999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Cinta Silvia
19 hours 'ago'

Gigi merupakan bagian terpenting dalam tubuh sebab punya peranan besar.

Sakit gigi juga bisa berisiko karena saraf gigi terhubung langsung dengan saraf yang ada di kepala. Maka dari itu kesehatan gigi bukanlah masalah sepele yang bisa kita abaikan. Untuk menjaganya kita bisa memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari misalnya dengan menghindari beberapa makanan di bawah ini!

1. Es batu

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Mengunyah zat keras dapat merusak enamel dan membuat gigi rentan terhadap keadaan darurat seperti gigi yang patah atau mahkota gigi yang longgar. Sebaiknya gunakan es batu hanya untuk mendinginkan minuman dan tidak mengunyahnya jika kalian ingin gigi tetap aman terjaga.

2. Buah kering

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Dengan jaminan camilan sehat tanpa lemak, buah kering memang jadi salah satu primadona bagi kita yang ingin hidup sehat. Tapi sayangnya karena teksturnya yang lunak dan lengket, buah kering mudah menempel pada gigi dan meninggalkan gula.

Jika kita membiarkannya bersarang di gigi maka memakan buah kering bukan lagi sesuatu yang bermanfaat bagi kesehatan gigimu. 

3. Keripik kentang

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Keripik kentang sarat dengan pati (strach) yang akan berubah jadi gula dan memperparah plak gigi. Produksi asam dari keripik juga bisa membuat kerusakan lain pada gigi sebab mudah terserap dan potongan kecil keripik pun sering kali tersisa dalam sela-sela gigi. 

4. Roti

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Pemanis buatan yang tercampur dalam roti adalah penyebab utama mengapa makanan ini tidak baik untuk gigi. Selain itu, saat kita mengunyah roti air liur akan memecah pati menjadi gula. Sehingga roti akan menempel pada celah di antara gigi dan menyebabkan lubang.

Solusinya kamu bisa mengkonsumsi roti gandum yang minim gula dengan kandungan pati yang tidak mudah pecah.

5. Acar sayuran

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Acar sayuran umumnya dibuat menggunakan cuka yang memiliki sifat asam yang sangat berperan dalam kerusakan gigi. Sedangkan acar yang dibuat dengan diasinkan mampu merusak lapisan gigi dan membuatnya berlubang. 

6. Selai

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Selai memiliki tekstur yang lengket dan dibuat dengan gula tambahan sehingga berkemungkinan besar menempel pada gigi dan makan bakteri. Gula yang terkandung di dalam selai juga memicu timbulnya plak dan bakteri jika tidak segera dibersihkan setelah mengkonsumsinya.

7. Permen

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Permen jelas sangat buruk bagi kesehatan gigi kita. Namun ada beberapa jenis permen yang sangat berpotensi merusak gigi secara kejam yaitu permen keras dan permen asam. Saat memakan permen keras kita cenderung menahannya di satu tempat yang lebih lama atau mengunyahnya sehingga membuat enamel gigi terkikis

Sedangkan permen asam mengandung lebih banyak jenis asam yang lebih keras pada gigi. Ditambah lagi, tekstur kenyal pada permen asam yang membuatnya mudah menyelip dan menempel pada gigi dalam waktu lama hingga menimbulkan kerusakan.

8. Alkohol

Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

Orang yang gemar mengkonsumsi alkohol secara perlahan-lahan akan mulai menyadari bahwa mulut mereka terasa lebih kering. Itu adalah efek samping yang muncul akibat sifat keras alkohol terhadap tubuh. Kondisi ini memungkinkan kita mengalami kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya seperti penyakit gusi.

Penggunaan alkohol yang berlebihan juga meningkatkan risiko kanker mulut lho!

Wah, gak disangka ya ternyata makanan di atas punya efek yang sangat berbahaya pada gigi. Untuk mengantisipasi kerusakan gigi, kamu bisa rajin berkumur dan menggosok gigi setelah mengkonsumsinya guys!

Nurul Marta
19 hours 'ago'

Sejak kecil mungkin kamu pernah diajari orangtuamu untuk gak makan dan minum dengan tempat bekas orang sakit batuk atau pilek. Lantas, gimana kalau makan bareng-bareng, apakah masih berisiko untuk menularkan penyakit padamu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya selengkapnya!

1. Virus batuk dan pilek sering menyebar lewat air liur

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

Batuk dan pilek biasanya menyerang saluran pernapasan. Adapun, salah satu cara tercepat suatu virus menular kepada orang lain dari air liur yang terciprat, misalkan saat batuk, bersin, membuang ingus sembarangan bahkan sekadar berbicara.

2. Tiap orang rentan tertular virus dari air liur yang terhirup

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

Itu sebabnya, saat kamu sedang sakit, ada baiknya kamu memakai masker. Jika tidak, orang yang dekat denganmu akan rentan tertular, apalagi jika kondisi tubuhnya sedang lemah.

3. Selain udara, virus flu dan pilek sering menular lewat kontak fisik

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

Orang juga rentan terserang penyakit karena berkontak fisik dengan penderita batuk dan pilek. Beberapa contohnya seperti memegang tisu, memegang pegangan tangga, meja, kursi dan benda-benda yang tersentuh oleh penderita.

4. Gak menutup kemungkinan, penularan batuk dan pilek bisa terjadi lewat alat makan dan makanan yang dibagi

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

penggunaan alat makan bergantian, seperti piring, gelas dan sendok dengan orang yang sakit berisiko menularkan virus.

5. Sekalipun dengan keluarga sendiri, kalau ada yang sakit jangan pakai peralatan makannya ya

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

Mungkin kamu cuek saja jika menggunakan barang bekas anggota keluargamu. Namun, hal ini gak berlaku kalau mereka sedang sakit. Gak lucu kan kalau sekeluarga sakit semua. Nanti, siapa yang akan mengurus?

6. Cara ampuh untuk mencegah tertular adalah dengan sering mencuci tangan

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

Jika kamu sedang merawat orang yang sedang sakit batuk atau pilek, rajin-rajinlah cuci tangan. Hal itu juga berlaku setelah kamu keluar rumah. Itu karena kamu gak tahu apa saja yang kamu pegang. Bisa jadi itu kotor. Untuk itu, jangan lupa untuk cuci tangan ya, terutama sebelum kamu menyentuh mulut dan area mukamu, misalnya untuk makan dan minum.

7. Bisa juga dengan menyiapkan cairan pembersih tangan

Apa Benar Kamu Bisa Tertular Batuk Pilek Jika Makan Minum Bareng?

Buat kamu yang sulit mengakses air untuk cuci tangan, gak ada salahnya menyiapkan cairan pembersih tangan. Sama dengan mencuci tangan, basuhkan cairan ke telapak, punggung tangan dan sela-sela jari.

Bukan masalah untuk membatasi interaksi dan berbagi peralatan makan pada orang terdekat. Itu demi kesehatanmu. Kalau kamu jelaskan dengan baik, dia yang sakit pun akan mengerti kok. Namun, bukan berarti kamu gak bisa merawatnya ya. Hanya saja, kamu pun perlu berhati-hati dengan kesehatanmu.

Putri Mahmudah
19 hours 'ago'

Jika kita belajar mengenai tenses tentu saja banyak sekali jenisnya. Kini kita akan membahas mengenai penggunaan kalimat past tense. Biasanya simple past tense ini digunakan untuk menjelaskan kejadian maupun peristiwa yang terjadi di masa lalu. Tentu saja kalimat ini bisa diaplikasikan pada beragam kalimat. Seperti halnya positive setence, negative setence maupun interrogative sentence.

Rumus kalimat past tense yang harus anda ketahui

Kali ini kita akan mengajak anda untuk belajar bahasa Inggris. Kita akan kupas secara tuntas mengenai tenses simple past tense.

Supaya anda cepat paham dengan contoh kalimat past tense. Tentu anda harus tahu rumusnya. Biasanya kalimat past tense ini menggunakan bentuk kata kerja kedua. Jika anda ingin cepat paham dengan contoh kalimat past tense, sebaiknya anda perhatikan berbagai rumus dari simple past tense untuk kalimat positif, negatif maupun interogatif nya.

Contoh kalimat past tense dan rumusnya

Jenis Kalimat Rumus Contoh Simple Past Tense
positif (+) S + Verb-2 (past tense)
S + be(was/were)
The children came
I was a stamp collector
negatif (-) S + did + not + bare infinitive
S + be(was/were) + not
The children didn’t come
I wasn’t a stamp collector
interogatif (?) Did + S + bare infinitive
be(was/were) + S
Did the children come
Was I a stamp collector

Berbagai fungsi dari kalimat past tense

Tentunya kalimat past tense ini juga memiliki berbagai fungsi yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui berbagai fungsinya ini. Kita pun akan semakin paham dengan kalimat tersebut. Inilah berbagai fungsi dari kalimat past tense berserta dengan contohnya. Antara lain:

Menjelaskan kejadian di masa lampau

Salah satu fungsi dari kalimat past tense tentu saja untuk menjelaskan suatu aksi yang terjadi dalam durasi waktu tertentu di masa lalu. Preposition “for” tentu saja bisa membantu anda untuk menyatakan periode waktu kejadiannya.

Contoh kalimat past tense

  • Reni and I went to the Trans Studio Bandung two months ago ( saya dan Reni pergi Trans Studio Bandung dua bulan lalu).
  • Did he come on time yesterday? ( apakah dia datang tepat waktu kemarin?)
  • The party started at 09.00 pm ( pesta mulai jam 9 malam)

Menjelaskan suatu kebiasaan di masa lampau

Nyatanya kalimat past tense juga bisa membicarakan suatu kebiasaan yang terjadi di masa lalu. Bahkan biasnaya subordinate conjuction menggunakan”when” pada situasi tersebut.

Contoh kalimat past tense

  • When I was a senior high school student, I always got upat 4 am to study.
    (Ketika saya sma, saya selalu bangun jam 4 pagi untuk belajar.)
  • I often did exercises in the gym when I lived in Bandung.
    (Saya sering berlatih di gym ketika tinggal di Bandung.)

Menunjukkan ada aksi langsung mengikuti aksi yang sudah selesai

Contoh kalimat

  • I had already finished my breakfast when he picked meup.
    (Saya telah selesai sarapan ketika dia menjemput.)

Digunakan pada conditional sentence tipe 2

Kalimat past tense ini biasanya memang dipergunakan untuk kalimat yang memiliki condotional sentence tipe ke dua. Bisa dibilang bentuk kata kerja ke dua.

Contoh kalimat

  • I would buy a sport car if I had much money ( saya akan membeli mobil sport jika punya uang banyak)
  • If  he studied hard, he would be pass ( Jika dia belajar keras, dia akan lulus)

Contoh Kalimat Past Tense Lain

Berikut ini kami sajikan contoh kalimat past tense yang lain sehingga anda lebih memahami bagaimana cara membuat kalimat past tense itu:

1. Positive Sentence

Kalimat past tense dalam bentuk positif rumusnya yaitu:

 (Kalimat Positif) 

  • S + V2
  • S + was / were 

Berikut ini contoh kalimat Past Tense bentuk positif:

NO. SENTENCE
1.  I found my cat because of you, thank you for your help yesterday 
2.  We went to the mountain for hiking and we found out the incredible scenery there 
3. The traditional market opened at seven last year but now it is open at five in the morning
4.  So I choose biology because I love learning it and mostly about animals 
5.  You forgot our meeting yesterday, what happened? 
6.  By the time I arrived there, there was no one there so I got back home 
7.  If I am not wrong she told me to do so 
8.  Went back to the village make me so happy 
9.  We saw you last night, you looked so pretty 
10. Nicky played the movie last Saturday night in his house 
11.  The hikers reached the top of the mountain 
12.  We learned Spanish last year and we are going to learn France 
13.  The governor of Surabaya launched the opening of city’s park last year 
14. The passenger who ate the instant noodle from that shop is keracunan
15. The accident happened last night it was a car hitting a motorcycle
16. knew that the concert is canceled, it will be held in the next Saturday of March
17. told Teddy to bring the skateboard because he had asked me to teach him
18. She sang a beautiful song, and the audience was crying because of it
19. My cat slept in the couch yesterday, it was so cute
20. read your message yesterday, and I bring your orders
21. My parent wrote a letter to school saying that I was sick
22. They taught me how to dress well
23. He paid the dinner for me, gave me some present, and drove me home it was sweet night for us
24. She broke her leg last year and she is getting better now
25. We saw you in the mall with him yesterday
26. Mom grew a flower in the garden, I do not know what the name is but the flower is so beautiful
27. We fed our pets in their cage
28. He brought me some cookies from London, it was so delicious
29. Simon hung his clothes in the outside to make them dry
30. The police hit the robber so hard so they couldn’t run away

2. Negative Sentence

Jika ada positif biasanya juga ada negatif, untuk kalimat negatif sendiri rumusnya yaitu:

Rumus Kalimat Past Tense (Kalimat Negatif) 

  • S + did not + V1
  • S + was / were + not 

Berikut ini contoh kalimat Past Tense bentuk negatif:

NO. SENTENCE
1.  The teacher did not ask you to do the project now 
2.  My parents did not go to the Lombok island for any business purpose but for holiday 
3.  Tommy did not borrow your pen but you pencil 
4.  Well we did not win the first place but we won the second place 
5.  I did not buy cheese cake but chocolate cake from Arif 
6.  They did not understand the project materials from Mr. Chris 
7.  We did not use the pipe to contribute the water to the people
8.  Tania did not bring her costume for the show last night 
9.  They did not build the house in 2001 but in 2005 
10.  I did not only sell lemon juice but all fruit juice 
11. She was not there when the house is on fire, she was lucky
12. They were not a naughty boys, they just looked like it
13. It was not me who broke the glass, but my brother is
14. The party organizer did not make a design as what I expected before
15. He did not answer my call, I am worried about him since last night
16. The teacher was not nice at all, she will just straight forward and give you punishment if you are late submitting your homework
17. The cleaning services were not lazy at all compared to you James
18. did not offer Jimmy a tour package bonus, I bought it or my self
19. He was not smart as you but you have to appreciate his hard work of learning
20. The people who waited in the waiting room were not the patients, but they were the job applicants
21. She was not hate the kids but those kids had ruined her task
22. They were not a naughty pet, they were so adorable
23. was not so good at dancing, before Clara teaches me to dance
24. She was not reading a book when she heard an explotion outside
25. Susan and Adam were not confused about the path to the mountain that they should take
26. She was not curious about the invention
27. We were not frightened when we entered the haunted house in the Jakarta
28. The committee did not mention your name, so you can’t go for the next round
29. My dog did not hurt your cat, it is a loving dog
30. We did not hid the paper but we burned it

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa ada yang menggunakan did serta kenapa ada yang menggunakan was / were? Untuk ketentuannya adalah, untuk did harus diikuti oleh verb, sedangkan penggunaan was / were akan diikuti dengan noun atau adjective.

Untuk rumusnya sudah dijelaskan pada tabel pertama di atas ya. Jadi anda tidak usah ragu lagi, kalau masih ada yang diragukan anda boleh mengajukan pertanyaan di kolom komentar ya. Nanti akan kami jawab ya.

3. Interrogative Sentence

Untuk bentuk kalimat past tense selanjutnya adalah dalam bentuk pertanyaan atau Interrogative sentence. Untuk rumus interrogative sentence sendiri yaitu:

Rumus Kalimat Past Tense (Kalimat Tanya)

  • Did + S + V1 + ?
  • Was / were + S + ?

Berikut ini contoh kalimat Past Tense bentuk pertanyaan:

NO. SENTENCE
1.  Did you tell them about the invitation? 
2.  Did we forget to ask the teacher to sign the assessment? 
3. I have announced the important announcement to all participant but why there’s no one here. Did you remind them already? 
4.  I can’t find my wallet. Did you move it somewhere else? 
5.  I want to move to my new house by the lake. Did you know it already? 
6.  Did you help Timmy on computer project? I need your help to teach me the same thing 
7.   Did not Bradley prepare his homework for today? 
8.  Jim, did Maya contact you yesterday about today’s group work? 
9.  Did you cook the meal mom? It was so delicious 
10.  Did she take the trash and recycling it? She is so creative! 
11. Were they threat you nicely when we went out of town?
12.  Were you lie to us about the competition? 
13. Did they help me to find my boy? I am so scared that I couldn’t find my boy anymore
14. Was he live in the Marry’s old house? He was so brave
15. Did Ian do the cooking? His cooking was so delicious, it feels like I want to eat it everyday
16. Did he buy the shoes? If so then why I couldn’t find it
17. Hey, I am running out of tomato and I need it now. Did you buy it yesterday?
18. Your idea last night was incredible. Did you do the same project before?
19. Did you close the door?
20. Was it so adorable? I want to buy and taking care of it
21. Did you take the journal on the table? Mrs. Anna is looking for it
22. Did the teacher come for the private course?
23. Was he so busy? I needed to talk with him
24. Were those necklaces expensive? If so we can find another store
25. Did they prepare my lunch? I would have my lunch at home
26. Was the movie so awful? Tell me
27. Were you depress? You seemed so quite
28. Did Mom hold your hand during the hiking?
29. Did him clean our room in the upstairs?
30. Was Maria happy to work here with me?

Bagaimana? Pasti sekarang anda sudah sangat paham sekali dengan tenses yang kedua ini bukan?

Bahasa Inggris memang sangat mudah. Jadi anda tidak usah khawatir lagi berbicara dalam bahasa Inggris atau mengerjakan tugas bahasa Inggris.

Karena semua instrumen pendukung sudah ada, kini anda bisa belajar Inggris Online dimanapun anda berada selama ada koneksi internet.

Demikianlah beberapa contoh kalimat past tense dan rumusnya yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa juga ya untuk membagikan artikel ini agar semakin banyak lagi orang yang mahir berbahasa Inggris.

Cinta Silvia
19 hours 'ago'

Tahukah anda apa pengertian dari kalimat majemuk? Kalimat majemuk merupakan suatu kalimat yang memiliki dua pola maupun lebih. Biasanya di setiap kalimat majemuk akan menggunakan kata penghubung yang berbeda-beda.

Sehingga kita pun bisa dengan mudah mengenal jenis kalimat majemuk ini hanya dengan mengetahui kata penghubung yang telah digunakan. Fungsi utama dari kalimat majemuk ini tentu saja untuk menjabarkan, menguraikan, menjelaskan maupun memperinci.

Contoh kalimat majemuk

Definisi Kalimat Majemuk

Kira-kira apa definisi kalimat majemuk itu? Kali ini kita akan mengajak anda membahas salah satu Bab dalam pelajaran bahasa Indonesia, yaitu tentang kalimat majemuk.

 Kalimat majemuk adalah sebuah kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih. Setiap kalimat selalu memiliki klausa yang merupakan paduan antara satu subjek dan predikat, serta bisa ditambahi objek, pelengkap, maupun keterangan.

Secara sederhananya, kita pahami bahwa kalimat majemuk memiliki lebih dari satu subjek, predikat, objek, ataupun pelengkap. Teman-teman bisa menemukan adanya penggabungan ataupun perluasan di salah satu bagian kalimat tersebut.

Mengenal Jenis Kalimat Majemuk

Nyatanya jenis dari kalimat majemuk ini telah terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan dengan proses pembentukannya. Kini kalimat majemuk terbagi menjadi empat, berikut penjelasannya:

Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara merupakan suatu kalimat yang memiliki sifat setara maupun sederajat pada hubungan dengan unsur-unsurnya. Biasanya jenis kalimat majemuk yang satu ini tidak memiliki suatu anak kalimat. Anda bisa mengenali ciri dari kalimat majemuk ini dengan adanya kata penghubung seperti lalu, namun, tetapi, kemudian, atau, melainkan dan sedangkan.

Contoh kalimat majemuk setara

  • Harga bbm naik dan harga bahan pokok ikut naik
  • Siswa memiliki rencana karya wisata tetapi para guru melarangnya
  • Kita akan pergi atau duduk saja di sini?

Kalimat Majemuk Rapatan

Untuk kalimat majemuk rapatan ini sebenarnya hanyalah pengembangan dari kalimat majemuk setara yang telah dirapatkan bagiannya karena frasa dalam kalimat ini telah berada pada posisi yang sama. Bagian yang nantinya dirapatkan bisa berupa predikat maupun subyeknya.

Contoh kalimat majemuk rapatan

Ayah membawa buku

Ibu membawa buku

Kalimat majemuk rapatannya menjadi: Ibu dan ayah membawa buku

Pak Budi guru Bahasa Inggris

Pak Budi teman ayahku

Kalimat majemuk rapatannya: Pak Budi guru bahasa Inggris dan teman ayahku

Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat majemuk bertingkat ini merupakan salah satu jenis kalimat majemuk yang hubungan antara unsur-unsurnya ini tidak sederajat. Biasanya ada salah satu unsur yang memiliki kedudukan sebagai induk kalimat sedangkan unsur yang lainnya memiliki kedudukan sebagai anak kalimat.

Jenis klausa dari kalimat majemuk bertingkat ini sebagai hasil dari perluasan terhadap salah satu maupun beberapa unsur sehingga mampu membentuk suatu pola yang baru.

Contoh kalimat majemuk bertingkat

  • Ayah pulang ketika ibu sedang memasak dan aku sedang membaca buku
  • Saya sedang menggambar dan adik bermain ketika ibu datang
  • Ujian telah selesai saat tim pemeriksa dan guru-guru sudah pulang
  • Karena hari sudah malam, kami pun hanya berbincang-bincang sebentar dan langsung pulang ke rumah
  • Saat kami pulang, mereka masih bekerja karena tugasnya belum terselesaikan

Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran ini merupakan hasil dari penggabungan kalimat majemuk setara maupun rapatan dengan kalimat majemuk yang bertingkat. Pada umumnya kalimat majemuk ini memang campuran, paling sedikit terdapat tiga kalimat tunggal dalam satu kalimat.

Jika anda masih merasa bingung dengan kalimat majemuk campuran ini. Ada beberapa contoh kalimat majemuk campuran yang bisa anda jadikan acuan pemahaman anda. Di antaranya:

  • Keponakan tinggal di kota supaya bisa menemani ayahnya
  • Meskipun hatinya sedang bersedih, namun dia tidak pernah menangis
  • Saat sedang bekerja, Edi pingsan
  • Asalkan mau belajar giat, kamu pasti bisa mengerjakan semua soal ulangan
  • :Kami tidak setuju, maka kami protes
  • Acara saat itu dibatalkan karena hujan deras mengguyur kala itu
  • Dia berjalan dengan santainya
  • Sekarang Lusi pun tahu bahwa adiknya sudah bisa membaca

Itulah tadi berbagai penjelasan mengenai jenis dan contoh kalimat majemuk dari kami. Dengan mengetahui semua jenis kalimat majemuk serta contohnya ini tentu saja anda akan cepat paham dengan kalimat tersebut. Semoga bermanfaat

Contoh kalimat majemuk lainnya

Berikut ini kami bagikan contoh kalimat majemuk lainnya yang bisa kita telaah:

Contoh Kalimat Majemuk Setara

  • Ayah menyetujui niatku dan ibu merestuinya.
  • Kami akan pergi atau duduk saja di sini?
  • Siswa berencana karya wisata, tetapi guru melarangnya.
  • Saya membeli buku dan adik ikut membelinya juga
  • Saya ingin melanjutkan pendidikan di bidan kehutanan dan ternyata ayah sangat mendukung pilihan tersebut.
  • Harga BBM naik dan bahan pokok ikut naik

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

  • Ketika sedang bekerja, Budi pingsan.
  • Asalkan mau belajar, kau pasti bisa mengerjakan soal itu.
  • Seandainya Andi datang lebih cepat, aku pasti bertemu dengannya.
  • Sepupu tinggal di kota agar bisa menemani ibunya.
  • Walaupun hatinya sedih, dia tidak pernah menangis.
  • Daripada melamun, bantulah ayahmu.
  • Acara itu dibatalkan karena hujan turun sangat deras
  • Kami tidak setuju, maka kami protes
  • Dia berjalan dengan santai.
  • Sekarang dia tahu bahwa adiknya bisa membaca.
  • Tanpa memakai kendaraan, Budi sampai di rumahku

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

  • Ayah pulang ketika ibu memasak dan adik membaca buku.
  • Ujian sudah selesai ketika tim pemeriksa datan dan guru-guru sudah pulang.
  • Saya sedang menulis dan adik bermain ketika ayah datang.
  • Indonesia adalah negara pertanian, tetapi Indonesia menghadapi kendala serius dalam hal musim sehingga swasembada beras tidak tercapai.
  • Karena hari sudah malam, kami berbincang-bincang sebentar dan langsug pulang.
  • Kami pulang, tetapi mereka masih bekerja karena tugasnya belum selesai.

Contoh Kalimat Majemuk Rapatan

Pak Bahar, guru bahasa Indonesia.
Pak Bahar, teman ayahku
Pak bahar, guru bahasa Indonesia dan teman ayahku (rapatan subjek)

Ayah membawa roti
Ibu membawa roti
Ayah dan ibu membawa roti 

Lintang Prisilia
19 hours 'ago'

Belajar fisika? Siapa sih yang tidak suka dengan fisika? Fisika itu sangat menyenangkan karena materinya sangat aplikatif dan menyangkut kehidupan kita sehari-hari.

Karena fisika-lah, kehidupan kita menjadi lebih mudah. Karena berbagai peralatan yang memakai prinsip fisika-lah kita bisa mengerjakan hal yang berat menjadi ringan, misal dengan prinsip katrol, pesawat sederhana, pembuatan jembatan, dan masih banyak hal lainnya.

Nah, kali ini kita akan mengajak anda untuk mengulas seputar topik energi kinetik atau juga dikenal dengan nama energi kinetis.

Apa itu energi kinetik atau energi kinetis itu?

Apa rumus energi kinetik itu?

Mari kita bahas satu per satu. Berikut ini:

Contoh soal energi kinetik

Definisi Energi Kinetik

Pertama kita akan membahas apa itu energi kinetik. Energi kinetis atau energi gerak (disebut juga energi kinetik) adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakannya. Energi kinetis sebuah benda didefinisikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu.

Rumus energi Kinetik

Setelah kita mengetahui apa definisi energi kinetik, mari kita lihat bagaimana rumus energi kinetik itu? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

Ek = 1/2 m.v2

Sederhana sekali bukan?

Ek adalah energi kinetik ; m adalah massa benda ; sementara v adalah kecepatan atau laju benda.

Sekarang mari kita lihat penjelasan dari rumus tersebut.

Penurunan Rumus Energi Kinetik

Rumus energi kinetik diatas merupakan rumus yang diturunkan dari rumus Usaha. Masih ingat rumus tentang usaha? Kalo sudah lupa, silahkan baca kembali artikel tentang Pengertian Usaha dalam Fisika.

Rumus dasar usaha biasa dituliskan: W = F.s

Dimana F = gaya (F = m.a)

Penurunan rumus energi kinetik dapat dimulai dari rumus jarak tempuh dan kecepatan benda yang memiliki kelajuan awal (vo), percepatan (a) dan waktu (t) yakni:

  • s = vo.t + 1/2 a.t2
  • vt = v+ at

Jika vo = o, dan vt = v, maka dari kedua dapat kita lakukan penurunan rumus sebagai berikut:

  • s = 1/2 a.t2
  • vt = v+ at, sehingga a = v/t

Persamaan a = v/t disubtitusikan ke rumus s = 1/2 a.t2, sehingga diperoleh rumus: s = 1/2 v.t

Jika rumus F = m.a dan s = 1/2 v.t disubtitusikan kedalam rumus usaha, maka:

  • W = F.s
  • W = (m.v/t).(1/2 v.t)
  • W = 1/2 m.v2

Rumus W = 1/2 m.v2 inilah yang biasa disebut sebagai rumus energi kinetik.

Contoh Soal Energi Kinetik dan Pembahasannya

Setelah kita paham dengan rumus energi kinetik, mari kita uji pemahaman adik-adik sekalian dengan ujian singkat. Silahkan coba contoh soal energi kinetik berikut ini, namun jangan lihat kunci jawabannya ya:

Contoh soal energi kinetik 1

Sebuah mobil bermassa 20.000 kg bergerak ke arah timur dengan kecepatan 20 m/s. Berapakah energi kinetik mobil tersebut?

Jawab:

Dik: m = 20.000 kg; v = 20 m/s;

Dit: Ek = …..?

Baca juga:   Rumus Energi Potensial

Penyelesaian:

  • Ek = 1/2 m.v2
  • Ek = 1/2 (20.000.202)
  • Ek = 1/2 (8000.000)
  • Ek = 4000.000 J
  • Ek = 4.000 kJ

Contoh soal energi kinetik 2

Sebuah benda dikatakan memiliki energi kinetik sebesar 200 J karena benda tersebut bergerak dengan kecepatan 36 km/jam. Perkirakan besar massa benda tersebut!

Jawab:

Dik: Ek = 200 Jv = 36 km/jam = 10 m/s

Dit: m = …?

Penyelesaian:

  • Ek = 1/2 m.v2
  • m = 2Ek/v2
  • m = 2 (200)/102
  • m = 4 kg

Contoh soal energi kinetik 3

Sebuah benda bermassa 4 kg memiliki energi kinetik 200 J ketika bergerak dilintasan lurus. Jika gesekan antara permukaan lintasan dan benda diabaikan, perkirakan kecepatan benda tersebut!

Jawab:

Dik: Ek = 200 J; m = 4 kg

Dit: v = …..?

Penyelesaian:

  • Ek = 1/2 m.v2
  • Rumus Menghitung kecepatan
  • Menghitung kecepatan
  • v = 10 m/s

Bagaimana? Ternyata fisika itu memang asyik bukan? Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin mengerjakan tugas dari guru anda di sekolah bukan?

Belajar memang bisa dimana saja dan kapan saja. 

Demikianlah ulasan seputar definisi, rumus dan contoh soal energi kinetik dari kami. Semoga bermanfaat untuk adik-adik semua ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini agar semakin banyak lagi orang yang terbantu dan mengerti dengan energi kinetik.

Marissa Putri
20 hours 'ago'

Pada materi matematika kelas 10 SMA, terdapat sebuah topik atau BAB pembahasan mengenai logika matematika.

Logika matematika ini membutuhkan analisa dan ketelitian serta kehati-hatian agar tidak  terkecoh. Selain itu, anda juga harus memperhatikan instruksi yang diberikan karena ketika menjawab harus berdasarkan instruksi yang diberikan.

Kali ini JadiJuara akan membagikan 22 contoh soal logika matematika yang bisa anda kerjakan beserta dengan pembahsannya.

Dengan adanya contoh soal logika matematika online ini, maka anda bisa mengerjakan dimanapun anda berada tanpa harus membawa buku paket yang berat kemana-mana.

Didalamnya mencakup negasi atau ingkaran suatu pernyataan, penggabungan pernyataan majemuk dengan konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan penarikan kesimpulan dari beberapa premis dan pernyataan yang setara.

Contoh soal logika matematika

Contoh soal logika matematika

Anda sudah tidak sabar lagi ingin coba mengerjakan contoh soal logika matematika dari kami?

Contoh Soal Logika Matematika

Silahkan simak contoh soal logika matematika berikut ini:

Latihan Logika Matematika 1

Tentukan negasi dari pernyataan-pernyataan berikut:

a) Hari ini Jakarta banjir.

b) Kambing bisa terbang.

c) Didi anak bodoh

d) Siswa-siswi SMANSA memakai baju batik pada hari Rabu.

Pembahasan
a) Tidak benar bahwa hari ini Jakarta banjir.
b) Tidak benar bahwa kambing bisa terbang.
c) Tidak benar bahwa Didi anak bodoh
d) Tidak benar bahwa siswa-siswi SMANSA memakai baju batik pada hari Rabu.

Atau boleh juga dengan format berikut:
a) Hari ini Jakarta tidak banjir.
b) Kambing tidak bisa terbang.
c) Didi bukan anak bodoh
d) Siswa-siswi SMANSA tidak memakai baju batik pada hari Rabu.

Latihan Logika Matematika 2

Tentukan negasi (ingkaran) dari pernyataan-pernyataan berikut:
a) p : Semua dokter memakai baju putih saat bekerja.
b) p : Semua jenis burung bisa terbang
c) p : Semua anak mengikuti ujian fisika hari ini.

Pembahasan
Pernyataan yang memuat kata “Semua” atau “Setiap” negasinya memuat kata “Beberapa” atau “Ada” seperti berikut:
a) ~p : Ada dokter tidak memakai baju putih saat bekerja.
b) ~p : Beberapa jenis burung tidak bisa terbang
c) ~p : Beberapa anak tidak mengikuti ujian fisika hari ini.

Latihan Logika Matematika 3

Ingkaran dari pernyataan “Beberapa bilangan prima adalah bilangan genap” adalah….
A. Semua bilangan prima adalah bilangan genap.
B. Semua bilangan prima bukan bilangan genap.
C. Beberapa bilangan prima bukan bilangan genap.
D. Beberpa bilangan genap bukan bilangan prima.
E. Beberapa bilangan genap adalah bilangan prima.
(Soal UN Matematika Tahun 2008 P12)

Pembahasan
p : Beberapa bilangan prima adalah bilangan genap
~p : Semua bilangan prima bukan bilangan genap

Latihan Logika Matematika 4

Tentukan pernyataan majemuk hasil penggabungan pasangan-pasangan pernyataan berikut dengan menggunakan operasi konjungsi (DAN):
a) p : Hari ini Jakarta hujan
q : Hari ini Jakarta banjir

b) p : Iwan memakai topi
q : Iwan memakai dasi

c) p : Mahesa  anak jenius.
q : Mahesa anak pemalas.

Pembahasan
a) p : Hari ini Jakarta hujan
q : Hari ini Jakarta banjir

p ∧ q : Hari ini Jakarta hujan dan banjir

b) p : Iwan memakai topi
q : Iwan memakai dasi

p ∧ q : Iwan memakai topi dan dasi

c) p : Mahesa anak jenius.
q : Mahesa anak pemalas.

p ∧ q : Mahesa anak jenius tetapi pemalas

Kata “dan”  bisa diganti dengan “tetapi”, “walaupun”, “meskipun” selaraskan dengan pernyataan.

Latihan Logika Matematika 5

Diberikan dua pernyataan sebagai berikut:
a) p : Hari ini Jakarta hujan lebat.
q : Hari ini aliran listrik putus.

Nyatakan dengan kata-kata:
a) p ∧ q
b) p ∧ ~q
c) ~p ∧ q
d) ~p ∧ ~q

Pembahasan
a) Hari ini Jakarta hujan lebat dan aliran listrik putus
b) Hari ini Jakarta hujan lebat dan aliran listrik tidak putus
c) Hari ini Jakarta tidak hujan lebat dan aliran listrik putus
d) Hari ini Jakarta tidak hujan lebat dan aliran listrik tidak putus

Latihan Logika Matematika 6

Diberikan data:
Pernyataan p bernilai salah
Pernyataan q bernilai benar

Tentukan nilai kebenaran dari konjungsi di bawah ini:
a) p ∧ q
b) p ∧ ~q
c) ~p ∧ q
d) ~p ∧ ~q

Pembahasan
Tabel Nilai kebenaran untuk konjungsi :

p q p ∧ q
B B B
B S S
S B S
S S S

Terlihat bahwa konjungsi bernilai benar jika kedua pernyataan bernilai benar.
Kita terapkan pada soal salah satunya dengan cara tabel:

p q ~p ~q p ∧ q p ∧ ~q ~p ∧ q ~p ∧ ~q
S B B S S S B S

Dari tabel di atas
a) p ∧ q bernilai salah
b) p ∧ ~q bernilai salah
c) ~p ∧ q bernilai benar
d) ~p ∧ ~q bernilai salah

Latihan Logika Matematika 7

Gabungkan pasangan pernyataan-pernyataan berikut dengan menggunakan operasi disjungsi (ATAU):
a) p : Ibu memasak ayam goreng
q : Ibu membeli soto babat di pasar

b) p : Pak Bambang mengajar matematika
q : Pak Bambang mengajar bahasa inggris

Pembahasan
a) p : Ibu memasak ayam goreng
q : Ibu membeli soto babat di pasar

p ∨ q : Ibu memasak ayam goreng atau membeli soto babat di pasar.

b) p : Pak Bambang mengajar matematika
q : Pak Bambang mengajar bahasa inggris

p ∨ q : Pak Bambang mengajar matematika atau bahasa inggris

Latihan Logika Matematika 8

Diberikan nilai dari pernyataan p dan q sebagai berikut:

p q
B S

Tentukan nilai kebenaran dari disjungsi berikut:
a) p ∨ q
b) p ∨ ~q
c) ~p ∨ q

Pembahasan
Tabel lengkap dari disjungsi sebagai berikut:

. p q p ∨ q
1 B B B
2 B S B
3 S B B
4 S S S

Dari data soal dapat diperoleh nilai dari negasi p maupun negasi q, tinggal dibalikkan saja B jadi S, S jadi B

p q ~p ~q
B S S B

a) p ∨ q
p bernilai B, q bernilai S
Pasangan B S menghasilkan nilai B (lihat tabel kebenaran nomor 2)

b) p ∨ ~q
p bernilai B, ~q bernilai B (kebalikan dari nilai q)
Pasangan B B menghasilkan nilai B (lihat tabel kebenaran nomor 1)

c) ~p ∨ q
~p bernilai S (kebalikan dari nilai p), q bernilai S
Pasangan S S menghasilkan nilai S (lihat tabel kebenaran nomor 4)

Latihan Logika Matematika 9

Negasi dari pernyataan ” Matematika tidak mengasyikkan atau membosankan” adalah…
A. Matematika mengasyikkan atau membosankan
B. Matematika mengasyikkan atau tidak membosankan
C. Matematika mengasyikkan dan tidak membosankan
D. Matematika tidak mengasyikkan dan tidak membosankan
E. Matematika tidak mengasyikkan dan membosankan
(Soal UN Matematika 2008)

Pembahasan
Untuk menentukan negasi dari suatu konjungsi atau disjungsi perhatikan dalil de Morgan berikut:
~(p ∧ q ) ≅ ~p ∨ ~q
~(p ∨ q) ≅ ~p ∧ ~ q

p : Matematika tidak mengasyikkan

q : Matematika  membosankan

Negasi untuk p dan q masing-masing adalah:
~p : Matematika mengasyikkan
~q : Matematika tidak membosankan

Gunakan dalil de Morgan untuk negasi disjungsi

~(p ∨ q) ≅ ~p ∧ ~ q

sehingga

~p ∧ ~ q : Matematika mengasyikkan dan tidak membosankan

Latihan Logika Matematika 10

Tentukan negasi dari pernyataan:
a) Bogor hujan lebat dan Jakarta tidak banjir.
b) Hari ini tidak mendung dan Budi membawa payung

Pembahasan
Ingkaran (negasi) dari konjungsi.
a) Bogor hujan lebat dan Jakarta tidak banjir.
Ingat:
~(p ∧ q ) ≅ ~p ∨ ~q
Sehingga ingkarannya adalah:
Bogor tidak hujan lebat atau Jakarta banjir.

b) Hari ini tidak mendung dan Budi membawa payung
Ingat:
~(p ∧ q ) ≅ ~p ∨ ~q
Sehingga ingkarannya adalah:
Hari ini mendung atau Budi tidak membawa payung

Latihan Logika Matematika 11

Diberikan pernyataan:
p : Tahun ini kemarau panjang.
q : Tahun ini hasil padi meningkat.
Nyatakan dengan kata-kata:
a) p → q
b) ~p → ~q
c) p → ~q

Pembahasan
Implikasi, formatnya adalah “jika p maka q” sehingga:
a) p → q : Jika tahun ini kemarau panjang maka hasil padi meningkat
b) ~p → ~q : Jika tahun ini tidak kemarau panjang maka hasil padi tidak meningkat.
c) p → ~q : Jika tahun ini kemarau panjang maka hasil padi tidak meningkat.

Latihan Logika Matematika 12

Tentukan ingkaran dari pernyataan:
“Jika cuaca cerah maka maka Amir bermain sepakbola”

Pembahasan
Ingkaran dari sebuah implikasi  p → q adalah p dan ~q

~(p → q) ≅  p ∧ ~ q

sehingga ingkaran dari pernyataan di atas adalah “Cuaca cerah dan Amir tidak bermain sepakbola”

Latihan Logika Matematika 13

Ingkaran dari pernyataan “Semua pasien mengharapkan sehat dan dapat beraktifitas kembali” adalah…
A. Beberapa pasien mengharapkan sehat dan dapat beraktifitas kembali.
B. Beberapa pasien mengharapkan tidak sehat atau tidak dapat beraktifitas kembali.
C. Beberapa pasien mengharapkan sehat tetapi tidak dapat beraktifitas kembali.
D. Beberapa pasien mengharapkan sehat tetapi dapat beraktifitas kembali.
E. Semua pasien mengharapkan sehat juga dapat beraktifitas kembali.

Pembahasan
Negasi dari sebuah pernyataan.
Bentuk yang sering muncul adalah:

“Semua pasien mengharapkan sehat dan dapat beraktifitas kembali”

Pernyataannya dalam bentuk (p ∧ q) jadi ingkarannya adalah ~p ∨ ~q.
Terjemahannya dalam kalimat menjadi
“Beberapa pasien mengharap tidak sehat atau tidak dapat beraktifitas kembali”. Cari kalimat yang sama di pilihannya.

Latihan Logika Matematika 14

Perhatikan pernyataan berikut:
“Jika cuaca mendung maka Charli membawa payung”

Tentukan konvers, invers dan kontraposisi dari pernyataan di atas!

Pembahasan
Dari implikasi p → q

p : Cuaca mendung
q : Charli membawa payung

Konversnya adalah q → p
yaitu “Jika Charli membawa payung maka cuaca mendung”

Inversnya adalah ~p → ~q
yaitu “Jika cuaca tidak mendung maka Charli tidak membawa payung”

Kontraposisinya adalah ~q → ~p
yaitu “Jika Charli tidak membawa payung maka cuaca tidak mendung”

Latihan Logika Matematika 15

Kontraposisi dari “Jika semua warga negara membayar pajak maka pembangunan berjalan lancar” adalah….
A. jika pembangunan tidak berjalan lancar maka ada warga negara yang tidak membayar pajak
B. jika tidak semua warga negara membayar pajak maka pembangunan tidak berjalan lancar
C. jika semua warga negara membayar pajak maka pembangunan tidak berjalan lancar
D. jika pembangunan berjalan lancar maka tidak semua warga negara membayar pajak
E. jika pembangunan tidak berjalan lancar maka semua warga negara tidak membayar pajak
(Soal Ebtanas 1995)

Pembahasan
p : semua warga negara membayar pajak
q : pembangunan berjalan lancar

Konversnya adalah ~q → ~p yaitu “Jika pembangunan tidak berjalan lancar maka ada warga negara yang tidak membayar pajak”

Latihan Logika Matematika 16

Premis 1 : Jika Budi rajin berolahraga maka badannya sehat.
Premis 2 : Budi rajin berolahraga.

Pembahasan
Modus Ponens
p → q
p
________
∴ q

Jika Budi rajin berolahraga maka badannya sehat.
p                                q

Budi rajin berolahraga
p

Kesimpulan adalah q : Badan Budi sehat

Latihan Logika Matematika 17

Tentukan kesimpulan dari :
Premis 1 : Jika hari cerah maka Budi bermain bola.
Premis 2 : Budi tidak bermain bola.

Pembahasan
p : Hari cerah
q : Budi bermain bola

Penarikan kesimpulan dengan prinsip Modus Tollens
p → q
~q
_______
∴ ~p

Sehingga kesimpulannya adalah ” Hari tidak cerah ”

Latihan Logika Matematika 18

Tentukan kesimpulan dari :
Premis 1 : Jika Budi rajin belajar maka ia disayang ayah.
Premis 2 : Jika Budi disayang ayah maka ia disayang ibu.

Pembahasan
Penarikan kesimpulan dengan prinsip silogisme
p → q
q → r
_________
∴ p → r

Sehingga kesimpulannya adalah ” Jika Budi rajin belajar maka ia disayang ibu”

Latihan Logika Matematika 19

Diketahui pernyataan :
1. Jika hari panas, maka Ani memakai topi.
2. Ani tidak memakai topi atau ia memakai payung.
3. Ani tidak memakai payung.

Kesimpulan yang sah adalah…
A. Hari panas.
B. Hari tidak panas.
C. Ani memakai topi.
D. Hari panas dan Ani memakai topi.
E. Hari tidak panas dan Ani memakai topi.

Pembahasan
Premis (1) Jika hari panas, maka Ani memakai topi.
Premis (2) Ani tidak memakai topi atau ia memakai payung.
Premis (3) Ani tidak memakai payung.

p : Hari panas
q : Ani memakai topi
r : Ani memakai payung

Selesaikan terlebih dahulu premis (1) dan (2) kemudian digabungkan dengan premis (3)

Dari premis (1) dan (2)
Premis (1) Jika hari panas, maka Ani memakai topi.
Premis (2) Ani tidak memakai topi atau ia memakai payung.

p → q
~q ∨ r

Ingat bentuk berikut:
~q ∨ r ekivalen dengan q → r

sehingga bentuk di atas menjadi :
p → q
q → r
_____
∴ p → r      (Silogisme)

Dari sini gabungkan dengan premis ketiga:
p→ r
~r
_____
∴ ~p           (Modus Tollens)

Kesimpulan akhirnya adalah ~p yaitu “Hari tidak panas”

Contoh Soal Logika Matematika 20

Diketahui premis-premis berikut:
Premis 1 : Jika masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka lingkungan bersih.
Premis 2: Jika lingkungan bersih maka hidup akan nyaman.

Kesimpulan yang sah dari kedua premis tersebut adalah…
A. Jika masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka hidup akan nyaman.
B. Masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka hidup akan nyaman.
C. Jika masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya maka lingkungan tidak akan bersih.
D. Jika masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka lingkungan tidak bersih.
E. Masyarakat membuang sampah pada tempatnya tetapi lingkungan tidak bersih.

Pembahasan
Penarikan kesimpulan. Premisnya berpola silogisme:

Sehingga kesimpulannya adalah “Jika masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka hidup akan nyaman.”

Contoh Soal Logika Matematika 21

Diberikan pernyataan:

“Jika pemimpin jujur maka rakyat tentram ”

Buatlah dua buah pernyataan yang setara dengan pernyataan di atas!

Pembahasan
Rumus:

Pernyataan yang setara dengan sebuah implikasi p → q

(i) dengan menggunakan format rumus p → q setara dengan ~p ∨ q
“Jika pemimpin jujur maka rakyat tentram ”
setara dengan
“Pemimpin tidak jujur atau rakyat tentram ”

(ii) dengan memakai format rumus p → q setara dengan ~q → ~p
“Jika pemimpin jujur maka rakyat tentram ”
setara dengan
“Jika rakyat tidak tentram maka pemimpin tidak jujur ”

Contoh Soal Logika Matematika 22

Pernyataan yang setara dengan “jika harga BBM naik maka harga kebutuhan pokok akan naik” adalah…
A. Harga BBM naik dan harga kebutuhan pokok naik.
B. Harga BBM tidak naik atau harga kebutuhan pokok akan naik.
C. Jika harga BBM tidak naik maka harga kebutuhan pokok akan naik.
D. Jika harga BBM tidak naik maka harga kebutuhan pokok tidak naik.
E. Jika harga BBM tidak naik maka harga kebutuhan pokok akan turun.
(Logika – UN SMA IPS 2013)

Pembahasan
Seperti contoh di atas, dengan penggunaan format yang (i):
“Jika harga BBM naik maka harga kebutuhan pokok akan naik”
setara dengan
Harga BBM tidak naik atau harga kebutuhan pokok akan naik
Jawaban: B

Bagaimana? Anda sudah mulai terbiasa mengerjakannya?

Semakin sering anda berlatih mengerjakan contoh soal logika matematika, maka kemampuan anda akan semakin terasah dan anda akan semakin terampil mengerjakannya dalam waktu yang lebih cepat.

Itu saja Contoh Soal Logika Matematika yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin banyak lagi yang paham dengan logika matematika.

Bintang Maulidya
20 hours 'ago'

Guru sebaiknya tahu cara mengajar yang baik kepada murid-muridnya. Ketika di dalam kelas, seorang guru mengambil kendali atas kegiatan yang akan dilakukan saat belajar dengan murid-muridnya. Jika respon murid ternyata merasa senang belajar bersama guru yang yang bersangkutan, bisa dipastikanguru tersebut menggunakan metode mengajar yang baik dan tidak monoton. Sebagian guru masih ada yang mengajar dengan menggunakan metode lama, yang seolah-olah hanya guru saja yang boleh aktif sementara murid-muridnya hanya meendengarkan. Sekarang ini, anak-anak dituntut untuk lebih aktif, sehingga cara mengajar guru juga harus berubah menjadi lebih baik dan maksimal.

Khusus untuk para guru, berikut ini telah dirangkum 10 Cara Mengajar yang Baik kepada murid-murid agar mereka mampu menyerap pelajaran yang diberikan dengan efektif dan efisien :

1. Jangan Berdiri Seperti Patung

maksud tidak berdiri seperti Patung adalah seorang guru sebaiknya bergerak ketika sedang mengajar, tidak hanya berdiri di depan kelas saja, atau hanya duduk di meja guru. lakukan teknik mobile teaching dengan cara guru mencoba untuk mengajar secara lebih dekat dengan muridnya, dan berkeliling untuk mengetahui situasi kelas dan murid-muridnya ketika sedang belajar. jika memang pelajaran hitungan sedang diberikan, cobalah guru untuk mendekati murid di setiap baris tempat duduknya dan lihat perkembangan mereka ketika sedang mengerjakan hitungan tersebut. jika saja ada murid yang sedang melamun, atau merasa bingung, maka guru akan dengan mudah mengetahuinya.

2. Buat Mereka Merespon Perhatian

untuk mengetahui apakah murid-murid kita ini memperhatikan kita saat mengajar pelajaran tertentu atau tidak, guru bisa melakukan diskusi atau debat argumen supaya mereka mau mengeluarkan pendapatnya. memang tidak semua murid kita akan bisa berpendapat dengan baik, beberapa ada yang terkendala masalah komunikasi. namun, apapun respon mereka, pancing terus mereka untuk berpendapat dan hargai setiap pendapat yang mereka lontarkan. selain materi pembelajaran dapat mudah mereka fahami, kita juga mengajarkan mereka untuk berani berbicara dan menerima pendapat orang lain. hal ini merupakan dasar komunikasi yang baik untuk bekal murid-murid kita di masa depan.

3. Lakukan Variasi

melakukan variasi dalam metode mengajar ternyata akan berpengaruh positif terhadap pemahaman murid-murid kita. bisa dibayangkan jika yang terjadi di kelas adalah hanya berbicara saja, dan mendengarkan tanpa ada yang bertanya, maka pemahaman pelajaran akan terasa lebih sulit. cobalah untuk membuat variasi ketika mengajar. sebelum masuk ke inti pelajaran, di awal cobalah untuk lebih rilexs dengan menyanyikan lagu yel-yel kelasnya, agar belajar tetap semangat. guru juga bisa menyisipkan games dalam setiap pelajaran yang sedang diberikan, asalkan games ini berhubungan dengan mata pelajaranya. lakukan lebih banyak diskusi dengan murid-murid kita, agar mereka aktif dan lebih memahami subjek pelajaranya.

4. Berikan Perhatian

mengajar bukan saja memberikan materi pelajaran untuk murid-murid kita agar mereka mengetahui dan mempelajarinya. mengajar juga harus memperhatikan keadaan murid-muridnya. jika kembali ke masa sekolah dulu, biasanya sang guru akan memperhatikan siswa-siswa tertentu saja, seperti siswa yang paling sering bolos, yang paling pintar, paling cantik dan lain sebagainya. predikat inilah yang bisa membuat guru sangat mudah mengenali satu persatu muridnya. sebaiknya berikan perhatian kepada seluruh murid. tiap murid memiliki talenta dan karakter yang berbeda, maka ketahuilah satu persatu dan dukung mereka agar bisa berkembang menjadi lebih baik.

5. Maksimalkan Teknologi

sekarang sudah serba canggih, metode mengajar kita juga harus disesuaikan dengan teknologi yang ada agar mengajar semakin mudah. manfaatkan komputer, Laptop, tablet dan lainya untuk digunakan murid-murid dalam mempelajari sesuatu subjek. agar tidak bosan, ubahlah text book pelajaran menjadi bentuk gambar atau audio, dengan begini murid akan menemukan sesuatu yang dianggap baru dan menyenangkan. memanfaatkan teknologi tentunya akan selalu berkaitan dengan internet. saat ini ada banyak website edukasi yang akan memberikan pengetahuan tentang mata pelajaran yang sedang murid-murid bahas bersama gurunya ini. mereka bisa mengakses video pembelajaran atau membaca artikel terkait, untuk membuat mereka lebih faham.

6. Interaktif

cobalah untuk menggunakan metode belajar yang interaktif dengan murid-murid kita. seorang guru memang menguasai materi pelajaran yang akan diberikan kepada anak muridnya, namun perkembangan anak juga harus kita fikirkan. mereka akan banyak memiliki rasa ingin tahu tentang sesuatu, terhadap tentang issu yang mungkin sedang dibahas pada mata pelajaran tertentu. berikan kesempatan mereka untuk bertanya seputar pelajaran yang dibahas. guru bisa mengawali dengan menceritakan kisah pendek terkait pelajaran tersebut. buat mereka menjadi bertanya-tanya agar mereka lebih mudah mengerti dan memahami sebenarnya bagaimana menyelesaikan pertanyaan dalam suatu pelajaran tertentu.

7. Sesekali Belajar di Luar Kelas

beberapa guru ada yang suka menggunakan metode ini, dimana murid-muridnya digiring ke luar kelas pada pagi hari, dan mereka belajar di luar kelas. metode seperti ini dianggap akan kembali merefresh keadaan otak murid-murid kita yang sudah sering menerima pelajaran setiap harinya. lakukan pembelajaran yang cenderung menyenangkan, seperti membuat pasangan kata pada sebuah kertas dan menyuruh mereka untuk mencari maksud dari padanan kata tersebut, sesuai dengan buku pelajaran. coba perhatikan, murid-murid akan merasa lebih refresh dan lebih mudah untuk menyerap pelajaran. mereka akan lebih konsenstrasi, terlebih keadaan diluar masih di jam pagi hari.

8. Siapkan Materi dengan Animasi

dalam menyampaikan pelajaran kepada murid-murid kita, sebaiknya kita tidak menghabiskan waktu dengan membahas point yang kurang penting untuk disampaikan. siapkan poin-poin dari materi pelajaran utama dalam bentuk yang lebih animasi. jika memang bisa disampaikan dengan poin, kita bisa gunakan slide presentasi lewat power poin. buatlah beberapa slide tampilan materi pembelajaran dengan menyisipkan animasi lucu dan bergerak di dalamnya. hal ini akan berguna agar penyampaian materi tidak membosankan. penjelasan poin seperti ini juga lebih jelas dalam mengarahkan tujuan pembelajaran itu sendiri. sesekali sarankan juga murid-murid untuk belajar membuat presentasi lewat power point. selain itu, kita juga bisa gunakan Video pembelajaran agar suasana belajar lebih baru.

9. Lebih Sabar dan Berikan Reward

sebagai guru, kita juga harus bisa lebih sabar untuk menghadapi berbagai respon anak murid kita, baik sabar dalam pemahaman pembelajaran, maupun sabar dalam mendorong mereka untuk terus semangat belajar. respon anak murid kita akan berbeda-beda terhadap pelajaran, sekalipun berbagai strategi yang unik sudah coba kita lakukan untuk membuat suasana belajar lebih seru. untuk lebih menyemangati anak murid kita, tidak ada salahnya jika kita memberikan reward atau hadiah setiap anak murid kita berhasil menjawab pertanyaan kuis atau test harian saat di kelas. hadiah juga merupakan salah satu motivasi untuk anak-anak murid kita agar lebih semangat belajar.

10. Perhatikan Closing Mengajar

saat pelajaran akan segera berakhir waktunya, maka terapkan teknik closing belajar yang benar, agar murid-murid tidak mudah melupakan poin apa saja yang telah mereka pelajari hari ini. ulangi kembali poin pembelajaran tadi, secara garis besar agar murid-murid kita tetap mengingatnya dan juga mulai memahaminya. setelah itu, coba untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran tersebut agar bisa melanjutkan ke materi selanjutnya secara teratur, murid akan tetap mengingat materi sebelumnya, jika teknik closingnya seperti ini. beritahukan tentang materi yang akan dibahas selanjutnya di pertemuan berikutnya. sarankan murid-murid untuk membaca poin penting pelajaran berikutnya sebelum kelas dimulai.

menjadi Guru yang baik tidak mudah, karena kita memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi pelajaran kepada murid-murid kita, serta kewajiban kita selanjutnya adalah membuat mereka memahami tujuan pembelajaran tadi agar mereka lebih cepat memahaminya. respon murid terhadap pelajaran tentu berbeda-beda, oleh karena itu kita harus menggunakan metode belajar yang lebih baru dan modern agar murid-murid betah karena gurunya melakukan cara mengajar yang baik. 10 Cara Mengajar yang Baik dan Benar untuk Guru di Sekolah semoga bisa memberi pencerahan untuk metode belajar baru yang lebih menyenangkan. Happy Teaching!

Bos Babecom
20 hours 'ago'

Ketajaman dan kejernihan otak Anda tak pelak merupakan pilar paling kunci untuk meraih keberhasilan hidup.

Kehebatan hidup Anda mungkin sebagian besar akan sangat ditentukan oleh kemampuan sel otak Anda dalam bekerja dan beroperasi.

Jika otak kita mengalami hang, error atau tulalit, maka niscaya hidup kita juga akan termehek-mehek dalam selarik duka yang tak berujung.

Faktanya, banyak orang yang acap menjadi plonga plongo karena memang ketajaman sel otak dia mengalami degradasi.

Pada sisi lain orang acap merasa otaknya jumud dan stuck, sehingga kreativitas untuk mengubah nasib menjadi lenyap.

Kunci meraih kemakmuran itu adalah daya kreativitas untuk melesatkan jalan rezeki. Dan kreativitas akan sangat bergantung pada daya jelajah OTAK kita.

Tak heran jika kemudian banyak orang mencari-cari cara apa yang gerangan bisa membuat kekuatan otak kita jadi cetar membahana?

Apa saja yang layak dipahami dan dipraktekkan untuk membuat otak kita menjadi sedikit lebih jenius?

Buku ini ditulis oleh John Medina, seorang ahli neuologi atau brain science. Dus, beliau adalah pakar yang cocok untuk kita tanya tentang bagaimana caranya agar otak kita tidak hang, dan tulalit saat diajak berpikir dan bekerja.

Disini, saya mau berbagi empat cara sederhana untuk membuat otak Anda tetap tajam dan sedikit lebih jenius.

Cara 1 : Exercise Does Enhance Your Brain.

Selama ini kita sudah paham manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh dan jasmani kita.

Namun yang jarang dipahami : berolahraga secara rutin dan melakukan pergerakan yang aktif ternyata memberikan impak yang amat masif bagi ketajaman otak kita.

Dalam buku itu disebutkan, orang yang rajin berolahraga dan aktif bergerak dalam jangka panjang otaknya akan memiliki kemampuan problem solving dan reasoning yang jauh lebih tangguh dibanding mereka yang malas bergerak dan berolahraga.

Prof John mengatakan : kalau Anda ingin sel otak Anda tetap tajam, cukup luangkan waktu jalan kaki 30 menit tiap hari. Langkah simpel yang amat dramatis impaknya bagi kekuatan otak kita.

Sebaliknya, orang yang mager atau malas gerak, otaknya menjadi lebih mudah nyungsep.

Itulah mengapa, orang yang malas melakukan olahraga dan seharian hanya duduk didepan cubicle sambil melototin layar komputer otaknya bisa cepat stuck dan orangnya jadi mudah plonga plongo.

Saya suka ditanya : mas Yodhia kenapa ya pikiran saya suka mudah stuck, dan susah diajak berpikir kreatif?

Jawabannya sederhana : sebab orang ini memang hampir tidak pernah olahraga. Semua waktunya habis di jalanan yang macet dan di depan layar laptop untuk kerja.

So, kalau tak mau otakmu layu, lakukan olah tubuh setiap pagi atau sore. Rasakan sensasi keringat yang mengalir dari tubuhmu. Sebab saat itulah, sel otak Anda terus diasah menjadi lebih tajam.

Cara 2 : Hindari Multitasking.

Multitasking itu hanyalah mitos.

Acapkali orang dengan bangga bilang bahwa dirinya adalah multi-tasker yang serba bisa. WRONG statement.

Sebab, menurut Prof John Medina, otak kita bekerja dengan cara sekuensial (ber-urutan) dan tidak pernah bisa dipaksa bekerja secara paralel.

Otak kita bekerja secara berurutan, maksudnya fokus dari A ke B dan ke C. Otak kita menjadi jauh lebih produktif jika bekerja secara sekuensial (berurutan).

Sebaliknya, otak kita membenci cara kerja yang zig zag, atau bernafsu melakukan banyak hal secara paralel.

Itulah mengapa, mengemudikan mobil sambi cek layar ponsel langsung meningkatkan resiko kecelakaan hingga 9 kali lipat.

Dan itulah mengapa, melakukan penyelesaian tugas sambil berkali-kali mendapatkan interupsi akan menghasilkan kualitas kerja 50 % lebih buruk dan 50 % lebih lamban.

Jadi kalau selama ini Anda rajin melakukan multitasking – misalnya menyelesaikan laporan sambil tengak-tengok notifikasi Whats App Anda; maka Anda justru akan lebih lamban dan sering salah dalam menyelesaikan tugas.

Karena itu, kalau mau otak Anda tetap produktif, maka usahakanlah agar selalu mengerjakan tugas secara fokus dan bertahap serta semuanya digarap secara sistematis.

Cara 3 : Lakukan Break Setiap 10 Menit

Profesor John Medina bilang, ketika mendengarkan presentasi, ceramah, kuliah, atau mendengarkan orang lain ngecap, otak kita ternyata hanya bertahan untuk menaruh atensi maksimal 10 menit.

Setelah itu, konsentrasi kita untuk mendengarkan/ menyimak turun secara signifikan.

Jadi kalau ada orang yang nyerocos memberikan ceramah atau presentasi tanpa henti selama lebih dari 30 menit, maka hanya kesia-siaan yang akan diperoleh. Sebab, otak para audiens tak akan pernah bisa lagi menangkap isi informasi secara optimal.

So, kelak jika Anda mendapat kesempatan presentasi atau memberikan informasi; lakukanlah small break setelah 10 menit.

Break ini bisa berupa menyilakan audiens untuk bertanya; atau menyelinginya dengan intermezo (misal diselingi video klip atau tayangan multimedia lainnya), atau menyampaikan kisah insiratif plus anekdot.

Dengan cara tersebut, maka konsentrasi para audiens akan bisa kembali terpelihara.

Cara 4 : Hindari Ruang Kerja Cubicle

Ya, ternyata ada dua lingkungan yang menurut John Medina paling brutal membunuh daya kreasi otak kita. Dua lingkungan itu adalah : ruang kelas perkuliahan/sekolah dan ruang cubicle perkantoran (ruang kerja dengan sekat-sekat seperti di kantor Anda itu).

Ruang kelas yang isinya melulu ceramah oleh dosen/guru yang monoton, satu arah dan acap membosankan, ternyata justru mudah membuat otak kita terpasung mati. Itulah kenapa kreativitas jarang muncul dari bangku kuliah yang monoton.

Ruang cubicle kantor yang membuat Anda tidak banyak bergerak secara aktif, tersekat-sekat, dan hanya memaksa Anda untuk melakukan tugas repetitif juga berpotensi menumpulkan otak Anda.

Jadi bayangkanlah : selama bertahun-tahun (lebih dari 15 tahun!) kita menghabiskan waktu kita di ruang kelas yang monoton nan membosankan.

Dan kini, ketika kita bekerja, kita kembali disekap bertahun-tahun dalam ruang cubicle yang juga tidak banyak menawarkan ruang kreasi secara optimal.

Dengan kata lain, selama puluhan tahun otak kita dikunci dalam dua lingkungan statis itu. Jadi sungguh tak heran, kenapa otak kita mudah stuck dan gagal diajak berpikir kreatif.

DEMIKIANLAH, 4 aspek yang layak dikenang saat kita mencoba melakukan perbaikan terhadap cara kerja otak kita :

1. Walk and Walk to Sharpen Your Brain
2. Avoid Multi-tasking
3. Do Ten-Minute Break
4. Avoid Cubicle

Semoga sel otak Anda bisa makin tajam dan menghasilkan output yang cetar membahana.

Rizki Anugrah Ramadhan
20 hours 'ago'

Berbicara tentang hewan peliharaan, mereka terkenal dengan kelucuannya, bukan saja fisiknya tapi juga tingkah lakunya. Namun tahukah kamu kalau di luar sana ada beberapa hewan yang bukan saja menggemaskan, namun mereka memiliki pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Hewan-hewan tersebut mencapai prestasi yang mencengangkan di mata manusia.

Kira-kira apa ya yang sudah mereka perbuat?

1. Penguin yang dianugerahi gelar kebangsawanan

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Di dunia ada satu penguin yang pernah menerima gelar ksatria. Kehormatan itu jatuh ke Nils Olav, seekor burung penguin dari Kebun Binatang Edinburgh. Kisah Olav dimulai pada tahun 1972, ketika ia diadopsi oleh Raja Pengawal Norwegia, gerakan simbolik antara Norwegia dan Skotlandia. Nils diangkat sebagai kopral tombak, dan pertama kali Pengawal Raja mengunjungi kebun binatang, penguin itu mendapat promosi.

Sayangnya, Nils meninggal pada tahun 1987, sehingga Penjaga mengadopsi seekor penguin baru dan memberinya nama Nils Olav II. Si penerus ini berhasil naik pangkat sebagai komando. Dan pada 2008, 50 anggota King's Guard dilantik oleh Raja Harald V sebagai ksatria burung kecil dan Nils Olav II sendiri mendapat gelar kolonel-in-chief menjadi Sir Nils Olav II.

Penguin tersebut bahkan harus memimpin pasukan sebelum menerima gelar ksatria. Sayangnya, Nils Olav II mati gak lama setelah itu dan digantikan oleh burung ketiga yang menjadi brigadir pada Agustus 2016.

2. Corgi Welsh mendapat gelar kehormatan

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Mendapatkan gelar PhD bukanlah tugas yang mudah, tetapi sebelum dia meninggal pada tahun 2013, Elvis the Welsh Corgi dianugerahi gelar doktor kehormatan. Bagaimana bisa ya seekor anjing mendapat gelar besar? Itu karena ada hubungannya dengan pemiliknya, Tim Pennings, seorang profesor matematika di Hope College.

Semua ini bermula ketika Profesor Michigan itu bermain lempar bola dengan Elvis di Danau Michigan, Pennings memperhatikan sesuatu yang menarik ketika anjingnya mengambil bola tersebut. Elvis berlari untuk mengambil bola dalam waktu yang jauh lebih singkat, gak seperti anjing lain pada umumnya. Pemikiran Elvis jauh lebih istimewa.

Menurut Pennings, anjingnya menggunakan kalkulus untuk mendapatkan bola secepat mungkin. Penasaran, Pennings melakukan percobaan beberapa kali, merekam kecepatan Elvis dan menggunakan pita pengukur untuk menentukan jarak yang ditempuh Corgi. Menurut Pennings, Elvis memiliki bakat instingtual yang hebat.

3. Monyet yang bekerja sebagai pemberi sinyal kereta api

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Jack Babac Chacma adalah seekor monyet yang pada tahun 1880-an dibeli oleh seorang pria Afrika Selatan bernama James Edin Wide. Lelaki ini bekerja sebagai petugas sinyal kereta api, meskipun dia mengalami kesulitan karena kehilangan kakinya akibat kecelakaan. Jadi Wide melatih Jack untuk mendorongnya berkeliling dengan troli. Namun prestasi terbesar Jack adalah ketika dia bisa mengelola seluruh stasiun kereta.

Setiap kali kereta mendekat, ia akan mulai meniup peluit dan jumlah siulan peluit menunjukkan jalur mana yang harus mereka turuni. Sebelum Jack muncul, Wide lah yang mengubah jalur, tetapi monyet itu dengan cepat belajar bagaimana mengoperasikan tuas. Lalu dia ditugaskan untuk memastikan lokomotif sampai ke tempat kereta harus pergi.

Manajer kereta api bahkan menguji si monyet kecil itu untuk melihatnya mengoperasikan sakelar, dan Jack lulus dengan sempurna. Kemudian Jack dibayar 20 sen sehari. Jack bekerja sebagai pengawas selama hampir sepuluh tahun sebelum akhirnya mati pada tahun 1890.

4. Sombra si polisi anti narkotika

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Sombra adalah anjing yang bekerja dengan polisi anti narkotika di Kolombia, Resembling German ini menggunakan indera penciumannya yang kuat untuk menangkap penjahat yang menyelundupkan zat terlarang ke luar negeri. Dan anjing berusia 6 tahun ini selalu berhasil menghentikan orang jahat.

Pada Juli 2018, dia menemukan 9 ton kokain. Dia juga mengendus 245 tersangka pelari narkoba, dan gak perlu diragukan lagi, dia sudah menjadi pahlawan kepolisian di negara itu.

Di sisi lain, Sombra (yang berarti "bayangan") merupakan anjing yang sangat baik dalam pekerjaannya sehingga salah satu geng paling kuat di Kolombia yang dikenal sebagai Urabeños, menawarkan 70.000 dolar AS kepada siapa saja yang bisa membunuh Sombra.

Untungnya sejauh ini, anjing itu masih selamat dan sehat. Pemerintah telah memindahkan Sombra ke sebuah kota di luar geng Urabeños, dan pada tahun 2020, Sombra akan pensiun dari pekerjaan polisi.

5. Anjing yang menjadi bintang Hollywood

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Hollywood Walk of Fame merupakan penghormatan bagi beberapa ikon terbesar dalam sejarah budaya pop dan ternyata gak semuanya adalah manusia lho. Di antara semua nama manusia, ada nama binatang Rin Tin Tin yang didedikasikan untuk seekor anjing jenis Resembling German yang dulunya adalah aktor.

Dikenal sebagai "Rinty," Rin Tin Tin adalah milik seorang veteran Perang Dunia I bernama Lee Duncan. Duncan menemukan Rinty, anak anjing yang berada di medan perang di Prancis.

Duncan melatih Rinty untuk menjadi bintang laga, dan anjing itu mendapat peran di tahun 1922, memainkan serigala di The Man from Hell's River. Setelah itu, Rinty semakin banyak bermain film, membintangi 27 film dan menjadi bintang film utama. Dia juga aktor yang berhasil masuk box office, dan kritikus memuji "kemampuan aktingnya" yang luar biasa.

Banyak yang mengatakan bahwa film-film Rin Tin Tin sangat populer sehingga dianggap menyelamatkan studio Warner Bros dari kegagalan. Dan saat anjing itu meninggal pada tahun 1932, program-program radio dihiasi oleh berita menyedihkan tentang kematiannya.

6. Gajah-gajah yang bermain alat musik

Membentuk band dan membuat musik umumnya dilakukan oleh manusia, tetapi di Thailand, ada sekelompok pachydermata yang memainkan beberapa lagu. Thai Elephant Orchestra didirikan oleh ahli konservasi Richard Lair dan ahli saraf David Sulzer (yang menggunakan nama panggung Dave Soldier), dan gajah-gajah tersebut tinggal di pusat konservasi di bagian utara negara itu. Pusat tersebut adalah rumah bagi gajah-gajah.

Dibutuhkan biaya agar center tetap hidup, Lair akhirnya bekerja sama dengan Sulzer untuk mengajari gajah cara bermain instrumen, dan ini juga menjadi kesempatan bagus untuk Sulzer, karena memberinya kesempatan untuk mempelajari kemampuan kognitif dari binatang yang luar biasa itu.

Sulzer merancang segala macam instrumen raksasa, dari gong dan drum hingga gambang yang sangat besar. Seekor gajah bahkan menggunakan harmonika. Sulzer berperan sebagai komposer dan memberi tanda kepada gajah kapan harus bermain. Dan orkestra gajah tersebut sangat sukses sehingga, dan percaya atau gak, mereka telah membuat tiga album.

7. Kucing yang mengumpulkan uang untuk acara amal

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Cerita Lil Bub dimulai ketika ia dilahirkan dengan keadaan yang gak normal, terserang osteopetrosis, dan empat jari kaki yang besar. Menurut situs resminya, rahang bawahnya super pendek, dan dia gak punya gigi. Akibatnya, lidahnya terus menjulur keluar dari mulutnya.

Karena hal itu Lil Bub menjadi "anak kucing perma," yang berarti gak peduli berapa pun usianya, dia akan terlihat seperti anak kucing kecil yang manis. Namun terlepas dari penyakitnya, Lil Bub sudah menjalani kehidupan yang sangat menakjubkan dan telah membantu banyak hewan.

Pemilik Lil Bub merupakan seorang pria bernama Mike Bridavsky, dan dikutip dari Wired, Mike suka memposting foto dan video kucingnya yang tampak unik pada 2011. Yang akhirnya beberapa media online menulis tentang Lil Bub.

Kerennya lagi, Lil Bub memiliki bukunya sendiri dan seri web online menghadirkan Whoopi Goldberg sebagai bintang tamunya. Tetapi kontribusi terbesarnya bagi masyarakat adalah dia bekerja sama dengan ASPCA untuk mendirikan Lil Bub's Big Fund, sebuah badan amal yang mengumpulkan lebih dari 350.000 dolar AS untuk hewan peliharaan yang memiliki kebutuhan khusus.

8. Ham, simpanse heroik yang pergi ke ruang angkasa

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Sebelum Alan Shepard atau Yuri Gagarin ke luar angkasa, ada Ham simpanse yang ke sana terlebih dahulu. Nah, sebelum dia dikenal sebagai Ham, para ilmuwan NASA memanggilnya "Number 65". Simpanse heroik itu merupakan kandidat sempurna untuk mewakili jenis primata. Dia dipilih dari 40 simpanse, diajari cara menarik tuas bersamaan dengan cahaya dan suara tertentu, dan pada Januari 1961, dia diterbangkan ke luar angkasa.

Namun penerbangannya ke ruang angkasa agak bermasalah, karena seharusnya ia terbang setinggi 115 mil tetapi malah menempuh jarak 42 mil lebih tinggi. Akibatnya, kapsulnya bahkan kehilangan tekanan, tetapi dia bertahan dengan menarik pengungkit-pengungkit seperti seorang ahli, membuat para ilmuwan di Bumi memiliki data berharga tentang kontrol motorik manusia di ruang angkasa.

Dan ketika dia kembali ke Bumi, dia diberi nama Ham, singkatan dari Holoman Aerospace Medical Center, dan menjadi pahlawan. Dia kemudian pensiun dan ditempatkan ke Kebun Binatang Nasional di Washington, dan setelah meninggal pada usia 26, dia dimakamkan di Museum Sejarah Luar Angkasa New Mexico dengan sebuah plakat untuk memperingati jasanya yang luar biasa.

9. Seekor anjing yang membantu penangkapan Osama bin Laden

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Belgian Malinois bukanlah anjing yang ingin kamu pelihara. Menyerupai Resembling German, anjing yang memiliki gigi taring yang kuat itu digunakan oleh militer dan Dinas Rahasia untuk menjaga tokoh-tokoh terkemuka dan menangkap orang-orang jahat. Saat SEAL Team Sixditugaskan ke Pakistan dan memburu Osama bin Laden, mereka membawa Malinois Belgia bernama Cairo.

Dilansir dari Washington Post, anjing yang mematikan itu dilengkapi dengan segala macam perlengkapan teknologi tinggi, seperti rompi Kevlar dan kacamata penglihatan malam. Ketika tim mendarat di luar halaman bin Laden, Cairo dan beberapa SEAL membuat garis pembatas tempat anjing itu berdiri, mengawasi siapa saja yang terlalu dekat atau siapa pun yang melarikan diri dari kompleks pemimpin al-Qaeda tersebut. Selain itu, jika keadaan menjadi sangat gawat, SEAL akan menggunakan Cairo untuk mencium aroma bom atau mengendus bin Laden sendiri.

Presiden Obama memberikan selamat kepada SEAL atas misi sukses mereka, ia juga menyempatkan waktu untuk bertemu dengan Cairo dan memberinya tepuk tangan kebanggaan.

10. Kuda yang menjadi pahlawan Perang Korea

Gak Kalah dengan Manusia, 10 Hewan Ini Punya Pencapaian Super Hebat!

Reckless adalah kuda kelahiran Korea, dan pada tahun 1952, seorang letnan Marinir membelinya seharga 250 US dolar dari seorang anak yang membutuhkan uang untuk membelikan kaki palsu adiknya yang lumpuh.

Saat Reckless bergabung dengan militer, ia menjadi favorit di antara rekan-rekan Marinirnya, terutama karena nafsu makannya yang tinggi. Dia akan memakan apa saja mulai dari telur dadar, pancake hingga soda dan bir.

Tapi Reckless memiliki sejarah sebagai kuda yang membawa amunisi ke Marinir untuk mengoperasikan senapan recoilless, senjata yang sangat berbahaya untuk dioperasikan sehingga pasukan sering menggambarkannya sebagai senapan "sembrono". Dan selama Battle for Outpost Vegas, Reckless melakukan lebih dari 50 perjalanan bolak-balik membawa hampir 400 amunisi.

Reckless pernah terluka dalam pertempuran ketika membawa amunisi ke medan perang, namun dia gak pernah mengabaikan tugasnya. Berkat keberaniannya di Korea, Reckless mendapatkan dua Purple Hearts dan dipromosikan menjadi sersan staf. Dan menurut CNN, ketika dia meninggal pada tahun 1968, kuda heroik ini dimakamkan dengan penghormatan militer seutuhnya.

Mengaggumkan ya aksi-aksi binatang di atas. Bukan hanya saja cerdas, tapi mereka juga memiliki keberanian yang luar biasa.

Putri Mahmudah
2 days 'ago'

Ketika bekerja, lalu Anda meraih sebuah prestasi, tentu akan ada penghargaan yang mengiringinya sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan, salah satunya adalah kompensasi kerja.

Kadang, saat Anda berstatus sebagai karyawan sebuah perusahaan, Anda merasa bahwa perusahaan memperlakukan Anda secara tidak adil. Kerja yang menumpuk, gaji yang minim, serta masa libur yang sedikit, mungkin adalah beberapa hal yang kerap dikeluhkan oleh orang-orang terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

Meski begitu, tak selamanya perusahaan tutup mata akan prestasi yang Anda torehkan selama bekerja. Bagi karyawan yang memang bekerja dengan rajin, serta mencatatkan sesuatu yang apik yang pada akhirnya mendorong perusahaan jadi lebih baik, akan ada penghargaan yang diberikan oleh perusahaan.

Dari sekian banyak penghargaan, kompensasi kerja adalah salah satu yang kerap diberikan perusahaan kepada karyawannya yang menorehkan hasil kerja yang baik. Nah, bagi Anda orang-orang yang baru merintis karier di dunia kerja, ada baiknya Anda mempelajari jenis-jenis kompensasi kerja yang ada di Indonesia. Mari kita simak.

Kompensasi Kerja Beserta Jenis dan Macamnya

Perkara kompensasi kerja di Indonesia, sama seperti di perusahaan lain di seluruh dunia, adalah upaya dari perusahaan untuk mengangkat produktivitas dari karyawan-karyawannya. Dengan adanya pemberian penghargaan, maka para karyawan akan terpacu untuk terus memberikan yang terbaik.

Nah, untuk jenis dan macamnya, kompensasi kerja di Indonesia memiliki bentuk yang berbeda-beda. Berdasarkan jenis pembayarannya, kompensasi kerja dibagi menjadi dua macam, yaitu: Kompensasi Pembayaran Langsung dan Kompensasi Pembayaran Tidak Langsung.

Kompensasi Pembayaran Langsung, merupakan kompensasi kerja yang cara pembayarannya dilakukan secara tunai, seperti gaji, upah, insentif, bonus, komisi, tunjangan tunai, tahunan, transportasi, dan premi manajemen. Sementara, Kompensasi Pembayaran Tidak Langsung, merupakan kompensasi kerja yang sifatnya tidak tunai, macam asuransi kesehatan.

Berikut di atas adalah kompensasi kerja berdasarkan jenis pembayaran. Ada macam-macam jika dilihat dari cara hitung-hitungannya. Beberapa di antaranya adalah Kompensasi Prestasi Kerja, Kompensasi Berdasarkan Lama Bekerja, Kompensasi Berdasarkan Senioritas, dan Kompensasi Berdasarkan Kebutuhan.

Kompensasi Prestasi Kerja ini biasanya berbentuk gaji atau upah yang diberikan berdasarkan prestasi kerja karyawan. Sementara, Kompensasi Berdasarkan Lama Bekerja didasari oleh lamanya karyawan bekerja. Kompensasi Berdasarkan Senioritas diberikan untuk masa kerja, sementara Kompensasi Berdasarkan Kebutuhan sesuai dengan kebutuhan hidup layak dari karyawan.

Bentuk Lain Kompensasi Kerja

Selain kompensasi kerja di atas, ada juga bentuk kompensasi kerja lain yang kerap diberikan perusahaan. Kompensasi itu berbentuk insentif dan tunjangan. Untuk insentif, ada banyak macamnya, mulai dari insentif karyawan perorangan hingga insentif untuk sebuah kelompok.

Sedangkan untuk tunjangan, hal tersebut adalah macam kompensasi kerja yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, atau kerap diberikan pada hari-hari tertentu. Setiap perusahaan memiliki kebijakan tunjangannya. Namun, lazimnya, ada beberapa jenis tunjangan yang biasa diberikan.

Beberapa jenis tunjangan yang biasa diberikan adalah tunjangan umum, tunjangan anak dan istri, tunjangan kinerja, dan tunjangan hari raya. Tunjangan yang diberikan atas jabatan struktural yang diemban, anak dan istri untuk biaya tambahan menghidupi mereka, kinerja untuk prestasi Anda, dan Hari Raya yang berkaitan dengan hari penting sebuah agama.

Jika melihat macam dan jenis kompensasi kerja di atas, ternyata kompensasi kerja itu banyak jenis dan macamnya. Kebanyakan dari jenis dan macam kompensasi kerja tersebut, termasuk jenis lain seperti insentif dan tunjangan, diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan, yang pada akhirnya berimbas pada naiknya keuntungan yang diraih perusahaan.

Lalu, apakah mendapatkan kompensasi kerja itu sudah cukup? Tentu saja belum. Ada hal lain yang harus Anda lakukan setelah menerima kompensasi kerja, yaitu memanfaatkannya sebaik mungkin. Bagaimana caranya?

Bagaimana Memanfaatkan Kompensasi Kerja yang Didapat

Setelah Anda mendapatkan kompensasi kerja, apalagi yang sifatnya seperti tunjangan, maka hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengelola kompensasi dan tunjangan tersebut dengan benar. Anggaplah hal tersebut sebagai rezeki lebih, yang harus Anda pergunakan dengan bijak dan cermat.

Khusus untuk tunjangan, hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membantu kerja Anda sehari-hari. Misalnya seperti tunjangan kendaraan untuk menghemat ongkos, ataupun tunjangan anak dan istri. Tunjangan ini bisa juga menjadi bekal Anda untuk menabung demi kebutuhan di lain hari.

Lalu, setelah Anda mendapatkan kompensasi,  Anda juga tidak boleh berpuas diri. Bekerja dengan lebih baik, walau sudah mendapatkan kompensasi, adalah sebentuk hal lain dari pemanfaatan kompensasi kerja. Pada dasarnya, jangan sampai kompensasi kerja justru membuat kinerja Anda di perusahaan jadi buruk.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow