999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Nurul Marta
1 hour 'ago'

Perasaan baru aja kemarin kamu menjalani tarawih dan sahur pertama di bulan Ramadhan, eh, sekarang udah mau lebaran aja! Selamet yak!

Kata orang alim, sih, lebaran ini adalah hari penuh suka cita di mana semua perjuanganmu menahan hawa nafsu selama sebulan terbayar, dan kamu dinyatakan menang. Yeaaaay! (Itu juga kalau kamu enggak "bocor" secara disengaja, sih!)

Nah, hari raya yang ditunggu-tunggu ini ternyata gak datang begitu saja tanpa tanda-tanda, lho (enggak kaya gebetan kamu yang main datang dan pergi tiba-tiba tanpa ngasih isyarat terlebih dahulu. Huhuhu!). Tanpa harus melakukan pengamatan hilal dan sidang isbat, sebenernya kita sudah mengenal tanda-tanda hari raya ini. Berikut adalah tanda-tanda lebaran sudah dekat di depan matamu!

1. Bye, Masjid! Mau ke Midnight Sale dulu, nich!

Udah jadi rahasia umum banget deh kalau mesjid makin hari makin sepi menjelang lebaran. Hehehehe.. Apalagi, ketika kamu sudah mengantongi duit THR, ah, udahlah, selamat tinggal mesjid! Boro-boro kepikiran buat mencari kemuliaan Lailatul Qadr deh kalau kamu sudah lihat poster midnight sale di Instagram. Yang ada, kalap!

Ah, emangnya kalau enggak ada midnight sale dan belum terima THR, kamu bakal tarawehan gitu? Kyaaaaaaaaa!

2. Hati dan pikiran gelisah saat sedang bekerja

Kalau udah tanggal-tanggal segini nih, jangan harap kamu bisa fokus saat sedang sibuk kerja. Di kepalamu udah kebayang banget gimana keceriaan saat ngumpul bareng keluarga, menyantap ketupat, opor ayam, semur lidah sapi, sambel goreng kentang, dan kudapan surgawi ala nenekmu yang selalu kamu rindukan.

Jadi, kalau kamu gelisah banget di hari kerja terakhir mendekati cuti hari raya, atasan kamu bisa maklum, kok!

3. Dapat ucapan mohon maaf lahir batin dari mantan

Nah, ini, sih yang diam-diam kamu tunggu-tunggu. Kalau mantan ngucapin "minal aidin wala faidzin", pasti kamu bakal mesem-mesem sendiri. Terus, sok-sok jual mahal ngediemin chat itu, di-read doang, dan baru dibalas beberapa jam kemudian. Padahal, baca chat minta maaf dari dia aja udah bikin kamu pengen tumpengan, tuch!

Meskipun isi chatnya ala-ala sms tahun 2000-an awal kayak gini, bodo amat, kamu pasti tetep nyengir... Tapi inget ya, Kawula Muda! Mantan minta maaf saat lebaran bukan berarti dia ngajak balikan.

4. Ngarep ucapan mohon maaf dari mantan

Bagi kamu yang enggak seberuntung orang seperti di poin 3, kamu tidak akan mendapatkan chat minta maaf dari mantan. Hal itulah yang bikin kamu berpikir, "apa gue aja ya yang nge-chat duluan?" Tapi takut gengsi. Tapi kangen. Tapi malu. Tapi, tapi, tapi, tapi..... Hidup begitu menyesakkan karena kamu ada di pihak yang harus nge-chat duluan.

Akhirnya kamu coba-coba bikin draf dulu sambil mengumpulkan nyali.

 

5. Siapin skenario akan pertanyaan-pertanyaan "sakti" dari sodara

Menyendiri di kamar, kamu akan memikirkan rentetan pertanyaan yang (pasti) akan diutarakan dari sanak saudara kelak pas lagi ngumpul. Believe me, momen ini adalah momen yang paling kamu kutuk! Pertanyaan itu antara lain adalah "kapan lulus?", "mana pacarnya kok gak dibawa?" dan yang paling memuakkan adalah, "kapan kawin?"

Andai pertanyaan itu bisa diuangkan, dompetmu tebel banget pas balik dari kampung!

6. Nyokap booking kamu buat bantuin masak sehari penuh

Tiba-tiba, nyokap datengin kamu ke kamar. Ia akan langsung menyentil kamu dengan pertanyaan: "MALAM TAKBIRAN BANTU MAMAH MASAK!" Dan sebagai anak yang nggak durhaka-durhaka amat, kamu tak punya pilihan lain untuk mengiyakan. Jadilah kamu anak berbakti seharian; nganter mamah belanja ke pasar, bantuin bikin ketupat, dan sebagainya.

7. Jakarta lengang

Nenek-nenek doyan ngebir juga tahu kalau Jakarta ini dipepati oleh penduduk pendatang dari berbagai kota, provinsi, dan pulau. Bahkan, yang ber-KTP asli Jakarta dari lahir pun pasti punya kampung atau sanak famili untuk dikunjungi saat hari raya. Jadi, ketika musim mudik lebaran tiba, voila, menghilanglah sebagian besar penduduk Jakarta! Jalanan Jakarta jadi lengang seketika seperti milik bapakmu!

Sihir macam apa ini, BSD - Blok M cuma 30 menit!!!

8. Dajjal akan keluar ke muka bumi, matahari terbit di sebelah barat, banyak berdiri gedung pencakar langit.

Eh, sorry, sorry! Ini, sih, tanda-tanda kiamat udah deket deng! Hehehehehe.

Mari bertobat, hapus history browser-mu yang seronok, berhentilah mantengin akun-akun galau remaja di LINE, berhentilah memaksakan diri jadi hipster indie, dan mulailah hidup baru yang lebih bermangpaat.

Minal aidin wal faidzin, Kawula Muda! Apa tanda-tanda lebaran sudah dekat versi kamu? Share di kolom komentar ya!

Nurul Marta
-461 seconds 'ago'

Ubi jalar merupakan umbi bawah tanah, yang digemari banyak orang lho, karena selain harganya yang murah meriah dan rasanya yang lezat, ubi jalar juga mengandung banyak gizi, nutrisi dan serat yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat terbesar dari ubi jalar adalah dapat membantu menurunkan berat badan, yang artinya baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Kandungan serat yang tinggi, namun rendah kalori pada ubi jalar, mampu untuk membantu menurunkan nafsu makan, karena perut akan terasa kenyang lebih lama, yang nantinya dapat memicu penurunan berat badan. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, ubi jalar juga masih memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya lho. Berikut ulasan tujuh manfaat ajaib ubi jalar untuk kesehatan tubuhmu.

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat ajaib pertama ubi jalar untuk kesehatan tubuh adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi pada ubi jalar, mampu untuk melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Antosianin, yang merupakan kelompok antioksidan pada ubi jalar ungu, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu, seperti kanker payudara dan kanker usus.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Tak hanya dapat mencegah kanker, ubi jalar juga mampu lho untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi pada ubi jalar, baik untuk kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat pada ubi jalar, berperan penting dalam menjaga bentuk retina yang tepat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penurunan kemampuan penglihatan, yang nantinya dapat meningkatkan resiko kebutaan.

Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C dan vitamin E yang baik lho, dimana vitamin C dan E ini, efektif dalam memerangi stres oksidatif, yang merupakan salah satu penyebab utama dari katarak.

3. Mengontrol tekanan darah

Selain dapat mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan mata, rutin mengonsumsi ubi jalar juga dapat membuat tekanan darah, dapat terkontrol dengan lebih baik. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada ubi jalar, mampu untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Studi juga menunjukkan bahwa makanan yang mengandung kalium tinggi dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada ubi jalar, dapat digunakan sebagai diet yang efektif untuk mencegah hipertensi pada ibu hamil, maupun kepada orang yang tidak hamil.

4. Memiliki sifat antimikroba

Selain dapat mengontrol tekanan darah, ternyata ubi jalar juga memiliki sifat antimikroba lho. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa, ekstrak etanol dan aseton yang terdapat pada ubi jalar, memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri, yang merupakan penyebab utama dari tipus dan pneumonia (radang paru-paru).

Selain itu, aktivitas antimikroba yang terdapat pada ubi jalar dan ekstraknya, dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan berbagai patogen maupun infeksi bakteri.

5. Membantu mengelola diabetes

Ubi jalar termasuk makanan yang kaya akan serat lho, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1. Kandungan serat larut yaitu pektin, dengan kisaran 10 hingga 15% pada ubi jalar, mampu untuk menurunkan kadar gula darah secara efektif, karena dapat menurunkan nafsu makan, sehingga lonjakan gula darah pun dapat terhindari.

Selain itu, 77% kandungan serat tidak larut pada ubi jalar, mampu untuk melawan diabetes lho, mengapa bisa? Karena serat tidak larut tersebut, dapat meningkatkan sensivitas insulin, yang nantinya dapat mengontrol jumlah kadar gula dalam darah.

6. Meningkatkan kesehatan usus

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada ubi jalar baik untuk kesehatan usus lho, mengapa bisa? Karena kandungan serat dan antioksidan tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik, sehingga kesehatan usus pun dapat terjaga dengan baik. Selain itu, kandungan serat larut pada ubi jalar, dapat menyerap air dan melunakkan feses.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti ubi jalar setiap harinya, maka akan menurunkan risiko kamu terkena kanker usus dan membuat pergerakan ususmu menjadi lebih teratur.

7. Meningkatkan kesuburan

Menurut Harvard Health Publications dari Harvard Medical School, wanita usia subur yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti ubi jalar, dapat meningkatkan kesuburannya. Zat besi merupakan mineral yang berperan penting dalam meningkatkan kesuburan.

Selain itu, vitamin A yang dikonsumsi sebagai beta-karoten, yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, berperan penting dalam sintetis hormon selama masa kehamilan dan saat sedang menyusui.

Itulah ulasan tujuh manfaat ajaib ubi jalar untuk kesehatan tubuh. Yuk, rutin mengonsumsi ubi jalar mulai dari sekarang guys!

Bintang Maulidya
2 hours 'ago'

Berbicara soal bulan Ramadan tentu berkaitan dengan Zakat fitrah. Zakat fitrah merupakan ibadah wajib bagi seluruh pemeluk agama Islam, laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda bahkan bayi yang baru lahir di akhir bulan Ramadan sebelum terbenamnya matahari sekalipun wajib melaksanakannya. Hal ini berdasarkan hadis Ibnu Umar ra yang artinya,

“Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitrah bulan Ramadhan sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas setiap muslim merdeka atau hamba sahaya laki-laki atau perempuan”, (HR. Bukhari Muslim)

Karena wajib itulah umat Islam tidak bisa meninggalkannya. Kalaupun mempunyai halangan agama Islam memberikan kemudahan. Untuk menjalani ibadah wajib ini tentu ada niat yang harus diucapkan agar ibadah menjadi sah. Adapun niat yang bisa kamu ucapkan untuk diri sendiri dan keluarga adalah sebagai berikut.

Niat doa zakat fitrah untuk diri sendiri adalah sebagai berikut.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Niat doa zakat fitrah untuk istri dari seorang suami adalah sebagai berikut.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

Niat doa zakat fitrah untuk anak laki-laki jika orangtuanya yang membayarkan adalah sebagai berikut.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ... (sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

Niat doa zakat fitrah untuk anak perempuan jika orangtuanya yang membayarkan adalah sebagai berikut.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ... (sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

Niat doa zakat fitrah untuk seluruh anggota keluarga yang nafkahnya kita yang tanggungkan adalah sebagai berikut.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Niat doa zakat fitrah untuk seluruh orang yang kita wakilkan adalah sebagai berikut.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk ... (sebutkan nama spesifik), fardhu  karena Allah Taala.”

Itulah tadi beberapa niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri berserta keluarga yang bisa kamu ucapkan ketika melakukan ibadah Zakat Fitrah. Semoga bermanfaat dan berkah bagi kamu yang menjalankannya.

Marissa Putri
2 hours 'ago'

Bingung mau bikin minuman segar apa pas buka puasa? Tenang, IDN Times punya resep beberapa minuman berbahan dasar buah yang menyegarkan di kala buka puasa.  Dibikinnya mudah dan yang jelas menyegarkan, simak deh langsung di bawah ini cara bikinnya.

1. Es Timun

Bahan:

  • 1 buah timun
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 5 sdm sirup cocopandan
  • 2 sdm selasih
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Pembuatan:

  1. Potong ujung timun, belah timun menjadi 2, lalu keruk bagian tengahnya.
  2. Serut kasar timun, sisihkan.
  3. Siapkan gelas saji, masukkan es batu. Tuang sirup cocopandan dan selasih.
  4. Masukan serutan timun dan perasan jeruk nipis.
  5. Tuang air secukupnya dan sajikan.

2. Fruit Squash

Bahan:

  • 1 buah apel potong
  • 1 buah mangga potong
  • 200 gr anggur potong
  • 1 buah kiwi potong
  • 1 liter soda strawberry
  • 200 ml kental manis

Cara pembuatan:

  1. Campurkan apel potong, mangga potong, anggur potong, dan kiwi potong dalam mangkuk besar.
  2. Tambahkan kental manis ke dalam potongan buah.
  3. Tuangkan soda strawberry ke dalam campuran potongan buah dan kental manis.
  4. Siapkan gelas saji, isi dengan es batu secukupnya.
  5. Tuangkan fruit milk squash ke dalamnya, sajikan selagi dingin.

3. Mango Mandarin Punch

Bahan:

  • 330 ml sirup mangga
  • 250 gr buah mangga gadung masak pohon
  • 100 ml air jeruk mandarin
  • 1 buah jeruk mandarin
  • 1.5 L air berkarbonasi rasa jeruk nipis
  • Es batu
  • Daun mint

Cara pembuatan:

  1. Potong daging buah mangga menjadi kotak-kotak, sisihkan.
  2. Iris tipis buah jeruk mandarin, sisihkan.
  3. Campurkan sirup mangga, air jeruk mandarin dengan air berkarbonasi, aduk hingga rata.
  4. Masukan daging buah mangga, potongan jeruk mandarin, daun mint, dan es batu.
  5. Siap disajikan.

4. Strawberry Lychee Punch

Bahan:

  • 250 ml sirup leci
  • 1 kaleng leci
  • 360 gr nata de coco
  • Es krim vanilla
  • Es batu
  • 1.5L air berkarbonasi strawberry

Cara pembuatan:

  1. Masukan buah leci dan nata de coco ke dalam pitcher.
  2. Masukan es batu secukupnya.
  3. Tuangkan sirup leci dan air berkarbonasi.
  4. Aduk hingga rata.
  5. Sajikan di dalam gelas dan tambahkan 1 skup es krim vanila sebagai topping.

5. King Dragon

Bahan:

  • 1 buah naga
  • 250 ml susu coklat
  • 3 scoop es krim vanila
  • Es batu secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Siapkan buah naga, lalu potong dadu.
  2. Campurkan buah naga, susu coklat, es krim vanila dan es batu dalam blender.
  3. Haluskan campuran buah naga dengan blender.
  4. Siapkan gelas, masukkan jus buah naga ke dalam gelas.
  5. Tambahkan potongan buah naga diatasnya.

Itulah lima resep minuman segar buat berbuka puasa. Berbahan buah, mudah kan bikinnya? Buruan praktekin!

Nurul Marta
-435 seconds 'ago'

Meskipun puasa Ramadan merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim. Tapi ada beberapa golongan yang diizinkan untuk tidak berpuasa, apabila puasa beresiko memperparah kondisi yang sedang dialami. Salah satunya adalah para penderita anemia.

Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah dalam tubuh berada di bawah batas normal sehingga dapat menimbulkan kondisi pusing, lesu, lemas, dan kulit pucat. Oleh karena itu, penderita anemia perlu banyak makan untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi.

Kendati demikian, tak sedikit pula pasien dengan anemia memilih untuk tetap menjalankan ibadah puasa. Nah, buat kamu yang memiliki riwayat anemia tetapi memiliki semangat tinggi untuk melaksanakan ibadah puasa, ada beberapa kiat yang perlu kamu ikuti supaya kondisi anemia yang kamu alami gak semakin parah.

1. Pilih makanan yang mengandung karbohidat kompleks untuk sahur

Karbohidat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Untuk itu penting bagi kamu untuk memastikan bahwa hidangan sahur yang kamu konsumsi mengandung karbohidat. Kamupun harus cermat dalam memilih sumber karbohidat.

Jenis karbohidat yang dianjurkan untuk pengidap anemia adalah karbohidat kompleks seperti nasi merah, kentang, dan kacang-kacangan. Sebab karbohidat kompleks memiliki komposisi senyawa yang rumit dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Alhasil, kamupun jadi kenyang lebih lama dan lebih kuat menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

2. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat

Kamu juga perlu memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi saat sahur tinggi serat. Mirip dengan karbohidat kompleks, serat juga merupakan senyawa yang sulit dicerna, sehingga dapat memperlambat pengosongan lambung dan membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

3. Perbanyak konsumsi makanan tinggi zat besi

Anemia sendiri disebabkan karena jumlah sel darah merah dalam tubuh ada di bawah batas normal. Akibatnya, proses peredaran oksigen dan sari-sari makanan jadi terhambat yang kemudian memicu pusing, lemas, dan pucat. Zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa sajian sahur dan berbuka yang kamu konsumsi memiliki kandungan zat besi dalam jumlah yang cukup seperti daging merah, kacang-kacangan, dan berbagai jenis sayuran.

4. Hindari minuman bersoda dan berkafein

Hindari konsumsi minuman bersoda dan berkafein seperti kopi dan teh. Hal ini lantaran jenis minuman tersebut dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Dampaknya, konsumsi berbagai makanan yang mengandung zat besi akan sia-sia dan kamupun tetap lemas dan pusing sepanjang hari.

5. Perbanyak istirahat

Beberapa gejala yang kerap dirasakan oleh penderita anemia adalah kepala terasa pusing dan berkunang-kunang, lemas, dan mudah letih, yang mana hal seperti ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jangan terlalu memforsir dirimu dengan banyak aktivitas. Perbanyak istirahat, khususnya di siang hari supaya berbagai gejala tersebut tidak terus kamu rasakan.

6. Konsumsi makanan kaya nutrisi, bila perlu bisa ditambah dengan suplemen

Penting sekali bagi kamu untuk memastikan kebutuhan nutrisi harian selalu tercukupi. Jadi, pastikan kamu rajin mengonsumsi superfood yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Pastikan juga kamu mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin B yang baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu, untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat, kamu bisa rutin mengonsumsi suplemen saat sahur maupun berbuka.

7. Awali momen buka puasa dengan menyantap hidangan manis

Berpuasa dapat menyebabkan kadar gula darah menurun yang kemudian menimbulkan rasa lemas. Oleh karena itu, awali buka puasa dengan mengonsumsi hidangan yang manis seperti kurma atau teh dengan madu. Konsumsi makanan yang mengandung glukosa saat lambung dalam keadaan kosong dapat membuat kandungan gula dalam makanan terserap secara maksimal dan seketika meningkatkan kadar gula darah. Sehingga tubuh langsung bugar dan kamu pun siap melakukan berbagai aktivitas selanjutnya seperti salat maghrib dan tarawih.

Itu tadi beberapa kiat yang bisa kamu jalani agar aktivitas puasamu lancar dan kondisi anemia yang sedang kamu alami tidak semakin parah. Selamat mencoba!

Bintang Maulidya
3 hours 'ago'

Saat berpuasa kamu harus memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuhmu. Imbangi olahraga dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat secara cepat membantumu lebih sehat saat puasa. Selain itu, coba untuk mulai mengonsumsi bahan makanan yang dapat membuatmu kenyang lebih lama agar puasamu berjalan lancar.

Seorang ahli gizi olahraga di Ochsner’s Elmwood Fitness Center di New Orleans, LA bernama Molly Kimball, RD mengatakan bahwa makanan yang kaya protein dan lemak sehat bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Berikut 6 makanan yang dapat mengenyangkan lebih lama yang wajib kamu siapkan untuk menu buka puasa.

1. Bayam

Jika kamu ingin lebih bertenaga saat berpuasa, menu salad mungkin bisa coba kamu buat. Namun, gantilah selada dengan bayam. Bayam kaya protein dan mengandung vitamin serta mineral penting seperti besi, vitamin K, A, B, E, C, mangan, folat, dan magnesium yang tidak hanya dapat mengenyangkan lebih lama, tapi juga menambah sehat tubuhmu.

2. Brokoli

Saat berpuasa isi kulkas kamu dengan mentimun, wortel, zucchini, seledri, brokoli, dan kubis. Selain rendah kalori, sayuran tersebut juga tinggi serat yang bisa membuat perut terasa penuh lebih cepat. Kamu bisa menambahkan sayuran ini untuk menu sandwich, sup, salad, atau omelet.

3. Avokad

Avokad mencegah perut mudah lapar. Avokad mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan lemak omega-3 yang membuatmu cepat kenyang, tetapi tak mudah lapar dan mengurangi timbunan lemak jahat.

Penelitian dari Loma Linda University menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah buah avokaddapat mengurangi keinginan untuk makan karena meningkatkan perasaan kenyang.

4. Buah beri

Ganti camilan permen dan kue manis saat buka puasa dengan beberapa buah beri yang kaya serat.

Penelitian dari Washington State University menunjukkan bahwa serat dalam buahberi membantu kamu kenyang lebih lama dan rasa manis alaminya akan memenuhi hasrat makan gula.

Selain itu, antioksidan resveratrol dalam buah beri membantu mengonversi lemak putih berlebih di tubuh menjadi lemak untuk pembakaran kalori.

5. Quinoa

Ganti karbohidrat kosong dari nasi putih dengan quinoa. Satu cangkirnya memiliki 8 gram protein dan sekitar 2,5 gram serat. Serat quinoa akan diolah perlahan oleh tubuh sehingga membuat kamu kenyang lebih lama.

Quinoa juga membantu tubuh mengurangi kadar gula darah yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan, kata peneliti dari The American Society for Nutritional Sciences.

6. Telur

Konsumsi satu butir telur saat sahur tak hanya memberikanmu sumber protein yang baik, tetapi telur memiliki nol karbohidrat dan kaya akan kolin yang dapat membantu proses metabolisme lemak

“Untuk menjaga kalori, satu atau dua kuning telur dalam sehari saat sahur dan buka puasa. Namun, jika ingin lebih banyak, makanlah putihnya saja,” saran Molly Kimball.

Nah, itu 6 makanan yang wajib jadi menu saat buka puasa. Apakah sudah kamu siapkan?

Nurul Marta
21 hours 'ago'

 

Perubahan Iklim "Global Warming" Vs "Global Cooling"

(Image Source : www.hipwee.com)

Perubahan iklim (climate change) adalah perubahan pola iklim dunia yang terjadi akibat keadaan awal yang stabil tidak akan kembali lagi ke keadaan semula. Hal ini ditandai dengan naiknya suhu permukaan bumi. Perubahan iklim bukan merupakan fenomena yang baru. Melirik beberapa tahun lalu, fakta sudah berbicara bahwa telah terjadi perubahan iklim yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti pemanasan global, bertambahnya aktivitas manusia, efek gas rumah kaca (GRK), dan lain sebagainya.

      Pemanasan global (global warming) adalah kata yang selama sekitar 1,5 dekade terakhir ini menjadi hal yang terdengar sangat menakutkan bagi masyarakat di negara-negara di dunia. Kita pun sudah mengetahui beberapa akibat dari global warming, yaitu mencairnya gunung es di kutub, meningkatnya suhu permukaan laut di berbagai belahan dunia, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, meningkatnya ancaman badai di seluruh dunia, dan lain sebagainya. Kita juga telah mengetahui negara mana yang akan terkena dampak paling besar, yaitu negara yang memiliki pesisir pantai, negara kepulauan, dan daerah negara yang kurang berkembang seperti Asia Tenggara.

      Ada yang berpendapat dan mencari tahu bahwa dalam beberapa dekade ke depan, global warming akan segera berakhir dan permukaan bumi akan mengalami pendinginan secara global (global cooling). Ada yang menduga peristiwa ini terjadi setiap 200-250 tahun sekali yang diklaim sudah pernah terjadi di dunia. Terkait dengan dugaan bahwa bumi akan mengalami global cooling, hal tersebut kurang bisa dipercaya karena tidak mencantumkan data-data yang valid.

      Pendapat bahwa pendinginan bumi sebelumnya terjadi dibanyak sungai di Inggris membeku pada zaman yang sudah diklaim sebagai global cooling tersebut, tidak menjelaskan bahwa hal tersebut memang benar-benar merupakan dampak dari global cooling. Hal ini lah yang membuat banyak keraguan yang muncul bahwa global cooling benar-benar ada dan pernah terjadi di bumi.

      Global warming memicu perubahan iklim yang dapat menyebabkan suhu yang awalnya normal menjadi lebih ekstrim. Saat malam hari suhu bisa menjadi lebih dingin dan saat siang hari suhu bisa menjadi sangat panas. Hal itulah yang mendasari adanya pemahaman bahwa bumi pernah dan akan mengalami global cooling. Maka dari itu, suhu ekstrim yang  dingin juga disebabkan oleh perubahan iklim yang memicu terjadinya badai di seluruh dunia, dan global warming adalah penyebab utama dari perubahan tersebut.

      Penyebab utama terjadinya global warming adalah berawal dari revolusi industri yang merupakan suatu revolusi dalam hal perubahan teknologi, sosioekonomi, dan budaya pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Hal ini didasarkan pada perubahan ekonomi yang didominasi oleh pekerja industri menjadi pekerja produksi mesin. Revolusi ini dimulai di Inggris dengan perkenalan mesin uap dan ditenagai oleh mesin. Perkembangan peralatan mesin logam, pada keseluruhannya terjadi pada dua dekade pertama dari abad ke-19. Hal ini membuat produk mesin digunakan untuk produksi di industri lainnya.

 

Revolusi industri yang muncul antara abad ke 18 sampai ke 19 sebagai awal penyebab global warming (Image Source : www.sekelumitpandang.com)

Revolusi industri yang muncul antara abad ke 18 sampai ke 19 sebagai awal penyebab global warming (Image Source : www.sekelumitpandang.com)

      Terdapat penyebab alamiah yang berkontribusi terhadap fluktuasi iklim, tetapi praktik industri merupakan penyumbang terbesar di balik global warming. Tuntutan pertumbuhan populasi telah menyebabkan pembalakan hutan, pembakaran bahan bakar fosil, dan pertanian yang meluas. Semua kegiatan ini menghasilkan gas rumah kaca seperti karbondioksida, nitrogenoksida dan metana di atmosfer. Gas rumah kaca menahan panas dari matahari dan tidak terpantulkan kembali ke angkasa. Hal ini menyebabkan atmosfer bumi memanas, yang dikenal sebagai efek rumah kaca. Hanya dalam 200 tahun, tingkat karbondioksida di atmosfer kita telah meningkat sebesar 30%.

Grafik perkembangan konsentrasi gas rumah kaca (Image Source : https://scripps.ucsd.edu)

Grafik perkembangan konsentrasi gas rumah kaca (Image Source : https://scripps.ucsd.edu)

      Untuk mengetahui seberapa besar ukuran climate change dan global warming, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melalui United Nations Framework Convention onClimate Change (UNFCCC) menggunakan sarana pengelolaan yang disebut Clean Development Mechanism/CDM, dengan menggunakan metode penglolaan CDM diharapkan mampu menghitung dan menganalisa berapa prakiraan besarnya kerusakan alam yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan cuaca dan global warming, apa saja sarana untuk memperbaiki kerusakan alam tersebut, berapa besarnya biaya yang harus disediakan untuk memperbaiki kerusakan , siapa yang memperbaiki, dimana saja yang harus diperbaiki , apa saja yang harus diperbaiki, apa saja bahan pengganti sebagai cadangan maupun utama. (Source : https://id.wikipedia.org).

      Efek dari global warming sudah berdampak pada mata pencaharian masyarakat, serta pada satwa liar dan lingkungan di seluruh dunia. Di Cina, bencana alam telah melanda 24,89 juta hektar tanaman pada tahun 2014, di mana 3,09 juta hektar di antaranya hancur. Selain itu, kekeringan menyebabkan kerugian ekonomi secara langsung hingga 83,6 miliar yuan atau lebih dari 13 miliar dolar. Di Turki, panen yang tertunda di wilayah Laut Hitam pada tahun 2014 mengakibatkan produsen teh Turki mengalami kerugian lebih dari 15% dari pendapatan tahunan mereka, karena suhu dingin ekstrem. Secara keseluruhan, bencana alam dalam dekade terakhir telah menelan biaya di seluruh dunia hingga 2,7 triliun dolar. Kebakaran hutan terus mengancam kehidupan spesies yang terancam punah, saat iklim yang berubah-ubah dan pembukaan lahan pertanian memaksa binatang keluar dari kawasan lindung untuk mencari air dan wilayah untuk ditempati. (Source : https://brightfuture.unilever.co.id).

      Dampak yang ditimbulkan global warming akan mengakibatkan perubahan iklim yang signifikan yang bergantung pada tingkat kenaikan suhu bumi. Kenaikan satu derajat akan memiliki dampak ekologis yang serius. Perubahan iklim akan menyebabkan beberapa daerah menjadi basah sehingga bersuhu lebih dingin, dan daerah lainnya menjadi lebih hangat sehingga bersuhu lebih panas. Permukaan air laut akan naik akibat dari gunung es di kutub utara maupun selatan yang mencair, sehingga beberapa daerah akan lebih berisiko terkena gelombang panas, kekeringan, banjir, dan bencana alam. Perubahan iklim bisa merusak rantai makanan dan ekosistem, mengakibatkan seluruh spesies terancam kepunahan.

      Di Indonesia, global warming juga menyebabkan dampak yang cukup serius, misalnya dalam hal cuaca ekstrim dan bencana meteorologi. Beberapa tahun ini siklon tropis melanda sejumlah daerah di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sudah ada lima kali siklon tropis yang terjadi di Indonesia. Siklon tropis Durga melanda perairan barat daya Bengkulu tahun 2008 menimbulkan gelombang setinggi tiga meter. Tahun 2010 siklon tropis Anggrek menerjang perairan barat Sumatra. Empat tahun kemudian perairan barat daya Sumatra terkena siklon tropis Bakung. Bulan November lalu timbul siklon tropis Cempaka di perairan selatan Jawa Tengah yang membuat curah hujan yang tinggi di Yogyakarta dan banjir di Pacitan. Setelah Cempaka, lahirlah Siklon tropis Dahlia yang meningkat di wilayah barat daya Bengkulu terjadi pada bulan November tahun ini. Curah hujan yang tinggi di Bengkulu merambat ke Lampung hingga Jawa Barat bagian selatan berpotensi banjir dan longsor.

 

Image Source : www.bmkg.go.id

Image Source : www.bmkg.go.id

      Dengan melihat rincian-rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa global cooling kurang bisa dipercaya karena kurangnya data yang valid. Dan dengan melihat data-data di BMKG, kenaikan suhu permukaan bumi akan berpotensi meningkat dalam dekade ke depan. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk membantu menyukseskan program-program pemerintah untuk mencegah dan menanggulangi global warming.

Nurul Marta
3 hours 'ago'

Perubahan pola makan yang terjadi pada saat berpuasa harus tetap diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Sebab tubuh akan mengalami perubahan fungsional karena tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Jika asupan nutrisi tidak diperhatikan, tubuh akan mudah lemas dan rentan terserang penyakit.

Nutrisi apa saja yang diperlukan oleh tubuh selama berpuasa? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Protein

Protein berperan penting untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk membentuk jaringan otot baru. Tidak hanya itu, nutrisi ini juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Ini karena protein bekerja sebagai glikogen yang akan dipecah untuk memberikan energi tambahan. Protein yang baik untuk dikonsumsi saat puasa adalah ikan, telur, ayam, daging merah, tahu, dan tempe.

2. Karbohidrat

Tentunya karbohidrat juga diperlukan untuk tubuh sebagai sumber energi yang paling utama. Kekurangan karbohidrat saat puasa dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas dan kurang bersemangat di tengah hari.

Untuk itu, penuhi asupan nutrisi ini terutama pada saat sahur. Kamu bisa memilih karbohidrat kompleks yang kaya akan serat seperti kacang polong, gandum, roti, atau nasi.

3. Lemak

Tubuh membutuhkan lemak saat berpuasa, walaupun tidak sebanyak kebutuhan protein dan karbohidrat. Namun bukan sembarang lemak yang dibutuhkan. Kamu akan lebih membutuhkan jenis lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari ikan, alpukat, gandum, biji-bijian, kacang, dan minyak zaitun.

Sebaliknya, kamu harus menghindari lemak jahat yang tinggi akan kolesterol. Contoh makanan yang mengandung lemak jahat adalah makanan yang digoreng, fast food, daging olahan, dan makanan manis.

4. Serat

Makanan yang kaya akan serat bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sebab, serat bisa membantu memperlambat proses pembentukan gula dari karbohidrat.

Selain itu, nutrisi tersebut juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi sayur-sayuran, kurma, beras merah, pisang, dan lain-lain.

5. Vitamin

Menambahkan sayur dan buah-buahan ke dalam menu sahur dan berbuka wajib hukumnya. Selain mengandung serat dan air, sayur dan buah juga mengandung banyak vitamin. Ini diperlukan untuk menjaga sistem imun tubuh.

6. Kalsium

Seperti yang sudah diketahui, kalsium adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Jika tidak terpenuhi, ada beberapa efek yang akan dirasakan tubuh. Misalnya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kram otot, kuku rapuh, dan mudah mengalami perubahan emosi. Untuk memenuhinya, kamu bisa mengonsumsi susu dan yoghurt.

Nutrisi yang paling dibutuhkan ketika sahur

Selain mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan saat berpuasa, kamu juga perlu tahu bagaimana cara untuk memenuhinya dalam sehari. Saat sahur, jenis nutrisi yang paling dibutuhkan adalah karbohidrat, protein, serat, dan lemak.

Kamu bisa mengombinasikan ikan, kacang-kacangan, dan nasi atau gandum. Karena makanan sahur adalah penunjang tubuhmu selama 13 jam, setidaknya 40 hingga 50 persen kebutuhan nutrisi harus terpenuhi.

Nutrisi yang paling dibutuhkan saat berbuka puasa

Makanan berbuka puasa harus memenuhi sisa kebutuhan nutrisi tubuh, setidaknya 10 hingga 20 persen dari keseluruhannya. Makanan yang banyak mengandung serat, vitamin, dan air baik untuk berbuka puasa.

Nutrisi yang diperlukan tubuh saat berpuasa kurang lebih sama dengan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Namun sebaiknya jangan disepelekan ya, karena proses fungsional tubuh yang sedang berpuasa berbeda dengan biasanya.

Nurul Marta
22 hours 'ago'

 

pertanian organik

Para peneliti yang meneliti menu produksi makanan di planet ini merekomendasikan bahwa untuk menyelamatkan bumi, pertanian organik perlu didukung oleh aksi yang lebih tegas untuk membujuk manusia meninggalkan hamburger dan memilih vegetarian.

Mereka juga merekomendasikan bahwa mereka yang memilih ikan akan bisa memilih yang ditangkap atau diternakkan. Hal tersebut dikarenakan permintaan energi untuk mengoperasikan pukat pada lautan menghasilkan biaya bahan bakar dan 2,8 kali mengeluarkan gas emisi gas rumah kaca, ketimbang teknologi perikanan lainnya.

Dan, mereka mengatakan, metode pertanian ‘organik’ tidak mengurangi dampak perubahan iklim. Mereka meneliti emisi dari daging yang diberikan pangan biji-bijian dengan rumput dan sampai kepada kesimpulan bahwa hewan yang merumput justru mengeluarkan emisi gas rumah kaca.

Mereka juga menemukan bahwa memang sistem pertanian organik menggunakan energi lebih rendah, namun mereka tidak menawarkan keuntungan lainnya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Hal tersebut disebabkan oleh pertanian ekstensifikasi ketimbang intensifikasi yang cenderung membutuhkan lahan, dengan level polusi yang tinggi dari sungai dan danau, setiap unit produksi yang dihasilkan.

Tidak pembaharuan

Hal berikut tidak terlalu mengejutkan. Pertanian memberi makan tujuh miliar orang dan untuk hal tersebut mengeluarkan antara 25 persen dan 33 persen emisi gas rumah kaca ke atmosfer, untuk mendorong pemanasan global, dan membuat ketersediaan pangan menjadi terancam. Pertanian mengeksploitasi 40 persen, dan 70 persen dari ketersediaan air.

Pada tahun 2050, petani harus menyediakan pangan bagi sekitar 9,7 miliar orang pada lahan pertanian dan pertenakan yang tersedia saat ini, karena untuk membuka hutan bagi pertenakan akan bisa mempercepat perubahan iklim yang lebih berbahaya.

Para peneliti telah berulang kali berargumen bahwa perubahan dalam tingkah laku, dalam diet, dan pendekatan pertanian, bisa menyelamatkan dunia dan tetap menyediakan pangan bagi manusia. Namun, hal tersebut akan membutuhkan strategi global yang baru dan pergerseran yang besar dari asupan daging.

Para peneliti telah berulang kali berargumen bahwa perubahan dalam tingkah laku, dalam diet, dan pendekatan pertanian, bisa menyelamatkan dunia dan tetap menyediakan pangan bagi manusia. Namun, hal tersebut akan membutuhkan strategi global yang baru dan pergerseran yang besar dari asupan daging.

Penelitian terbaru berasal dari Michael Clark dan David Tilman, dua ahli ekologi dari Universitas Minnesota. Untuk melihat hubungan antara makanan, peternakan, dan degradasi lingkungan hidup, mereka membuat tabel diet dari smörgåsbord.

Mereka menuliskan laporan dalam Environmental Research Letters bahwa mereka telah memeriksa 740 sistem produksi yang berbeda untuk 90 makanan yang berbeda, untuk mengkalkulasikan penggunaan lahan, emisi gas rumah kaca, penggunaan bahan bakar fosil, limpasan nutrien yang menghasilkan eutofikasi atau zona mati pada danau dan sungai, dan potensi asidifikasi air.

“Meskipun efisiensi dari pertanian berkorelasi dengan dampak lingkungan yang rendah, gambaran yang lebih detail yang kita temui justru berbeda,” jelas Dr Clark.

“Sementara sistem organik menggunakan energi lebih rendah, mereka menggunakan lahan lebih banyak dan tidak menguntungkan bagi GRK, dan cenderung memiliki potensi eutrofikasi dan asidifikasi setiap unit makanan yang diproduksi. Sementara, daging ternakan cenderung memerlukan lahan dan mengemisi GRK lebih dari daging yang diberikan biji-bijian.

Dampak memamah biak

“Menariknya, kami juga menemukan adanya pergeseran atas daging pemamah biak, yang memiliki dampak tiga hingga 10 kali lebih besar dari hewan lainnya, menuju ke makanan dengan nutrisi yang mirip seperti daging babi, ayam atau ikan akan lebih memiliki keuntungan yang signifikan, baik untuk lingkungan dan kesehatan manusia.

“Pergeseran diet yang lebih besar, seperti mengadopsi diet rendah daging atau vegetarian, akan menawarkan keuntungan lebih besar bagi keberlangsungan lingkungan dan kesehatan manusia.”

Lebih lanjut, Profesor Tilman mengatakan aksi, melalui pendidikan dan kebijakan, dibutuhkan untuk membujuk konsumen beralih kepada makanan lebih sehat dengan dampak lingkungan yang rendah, sementara para petani beralih kepada sistem dengan dampak rendah dan efisiensi tinggi. Tanpa perubahan tersebut, ekspansi pertanian akan bisa merusak lingkungan hidup.

“Tidak adanya aksi akan berujung kepada peningkatan dampak lingkungan terhadap pertanian, termasuk membuka 200 hingga 1,000 juta hektar lahan, peningkatan penggunaan pupuk dan pestisida hingga tiga kali lipat, dan peningkatan 80 persen GRK dari sektor pertanian, serta meningkatkan penyakit yang berhubungan dengan makanan seperti obesitas dan diabetes.” – Climate News Network

Nurul Marta
22 hours 'ago'

 

Perubahan iklim mungkin malah menguntungkan beberapa tumbuhan, dengan memperpanjang musim tanam dan meningkatkan karbondioksida.

Namun, efek lain dari dunia yang semakin hangat seperti bertambahnya hama, kekeringan , dan banjir akan menjadi semakin ganas.

Bagaimana planet Bumi dan tumbuhan dapat beradaptasi?

Dengan pemodelan iklim agresif yang disebut HadGem2, para peneliti di International Food Policy Research Institute memproyeksikan bahwa sebelum tahun 2050, lahan pertanian yang sesuai untuk komoditas utama yaitu jagung, kentang, beras dan gandum akan bergeser, dalam beberapa kasus mendesak petani-petani harus menanam tanaman baru.

Ada lahan tani yang mungkin diuntungkan oleh pemanasan global, tetapi ada pula yang tidak.

Jagung

Dengan perubahan iklim, akan ada wilayah baru yang bisa ditanami jagung, tetapi wilayah lama akan berkurang produksinya. Jagung akan ditanam lebih banyak petani di lebih banyak tempat.

Tempat yang paling banyak menanam jagung adaah wilayah midwest Amerika Serikat. Meski produksinya turun 20 persen, wilayah itu tetap menjadi pemasok global.

Banyak tanaman di Brasil akan menderita. Dalam model HadGem2, hasil panen jagung akan berkurang hampri 16 persen di wilayah ini.

Kentang

Pertumbuhan pertanian kentang cenderung paling baik di suhu dingin. Dalam iklim yang lebih panas, mungkin kentang dapat ditanam di wilayah yang lebih tinggi di pegunungan.

Pertambahan hama akan menurunkan produktivitas pertanian kentang di ketinggian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Petani kentang Eropa utara akan mengalami musim tanam lebih panjang. Ladang yang lebih selatan akan semakin kering.

Grafik Prediksi Perubahan Produksi Pertanian Global

Padi

Tidak seperti tanaman yang akan menurun drastis, padi yang dapat tumbuh di udara panas dan dingin mungkin akan baik-baik saja. Para peneliti menduga hasil panen Afrika dapat berlipat ganda di masa depan.

Tanah subur dan air melimpah di Afrika Barat mungkin bisa menopang padi lebih banyak. Beberapa bagian Afrika Timur diprediksi sangat berpotensi untuk memperluas produksi.

Sebagian besar produksi beras di Indonesia tidak akan terpengaruh oleh perubahan iklim, tetapi produksi jagung akan menurun hingga 20 persen.

Gandum

Hampir semua skenario iklim menunjukkan penurunan hasil panen gandum. Cuaca lebih panas di seluruh dunia juga mungkin akan memicu pertambahan penyakit tanaman merusak.

Beberapa bagian baru di Australia akan dapat ditanami, tetapi kekeringan harus dihadapi dengan pertanian yang efisien, jika ingin terus menanam gandum.

Perubahan iklim mungkin paling toleran terhadap tanaman gandum, tetapi tidak cukup untuk mengimbangi produksi tanaman utama lain.

Masalah yang akan kita hadapi

Perubahan di Asia, dengan populasi dan wilayah lahan yang besar, akan berdampak pada paling banyak orang. India dan Cina aka mengalami penyempitan lahan tani besar-besaran.

Tantangan yang ada bakal lebih berat, ditambah dengan pertumbuhan populasi manusia. Untuk memenuhi kebutuhan ini, produksi pertanian dunia tahunan harus meningkat 60-70 persen sebelum tahun 2050.

Manusia tidak kekurangan nasihat soal cara menjalani hidup dalam situasi sekarang. Pencarian “how to live with” di search engine Google, si tolok ukur kepopuleran itu, menghasilkan lebih dari 55 juta halaman. Jika ditambah menjadi “how to live with climate change” hasilnya turun menjadi sekitar 44.000.

Banyak sekali ide soal ini. Di antara sekian banyak, tentunya ada beberapa yang bisa membantu kita menyesuaikan diri dengan masalah yang tak bisa kita perbaiki.

Kalau benar bahwa kita belajar melalui perbuatan, pelajaran itu sudah dimulai. Hal yang kita hadapi ini menggentarjan, cuaca dan panas ekstrim, ancaman terhadap air, tanaman dan kesehatan.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow