Home » Kongkow » Travel » Surga Wisata Air Blambangan: Gunung atau Pantai

Surga Wisata Air Blambangan: Gunung atau Pantai

- Sabtu, 08 Mei 2021 | 13:00 WIB
Surga Wisata Air Blambangan: Gunung atau Pantai

Artikel ini bertujuan untuk memudahkan anda menemukan tempat wisata di Banyuwangi yang paling indah, terbaru dan di rekomendasikan untuk anda jelajahi. Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru yang harus segera Anda explore. Kami sajikan beberapa tempat dengan 2 macam wisata alam anda termasuk yang mana, anak gunung atau anak pantai? 

Wisata Air Terjun

1. Air Terjun Selendang Arum

Lokasi: Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi

SONGGON – Air terjun (waterfall) dengan pesona memukau baru ditemukan di lereng Gunung Raung, aliran Sungai Badeng, tepatnya di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Air terjun tersebut berketinggian sekitar 20 meter. Air terjun satu itu dinilai lebih indah dibandingkan dengan air terjun Lider di Dusun Lider, desa setempat. Keistimewaan air terjun Selendang Arum terlihat di dinding tebing yang dialiri air.

2. Air terjun Tirto Kemanten

Lokasi: Kalibaruwetan, Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi

Penduduk sekitar menamakan air terjun ini sebagai Tirto Kemanten karena ada dua aliran air yang sepintas mirip jejeran pengantin pria dan wanita. Air terjun Tirto Kemanten ditemukan oleh Mbah Citro Wardoyo yang membuka lahan (babad alas) dan menjadikan tempat ini sebagai tingkat terakhir dari tujuh air terjun di lereng Gunung Raung jalur Kalibaru, banyuwangi .

3. Air Terjun Jagir

Lokasi: Glagah, Kp. Anyar, Kabupaten Banyuwangi

Air Terjun Jagir Terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecaman Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 15 km ke arah barat daya dari pusat kota Banyuwangi dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dengan kondisi jalan yang sudah bagus.  Akses masuk ke lokasi ini sama dengan ke arah lokasi wisata Kalibendo, dimana letak air terjun ini sekitar 1 km sebelah timur Kalibendo.

 4. Air Terjun Telepak

Air Terjun Pelangi / Air Terjun Telepak Air terjun ini terletak di daerah Perkebunan Bayu Lor, Ds. Bayu Kec. Songgon – Banyuwangi. Mengapa diberi nama pelangi? Karena jika anda beruntung ketika menjelang sore hari anda bisa menikmati view pelangi di Air terjun ini, sedangkan Telepak itu nama kampung yang ada di kawasan air terjun tersebut.

Untuk saat ini masih ada kendala dalam akses menuju Air Terjun, karena tempat yang masih berada pada kawasan perkebunan, sehingga memerlukan izin ketika memasuki kawasan air terjun. Namun jangan khawatir, anda bisa masuk melalui Air terjun Pertemon karena kedua air terjun ini berada pada satu jalur tracking. Lalu anda bisa meminta rute/jalur menuju air Terjun Pelangi, atau jika anda ingin aman lebih baik meminta antar dan memberi upah sepantasnya pada pengelola wisata.

5. Air Terjun Lider

Lokasi: Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi

Tumpahan Air Terjun Lider memiliki terjunan air setinggi 60 meter dengan ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut. dan berasal dari mata air pegunungan.  Di didi air terjun utama juga terdapat 4 air terjun kecil yang merupakan bagian dari air terjun utama.  Ada satu lagi yang membuat suasana air terjun Lider tampak indah. Yaitu, dinding tebing dua jurang yang menghimpitnya.  Dinding tebing dua jurang itu berupa batu-batu besar yang berdimensi rata.

Wisata Pantai

1. Pantai Plengkung

Hal ini karena Pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini, memiliki ombak yang sangat tinggi dan besar, sehingga banyak mengundang minat para peselancar tingkat dunia untuk menaklukkannya. Pantai Plengkung diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya termasuk satu dari tujuh ombak terbaik di dunia.

2. Teluk Ijo

Hasil gambar untuk teluk ijo banyuwangi

Salah satunya adalah pesona teluk hijau Sarongan Pesanggaran Banyuwangi Jawa Timur atau populer juga disebut Green Bay Banyuwangi. Keistimewaan pantai ini karena air lautnya berwarna hijau di tepian kemudian membiru begitu ketengah lautan. Dengan pasir putih yang bersih, kalian seperti sedang berwisata di pantai Lombok dan Bali.

3. Pantai Parang Ireng

Gambar terkait

Pantai Parang Ireng  ini termasuk salah satu  dari deretan pantai cantik yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Dinamakan Pantai Parang Ireng, konon karena di kawasan ini terdapat batu karang berwarna hitam yang merupakan karang mati. Pantai ini letaknya sebelum Pantai Plengkung, sekitar 2 km atau 15 menit perjalanan dari Pantai Plengkung.

4. Pancur Beach

Gambar terkait

Selain Pantai Pancur dengan ombaknya yang mendunia, ada pula Pantai Pancur dengan keunikan sungainya. Pantai Pancur berada tak jauh dari Resort Pancur yang merupakan bangunan resort dan pos penjagaan. Anda bisa menginap di sini kala bertandang ke Pantai Pancur. Jarak pantai dari pos Rowobendo atau pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo sekitar 5 meter. 

5. Pantai Parang Kursi

Hasil gambar untuk Pantai Parang kursi

Pantai Parang Kursi adalah salah satu obyek wisata yang terletak di dusun Ringinagung, desa Pesanggaran, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi anda yang menyukai wisata alam terutama yang berhubungan dengan air atau pantai maka tempat ini sangat cocok untuk anda. Anda bisa datang kesana dengan keluarga, teman-teman anda ataupun dengan pasangan anda. Dijamin anda tidak akan menyesal untuk datang mengunjungi Pantai Parang Kursi yang mempunyai pesona menakjubkan ini.

Jadi Otakers, kamu yang mana? 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya