebih besar daripada manfaatnya.

5. Makanan pedas

Tidak ada yang ingin merasakan kram, nyeri ulu hati setelah olahraga. Risiko tersebut dapat dialami ketika Anda makan makanan pedas sebelum olahraga. "Makanan dengan banyak rasa dan bumbu memerlukan banyak waktu untuk dicerna," kata Goglia.

6. Kue dan cokelat

Kue atau cokelat, banyak mengandung gula. "Jika Anda ingin mengonsumsi cokelat atau kue, pastikan ia menawarkan setidaknya 50 persen gula sehat 50 persen kandungan lemak.

Cari Artikel Lainnya