999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Rizki Anugrah Ramadhan
19 hours 'ago'

Kamu pengguna chat dari aplikasi BBM? Sedih ya aplikasi ini akan di tutup, ternyata begini alasannya 

Nurul Marta
2 days 'ago'

Pernah melihat tanaman yang berbuah bulat-bulat kecil mirip Terong? Tanaman tersebut memiliki banyak sebutan, dari mulai Terong pipit, rimbang, takokak hingga pokak. Sebagaimana sayur terong pada umumnya, ternyata Terong pipit/pokak juga bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat untuk keluarga. Namun sayangnya, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengolahnya, sehingga mereka mengabaikan saja tanaman ini tumbuh liar atau bahkan menebangnya untuk dibuang. Padahal meski kecil, Terong pokak atau terong pipit ini memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Kira-kira apa yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan mengonsumsi Terong pokak/terong pipit? Agar lebih jelasnya, simak 7 Manfaat Sehat Terong Pipit/Rimbang/Takokak atau Pokak, berikut ini 

Kandungan Nutrisi dalam Terong Pipit/Takokak/Pokak atau Rimbang

Dalam Terong Pipit terdapat kandungan nutrisi yang luar biasa, diantaranya : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin E, Vitamin K, nasunin, asam folat dan masih banyak yang lainnya.
Manfaat Sehat Terong Pokak 
Meski memiliki rasa yang kurang enak, namun terong pokak dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, diantaranya adalah :

1.    Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan nutrisi dalam terong pokak ampuh membantu menjaga kadar gula darah sehingga menurunkan risiko penyakit diabetes.

2.    Menjaga berat badan ideal

Dalam terong pokak terdapat kandungan serat yang membantu mengenyangkan lebih lama serta melancarkan proses pencernaan.

3.    Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam terong pokak ampuh membantu melancarkan peredaran darah sehingga mengurangi beban kerja jantung.  Dengan begitu, jantung akan lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit jantung.

4.    Menjaga kesehatan otak

Kandungan gizi dalam terong pokak bermanfaat meningkatkan kemampuan otak serta mencegah dari penyakit yang mengancam otak.

5.    Mencegah penyakit anemia

Penyakit anemia bisa membuat seseorang mengalami beberapa gejala yang tidak mengenakkan, dari mulai : lelah, letih, lesu, pusing, dan masih banyak yang lainnya. Kebiasaan mengonsumsi terong pokak bermanfaat meningkatkan sel darah merah sehingga Anda akan terhindar dari penyakit anemia.

6.    Menghambat penuaan dini

Rutin mengonsumsi terong pokak bermanfaat menangkal paparan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

7.    Mengusir bakteri dalam tubuh

Bakteri menjadi salah satu penyebab penyakit dan berbagai masalah dalam tubuh. Nah, kandungan nutrisi dalam terong pokak bermanfaat mencegah dan mengusir bakteri yang ada dalam tubuh.
Semoga informasi yang berjudul Meski Kecil, Tapi Ini 7 Manfaat Sehat Terong Pokak/Rimbang diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Nurul Marta
2 days 'ago'

Okra merupakan sayuran yang sangat lunak dan berlendir. Tanaman ini berbentuk panjang dan meruncing di bagian ujungnya, mirip dengan jari-jari lentik wanita. Oleh karena itu, okra juga dikenal dengan sebutan nama Lady's Finger. Sayuran yang bentuknya seperti cabai ini memiliki rasa seperti terung dan memiliki dua varian yakni okra hijau dan okra merah. Kedua varian okra ini memiliki rasa yang sama dan hanya berbeda warna. Sayuran dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus ini umumnya tumbuh di negara yang beriklim tropis. Tanaman ini berasal dari daerah sekitar Ethiopia dan Asia Selatan.

Saat ini tren budidaya okra mulai tumbuh di Indonesia. Hal ini tak lepas dari manfaat okra yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Okra adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak serat dan glutation. Tak hanya itu, dalam sebuah okra, terkandung juga vitamin, mineral, dan protein.

Sayangnya, banyak orang yang enggan untuk mengonsumsi sayur okra. Teksturnya yang cenderung berlendir dan lengket, terutama ketika dipanaskan, menjadi salah satu alasan mengapa okra kurang diminati. Padahal okra mengandung potensi yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena okra mengandung berbagai macam mineral, seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Juga mengandung berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, hingga vitamin K. Dalam 100 gram okra yang mentah, kalori yang terkandung di dalamnya adalah 30 kalori, 3 gram serat, 2 gram protein, 7,6 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, 21 mg vitamin C, 88 mcg folate, serta 57 gram magnesium. Dengan kandungan tersebut manfaat okra cukup banyak untuk kesehatan manusia.

Penasaran apa saja manfaat okra yang berguna untuk kesehatan manusia? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/11/2018) ragam manfaat okra untuk kesehatan.

 

Mencegah gangguan organ dalam tubuh

1. Mencegah gangguan fungsi ginjal

Cara mengambil manfaat okra untuk kesehatan adalah dengan mengonsumsi okra dengan teratur. Cara ini terbukti dapat mencegah gangguan fungsi ginjal. Hal tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal. Dalam jurnal tersebut ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak okra secara rutin memiliki gejala gangguan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak memakan okra.

2. Mencegah anemia

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi okra. Kebiasaan ini akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

3. Menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat okra lainnya juga bisa diperoleh ibu hamil ataupun ibu menyusui. Kandungan folat pada okra mampu membantu perkembangan janin dalam rahim dan menurunkan resiko cacat ketika lahir. Mengonsumsi okra saat hamil bisa jadi salah satu alternative untuk memenuhi asupan folat harian dimana dalam 100 gram okra terkandung sekitar 60 mcg folat dengan rekomendasi 400 mcg folat per harinya.

Mengatasi asma

4. Bersifat anti kanker

Okra adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Sifat sehatnya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas serta mencegah mutasi sel kanker.

5. Melindungi hati dan jantung

Okra juga dikenal memiliki efek hepatoprotektif atau mampu melindungi organ hati dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas. Senyawa antioksidan dan serat yang terkandung pada okra mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati dan mengeluarkannya sehingga hati dapat berfungsi dengan lebih baik dan terhindar dari masalah. Oleh sebab itu manfaat okra untuk kesehatan adalah melindungi hati dan jantung.

6. Mengurangi asma

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah memabntu mengurangi asma. Hal ini karena okra mengandung sejumlah vitamin C dan zat antioksidan. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

Bisa menurunkan kolesterol

7. Menguatkan tulang

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menguatkan tulang. Hal ini karena okra tinggi folat yang diketahui bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Sayuran yang kaya Vitamin K seperti Okra juga mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kandungan vitamin K pada okra dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik. Dengan kata lain, mereka yanga mengkonsumsi sayuran hijau seperti okra memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Osteoporosis dan patah tulang.

8. Menurunkan kolesterol

Selain bermanfaat untuk penderita diabetes, manfaat okra untuk kesehatan yang lain juga bisa dirasakan untuk mereka yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi. Serat larut yang ada dalam okra dapat membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembulu darah dan menyebabkan tingginya resiko struk serta penyakit jantung. Menurut Harvard Health Publications, serat dapat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga lemak tersebut ikut dicerna bersama dengan makanan lainnya. Dengan rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh, pembuluh darah bisa mengalirkan darah dengan baik dan resiko terkena struk dan penyakit jantung bisa dihindarkan.

9. Mencegah penyakit pada sistem pencernaan

Okra merupakan bahan makanan yang baik untuk diet karena kaya akan serat alami sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat larut dari okra terbilang serupa dengan serat yang terdapat pada sereal. Manfaat okra untuk kesehatan juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Lendir okra dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit. Kandungan serat dan lendir di dalamnya merupakan obat pencahar alami yang bisa meningkatkan pergerakan usus. BAB pun lancar dan risiko kanker usus besar akan turun.

Tak hanya itu saja, kandungan senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada okra juga bermanfaat untuk mencegah penyakit lambung atau maag dengan mengurangi infeksi akibat pakteri Helicobater Pylori. Sebagaimana dalam pengobatan tradisional di Asia dimana okra biasa digunakan sebagai obat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan.

Baik untuk kesehatan mata

10. Menurunkan kadar gula darah

Tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman kapas dan Hibiscus ini diketahui mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes. Serat yang terkandung dalam okra memapu mengendalikan kadar gula atau indeks glikemiks dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin yang merupakan hormon pengendali gula darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Poorva Dubey and Sunita Mishra dari University (A Central University) Vidya Vihar Lucknow, India pada tahun 2017 menyebutkan bahwa okra memiliki efek anti-diabetik yang mampu menurangi kadar gula dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Cara mendapatkan manfaat okra untuk kesehatan dan menyembuhkan diabetes adalah dengan mengonsumsi 6-8 buah okra setiap hari. Sifat alaminya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh.

11. Menjaga kesehatan mata

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan beta karoten, lutein dan xanthin yang ada pada okra. Okra kaya beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat okra lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal ini terkait dengan jumlah vitamin C serta zat antioksidan okra yang tinggi. Vitamin C sendiri dapat merangsang produksi sel darah putih yang menjadi komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sementara, zat antioksidan berperan dalam menghancurkan semua radikal bebas yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

13. Menjaga kesehatan rambut

Okra merupakan tanaman obat sejenis sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan K. Selain itu, manfaat okra sangat baik bagi kesehatan rambut dan kulit karena mengandung tembaga, seng, kalium, folat, dan tiamin sehingga rambut akan menjadi lebih berkilau secara alami. Tidak hanya itu, pemakaian okra secara teratur pada rambut juga akan membuat kulit kepala terbebas dari ketombe serta dapat menjaga kelembapan kulit kepala.

Cara mengambil manfaat okra untuk kesehatan rambut adalah dengan menjadikannya sebagai kondisioner. Cara membuat kondisioner ini cukup mudah, masukkan delapan buah okra yang sudah dipotong dan dicuci bersih ke dalam air. Lalu, panaskan di atas kompor hingga campuran menjadi kental dan lengket. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender atau aroma lain sesuai selera. Jangan lupa tambahkan sedikit perasan lemon dan madu, lalu dinginkan. Setelah ramuan dingin, saring dan siap digunakan. Untuk mengaplikasikannya, cukup mengoleskan kondisioner ini pada rambut yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan sampo dari akar hingga ujung rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.


Tips mengolah okra menjadi sajian yang nikmat dan mendapatkan manfaat okra untuk kesehatan

(sumber: pixabay)

(sumber: pixabay)

Memasak okra untuk menjadi sajian yang sehat sekaligus nikmat adalah sebuah tantangan tersendiri. Okra akan menjadi makin lengket jika terlalu lama terkena paparan panas. Cara yang tepat untuk mengolah okra adalah dengan ditumis sebentar saja atau diawetkan dengan cara diasinkan.

Selain itu, potongan okra dapat diolah menjadi sup yang akan mengental karena gelatin yang dikeluarkan okra saat terkena panas. Okra juga bisa diolah tanpa dipotong-potong, yaitu dengan menumisnya secara utuh.Untuk membuat santapan okra yang lezat, pilihlah okra muda yang berukuran kecil (tidak lebih dari 7 cm) dan masih segar agar lebih cepat matang. Bersihkan okra dengan lap bersih yang basah untuk menghilangkan rambut halusnya dan jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dipotong-potong.

Untuk mengurangi kandungan lendir, kamu juga bisa menggunakan cuka atau lemon saat dicuci. Atau merebusnya terlebih dahulu selama 3 hingga 4 menit sebelum ditumis atau dimasak dengan metode lainnya.Hal yang perlu kamu perhatikan, jangan biarkan orka terlalu lama di suhu ruangan setelah dikeluarkan dari kulkas karena okra akan menjadi sangat lembek dan berlendir.

Kamu bisa memasak okra dengan metode ditumis, panggang maupun ditambahkan ke dalam sup.

Putri Mahmudah
2 days 'ago'

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, pasti akan ada waktunya kita mempunyai waktu luang. Nnaah, biasanya nih waktu luang itu dipakai untuk tidur-tiduran di kasur, bermalas-malasan di depan TV, dan seharian memainkan smartphone tanpa bosan. Banyak orang yang lebih memilih mengisi waktu luang dengan cara-cara seperti itu, padahal ada banyak cara lho yang membuat waktu luang kamu bisa lebih bermanfaat!

Kini, kamu harus merubah kebiasaan itu menjadi kebiasaan yang produktif!
“Aahh, tapi saya Lelah, capek, namanya juga waktu luang yaa harus dipakai untuk banyak-banyak istirahat juga.”

Ini nih, yang sering banget kita dengar bahwa sebagian orang menganggap waktu luang itu sebagai waktu di mana tubuh kita benar-benar istirahat tanpa harus bekerja keras seperti biasanya. Jangan pernah berpikir deh bahwa dengan menjadi produktif maka hanya akan menambah beban pikiran atau bertambahnya kelelahan pada tubuh.

Cobalah gunakan waktu luangmu untuk hal-hal yang bermanfaat, sehingga waktu senggangmu akan terlewati dengan menyenangkan juga bermanfaat. Jadi, kamu pun bisa merefleksikan pikiranmu dari rutinitas sehari-hari.

Ini dia 5 hal yang membuat waktu luangmu lebih bermanfaat, silakan dicoba!

1. Olahraga sambil mencari udara segar

Walaupun tak banyak orang yang menyukai kegiatan olahraga, karena olahraga diidentikkan dengan kegiatan yang menguras tenaga. Kamu mesti menyukai hal ini! Karena tujuannya olahraga bukan hanya untuk kebugaran fisik saja, namun untuk menyegarkan kembali pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Dengan mengawali berolahraga dalam waktu luang, yakin deh! Kamu akan lebih bersemangat untuk menjalani hal-hal yang bermanfaat selanjutnya. Ah ya, jangan lupa berolahraga di tempat yang mempunyai udara segar. Seperti di taman keluarga atau taman tempat umum juga bisa, hehe. Karena, agar bisa membantu merilekskan kegiatan olahraga agar berjalan lebih teratur.

2. Perbanyak membaca buku

Buku adalah jendela dunia, ibarat kita berada di dalam rumah, agar kita bisa melihat suasana di luar rumah tanpa keluar, kita bisa melihatnya melalu jendela rumah. Itu saja baru rumah, apalagi dunia bro! Bagian ini juga sangat penting nih, dari banyaknya rutinitas sehari-hari yang membuat pusing kepala, apalagi kalau tidak ada hiburan ya hehe.

Dengan perbanyak membaca buku, semakin bertambah pengetahuan yang kamu dapat dan bisa merilekskan pikiranmu. Dengan ini waktu senggangmu akan lebih bermanfaat dan pastinya lebih berharga daripada kamu harus bermalas-malasan di atas Kasur.

3. Lakukan pekerjaan rumah

Biasanya setelah bangun tidur, kita lebih memilih untuk berdiam diri dulu beberapa jam di atas Kasur. Kali ini kamu harus merubah kebiasaan itu, dengan melakukan pekerjaan rumah. Apalagi kalau kamu melihat kamar kosmu atau kondisi rumah dalam kondisi berantakan, pasti semakin males yah untuk membereskannya?

Sebab itu, cobalah saat bangun tidur jangan terlalu lama berdiam diri di atas kasur. Karena hal itu akan memberikan dampak rasa malas yang berkepanjangan. Lakukan pekerjaan rumah dengan gerak cepat, hal ini juga bisa membuatmu lebih produktif sob!

4. Aktif berorganisasi

Kamu bosan saat waktu luang berada di dalam rumah terus-terusan? Keluar! Cari organisasi yang bermanfaat, agar kamu bisa lebih produktif dalam keseharianmu. Di zaman now ini saya rasa semakin mudah untuk mencari organisasi yang bermanfaat, seperti relawan atau pun komunitas yang mempunyai hobi yang sama.

Kamu bisa meluaskan relasi di berbagai komunitas, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman yang luar biasa dan tentunya kamu juga bisa memperoleh banyak ide saat aktif dalam komunitas.

Jangan lewatkan kesempatan ini bro, agar hidupmu lebih bermakna.

5Asah hobimu

Naah, hal ini juga gak kalah penting untuk membuat waktu luangmu lebih produktif. Kamu punya hobi apa? Menulis? Melukis? Atau bernyanyi? ini adalah hal yang paling menyenangkan untuk mengilangkan rasa malas. Setiap orang pasti mempunyai hobi masing-masing. Naahh kamu tahu tidak? Dari hobi bisa berubah menjadi hal yang fantastis.

Misalnya kamu mengasah kemampuan menulismu pada waktu luang, karena itu hobimu, pasti kamu akan melakukannya dengan penuh kesenangan tanpa beban dan pastinya kamu akan membuatnya dengan baik.

Kian lama kemampuan menulismu bisa lebih baik dari sebelumnya dan itu akan membuka peluang besar untuk naik kelas menjadi penulis!

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan pada waktu luang agar lebih bermanfaat. Ayo, jadilah manusia yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Jangan sampai harimu lebih buruk dari hari kemarin.

Nurul Marta
2 days 'ago'

Buat para ibu rumah tangga ataupun kamu yang suka masak, tentu bakal sering belanja bahan-bahan dapur seperti halnya sayuran maupun bumbu-bumbu pelengkapnya. Tapi sebenarnya, nggak perlu setiap akan masak kamu harus ke tukang sayur untuk beli bahan-bahan yang dibutuhkan lho. Kamu bisa kok menanam beberapa sayuran dan bumbu dapur bermediakan pot kecil atau stoples saja. Selain bisa menghemat pengeluaran belanja, sayur dan bumbu dapur yang ditanam sendiri ini tentunya lebih alami.

Ini lho beberapa sayuran dan bumbu dapur yang bisa kamu tanam sendiri di rumah dengan pot kecil. Bahkan ada yang cukup pakai air saja tanpa perlu tanah lho!

1. Bawang merah dan bawang putih bisa banget kamu tanam dan perbanyak umbinya dalam pot kecil

bawang merah dan bawang putih via urbanina.com

 

Kalau kamu punya bawang merah atau bawang putih, ambil satu siungnya dan tanam bagian akar menghadap ke tanah, sedang bagian atasnya dipotong sedikit untuk pertumbuhan tunas. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar tumbuh tunasnya.

2. Selada bisa tumbuh hanya dengan meletakannya di botol kaca yang diisi air lho!

selada via www.gettystewart.com

Sebagai garnish atau hiasan dalam makanan, selada seringnya dibutuhkan hanya beberapa lembar aja. Nah, cara menanamnya mudah banget kok. Tempatkan bagian akar putih selada dalam botol kaca yang diisi air, jangan lupa selalu ditambah airnya kalau kering dan cukupkan sinar mataharinya. Setelah tumbuh tunas, baru deh kamu pindahkan ke pot yang berisi tanah.

3. Cabai yang harganya fluktuatif ini bisa kamu tanam sendiri di rumah agar bisa ngirit ongkos belanja

cabai via steemit.com

Selain ditanam di pekarangan, cabai juga bisa ditanam di pot kecil. Caranya cukup sebar bijinya yang sudah dikeringkan, lalu disiram berkala di bawah sinar matahari sampai tumbuh besar dan berbuah. Namun sebaiknya gunakan pot yang sedikit lebih besar agar cabai yang dihasilkan lebih bagus dan segar.

4. Seledri juga bisa tumbuh subur hanya dengan dicelupkan bagian batangnya dalam air lho!

seledri

Seledri adalah salah satu sayuran yang paling mudah tumbuh dari sisa-sisa potongannya. Kamu hanya perlu memotong bagian bawah seledri, taruh di mangkok berisi air hangat. Biarkan seledri terkena sinar matahari langsung setiap hari, maka akan muncul daun pada batang seledri.

5. Biji tomat yang sudah dikeringkan juga bisa ditanam dan tumbuh subur dengan media pot kecil

tomat via www.youtube.com

Biji tomat yang cocok untuk ditanam adalah yang berasal dari buah matang, terutama jika buahnya sudah lembek. Ambil bijinya dan keringkan, kemudian tanam dalam pot berisi tanah yang subur. Kamu perlu memberikan penopang agar tomat bisa tumbuh berdiri dan nggak patah tangkainya.

6. Jahe, kunyit, kencur dan jenis rimpang lainnya sangat mudah untuk ditanam di media apa pun

jahe via pertamakali.com

Cukup letakkan potongan jahe atau rimpang lainnya di tanah dengan tunas menghadap ke atas. Akarnya akan menyebar menghasilkan umbi baru, daunnya pun akan tumbuh tinggi. Ketika tanaman telah tumbuh, kamu bisa menggali umbinya, memotongnya sebagian untuk dipakai, sedang potongan yang lain bisa ditanam kembali.

7. Daun bawang pun bisa kok kamu tumbuhkan di pot kecil dan meletakannya di dapur agar mudah dipotong saat dibutuhkan

daun bawang via www.berkebunasik.com

Kamu bisa menggunakan bagian akar daun bawang dari sisa memasak. Tempatkan akar daun bawang ke dalam cangkir berisi sedikit air, dan simpan di dekat jendela dapur yang terkena sinar matahari. Nantinya di bagian bekas potongan itu akan tumbuh daun baru, kamu cukup memotong daun itu untuk memasak.

8. Seperti rumput biasa, akar serai hanya membutuhkan secangkir air dan sinar matahari untuk tumbuh

serai via www.netralnews.com

Tempatkan potongan batang serai di atas tanah. Proses pertumbuhan serai ini membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Kamu baru bisa memindahkannya ke pot yang lebih besar atau ke pekarangan ketika batangnya mencapai sekitar 30 senti ya!

9. Kamu bisa menyemai biji jeruk nipis, jeruk purut ataupun lemon di dalam pot dan menumbuhkannya

lemon via myfreakinears.com

Selain dengan menyemai biji, kamu juga bisa menanam bibitnya yang diperoleh dari tukang tanaman ke dalam pot. Tanaman jeruk nipis ini juga nggak terlalu besar sehingga bisa ditempatkan di pot kecil. Pastikan kamu selalu sirami dan beri pupuk agar buahnya tumbuh subur dan lebat.

Sayuran dan bumbu dapur di atas hanyalah beberapa dari banyak lainnya yang bisa ditanam sendiri di dalam pot. Nggak cuma menghemat pengeluaran lho, bertanam juga bisa jadi penyaluran hobi dan menghilangkan stres. Gimana, kamu tertarik mencoba?

 

 

Lies Halizah
2 days 'ago'

Setelah menjalani semua proses mata kuliah dan KKN (untuk beberapa kampus), kini sudah saatnya kamu mengerjakan ‘kitab suci’, yakni tugas akhir alias skripsi. Memang ini bisa menjadi goal tersendiri bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya. Dan, ini bukan perkara mudah – membutuhkan komitmen, disiplin dengan diri sendiri, dan terpenting adalah jangan membuang-buang waktu.

Wajar juga bila beberapa mahasiswa menganggap ini adalah momen terberatnya sepanjang kuliah. Bahkan, ada pula yang gagal menyelesaikan kewajiban ini dan harus merelakan calon gelar sarjananya pergi. Namun meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa menyelesaikan tugas akhir kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membereskan tanggung jawabmu ini. Nah, berikut Yukepo beri kamu cara cepat selesaikan skripsi. Yuk, Kepoin!

1. Bikin deadline yang isinya berupa peringatan – kamu bakal rugi kalau menunda skripsi

Banyak yang bilang menunda skripsi sama saja kamu menunda bertemu mertua. Hal ini benar juga, sebab menunda-nunda sama saja kamu membuang waktu lebih lama untuk menyelesaikan skripsi, sehingga untuk cari pekerjaan, hingga siap pun menikah juga ikutan molor.

2. Nggak usah muluk-muluk dalam memilih topik atau tema skripsi. Cari aja topik yang simpel dan kamu pahami

Ingat, mengerjakan skripsi itu mandiri. Bukan seperti mengerjakan tugas kelompok – yang satu tugas dikerjakan banyak orang. Jadi, lebih baik kamu pilih topik yang benar-benar kamu pahami. Sehingga kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan nanti. Toh, sesusah apa pun topik skripsi yang kamu kerjakan, pada akhirnya gelarmu tetap saja S1 – nggak ada S1++. Jadi realistis dengan kemampuan diri sendiri ya.

3. Pilihlah dosen pembimbing yang berbeda gender denganmu

Meski ini belum benar-benar teruji, tapi nggak ada salahnya juga kamu coba. Sebab, hal ini bisa membantu dalam proses dan komunikasi. Soalnya nggak jarang kalau dosen pembimbingnya bergender sama dengan kita, sensinya kadang suka lebih tinggi. Dan, skripsi makin banyak coretan tanpa diberi jalan keluar. Sedih bukan?

4. Pilihlah tempat yang nyaman dan kondusif saat mengerjakan skripsi

Cara ini bisa membuatmu berpikir lebih aktif dan produktif. Pilihlah tempat yang kondusif, nyaman, tenang, sehingga kamu bisa semakin fokus dan berkonsentrasi. Ini bisa macam-macam, seperti perpustakaan, rumah sendiri, atau kafe, yang penting sesuai dengan mood kamu.

5. Perlakukan dosen pembimbing layaknya seorang gebetan. Cara ini bisa membantu kamu untuk ‘connect’ dengan dia

Bukan bermaksud untuk merayu atau memberi sogokan. Tapi ini adalah salah satu cara untuk benar-benar ‘connect’ dengan dosen pembimbing kamu. Dengan begini, tentu komunikasi yang terjalin akan lebih baik lagi dan sungguh membantu kamu dalam pengerjaan tugas akhir. Kamu bisa mencari tahu apa yang dia sukai, hobi, makanan favorit, dan lainnya.

6. Kalau dosenmu penulis buku, kamu bisa jadikan bukunya sebagai referensi teori

Punya dosen pembimbing yang pernah menerbitkan buku? Ini bisa jadi salah satu keuntungan buatmu dalam mengerjakan tugas akhir. Kamu bisa menggunakan buku yang ditulis dosen pembimbingmu itu sebagai referensi teori penelitianmu. Ditambah, dosenmu akan lebih jelas dalam memberikan penjelasan tentang bukunya, dan pasti dia akan dengan mudah memberimu cara bagaimana jika diterapkan dalam penelitianmu.

7. Rajin datang ke acara wisuda. Biar kamu makin termotivasi untuk segera lulus dan bernapas lega

Cara ini bisa menumbuhkan semangat dan motivasimu untuk segera menyelesaikan tugas akhir. Terlebih jika yang wisuda salah satu teman kamu, pasti kamu akan merasa sedikit panik dan berpikir dalam hati yang mungkin berkata, “Temanku sudah bisa lulus, kenapa aku belum?,”. Jadi masihkah ingin menunda?

8. Kurangi kegiatan di luar studi agar kamu bisa fokus, “Skripsi, skripsi, skripsi!”

Kegiatan seperti nongkrong, bisa kamu kurangi agar kamu bisa fokus kerjakan skripsi. Namun, tak apa jika sesekali kamu keluar dan sharing dengan teman-teman seperjuangan yang sama-sama mengerjakan tugas akhir, sapa tahu kamu mendapatkan pencerahan.

9. Tempatkan dirimu dalam lingkungan yang isinya mahasiswa yang rajin atau bersama teman-teman yang sudah jadi sarjana

Percaya atau tidak, lingkungan bisa memberi pengaruh besar terhadap dirimu, termasuk dalam kasus skripsi. Jadi cobalah kamu berada di lingkungan yang mendukung kamu untuk segera lulus. Hindari dulu bersama teman yang mungkin bisa membuatmu lebih lama untuk menyelesaikan skripsi.

10. Letakkan foto orangtua kamu di kamar atau di dompet. Agar kamu selalu ingat bahwa mereka menunggu kabar kamu untuk wisuda

Mungkin beberapa dari kamu tidak sepenuhnya tahu, tentang bagaimana perjuangan orangtua membiayai kuliah kamu yang harganya selangit. Kamu tak tahu apa yang mereka korban untuk bisa memenuhi biaya-biaya studimu. Lebih baik, kamu susah sekarang daripada kamu menyesal di kemudian hari karena tugas akhir tidak selesai. Jadi ingatlah terus hal ini, dan jangan sia-siakan kesempatan kamu bisa kuliah. Sebab, banyak orang di luar sana yang ingin kuliah tapi tidak bisa karena keadaan yang kurang beruntung.

Malas adalah musuh utama mahasiswa pada umumnya, bukan masalah mampu atau tidaknya. Memang kesulitan akan kamu temui, namun bukan berarti kamu menyerah begitu saja. Tapi kamu harus mencari tahu dan cara untuk menyelesaikannya. Jangan membuang-buang waktumu yang berharga. Skripsi hanya kamu kerjakan sekali, jadi lakukanlah dengan senang hati.

Rizki Anugrah Ramadhan
2 days 'ago'

Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejauh itupula hamparan keindahan alam tersaji memanjakan mata siapapun yang berkunjung. Mau wisata alam gunung dan pantai, wisata budaya, wisata kuliner, wisata halal, dan wisata lainnya serba ada.

Bicara soal keindahan alam Indonesia tak pernah ada habisnya. Selalu saja ada yang membuat wisatawan, terutama turis asing terkesan. Situs penyedia panduan wisata, Rough Guides merilis  daftar 20 negara terindah di dunia, berdasarkan voting warganet dari seluruh dunia. Hasilnya Indonesia berada di peringkat ke-6, mengalahkan negara lain yang juga terkenal akan daya tarik wisatanya, seperti negara Islandia, Amerika Serikat, Finlandia, Switzerland, dan India.  

Sayangnya, kalau kamu menanyakan tentang Indonesia kepada bule, mereka hanya kenal Bali dan Lombok. Padahal Indonesia begitu luas. Banyak destinasi wisata yang tereksplor, bahkan terjamah oleh pengunjung, sehingga belum terlalu terkenal seperti Pulau Dewata.

Inilah beberapa tujuan wisata yang masih jarang diketahui traveler:

1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi 
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Destinasi wisata pertama yang tengah naik daun adalah Banyuwangi. Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi menyimpan surga wisata alam yang sangat indah. Jarak dari Bali ke Banyuwangi pun tidak terlalu jauh dengan waktu tempuh 2 jam menggunakan kapal cepat. Meski sedang populer, tapi belum banyak yang tahu Banyuwangi memiliki pantai cantik bernama Red Island atau dikenal Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah masih bersih dan indah dengan latar belakang bukit hijau. Berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, kamu bisa melakukan kegiatan surfing “bersahabat dengan ombak” atau sekadar menikmati sunset. Untuk berwisata ke Pantai Pulau Merah, harga tiket masuk Rp8.000 per orang.

2. Air Terjun Benang Stokel, Lombok

Air Terjun Benang Stokel, Lombok 
Air Terjun Benang Stokel, Lombok

Lombok merupakan destinasi wisata Indonesia yang sudah mendunia. Meski sempat berduka akibat bencana alam gempa tahun 2018 lalu, Lombok bangkit. Selain menawarkan keindahan pantai yang eksotis, seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, ternyata Lombok punya Air Terjun Benang Stokel.

Objek wisata yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah masuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Benang Stokel memiliki arti nama seikat benang karena air terjun yang tumpah dari ketinggian sekitar 20-30 meter ini menyerupai ikatan benang.

Airnya bening dan segar, udaranya dingin, suasananya tenang. Jadi sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing,menyegarkan pikiran. Jika ingin menikmati kesegaran Air Terjun Benang Stokel, kamu perlu membayar Rp10.000 per orang, parkir motor Rp2.000, dan parkir mobil Rp5.000 per unit.

3. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora, Maluku 
Pantai Ora, Maluku

Surga tersembunyi lain yang wajib masuk list liburanmu, yakni Pantai Ora di Maluku. Pantai-pantai di kawasan Timur Indonesia memang top banget. Nah di Pantai Ora ini, kamu akan disuguhi pemandangan air laut jernih nan biru dengan latar belakang pegunungan kapur. Sangat cocok buat kamu yang mau snorkeling maupun diving melihat keindahan bawah laut.

Saking cantiknya, eksotisme Pulau Ora disejajarkan dengan Pulau Maladewa atau Maldives, dan Pulau Bora-Bora di Prancis. Untuk bisa melancong ke Pulau Ora, kamu perlu merogoh kocok jutaan rupiah. Bukan karena harga tiket masuk yang mahal, tapi akses untuk sampai ke sana harus menggunakan jalur udara, laut, dan darat.

4. Danau Kaco, Jambi

Danau Kaco, Jambi 
Danau Kaco, Jambi

Berlokasi di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi, Danau Kaco memberikan pemandangan yang mempesona. Saat menginjakkan kaki di danau ini, kamu akan berdecak kagum menyaksikan mahakarya Tuhan yang bersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Airnya sangat biru dan jernih. Danau Kaco dikelilingi rimbunan pohon, sehingga membuat udaranya segar dan asri.

Danau Kaco semakin indah bila dilihat pada malam hari. Terutama saat bulan purnama memantulkan cahayanya ke danau. Nah untuk menuju lokasi wisata ini, kamu harus treking menyusuri hutan selama 4 jam. Harga tiket masuknya sebesar Rp5.000 per orang.

5. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo 
Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Bila kamu sedang liburan ke Gunung Bromo ataupun Gunung Semeru, Jawa Timur, jangan lupa mampir ke objek wisata Air Terjun Madakaripura. Air terjun ‘abadi’ yang dipercaya menjadi tempat Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit bertapa sebelum mengucap sumpah palapa untuk menyatukan wilayah Nusantara.

Terletak di Dusun Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur ini, Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 200 meter. Keindahan air terjun yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut sangat mengagumkan karena dikelilingi tebing menjulang gagah.

Kamu perlu berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Air Terjun Madakaripura. Tapi rasa lelah akan terbayar dengan pesona alam yang menakjubkan. Membuat hati dan pikiran tenang, rileks kembali. Harga tiket masuk ke Air Terjun Madakaripura sebesar Rp11.000 per orang (Senin-Jumat), dan Rp13.000 (Sabtu dan Minggu). Biaya parkir motor dan mobil masing-masing Rp3.000 dan Rp5.000.

Putri Mahmudah
2 days 'ago'

Jika kamu sedang mencari informasi tentang rumus phytagoras, maka sebaiknya anda menyimak beberapa penjelasan dalam artikel ini. Berbicara tentang segitiga siku-siku memang tak bisa lepas dari teorema Phytagoras.

Sebab teorema phytagoras berkaitan dengan sisi segitiga siku-siku serta sudut yang saling berdekatan. Untuk memudahkan perhitungan sisi segitiga tersebut maka digunakanlah rumus menghitung phytagoras yang sudah tidak asing lagi dalam dunia matematika.

Rumus phytagoras memang memiliki hubungan yang erat dengan sisi yang terdapat pada segitiga siku-siku. Seperti yang telah diketahui bahwa segitiga siku-siku adalah sebuah jenis segitiga yang salah satu sisinya berupa garis tegak lurus yang bertemu sisi mendatar sehingga akhirnya membentuk sudut yang besarnya 90ĚŠ.

Pada sebuah segitiga siku-siku biasanya memiliki sisi yang diumpamakan dengan huruf a, b dan c. Dimana untuk sisi a tegak lurus dengan sisi b yang merupakan alas dari sebuah segitiga tersebut dan membentuk sudut siku-siku.

Sedangkan untuk sisi c adalah sisi miring yang lekatknya tepat berhadapan dengan sudut siku-siku. Berkaitan dengan sisi a, b dan c tersebut maka dalam rumus phytagoras menjelaskan tentang perhitungan salah satu sisi tersebut jika kedua sisinya sudah diketahui panjangnya. Dengan demikian rumus tersebut biasanya selalu dipakai dapat menghitung panjang sisi segitiga siku-siku.

Rumus Phytagoras

Rumus phytagoras yang digunakan untuk menghitung ukuran panjang salah satu sisi dari segitiga siku-siku adalah :

Kuadrat sisi miring = jumlah kuadrat seluruh sisi siku-siku

Apabila disesuaikan dengan penamaan sisi segitiga siku-siku maka diperoleh rumus yaitu :

Rumus pythagoras

Rumus pythagoras

Contoh Soal Pythagoras (Pitagoras) dan Pembahasan

Untuk lebih jelasnya dalam penggunaan rumus tersebut berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh soal dengan menggunakan rumus phytagoras dengan penjelasan sebagai berikut ini :

Contoh Soal 1

Sebuah segitiga mempunyai sisi tegak dengan panjang 5 cm sedangkan panjang alasnya 3 cm. kedua sisi segitiga tersebut membentuk sudut siku-siku. Tentukan panjang sudut miring dari segitiga tersebut yang berada tepat di hadapan sudut siku-siku segitiga tersebut!

Penyelesaian:

Kuadrat sisi miring = jumlah kuadrat seluruh sisi siku-siku

c2= b2+a2

Sisi miring 2 = sisi tegak + alas 2

Sisi miring = 5+ 32
Sisi miring = 25 + 9 cm
Sisi miring = 36 cm
Sisi miring =  cm
Sisi miring = 6 cm

Jadi panjang sisi miring pada segitiga siku-siku tersebut adalah 6 cm.

Contoh Soal 2

Sebuah segitiga siku-siku memiliki panjang sisi miring sebesar 10 cm dan panjang alas segitiga sebesar 6 cm. Hitunglah luas dari segitiga tersebut !

Penyelesaian :

Untuk bisa menghitung luas, maka Anda harus menemukan terlebih dahulu tinggi dari segitiga tersebut. Dimana untuk memperoleh tinggi segitiga bisa dengan menggunakan rumus phytagoras

Sisi miring 2 = sisi tegak + alas 2

Karena tinggi = sisi tegak

Maka rumus menghitung sisi tegak :

 Sisi tegak= sisi miring 2 – alas 2

Sisi tegak= 10– 62

Sisi tegak= 100-36

Sisi tegak= 64

Sisi tegak =

Sisi tegak = 8cm

Untuk menghitung luas segitiga tersebut maka bisa dicari luasnya dengan perhitungan sebagai berikut :

Luas segitiga = ½ x alasxtinggi

Luas segitiga = 1/2x 28x 21

Luas segitiga = ½ x 588

Luas segitiga = 294 cm2

Contoh Soal 3

Diketahui panjang sisi miring sebuah segitiga yaitu 20 cm, kemudian sisi datarnya 16 cm. Silahkan anda hitung panjang sisi tegaknya!

Diketahui:

c = sisi miring , b = sisi datar , a = sisi tegak

c = 20 cm, b = 16 cm

Ditanya : Panjang a (sisi tegak) ?

Penyelesaian:

a2 = c2 – b2
= 202 – 162
= 400 – 256
= 144
a = √144
= 12 cm

Jadi panjang sisi tegaknya adalah 12 cm.

Itulah penjelasan mengenai rumus pyhatgoras yang bisa menambah wawasan anda. Tetapi perlu anda ketahui bahwa rumus tersebut hanya berlaku pada segitiga siku-siku saja dan tidak bisa digunakan pada segitiga lainnya.

Nurul Marta
2 days 'ago'

Dalam belajar Fisika anda akan belajar mengenai energi potensial. Dimana energi potensial merupakan energi yang tersimpan di dalam sebuah benda karena ketinggiannya. Untuk energi potensial ini biasanya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi serta tempat ketinggian benda.

Dengan demikian semakin besar massa dan ketinggian benda maka membuat energi potensialnya juga semakin besar. Namun juga berlaku sebaliknya bila massa dan ketinggian benda semakin kecil maka nilai energi potensialnya juga semakin kecil.

Jika sebuah benda berada di atas tanah maka untuk energi potensialnya bernilai nol. Energi potensial identik dengan letak ketinggian sebuah benda dan untuk perhitungan rumus energi potensial akan menghasilkan satuan yaitu Joule.

Rumus Energi Potensial

Rumus Energi Potensial

Perlu anda ketahui bahwa beragam jenis energi bisa dikelompokkan ke dalam energi potensial. Sebab setiap bentuk energi bisa dihubungkan dengan suatu jenis gaya tertentu yang bisa bekerja karena berhubungan dengan jenis gaya yang bekerja serta sifat fisik benda tersebut.

Untuk itulah sebelum belajar rumus energi potensial perlu anda ketahui  beberapa jenis energi potensial yaitu :

  1. Energi potensial gravitasi yaitu energi potensial yang dihubungan gaya gravitasi yang bekerja pada masa benda.
  2. Energi potensial elastik yaitu energi potensial yang yang bekerja terhadap gaya elastis terhadap elastisitas objek yang mengalami perubahan bentuk.
  3. Energi potensial listrik yaitu energi yang bekerja terhadap muatan elektrik sebuah objek atau benda.
  4. Energi potensial kimia yaitu energi potensial yang terjadi pada sebuah konfiguasi atomik yang bekerja terhadap sturktur atomik sehingga membentuk objek.
  5. Energi potensial termal yaitu energi potensial yang bekerja dengan gaya elektromagnetik dan berhubungan dengan suhu sebuah objek.
  6. Energi potensial elastis yaitu energi potensial dari sebuah benda yang mengalami perubahan bentuk karena adanya tekanan. Bila tekanan tersebut dilepas maka energi tersebut akan berubah menjadi energi kinetik. Misalnya saja terjadi pada anak panah yang dilepaskan dari busurnya.

Dari penjelasan di atas maka untuk rumus energi potensial dalam fisika bisa dinyatakan sebagai berikut :

Ep = m x g x h

Keterangan :

  • Ep = energi potensial (Joule)
  • m  = massa benda (kg)
  • g   = percepatan gravitasi (m/s2)
  • h  = tinggi benda di atas permukaan tanah (meter)

Contoh Soal Tentang Energi Potensial

1.] Sebuah bola mempunyai massa 2 kg, berada di atas lemari yang ketinggiannya 4 m. Tentukan energi potensial bola tersebut jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s!

Jawab :

m = 2kg

h = 4m

g = 10 m/s2

Ep = m x g x h

Ep = 2 x 10 x 4

Ep = 80 Joule

Jadi energi potensial bola tersebut adalah 80 Joule.

2.] Buah kelapa yang masih menggantung di pohonnya diperkirakan memiliki massa 1,5 kg. Bila ketinggian pohon klepaa tersebut sekitar 12 meter. Berapakah energi potensial buah kelapa tersebut jika diketahui g = 10 m/s?

Jawab :

m = 1,5kg

h  = 12 meter

g  = 10 m/s2

Ep = m x g x h

Ep = 1,5 x 12 x 10

Ep = 180 Joule

Jadi energi potensial buah kelapa tersebut adalah 180 Joule.

Itulah tadi penjelasan mengenai rumus energi potensial dan contoh soal-soalnya yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin belajar tentang energi potensial maka pahami penjelasan di atas lalu berlatihlah mengerjakan soal-soal energi potensial lalu selesaikan dengan rumus di atas sehingga anda bisa benar-benar mengerti tentang energi potensial.

Bos Babecom
2 days 'ago'

Tidur sudah menjadi kebutuhan utama manusia. Dengan tidur, tubuh akan kembali berenergi dan regenerasi sel pun akan terjadi. Nah, agar hal tersebut dapat terjadi, kamu tentunya harus mendapatkan tidur yang berkualitas. Bagaimana caranya? Coba simak di bawah ini yuk!

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Ini juga berlaku untuk weekend ya, Bela! Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari akan membantu membuat siklus tidur kita jadi lebih stabil. Pilihlah waktu tidur saat kamu benar-benar lelah dan bangunlah di jam yang sama setiap pagi. Hal ini akan membantu tubuh mendapatkan pola tidur yang teratur. Pastikan kamu tidak menekan tombol snooze ya!

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Suhu kamar juga ikut memengaruhi kualitas tidur lho. Untuk tidur yang lebih nyenyak, atur suhu ruangan sesuai yang kamu inginkan, namun pastikan kamarmu sejuk agar suhu tubuh juga tetap stabil.

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Jika ingin tidur lebih nyenyak, pastikan kamarmu gelap dan jauh dari gangguan suara. Tuangan yang gelap akan membantumu terlelap lebih cepat. Sedangkan keadaan yang sunyi tanpa gangguan suara bisa membuat tidur jadi lebih berkualitas karena akan terasa lebih tenang.

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Masih sering makan di tempat tidur? Sebaiknya segera hentikan hal ini. Menurut penelitian, kasurmu sebaiknya hanya dipakai untuk tidur.

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Olahraga id sore hari juga wajib kamu lakukan. Tak hanya membuat tubuh lebih sehat, olahraga di sore hari akan membantu lebih mudah tidur di malam hari.

Itu tadi lima hal yang bisa kamu lakukan agar tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas. Semoga artikelnya bermanfaat!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow