999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Marissa Putri
17 hours 'ago'

Bentuk sederhanal dari 2×2 ² x – 6 + 5×2 ² 5x + 10 adalah …
A. 7×2 ² 5x – 13
B. 7×2 ² 6x + 4
C. 7×2 ² 6x – 4
D. 7×2² + 6x + 4

Marissa Putri
19 hours 'ago'

Kebaikan adalah sesuatu yang tidak boleh ditunda-tunda. Jika kamu berniat melakukan hal baik, maka segera kerjakan. Jangan menunggu nanti atau besok, karena umur manusia itu nggak ada yang tahu. Sekarang sehat, siapa tahu besok udah dipanggil Tuhan. No body knows! Takdir nggak bisa dilawan.

Maka itu, sebelum terlambat dan kehabisan waktu, bersegeralah dalam melakukan hal baik. Dan berikut ini sederet kebaikan yang penting untuk kamu mulai dari sekarang. Simak yuk! 

1. Bersedekah, membantu orang-orang yang membutuhkan

8 Kebiasaan Baik yang Gak Boleh Kamu Tunda, Lakukan Mulai Hari Ini! 

Bersedekah adalah satu dari sekian perbuatan baik yang nggak boleh kamu tunda! Membantu kepada sesama manusia, khusunya yang membutuhkan merupakan kewajiban bagi tiap orang yang mampu.

Kamu juga nggak perlu nunggu kaya untuk berbagi. Bersedekah bukan tentang seberapa besar nominal yang kamu keluarkan, tapi tentang keikhlasannya. Meski nggak seberapa, bantuanmu itu sangat berarti bagi mereka. 

2. Berhenti mendendam dan belajar memaafkan

8 Kebiasaan Baik yang Gak Boleh Kamu Tunda, Lakukan Mulai Hari Ini! 

Wajar saja bila kamu memiliki rasa dendam kepada seseorang yang pernah menyakitimu. Tapi coba pikirkan, adakah manfaat dari dendam itu? Nothing! Sebaliknya, dendam justru menyiksa hati dan berpotensi merusak mentalmu. 

Daripada kamu menghabiskan waktu dengan memikirkan orang-orang yang membencimu, lebih baik lupakan saja! Belajarlah untuk memaafkan kesalahan mereka. Percaya deh, dengan kamu memberi maaf itu akan membuat jiwamu terasa lebih tentram. 

3. Menebarkan senyum kepada orang-orang di sekitarmu

Senyum merupakan bentuk sedekah yang paling ringan. Seseorang yang ramah senyum biasanya cenderung punya banyak kawan. Bahkan menurut riset ilmiah, sering tersenyum bisa membuat wajah tampak awet muda. 

Jadi mulai sekarang, coba deh untuk bersikap lebih ramah kepada orang-orang di sekitarmu. Sapa mereka, atau setidaknya berikan senyummu yang tulus. Perkara orang lain merespon baik atau tidak, itu nggak masalah kok! Berbuat baik jangan pernah mengharap imbalan. Yang paling penting kamu tidak melakukan sesuatu yang salah. 

4. Kebaikan gak melulu dilakukan terhadap orang lain. Menjaga kesehatan diri juga termasuk perbuatan baik

8 Kebiasaan Baik yang Gak Boleh Kamu Tunda, Lakukan Mulai Hari Ini! 

Selain berbuat baik kepada orang lain, kamu juga perlu berbuat baik kepada diri sendiri. Caranya? Gampang saja! Yakni dengan merawat tubuhmu serta menjaga kesehatan. 

Jika selama ini kamu nggak terlalu peduli terhadap kesehatanmu, maka mulai sekarang cobalah untuk berubah. Perhatikan pola makanmu dengan baik. Selain itu, berusahalah untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga. Guys, kesehatan itu tak ternilai harganya. Sebelum terlambat, jagalah tubuhmu sebaik mungkin! 

5. Sesulit apapun kondisimu, cobalah untuk menabung

8 Kebiasaan Baik yang Gak Boleh Kamu Tunda, Lakukan Mulai Hari Ini! 

Siapa nih yang setiap habis gajian langsung beli ini-itu, uang dihabiskan hanya untuk berfoya-foya? Plis, cobalah untuk mengendalikan keinginanmu! Kalau sesekali kamu memanjakan diri dengan makan enak, shoppingtraveling atau nyalon sih nggak masalah. Tapi kalau berlebihan ya alhasil uangmu hanya mampir di dompet dan kamu bakalan sulit untuk menabung. 

Mulai sekarang, berusalah untuk mengatur budget dengan baik agar bisa menabung. Kalau terus-menerus boros, kelak kamu akan kesulitan sendiri saat tak memiliki uang. 

6. Lakukan investasi kecil-kecilan dengan modal yang terjangkau, tak perlu terlalu muluk!

8 Kebiasaan Baik yang Gak Boleh Kamu Tunda, Lakukan Mulai Hari Ini! 

Investasi nggak selalu memerlukan uang banyak, kok! Nggak selalu harus menanamkan modal di perusahaan atau membuka usaha besar. 

Investasi bisa dilakukan dari hal-hal sederhana. Misalnya membeli emas atau membuat bisnis kecil-kecilan seperti bisnis toko online.

Yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kamu harus mempelajari dulu seluk-beluk usaha tersebut. Jangan asal ikut-ikutan dan yang paling penting kamu harus punya kegigihan. Dengan memulai investasi semenjak dini membantumu untuk hidup mapan di masa depan. 

7. Memulai passion-mu dari sekarang, jangan tunggu nanti!

8 Kebiasaan Baik yang Gak Boleh Kamu Tunda, Lakukan Mulai Hari Ini! 

Kamu ingin jadi chef tapi nggak yakin dengan kemampuan memasakmu? Guys, jangan nyerah hanya karena kamu nggak percaya diri. Daripada terus-menerus meragukan dirimu, lebih baik segera bergerak untuk melakukan passion-mu! 

Mulai dari hal-hal sederhana dulu aja. Misalnya, saat kamu sedang masak di rumah, kenapa tak coba direkam dan diunggah di youtube? Selain menghasilkan uang, Kamu juga bisa lihat respon dari para viewers.

Nanti kalau kamu udah jago masak, cobalah buka orderan makanan secara online. Jika modalnya udah cukup, melangkahlah dengan membuka cafe. Intinya, teruslah bergerak. Jangan hanya diam menunggu keajaiban! 

8. Memperbaiki hubungan dengan Tuhan

8 Kebiasaan Baik yang Gak Boleh Kamu Tunda, Lakukan Mulai Hari Ini! 

Dari semua kebaikan, perbuatan ini tentunya nggak boleh terlewatkan! Mendekatkan diri dengan Tuhan adalah kewajiban setiap manusia. Jangan menunggu tua untuk beribadah. Selagi kamu masih muda dan kuat, perbanyaklah ibadah. Perbaiki hubunganmu dengan Sang Pencipta, itu yang paling utama! Kelak, Tuhan juga akan memperbaiki urusanmu di dunia. 

Demikianlah sederet kebaikan yang sebaiknya nggak kamu tunda-tunda. Berbuat baik tak hanya mendatangkan pahala, tapi juga membuat hatimu terasa lebih senang dan damai. Jadi, sudahkah kamu melakukan kebaikan hari ini? 

Marissa Putri
19 hours 'ago'

Kata orang, menulis adalah salah satu bakat yang gak dimiliki sembarang orang. Sebenarnya, menulis sendiri bukanlah bawaan lahir yang ada begitu saja. Menulis merupakan salah satu kemampuan yang bisa dikembangkan jika yang bersangkutan memiliki tekad yang kuat dan gak pernah berhenti untuk berlatih.

Salah satu kendala yang dialami para penulis biasanya adalah soal pencarian ide. Bahkan yang sudah profesional saja masih terus berjuang untuk terus menghasilkan ide yang menarik, lho.

Ada 5 tips ampuh nih biar idemu gak habis-habis. Yuk kita baca dan praktikkan bareng-bareng ya.

1. Membacalah untuk mengisi waktu luang

5 Cara Ini Ampuh Banget Bikin Kamu Selalu Punya Ide untuk Menulis

Menulis dan membaca merupakan dua hal yang gak bisa dipisahkan begitu saja. Jika kamu ingin jadi penulis yang hebat, maka membacalah. Dari membaca itu, kamu bisa melihat gaya penulisan orang lain dan ide-ide yang ada di dalamnya, sehingga kamu bisa membuat tulisan dengan ide yang gak jauh beda tapi tetap dalam gaya bahasamu sendiri.

2. Lebih terbuka terhadap hal baru

5 Cara Ini Ampuh Banget Bikin Kamu Selalu Punya Ide untuk Menulis

Seorang penulis tentunya juga dituntut untuk menghasilkan karya yang kekinian dan gak ketinggalan zaman. Pembaca juga jadi senang kalau disuguhkan dengan informasi menarik ter-update yang bisa memberi manfaat. Makanya, selalu ikuti apa saja kejadian yang terjadi di sekitar kita.

3. Peka terhadap keresahan yang sedang kamu rasakan

5 Cara Ini Ampuh Banget Bikin Kamu Selalu Punya Ide untuk Menulis

Lebih bagus lagi jika kamu bisa menuliskan keresahan yang kamu rasakan dalam pilihan kata yang gak monoton. Kamu juga bisa curhat dalam bentuk tulisan lho. Misal, untuk kamu yang suka menulis tips soal kehidupan atau saat sedang galau baru diputusin pacar, kamu bisa berbagi cara-cara unik untuk melupakan kenangan bersama mantan. Menarik kan?

4. Banyak berdiskusi dan sharing dengan orang lain

5 Cara Ini Ampuh Banget Bikin Kamu Selalu Punya Ide untuk Menulis

Ketika mengalami kebuntuan ide, bertemu atau sekedar menyapa teman lama di medsos, bisa bikin ide-ide baru bermunculan, lho. Banyak berdiskusi dengan orang, sharing, terlibat dalam kegiatan tertentu, dan lainnya juga bisa jadi sumber ide yang gak habis-habis.

5. Biasakan menulis ide baru setiap harinya

5 Cara Ini Ampuh Banget Bikin Kamu Selalu Punya Ide untuk Menulis

Tips terakhir nih, jadikanlah aktivitas mencari dan menghasilkan ide baru itu sebagai kebiasaan. Semua orang yang sudah terbiasa melakukan sesuatu, pasti akan mudah melakukannya lagi setiap harinya. Sehingga, udah gak ada tuh yang namanya pusing mikirin ide.

Untuk kamu yang sering bingung cara menggali ide, kamu bisa menerapkan 5 tips tadi. Semoga bermanfaat.

Marissa Putri
19 hours 'ago'

5 Cara Menjadi Copywriter Andal yang Bisa Menarik Banyak Orang

Tidak perlu susah untuk menjadi hebat

5 Cara Menjadi Copywriter Andal yang Bisa Menarik Banyak Orang

Apakah kamu termasuk orang yang gemar menulis? Jika ya, kamu pasti tertarik dengan pekerjaan seperti editor, content writer, reporter, copywriter, dan banyak lagi. Salah satu yang akan dibahas dalam artikel ini copywriter, salah satu pekerjaan yang mungkin agak asing dalam pemahaman orang awam.

Apa sih copywriter itu? Secara singkat dan mudah, copywriter adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan mengiklankan sebuah produk atau jasa dalam bentuk tulisan. Tulisan ini bisa berupa tagline, sales letter, review produk, atau apa pun yang mampu membuat pembaca tertarik dan membelinya.

Pekerjaan ini berkaitan erat baik dengan dunia jurnalistik maupun periklanan. Melakukan persuasi kepada pembaca tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, kecuali jika kamu paham akan cara-cara yang biasa dilakukan seorang copywriter senior. Yuk, simak lima cara berikut.

1. Tambahkan kutipan

5 Cara Menjadi Copywriter Andal yang Bisa Menarik Banyak Orang

Kutipan atau quote di awal sebuah tulisan akan selalu menarik minat pembaca. Kutipan mampu membuat sebuah tulisan terdengar seperti percakapan. Sedangkan, percakapan membuat sesuatu yang tertulis menjadi tampak begitu nyata dan dekat dengan kehidupan si pembaca.

Kutipan juga banyak mengandung petuah, terutama apabila itu berasal dari seseorang yang memiliki pengaruh atau kekuasaan yang besar. Tak hanya itu, tulisan persuasi yang kamu buat pun akan terasa lebih halus dan anggun dengan bantuan sebuah kutipan yang tentunya relevan dengan topik yang ingin kamu ulas.

Eits, tapi jangan terlalu sering menggunakan tips ini jika tak ingin pembaca bosan dengan tulisanmu, ya.

2. Headline yang menarik

5 Cara Menjadi Copywriter Andal yang Bisa Menarik Banyak Orang

Pernahkah kamu membeli sebuah produk atau jasa hanya karena judul yang menarik? Ya, sepenting itulah headline dalam sebuah pemasaran. Sebuah penelitian yang dilakukan Ted Nicholas, seorang penulis terkenal, menyatakan bahwa dua buah tulisan dengan isi sama namun headline berbeda akan menghasilkan angka penjualan berbeda pula.

Pada umumnya, ada beberapa kalimat yang cukup favorit untuk dijadikan headline yang bisa diamati di berbagai media massa. Kalimat tersebut tentu tak boleh bertele-tele. Selain itu, sebaiknya kamu langsung memaparkan sebuah masalah beserta solusinya sehingga pembaca lebih tertarik.

3. Gunakan bahasa yang akrab

5 Cara Menjadi Copywriter Andal yang Bisa Menarik Banyak Orang

Siapa yang tak menyukai suasana yang akrab? Kamu pun pasti demikian. Suasana akrab membuat orang nyaman dan lebih terbuka dalam berbagai hal, termasuk dalam menerima ajakan orang lain.

Gunakan kalimat yang akrab dalam sebuah tulisan. Sapalah para pembaca dengan santai. Misalkan masukkan kata 'kamu' dalam tulisan minimal sebanyak jumlah kata 'aku' di dalamnya sehingga tercipta keseimbangan interaksi. Selain itu, gunakanlah istilah-istilah gaul atau bahasa daerah setempat, tentunya yang masih mudah dipahami oleh masyarakat luas.

4. Buatlah 'swipe file'

5 Cara Menjadi Copywriter Andal yang Bisa Menarik Banyak Orang

Kamu mungkin bertanya-tanya apa itu swipe fileSwipe file adalah istilah untuk folder atau kotak yang berisi kumpulan iklan yang menarik hatimu. Kumpulkan berbagai bentuk iklan, seperti review di koran, sales letter yang kamu terima di email, banner, dan sebagainya.

Tandai kalimat dalam iklan tersebut yang membuatmu tertarik. Apabila kamu tertarik, besar kemungkinan orang lain akan tertarik. Belajarlah dari contoh-contoh tersebut sehingga kamu akan terinspirasi untuk menghasilkan sebuah tulisan yang menarik.

5. Utamakan kejujuran

5 Cara Menjadi Copywriter Andal yang Bisa Menarik Banyak Orang

Mengiklankan sesuatu bukan berarti berbohong kepada pembaca atau calon pembeli. Wajar jika seorang penjual selalu memberikan informasi yang baik terkait barang atau jasa yang dijualnya. Akan tetapi, sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan secara berlebihan.

Ingatlah bahwa pembaca masa kini sangat cerdas. Mereka mampu membedakan kalimat yang terkesan mengada-ada. Oleh karena itu, seorang copywriter harus paham mengenai kondisi sesungguhnya dari barang atau jasa yang hendak diiklankan agar mampu menulis sesuatu yang tepercaya.

Nah, itulah lima tips agar tulisanmu memiliki daya jual yang tinggi. Selamat berlatih.

Lintang Prisilia
20 hours 'ago'

Gabut merupakan masalah yang sering menghampiri. Bosan, jenuh dan bingung merupakan tanda kita terkena serangan penyakit yang disebut Gabut. Banyak dari kita sering mengalami kegabutan dan bingung harus berbuat apa. Kegabutan biasanya menyerang mereka yang sudah tidak memiliki kegiatan atau sesuatu untuk dilakukan. 

Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan disaat sedang Gabut :

1. Bermain media sosial

Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Saat Bosan Menyerang

Bermain sosial media bisa menjadi penolong yang sangat membantu dikala sedang gabut lho. Instagram, Facebook, Snapchat, Twitter, Whatsapp merupakan sosial media yang biasa digunakan oleh people zaman now. 

Banyak sekali lho yang bisa dilakukan di sosial media, dimulai dari chatting hingga stalking. Tidak hanya itu, kita juga bisa melihat: berita, Informasi harian, hiburan, trend kekinian hingga stalking gebetan atau mantan (khusus untuk jomblo). Biasanya, setelah kita bermain media sosial, tanpa kita sadari waktu akan terasa berjalan sangat cepat.

Jangan kebanyakan stalking mantan ya teman...

2. Streaming film

Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Saat Bosan Menyerang

Disaat gabut, nonton film juga bisa menjadi cara untuk mengisi waktu gabut kalian, apalagi untuk kalian yang suka nonton. Streaming film pun gampang untuk dilakukan. Ditambah, sekarang sudah banyak bertebaran di internet situs - situs streaming film online.  

Nih jenis - jenis film yang bisa kalian pilih :

  • Drama Korea

Bagi kalian yang suka drama percintaan, film drama korea bisa menjadi pilihan tepat bagi kalian . Nih recommend film drama korea : DOTS ( Descendant of the Sun )Meteor Garden dan masih banyak lagi. annyeonghaseyo.

  • Film serial 

Bagi kalian yang suka film serial yang seru dan menarik, Game of Thrones bisa menjadi pilihan kalian.

  • Anime atau Kartun 

Kalo kalian suka film yang berbau animasi, film kartun atau anime bisa menjadi pilihan kita.

  • Film Bioskop

Pastinya, gak semua film yang tayang dibioskop kita tonton semua. Gabut merupakan moment yang pas untuk kita kembali menonton film yang kita lewati.

3. Hangout bareng temen

Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Saat Bosan Menyerang

"Jalan yuk, gabut nih gue dirumah sendirian."

Nongkrong dan ngobrol bareng temen bisa menghilangkan gabut kalian.

Malam minggu sendirian dirumah dan gabut? Ajak aja temen kalian untuk Hangout. Pasti ada kok temen kalian yang nasibnya sama seperti kalian. Biasanya, sih, yang gabut di malem minggu adalah mereka yang Jomblo hehe.

Dari pada malming sendirian dirumah ... so sad :(

4. Bermain game

Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Saat Bosan Menyerang

Bermain game juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu gabut kalian lho... 

Bagi kalian yang suka bermain game, terutama para pria pasti gak akan asing dengan game yang bernama Mobile Legends atau PUBG. Tapi tidak hanya pria, ada juga loh para wanita yang bermain game - game tersebut. Mungkin kalo untuk para wanita, lebih familiar game yang bernama Candy Crush. 

5. Tidur

Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Saat Bosan Menyerang

Cara yang paling simple dan yang paling mudah untuk mengisi waktu gabut adalah tidur. Gabut merupakan saat yang tepat bagi kalian untuk melakukan hibernasi panjang. Bagi kalian yang suka tidur, tentu waktu gabut merupakan saat yang pas untuk tidur.

Tidur panjang sih gak masalah, asalkan jangan sampe lupa bangun ya.

Itu hal - hal yang bisa kalian lakukan disaat gabut menyerang. Jangan biarkan gabut menang dan mengambil waktu kalian karena waktu kalian terlalu berharga untuk dihabiskan dengan gabut.

Nurul Marta
20 hours 'ago'

Keberadaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) penting di suatu perguruan tinggi. sebab, di UKM tersebutlah para mahasiswa mengasah minat dan bakat mereka di luar dari kemampuan akademiknya. Nah, bagi Quipperian yang sudah menetapkan hati memilih Universitas Tidar (Untidar) sebagai kampus masa depannya kiranya harus tahu di sana ada UKM apa saja.

Asal kamu tahu ya, di Untidar terdapat 16 UKM aktif yang bisa kamu pilih. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak artikel ini, yuk!

UKM Penelitian Program Hibah Bina Desa (PHBD)

UKM ini sangat cocok untuk kamu yang gemar melakukan penelitian dan memiliki pola berpikir ilmiah. Karena, UKM ini akan mengasah kemampuan kamu di bidang keilmuan.  Dengan mengikuti UKM Penelitian PHBD ini kamu akan dibentuk menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir secara ilmiah, kritis, dan kreatif.

Selain itu, UKM ini akan mengajarkan kamu bagaimana menjadi mahasiswa yang inovatif dan konstruktif. Tentunya, hasil penelitian anggota UKM ini akan diupayakan diterapkan pada masyarakat. Dengan demikian, bila kamu aktif di UKM ini maka kamu sudah memberikan dampak positif pada masyarakat lho! Asyik kan?

UKM Kreatifitas Mahasiswa

UKM Kreativitas Mahasiswa ini memiliki hubungan yang erat dengan UKM Penelitian PHBD. Karena, di UKM ini mahasiswanya juga didorong untuk mampu melakukan penelitian dengan kerangka berpikir kritis.

Perbedaan signifikan dengan UKM Penelitian PHBD ialah anggota UKM ini dipersiapkan untuk mengikuti Program Kreatif Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sedangkan, UKM Penelitian PHBD disiapkan untuk program bina desa yang juga diinsiasi oleh Kemenristekdikti.

Ada kalanya, UKM Keratifitas Mahasiswa bekerjasama dengan UKM Penelitian PHBD untuk membuat suatu karya ilmiah yang layak untuk mengikuti berbagai kompetisi ilmiah bergengsi. Menarik kan?

UKM Resimen Mahasiswa Macan Tidar

Untuk kamu yang senang dengan dunia kemiliteran dan kedisiplinan mungkin bisa mencoba bergabung di UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) “Macan Tidar”. Sebab, UKM ini merupakan UKM yang mengajarkan sikap disiplin, mental yang kuat, keterampilan dan kepemimpinan lapangan, kemampuan fisik, wawasan kebangsaan, ketahanan nasional, kesadaran bela negara, dan cinta tanah air.

Kalau kamu ingin bergabung di UKM ini, kamu harus mengikuti Praktik Pendidikan Dasar (Pradiksar) dulu ya, Quiperian. Pradiksar ini akan dipimpin langsung oleh Komando Distrik Militer TNI Angkatan Darat yang ada di Kota Magelang. Materi latihan yang diberikan seperti laiknya pelatihan militer. Karena, UKM Macan Tidar ini merupakan komponen cadangan militer mahasiswa.

Latihan tersebut bertujuan agar jika UKM Menwa dibutuhkan sewaktu-waktu, maka mereka sudah siap. UKM ini keanggotaannya tidak main-main loh. Setelah mengikuti Pradiksar dan dinyatakan lolos, maka nama kamu akan dicatat di Lembaga Resimen Mahasiswa Tingkat Jawa Tengah.

UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sulfur

Bagi kamu yang hobi naik gunung UKM ini sangat cocok untuk kamu. UKM pecinta alam di Untidar ini tidak hanya mengajakmu untuk naik gunung, tapi juga akan mengajarimu belajar berorganisasi. Di UKM ini, kamu akan belajar seputar pengetahuan umum pendakian, cara bertahan hidup, hingga cara melakukan pendakian yang baik dan aman.

Selain itu, kamu akan belajar mengadakan berbagai macam acara, tentunya sebagian besar berhubungan dengan kegiatan pecinta alam. UKM Sulfur ini memiliki acara rutin berskala nasional yang bernama “Sulfur Orienteering Competition” yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Acara ini biasanya diikuti oleh mahasiswa pecinta alam dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

UKM Bengkel Seni

Bagi Quipperian pecinta seni wajib ikut di UKM Bengkel Seni Untidar. Karena, UKM ini menaungi semua jenis kesenian. Mulai dari seni musik, seni rupa, seni tari, seni peran, sinematografi, hingga seni sastra.

Banyak kegiatan yang telah diselenggarakan oleh bengkel Seni ini, loh! Kebanyakan memang masih berskala lokal, tapi beberapa diantaranya berskala nasional. Kegiatan yang dilakukan oleh UKM ini antara lain, latihan rutin bersama, pertunjukan seni, diskusi seni, dan kompetisi.

UKM Lembaga Pers Mahasiswa Mata

UKM Lembaga Pers Mahasiswa Mata ini dibentuk sebagai lembaga jurnalistik di lingkungan kampus. Fungsi dari UKM Pers Mahasiswa ini adalah untuk memberikan informasi kepada sivitas akademika Untidar sekaligus menjadi media kontrol sosial.

Di UKM Pers Mahasiswa kamu akan mendapat pengajaran seputar ilmu jurnalistik, seperti menulis sebuah artikel sesuai dengan kode etik jurnalistik, berlatih melakukan wawancara yang baik, dan belajar alur produksi sebuah media massa. Secara rutin, UKM Mata mengadakan pelatihan jurnalistik, baik untuk pengurusnya saja ataupun umum.

UKM Lembaga Dakwah Ar-Ribath

Untuk kamu yang saat SMA aktif di kegiatan rohani Islam, mungkin kamu cocok bergabung di UKM Ar-Ribath. Sebab, UKM ini merupakan lembaga dakwah kampus yang beranggotakan mahasiswa beragama Islam.

UKM Ar-Ribath memiliki acara rutin mingguan yang berupa kajian agama Islam. Anggota UKM ini juga seringkali melakukan kunjungan ke rumah para anggota untuk bersilaturahmi. Untuk acara tahunan, mereka mengadakan Islamic Fair yang bertujuan untuk mempererat ukhuwah islamiyah atau persaudaraan sesama muslim.

Tak hanya kegiatan keagamaan saja, UKM Ar-Ribath juga aktif di bidang lainnya lho! UKM ini pernah berpartisipasi dalam acara Islamic Football Competition yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Selain itu, UKM ini sering pula aktif dalam kegiatan bakti sosial.

UKM Racana Pramuka

Quipperian pernah menjadi pramuka saat di SMA? Kalau begitu, kamu akan cocok ikut UKM Racana Pramuka. Di UKM ini, kamu akan akan dibentuk untuk menjadi pribadi yang tangguh, pantang menyerah, terampil, dan suka menolong.

UKM ini sering melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan loh Quipperian. Salah satu kegiatan kemanusiaan yang rutin dilakukan ialah kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang. Acara donor darah tersebut diadakan setiap tanggal 22 Februari, bertepatan dengan kelahiran Bapak Pramuka Sedunia, yaitu Robert Baden-Powell.

UKM Paduan Suara Grandio Sonora Tidar

Bagi kamu yang tertarik dengan seni musik khususnya bidang tarik suara, kamu bisa bergabung dengan UKM Paduan Suara Grandio Sonora Tidar. Asal kamu tahu ya, UKM ini merupakan salah satu UKM favorit di Untidar, loh! Karena, banyak prestasi yang sudah mereka raih baik tingkat lokal maupun nasional.

Di tahun 2015 UKM Grandio Sonora Tidar  mengikuti kompetisi paduan suara tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ditahun yang sama, UKM ini mengikuti 4th Bali International Choir Festival di Bali. Di Tahun 2017 nanti, Grandio Sonora akan ke Thailand untuk mengikuti kompetisi paduan suara. Hebat kan!

UKM Kristiani

UKM Kristiani dibentuk sebagai wadah bagi mahasiswa beragama Kristen untuk saling bersosialisasi dan belajar berorganisasi. UKM ini memiliki kegiatan rutin berupa persekutuan dan kajian agama yang dilakukan seminggu sekali.

Terkadang mereka juga bersama-sama mengikuti kebaktian di gereja. Anggota UKM ini juga pernah mengikuti acara Persekutuan Mahasiswa Kristen Se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta lho!

UKM Olahraga

Untuk Quipperian yang hobi berolahraga bisa bergabung ke UKM Olahraga Untidar. UKM ini memiliki enam divisi olahraga yaitu sepak bola, bola voli, basket, futsal, tenis lapangan, dan taekwondo.

Masing masing divisi mengadakan latihan rutin setiap minggunya secara terpisah dan selalu aktif berpartisipasi dalam berbagai kompetisi loh, baik di tingkat antar universitas atau provinsi. Dalam mengikuti kompetisi, anggota UKM ini tidak jarang membawa pulang prestasi. Salah satunya seperti yang telah dilakukan divisi Taekwondo dalam kejuaraan Taekwondo Universitas Diponegoro (UNDIP) 2016 lalu. Tim dari atlit dari divisi Taekwondo Untidar berhasil meraih 4 perak, 5 emas, dan 4 perunggu di kompetisi tersebut.

UKM Kopma (Koperasi Mahasiswa)

Koperasi Mahasiswa ini merupakan UKM yang berfungsi sebagai ajang praktek langsung kewirausahaan. UKM ini baru saja meresmikan toko koperasinya loh! Dengan begitu, anggota UKM Kopma bisa belajar secara langsung tentang wirausaha.

Adapun, UKM ini juga mendorong kreativitas mahasiswa dalam berwirausaha. UKM ini juga memiliki kegiatan rutin seputar kewirausahaan, seperti field trip ke lokasi usaha, melakukan magang,  expo kewirausahaan, workshop kewirausahaan, dan lain sebagainya.

UKM Radio

UKM Radio sebenarnya sudah berdiri sejak 5 Mei 2006 dengan status radio komersil. Kala itu, kegiatan radio belum resmi sebagai kegiatan UKM Untidar. Saat Untidar berubah status menjadi Perguruan Tingi Negeri (PTN), status Radio Untidar ikut berubah menjadi radio komunitas.

Kemudian, pada tanggal 28 Mei 2016, UKM Radio ini diresmikan sebagai salah satu UKM Untidar. UKM ini telah menjadi sarana komunikasi juga publikasi di Untidar. UKM Radio bertugas untuk menyampaikan berita terbaru seputar kampus Untidar dan dunia pendidikan. Jika kamu punya kegiatan atau usaha, kamu juga bisa mempublikasikannya melalui radio Untidar ini, lho.

UKM Bahasa Asing

Untuk menghadapi persaingan global, maka Untidar mendirikan UKM Bahasa Asing agar dapat melatih mahasiswanya mampu berbahasa asing. Di UKM ini tentunya penguasaan bahasa asing yang diberikan ialah bahasa Inggris.

Di UKM Bahasa Asing ini, kamu akan diajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, UKM ini juga akan memberikan tips bagaimana cara mempelajari Bahasa  Inggris dengan cepat.

UKM Mahasiswa Wirausaha

Satu lagi UKM berbasis kewirausahaan, yakni UKM Mahasiswa Wirausaha. UKM ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam berwirausaha. Perbedaan mendasar dari UKM Kopma ialah UKM ini menyasar pada pengembangan karakter kewirausahaan pada mahasiswa yang menjadi anggotanya, bukan sekedar mahir beriwirausaha retail semata.

Oleh sebab itu, di UKM ini terdapat kegiatan yang melatih ilmu kewirausahaan dari berbagai macam jenis wirausaha. Tentunya, hal yang paling dikedepankan pada tiap kegiatannya ialah menjadi seorang wirausahawan yang kreatif dan inovatif.

UKM Korps PMI

Selain UKM Pramuka, ada satu lagi UKM yang memiliki kegiatan kemanusiaan loh! UKM itu ialah UKM Korps Sukarelawan (KSR) PMI unit Untidar. Salah satu kegiatannya ialah mengadakan acara donor darah dan konsultasi kesehatan gratis. Kegiatan yang diadakan sebulan sekali itu merupakan hasil kerjasama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Magelang.

Antusias sivitas akademika Untidar terhadap acara donor darah ini cukup tinggi loh! Hal itu terbukti dalam sekali acara donor darah KSR Untidar berhasil menghumpulkan sedikitnya 44 kantong darah. Bagi kamu yang tidak bisa mengikuti donor darah kamu bisa datang ke acara ini mengikuti konsultasi kesehatan gratis. Kegiatan ini tentunya amat membantu PMI Kota Magelang. Karena, persediaan darah di Magelang masih terbilang sedikit.

Itulah beberapa UKM yang terdapat di Untidar. Bila kamu tertarik masuk ke Untidar, setidaknya kamu sudah mendapat beberapa gambaran perihal UKM yang ada di Untidar. Aktif di UKM pastinya akan sangat bermanfaat buatmu. Karena, kamu akan mendapat banyak pengalaman di UKM tempatmu aktif. Oleh sebab itu, Quipperian harus aktif di UKM ya ketika sudah kuliah di Untidar!

Lies Halizah
2 days 'ago'

Rasa cemas, khawatir dan gemetar sampai sakit perut itu hal yang biasa dihadapi ketika Anda akan menghadapi ujian sekolah / nasional dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) hal  itu merupakan gejala-gejala stres. Biasalah namanya juga pelajar/siswa.

Jangan sampai Anda tidak mendapat nilai bagus atau bahkan tidak lulus, nggak kebayangkan betapa sedih dan malunya…        

Atau jangan sampai cita-cita kuliah di kampus idaman kandas gara-gara salah persiapan, termasuk mengantisipasi tekanan stres yang menyertainya.

Hanya bermodal belajar, tidak akan mempan kalau tantangan terbesarnya adalah kecemasan apalagi stres.

Berikut ini 6 cara sukses hadapi ujian nasioanal dan SBMPTN selain belajar….

 1.  Diskusi dengan orang tua dan guru          

Berdiskusi atau ngobrol dengan orangtua bisa menambah rasa nyaman dan tenang. Ceritakan apa yang Anda rasakan. 

Kegundahan sebelum menghadapi ujian atau bicara hal-hal yang lain bisa dibagi. Saran juga dapat diminta untuk memantapkan hati. Perbincangan tersebut bisa mempertebal kepercayaan diri untuk menghadapi ujian

Bila terasa canggung mendadak “curhat” kepada orangtua, diskusi serupa dapat saja dilakukan dengan guru di sekolah. Diskusi boleh membahas hal yang sama atau justru bicara tentang teknik dan strategi menyelesaikan ujian. 

Gambaran yang lebih baik tentang ujian akan menghadirkan suasana santai dan pikiran yang lebih fokus. 

2.  Relaksasi

Perlu diingat, sebelum dan selama menjalani ujian, ada beberapa teknik relaksasi untuk membantu Anda tetap tenang dan percaya diri. 

Lakukanlah beberapa relaksasi seperti menarik napas panjang, meregangkan otot, atau menutup mata sembari berpikir positif.

senam-relaksasi-saat-belajar

3. Jaga pola makan

Hasil Anda belajar juga butuh asupan gizi tinggi untuk bisa “keluar” saat mengerjakan ujian. Otak juga butuh nutrisi sebagai “bahan bakar” untuk optimal bekerja.

Pastikan pola makan sebelum dan selama ujian terjaga. Menjelang ujian lebih baik hindari minuman bersoda atau yang mengandung gula berlebih yang bisa menaikkan kadar gula darah.

Minuman kopi juga tak disarankan dikonsumsi menjelang ujian. Bukannya mencegah kantuk, minum kopi pada pagi hari sebelum ujian salah-salah malah bisa menambah faktor pemicu stres.

Pada pagi hari, kadar hormon Kortisol yang punya korelasi dengan Stres sedang tinggi-tingginya.

4. Olahraga

Sebaiknya sebelum menghadapi ujian, sebaiknya Anda lakukan olahraga teratur. Setidaknya lakukan olahraga pagi seperti lari atau push up. Olahraga menjelang ujian, dapat membantu melepas ketegangan.

5. Bangun kebiasaan

Hari ujian sudah di depan mata. Maka dari itu, Anda harus bisa menyiasati waktu Anda kapan harus belajar. 

Mengatur waktu membuat Anda disiplin. Pastikan pola dan metode belajar yang memang efektif, bukan malah menghabiskan energi sebelum “hari pertempuran” tiba.    

Cara ini akan mengurangi tingkat stres dan meyakinkan bahwa Anda telah benar-benar siap menghadapi ujian.

6. Istirahat yang cukup

Satu hal yang tak pernah boleh dilupakan adalah istirahat. Pastikan tetap punya waktu tidur antara 7 jam hingga 8 jam pada malam hari, di sela semua persiapan belajar.

Istirahat yang cukup akan membuat badan Anda tetap segar saat bangun pada pagi hari. Otak pun lagi-lagi akan bekerja lebih optimal dalam kondisi demikian.

Karenanya, pola belajar Sistem Kebut Semalam alias “SKS” sangat tidak disarankan. Bukannya memaksimalkan “modal” ilmu di kepala, cara belajar seperti itu akan mengganggu metabolisme badan yang ujung-ujungnya malah bisa membuat Anda gagal saat ujian.

Setelah semua tips di atas dijalankan, berdoa juga jangan sampai terlupa. Percaya tidak percaya, langkah ini bisa membuat Anda lebih tenang dan fokus.   

Nurul Marta
2 days 'ago'

Kata apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata "kampus"? Mungkin kata pertama yang terlintas di pikiran kalian adalah "bebas banget". Kalau kata itu yang terlintas di pikiran, berarti kalian sepemikiran dengan para mahasiswa yang sudah bertahun-tahun belum lulus.

Para mahasiswa akan mengingat bahwa kebebasan yang akan mereka dapatkan di bangku perkuliahan akan datang dengan adanya tanggung jawab. Karena kehidupan di kampus sangat berbeda dengan masa sekolah, berbeda dengan masa smp, berbeda dengan masa sma, bahkan berbeda sekali dengan masa sd kalian.

Di kampus kalian diharuskan untuk hidup mandiri dengan mengerjakan tugas tepat pada waktunya, mengatur jadwal kuliah sendiri, dan lain sebagainnya. Hal ini dikarenakan jika kalian sudah menginjak bangku perkuliahan berarti kalian sudah dianggap dewasa, dewasa dalam berfikir dan bertindak. Oleh karena itu, sebutan kalian saat di sekolah dengan di kampus pun juga berbeda. Jika di sekolah kalian disebut dengan sebutan "siswa", kalau di kampus kalian akan disebut dengan sebutan "mahasiswa".

Dari sebutannya saja udah terlihat berbeda banget ya guys, sudah di atas level para siswa nih kalian dengan ada kata "maha" di depannya. Meskipun kehidupan di kampus keliatannya bebas, tapi kalian juga tetap punya tanggung jawab, jangan terlena oleh kesenangan semata. Karena yang namanya penyesalan pasti datangnya itu terakhir.

Masa-masa awal kuliah merupakan perjalanan yang terasa sangat menyenangkan, pada saat menjadi seorang mahasiswa baru, banyak pengalaman dan kehidupan baru yang dirasakan ketika berada di dunia kampus. Namun lama-kelamaan tiba-tiba saja saat kalian akan merasakan titik jenuh saat berada di kehidupan perkuliahan. Bahkan banyak dari mahasiswa lebih memilih menghabiskan waktunya percuma dengan nongkrong dan main dibandingkan harus mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kuliah.

Oleh karena, itu kalian perlu mengetahui tips-tips agar dapat bertahan hidup di dunia perkuliahan sehingga tidak perlu cemas ataupun takut untuk menjalankan kehidupan di kampus. Nah, berikut ini merupakan tips untuk lulus tepat waktu di kampus.

1. Bijak mengatur waktu.

Waktu adalah hal terpenting dalam perkuliahan. Karena jika kalian tidak bijak dalam mengatur waktu, hidup saat berkuliah akan berasa seperti dikejar-kejar oleh bayang-bayang mantan. Gak enak banget guys. Oleh karena itu kalian perlu membuat jadwal prioritas untuk tugas-tugas yang deadline-nya sudah dekat ataupun tugas yang memerlukan waktu cukup lama dalam proses pengerjaannya.

Dengan begitu tugas-tugas kalian akan terstruktur dan akan kelar sebelum deadline tiba. Tidak hanya untuk tugas saja, pengaturan waktu dapat kalian terapkan saat musim ujian sudah mulai dengan cara membuat rangkuman terlebih dahulu dan menyicil belajar dengan cara membaca sedikit demi sedikit bab yang menjadi bahan untuk ujian nanti. Sehingga kalian akan mendapatkan nilai yang maksimal.

2. Aktif bertanya.

Ada pepatah yang mengatakan "malu bertanya, sesat di jalan" yang artinya segan bertanya berarti kita akan rugi sendiri karena persoalan yang dihadapi tidak ditemukan jalan keluarnya. Saat menjadi mahasiswa kalian akan dituntut untuk aktif dalam kelas, terutama aktif dalam bertanya jika ada beberapa materi yang kalian kurang mengerti. Karena saat kalian bertanya ada beberapa nilai plus yang akan kalian dapatkan, seperti dosen akan melihat kalian sebagai mahasiswa yang rajin dan ingin belajar. Tidak hanya itu, manfaat yang terpenting saat bertanya adalah kalian akan mengerti dan lebih memahami materi tersebut.

3. Anti bolos.

Bolos adalah kebiasaan para mahasiswa. Di perkuliahan nanti kalian akan mempunyai jatah absen per mata kuliah. Kebanyakan mahasiswa akan menggunakan jatah absen mereka di awal sehingga hingga pertengahan semester mereka akan keasyikan bolos dan di akhir semester, absen mereka sudah pada jebol atau habis, dan barulah mereka menyesal. Kalian jangan sampai seperti ini ya. Kalian harus pintar-pintar menggunakan jatah absen. Jika tidak penting untuk bolos, maka sebaiknya kalian tetap ikut pelajaran pada hari itu. Karena saat bolos, kalian akan rugi dalam segi waktu dan biaya. Biaya kuliah itu mahal, guys.

Kehidupan menjadi seorang mahasiswa memang tidak semudah apa yang kalian pikirkan. Kehidupan di kampus mungkin memang bebas, tapi kalian jangan sampai terlena oleh kebebasan tersebut. Banyak situasi atau keadaan yang akan kalian hadapi saat menjadi mahasiswa di masa perkuliahan, entah itu datang dari masalah pribadi atau masalah dari dunia kampus itu sendiri. Apalagi kalau sudah ada tugas-tugas dari dosen, rasanya beban kampus makin berat.

Dengan adanya tips-tips  di atas diharapkan dapat berguna dan dapat kalian terapkan saat menginjak dunia perkuliahan nanti. Tips-tips ini akan membuat kehidupan kampus kalian lebih menyenangkan dan mengesankan. Tetap semangat dan terus berjuang dalam menjalani kehidupan, terutama kehidupan di kampus ya guys.

Nurul Marta
2 days 'ago'

Tidak semua orang terlahir kreatif seara alami. Namun, kreativitas itu dapat dibentuk dan diasah. Anda mungkin tidak asing dengan istilah "thinking out of the box", atau berpikir di luar kotak. Jadi, siapa pun bisa menjadi kreatif, asalkan kita mau mengembangkan dan mengasahnya.

Menurut Jonathan Schooler, seorang profesor psikologi di University of California, pikiran kreatif akan mengalir bebas selama mengerjakan tugas apapun ketika pikiran lebih mudah untuk mengembara. Dengan kata lain, inilah yang menjelaskan mengapa Anda memiliki ide-ide terbaik ketika berada di kamar mandi - karena aktivitas yang tepat akan membuat pikiran Anda untuk terus dan terus berpikir. Berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan pemikiran kreatif:

Istirahat

Istirahat bukan berarti Anda tidur pulas. Istirahat yang mempengaruhi kreativitas meliputi kegiatan yang memerlukan cukup gerak - namun justru tidak terlalu mengasyikkan seperti berjalan-jalan atau berkebun.

Jauhi media sosial

Bermain facebook atau game komputer tidak akan membuat otak menjadi lebih kreatif. "Banyak situs hiburan mungkin akan cukup menarik," kata Schooler. Sebaliknya doodling (menggambar asal) atau sambil bercakap-cakap dengan orang sekitar.

Meditasi

Jika Anda tidak punya waktu untuk meditasi, ambil beberapa menit untuk menenangkan pikiran Anda. Menurut sebuah penelitian terbaru di Frontiers in Psychology, meditasi mendorong pemikiran yang kreatif. "Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Anda, berfokus pada napas Anda," kata Schooler.

Bermimpi atau mengkhayal

Tutup mata Anda dan bayangkan masa depan yang ingi nAnda capai. "Ketika orang membayangkan diri mereka jauh di masa depan, hal itu menyebabkan pikiran untuk beralih ke cara berpikir global yang bisa sangat berguna," kata Schooler. Masa depan bukanlah apa yang akan Anda makan untuk makan siang besok atau lusa. Mimpikan masa depan yang sangat jauh untu khasil yang terbaik.

Ubah rute perjalanan

Siapa tahu ada jalan lain untuk bolak-balik menuju pekerjaan Anda atau toko serba ada langganan Anda. Merubah rute berkendara Anda menuju suatu lokasi akan membantu meningkatkan kreativitas Anda, terutama jika Anda terbiasa mengambil jalan besar yang cenderung membosankan.

Lintang Prisilia
2 days 'ago'

Kopi menjadi salah satu minuman paling akrab di lidah orang Indonesia. Terutama bagi para laki-laki, kopi menjadi minuman wajib yang harus mereka minum setiap pagi. Beberapa dari mereka bahkan tidak bisa menjalankan aktivitas dengan normal jika belum menegak secangkir kopi.

Meski secangkir kopi bisa membuat hari kita berjalan baik, tapi tetap saja terlalu banyak minum kopi juga buruk bagi kesehatan. Dan berikut ini lima hal yang akan terjadi jika kamu kebanyakan minum kopi.

1. Minum kopi bisa menyebabkan insomnia akut

Hati-Hati, 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Kopi bukan hanya jadi sahabat di pagi hari tapi juga minuman yang cocok untuk menemani waktu begadang. Bukan rahasia lagi jika kopi mengandung kafein yang bisa membuat kamu sulit tidur. Bahkan jika kamu sudah minum kopi empat jam yang lalu, kafein masih akan bertahan setidaknya enam jam dalam tubuh. Nah kalau kamu tidak ingin menderita insomnia akut, pastikan kamu tidak meminum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur. 

2. Kamu akan mengalami palpitasi jantung

Hati-Hati, 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Selain memperburuk kualitas tidurmu, ternyata kafein juga memperburuk kondisi jantung. Beberapa orang tertentu cenderung sensitif terhadap kafein. Alhasil ketika mereka minum kafein terlalu banyak, mereka akan mengalami palpitasi jantung di mana kondisi jantung tidak berdetak seperti biasanya. Jantung bisa berdetak terlalu lambat, atau lebih cepat sehingga terasa seperti berdebar-debar hingga terasa di luar rongga dada.

3. Terlalu banyak minum kopi akan membuat kamu semakin stres, cemas, dan mudah marah

Hati-Hati, 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Tubuh memiliki hormon anti stres yang disebut hormon kortisol. Tubuh akan memproduksi hormon ini ketika kita bangun tidur, sedang cemas, stres, atau takut dan membuat kita lebih siap untuk menghadapi masalah. Ketika meminum kopi, hormon kortisol akan meningkat. Masalahnya adalah, alih-alih mengurangi rasa stres, hormon kortisol yang terlalu tinggi justru akan membuat kamu semakin stres mudah merasa cemas, dan emosi.

4. Membuatmu merasa pusing

Hati-Hati, 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Siapa sangka terlalu banyak kafein juga bisa menyumbat aliran darah ke otak. Meski tidak menyebabkan penyakit atau reaksi berbahaya tapi kafein akan membuat kamu merasa pusing selama beberapa jam. Jika kamu merasa pusing setelah minum kopi, mungkin itu tandanya kamu harus berhenti atau mengurangi jumlah kopi yang kamu minum setiap hari.

5. Kopi membuat kamu berkeringat berlebihan

Hati-Hati, 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Semakin tinggi hormon kortisol dalam tubuhmu, maka akan semakin cemas juga kamu. Selain pikiran yang mendadak jadi kacau, kamu juga akan lebih mudah berkeringat. Selain membuat kamu tidak nyaman, keringat berlebihan juga membuat cairan di tubuh menyusut degan cepat dan menyebabkan dehidrasi.

Minum kopi memang nikmat, bahkan menyehatkan jika kamu menikmatinya dalam porsi dan waktu yang tepat. Tapi di sisi lain, kamu juga pasti sadar bahwa apa pun yang berlebihan tidak berakhir dengan baik. Hal yang sama juga berlaku kopi.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow