999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Rizki Anugrah Ramadhan
26 minutes 'ago'

Semester baru merupakan saat yang dinanti-nantikan oleh para mahasiswa baru untuk segera merasakan bagaimana atmosfer belajar di perguruan tinggi. Ketika sudah memasuki dunia kampus, mereka tentunya akan menemui dan merasakan berbagai hal yang berbeda dari sebelumnya, masa saat melewati masa-masa transisinya dari siswa SMA menjadi mahasiswa. Tentunya ada perasaan bahagia, sedih, khawatir, percaya diri, bingung, atau perasaan lainnya yang mewakili rasa yang dialami oleh mahasiswa baru di awal masa perkuliahannya, khususnya di semester baru. 

Bagi kamu yang saat ini masih berstatus menjadi mahasiswa baru, berikut beberapa tips yang harus kamu ketakui dan lakukan, yang dapat mempermudah kamu saat menjalani hari-harimu. 

1. Kamu tidak perlu membawa segala sesuatu yang kamu miliki saat berangkat ke kampus. Hal ini tentunya berbeda ketika masih duduk di bangku SMP atau SMA, saat kamu harus membawa satu tas ransel besar yang berisi penuh dengan buku-buku pelajaran. Saat kuliah, kamu cukup membawa barang-barang yang menurutmu sangat diperlukan saja.

2. Kamu harus menjadi pribadi yang percaya diri ketika telah menjadi seorang mahasiswa. Hanya saja, kamu harus menjaga diri untuk tidak memiliki musuh di lingkunganmu. Perbanyaklah berteman. 

3. Mulailah untuk membuat kelompok belajar. Kelompok belajar akan membuat belajarmu lebih menyenangkan. Berdiskusi dan menjelaskan hal-hal yang sudah kamu pahami kepada orang lain akan semakin membuatmu lebih memahami dan mengingatnya. Bahkan, ilmu kamupun akan semakin bertambah banyak. 

4. Gunakan sandal ketika ke kamar mandi. Bersihkan kamar mandi ketika selesai menggunakannya dan cuci tanganmu. Kamu harus membiasakan diri unutk hidup bersih.

5. Hubungi keluargamu. Kamu pasti akan sibuk dengan segala aktivitas yang ada, tapi ingatlah bahwa kamu masih punya keluarga yang menunggu kabar darimu.

6. Bereksplorasilah! Kamu cukup beruntung karena bisa tinggal di sebuah kota baru ataupun negara baru. Ada begitu banyak hal baru yang dapat kamu lihat dan amati di sana. Maka, gunakanlah waktu senggangmu untuk menjelajahi dan memahami seluk beluk lingkungan barumu, selain sebagai cara untuk merefreshingkan diri. 

7. Mulailah mendaftar dan ikut kegiatan di beberapa aktivitas mahasiswa. Hal itu akan membantumu menemukan banyak ilmu baru yang tidak akan kamu temukan di bangku kuliah. Selain itu, kamupun dapat menemukan teman baru dan memperluas pergaulanmu. 

8. Rajinlah hadir di kelas. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa rajin masuk dan hadir di kelas berkaitan dengan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Tapi, pada kenyataannya banyak mahasiswa yang mengabaikan hasil penelitian ini dan mereka memiliki kebiasaan buruk malas berada di kelas dan memboloskan diri. 

9. Mulailah untuk mencari tempat magang kerja jika kamu memiliki banyak waktu luang. Jika kamu tidak dapat melakukan itu, maka cobalah untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Tapi ingat, jangan sampai kamu mengabaikan dan menjadi tidak fokus dalam perkuliahan karena waktumu yang terbagi untuk bekerja.  

10. Buatlah resume. Jika kamu belum membutuhkannya saat ini, tetaplah untuk membuatnya karena suatu saat kamu pasti akan membutuhkannya, khususnya jika telah menjelang masa ujian. 

11. Sering ke kampus akan memiliki banyak manfaat. Gunakan kesempatan itu untuk meminjam buku di perpustakaan atau menggunakan fasilitas lainnya. 

12. Ingatlah seberapa sering kamu menggunakan jasa binatu atau laundry. Cobalah untuk mencuci sendiri semua pakian dan barang-barang milikmu.

13. Gunakan sepeda. Menggunakan sepeda merupakan salah satu bentuk dukunganmu terhadap program Go Green yang ramah lingkungan. Sebagai mahasiswa, kamu harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Selain itu, tentunya dengan bersepeda akan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. 

14. Membawa buku catatan. Buku catatan akan sangat berguna untuk menulis atau merangkum materi dari dosen. Selain itu, kamu bisa menuliskan tugas dan tanggal pengumpulannya di sana.

15. Pelajari keterampilan baru. Keterampilan baru akan lebih meningkatkan kualitas hidupmu. Jadi, gunakan waktu kuliah untuk mengasah keterampilan baru, seperti seni bela diri, menari, paduan suara, dan lain sebagainya.

Marissa Putri
1 hour 'ago'

Apa itu teknik Infrormatika?

secara singkat saja, Teknik Informatika (IT) merupakan salah satu jurusan kuliah yang mendalami tentang penerapan logika dan pengelolaan informasi yang terdapat dalam komputer.

untuk lebih jauh lagi, Teknik informatika itu merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (baca:data) dengan memanfaatkan teknologi komputer seoptimal mungkin.

belajar di jurusan IT  nantinya kamu akan diajarkan proses-proses logika dalam sistem yang ada didalam komputer. Jadi secara kasar bisa dikatakan nantinya sedikit banyak kamu akan memahami bagaimana sih logika komputer itu bekerja? bagaimana sebuah kalkulator itu bisa menjumlahkan angka 1+1 dan hasilnya yang ditampilkan =2 intinya kamu akan belajar memahami logika.

JADI NANTINYA KAMU BUKAN CUMA SEKEDAR TAU: OH INI KOMPUTER, OH INI CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER, OH INI CARA MENGGUNAKAN INTERNET, OH INI CARA MENGOPERASIKAN WORD. TENTU TIDAK SESEDERHANA ITU” SEPERTI ORANG AWAM KEBANYAKAN.

Apakah Ilmu Yang kita dapat waktu kuliah di IT Bisa dipakai didunia kerja dan kehidupan sehari hari?

jawabanya tentu saja dipakai baik secara langsung maupun tidak langsung. karena kita tau jaman sekarang ini hampir segala hal dioperasikan dan dikerjakan menggunakan bantuan teknologi informasi dan komputer, sedangkan teknologi dan informasi itu adalah sebagian dari banyak kasus yang bisa kamu pelajari jika kuliah di jurusan TI.

Apa perbedaan mahasiswa kuliah jurusan informatika dengan Kursus komputer?

kalau kursus biasanya kamu hanya diajarkan untuk fokus kedam satu materi saja. Misalnya saja kamu kursus  visual basic (VB), ya dari awal sampai akhir kamu hanya akan belajar mengenai VB, pokoknya sampai kamu hafal dan juga expert dengan materi serta pemprograman VB tersebut.

Sedangkan kalau kuliah beda, kamu tidak diajarkan secara spesifik mengenai satu materi saja, tetapi sangat banyak dan sangat luas, jadi banyak pilihan nya,  kamu bebas menentukan salah satu dari mata kuliah yang nanti kamu ingin tekuni untuk bekal kamu bekerja.

bagus mana antara kuliah IT dengan kursus Komputer/Program?

jawabnya relatif ya? kalau kamu yakin dan percaya sebuah program itu berlaku terus menerus dan selalu dibutuhkan untuk pekerjaan kamu nantinya ya kursus programmerupakan pilihan yang bijak karena jangka waktunya relatif lebih cepat serta materi yang kamu dapatkan berfokus sehingga hasil yang kamu peroleh lebih maksimal.

kekurangannya kursus adalah jika sebuah program atau materi yang kamu kursus itu telah kurang diminati, atau ditinggalkan kamu tidak punya pilihan lain selain belajar dari awal materi/pemrograman yang baru. karena kita tau berapa lama sebuah bahasa permrograman itu digunakan karena sering berganti seiring dengan perkembangan jaman.

sedangkan jika kamu kuliah kamu akan mempelajari secara umum terkait ilmu informasi itu sendiri dan kamu juga bebas mendalami salah satu program/keahlian yang kamu minati, karena informatika itu sendiri tidak terlalu terfokus hanya di satu matakulaih, atau bahasa pemrograman.

kekurangannya yaitu biaya nya tentu lebih mahal daripada kursus, kedua waktunya relatif lebih lama dibandingkan kursus, dan yang terpenting kalau kamu tidak serius dan bekerja keras ingin mendapatkan kemampuan lebih maka kuliah kamu akan sia-sia karena kamu tidak memiliki keahlian sama sekali. karena kuliah informatika itu mempelajari banyak materi, bahasa pemrograman, dan juga algoritma, jadi mau kemana nantinya kamu mengambangkan diri itu diserahkan kepada mahasiswa itu sendiri.

emang apa aja sih yang bisa dipelajari di teknik Informatika nantinya?

Seperti yang sudah saya singgung di awal kuliah di Jurusan teknik informatika, kamu akan mempelajari ilmu yang bersifat teknik dan mendasar.

Sebagai contoh trouble shooting, aplikasi komputer, Sistem Basis Data (Datebase), desain grafis, pemrograman  Web , serta topik-topik berkaitan informatika dan informasi lain secara.

LULUS DARI TEKNIK INFROMATIKA KERJA JADI APA?

ini merupakan pertanyaan mainstream yang saya yakin masih banyak di tanyakan oleh teman-teman semua yang memiki keinginan untuk melanjutkan kuliah mengambil juruan Teknik Informatika.

sebenarnya mahasawa lulusan teknik informatika diharapkan mampu menjadi adalah menjadi pengembang (developer) aplikasi, praktisi IT termasuk Software Engineer, Network Engineer, Database Engineer, Games Engineer .

tapi lepas dari itupun sebenarnya kamu bisa kerja ditempat-tempat lain seperti menjadi tenaga pengajar (PNS) seperti guru dan dosen, karyawan perusahaan bumn, swasta, atau bahkan bisa juga menjadi seorang enterpreneur di bidang usaha.

atau kalau ingin lebih hebat lagi bisa menjadi sturtup enterpreneur di bidang tenologi seperti CEO buka lapak MAs Zakky, atau CEO Facebook mark zukerburg, dan pencipta google yakni larry page dan serge briin.

Sayangnya entah kenapa Kuliah Jurusan Teknik Informatika / IT saat ini masih banyak dipandang sebelah mata?

mungkin karena banyak dari masyarakat kita yang sekarang ini masih menganggap kalau kuliah  jurusan informatika itu bakalan susah mencari kerja.

padalah kalau kamu sedikit mau berusaha dan bekerja keras banyak peluang penghasilan yang bisa diperoleh dengan mendalai Teknik Informatika ini karena nantinya disana banyak teman teman kretif yang sering mencari penghasilan dari media digital, misalnya seperti blogger, android developer, dan bahkan tidak sedikit yang menjadi artis youtuber.

nah mungkin itu sedikit reverensi yang bisa berwirausaha bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat, dan ingat “apapun jurusan kuliah dan pendidikannya kesuksesan itu sejatinya berasal dari kerja keras dan kemauan”.

Rizki Anugrah Ramadhan
1 hour 'ago'

Siapa sih orang yang tidak mau atau tidak ingin dikaruniai ide ide cerdas dan kreatif yang biasanya cuma dimiliki terutama oleh seorang pengusaha yang telah sukses? Saya rasa kita semua setuju ingin memiliki nya.
Sayangnya mendapat Ide usaha yang kreatif dan berbeda ternyata sangat sulit di dapatkan, sayapun meyakini mereka para enterpreneur sukses, pengusaha kelas kakap dan startup kreatif lainnya membutuhkan kerja keras untuk mendapatkan ide ide brilian-nya.

JADI MENDAPAT IDE USAHA ITU GAK MUDAH MAS YA?

Ya yang pasti yang namanya sesuatu yang berharga itu sudah pasti sulit untuk didapatkan, dan proses yang harus dilaluipun tak semudah membuat mie instan tinggal buka, seduh, bumbu di tambahkan, sajiikan, sudah. Tidak semudah itu.
Dibalik kesuksesan yang besar dan mampu bertahan lama, selalu ada sosok sosok pemikir yang telah melewati jutaan kali brainstorming (badai pemikiran/proses pemikiran panjang). 
Setelah ketemu sebuah ide yang baguspun merealisasikannya nggak kalah sulitnya dengan proses penemuan idenya, nggak percaya saya akan mencoba merangkumkan step by step nya bagaimana sih sebuah ide usaha yang kreatif itu diciptakan. Yuk silahkan baca posting ini sampai selesai, selamat membaca. 

1. Berubah Menjadi Seorang Inspirator

Siapa inspirsi terbesar anda? Apakah orang tua, dosen, saudara, teman, mentor atau mungkin ada orang orang yang telah mengispirasi anda lainnya?
Jika ada berarti anda belum kreatif karena masih terinspirasi dari orang lain.Untuk menjadi kreatif berarti anda harus siap untuk berhenti menirukan orang lain. dan menjadi diri sendiri.

KOK GITU MAS?

Iya itu adalah harga yang harus di tawarkan untuk menjadi kreatif, ingat kratif itu bukan Cuma sekedar pengakuan, misal :
Ada produk A yang pernah anda liat entah dinegara mana, anda buat produk serupa di indonesia, terus orang lain nggak tau kan yang aslinya dan anda di anggap kreatif karena menciptakan hal baru? 
apakah anda sudah kreatif?
Belum, anda masih bergantung dengan ide orang lain, setelah ide itu di tinggalkan saya yakin anda tidak akan mampu membuat sesuatu yang lebih baik atau minimal serupa.
Berbeda dengan orang kreatif, seperti banyak orang besar di luaran sana yang idenya di claim oleh orang lain, mereka akan tetap mampu berkarya menciptakan ide ide baru bahkan yang lebih baik berapa kalipun ide mereka diakui orang lain sebelumnya.

2.Menjadi kreator

Creatif berasal dari kata creat yaitu membuat.
Dan Kreator adalah istilah lain untuk menyebut pembuat, sedangkan “sang” kreator adalah sang Pencipta (saya biasa sebuat dengan tuhan, Allah.SWT).

LOH EMANG PENCIPTA DENGAN PEMBUAT ITU BEDA YA MAS?

Beda lah, kalau mencipta-kan itu adalah membuat sesuatu dari yang semula tidak ada menjadi ada, sedangkan membuat Cuma “membuat sesuatu dari yang semula belum ditemukan, dari materi materi yang sudah ada”.
Nah berdasarkan uraian diatas berarti untuk menjadi seorang yang kreatif artinya kita harus mampu membuat sesuatu yang baru dengan memanfaatkan hal hal yang sudah anda, contohnya :

Sejak tahun 1990-an internet itu sudah ada dan website website itu sudah banyak di luncurkan, tapi akses untuk memperoleh informasi dari website yang ada dan betearan di internet itu yang nggak ada, nah lalu munculan larry page dan serge brin yang akhirnya membuat dan memunculkan sebuah mesin telusur yang tugasnya sebebernya Cuma simpel yaitu menghubungkan para pencari informasi dengan website website penyedia informasi melalui mesin telusurnya yaitu google.
Yang mungkin juga temen temen gunakan browsing sampe akhirnya bisa membaca tulisan saya ini. hehehe

Catatan : 
Sekedar mengingatkan hati hati dalam menjadi kreator dan membuat hal baru dari yang telah ada ya, jangan sampai melanggar hak cipta, Contoh kreator yang salah :

Saya liat banyak penyanyi di negara kita ini yang Cuma sekedar asal comot lagu dari luar terus ganti lirik, bikin sensasi, lagunya terkenal. apakah ini kreatif? Nggak, saya tekankan ini nggak kreatif, karena merugikan orang lain, malah ujung ujungnya banyak dari mereka yang akhirnya kena pelanggaran hak cipta.

3.Diciptakan berulang ulang Hingga menjadi sesuatu Yang Sangat Berguna, dan tidak bisa di tolak keberadaannya

SETELAH IDE DI TEMUKAN APAKAH SELESAI SAMPAI DISINI? 

Belum..
Sama saja dengan mencari ide kreatif dan unik, Untuk Membuat sebuah hal  yang menakjubkan juga nggak kalah sulit. kan logikanya kalau ide itu mudah didapatkan saya yakin sudah di dapatkan orang lain duluan.
jadi untuk dapet ide yang bagus banget kita akan mengalami puluhan sampai ratusan kali trial error, atau istilah kita nya “gagal coba lagi” berkali kali. Sampai pada akhirnya kita ketemu dengan  satu takaran yang fix dan pas banget dengan apa yang kita harapkan. 
Ada beberapa krioteria yang harus dipenuhi, dalam sebuah ide kreatif setidaknya harus terdapat faktor 3D di dalamnya, yaitu  :

  • Di perlukan = Buat apa dibuat kalo emang tidak diperlukan?
  • Di inginkan = Walaupun diperukan orang masih pikir pikir kalau produknya ternyata tidak diinginkan.
  • Di sukai = Ingin sudah pasti suka, tapi suka belum tentu pingin, contohnya : “beli baju”.

4. Jadilah Unik

Unik adalah kata lain dari Berbeda, jadi buatlah sesuatu yang berbeda dari kebanyakan. Berbeda dalam artian yang positif tapi loh ya, jangan malah “nyeleneh”.  
Ingat kita memang lagi membahas tentang membuat sesuatu yang unik dan berbeda tapi harus tetap di fikirkan kita membuat sesuatu itu tujuannya untuk agar bisa di terima. Ingat salah satu faktor 3D diatas kan, yaitu “di inginkan”.

KALO TERNYATA SAYA NGGAK BISA BUAT SESUATU YANG BERBEDA GIMANA MAS?

Gampang kita tinggal membuat lagi dari sesuatu yang telah ada, menjadi sesuatu yang baru tapi dengan kwalitas yang lebih baik.

5.Membuka diri dan bersiap untuk menjadi pemilik ide cemerlang

Sudah tau bagaimana caranya memperoleh ide, sekarang saatnya anda mempersiapkan diri untuk didatangi ide.
Ide itu datang nya bisa datang dari mana aja, terutama lingkungan. Jadi mari mulai dari sekarang membuka diri untuk menjadi orang yang peka terhadap ide ide yang muncul bersliweran.
Seringlah memperhatikan dengan seksama detail keadaan sekitar kita.
Baik saat kita duduk, berjalan, bahkan di kamar mandi sekalipun kita harus siap siap. 

penting juga untuk terus memperluas wawasan dengan banyak banyak bergaul, membaca buku, bersosialisai.
wawasan itu kayak wadahnya ide, jadi untuk siap menampung ide yang banyak kita harus punya wadah yang besar pula. 
Dan jangan lupa yang terpenting, sesekali manfaatkan waktu untuk mendekatkan diri kepada sang kuasa karena Dia sang pemilik dan pemberi ide.

6. Action

sudah dapet ide sekarang saat nya anda terapkan ide ide cemerlang anda ke dalam usaha.
ingat ide hanya akan menjadi sebuah ide siap sia, jika tidak direalisasikian, ide itu gak akan ada harganya kalau kalau belum jadi kenyataan, so tunggu apa lagi..? nanti keburu ide ide usaha anda di rebut orang lain loh..

Mungkin Cuma itu yang bisa saya bagikan kali ini semoga bermanfaat dan sukses dengan ide ide anda.

Marissa Putri
2 hours 'ago'

Surat pengantar lamaran kerja atau cover letter merupakan salah satu hal yang juga ikut paling diperhatikan oleh HRD selain CV. Isi, keterangan, format, kerapihan hingga penggunaan dan gaya bahasa yang digunakan di pada cover letter bisa ikut mempengaruhi penilaian HRD kepada pelamar.

Baik melamar kerja secara langsung atau melalui website (online) isi dan format dari sebuah surat lamaran sangat lah penting, itu mengapa membuat surat pengantar atau lamaran yang baik adalah keharusan, karena dari surat lamaran yang tepat dapat memberikan kamu point tambahan untuk kesan pertama yang baik dari HRD.

Ini dia beberapa point penting yang biasa disertakan ketika menulis resume yaitu:

  • Foto copy ijasah terakhir 1 lembar
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk 1 lembar
  • Pas foto 3 x 4 2 lembar
  • Daftar Riwayar Hidup
  • Surat Pengalaman Kerja

Beberapa point di atas bisa dihilangkan ketika kamu melamar secara online seperti fotocopy KTP dan ijasah yang bisa kamu ganti dengan gambar scan dari aslinya, begitu juga dengan pas foto kamu bisa kirim kirim satu file attachment atau letakan langsung di daftar riwayat hidup (CV).

Contoh gambar surat pengatar lamaran kerja (resume):

Contoh Surat Pengantar Lamaran Kerja 
Contoh Surat Pengantar Lamaran Kerja via dreambegins.com

Untuk cover letter dengan bahasa asing biasanya menggunakan bahasa Inggris. Kemungkinan penggunaan bahasa asing lain selain Inggris tergantung dari jenis perusahaan tempat kamu melamar atau jenis posisi yang dilamar. Contohnya jika kamu melamar sebagai translator/penerjemah maka kamu akan dituntut oleh perusahaan untuk menulis cover letter hingga cv dengan bahasa yang diminta sebagai syarat utama.

 

Contoh Surat Pengantar Lamaran Kerja dengan Bahasa Asing 
Contoh Surat Pengantar Lamaran Kerja dengan Bahasa Asing via dreambegins

*Catatan tambahan: Resume untuk yang online jangan dijadikan attachment, tulislah langsung resume pada body email dan jangan mengcopy dari file word ke body email karena formatnya akan berantakan.

Tips Menulis Cover Letter yang Baik dan Tepat

Masih banyak orang kurang berusaha dalam membuat surat lamaran yang tepat karena terlalu terfokus untuk mengutamakan CV yang bagus dan menarik. Padahal cover letter juga salah satu point utama yang paling awal diperhatikan sebelum CV. HRD akan menilai sikap dan kepribadian juga keseriusan kamu dalam melamar posisi yang diinginkan dari rapihnya forma dan baiknya penggunaan bahasa yang digunakan.

Ini dia beberapa tips bagaimana cara menulis surat pengantar lamaran kerja yang baik:

1. Penggunaan bahasa yang tepat

Gunakan bahasa formal ketika menulis cover letter baik itu bahasa Indonesia dan bahasa asing. Jangan juga menggunakan gaya kalimat yang bertele-tele. Ingat ada CV juga yang ikut menunjang kelengkapan data diri kamu jadi tidak perlu semuanya dijelaskan di cover letter.

2. Lebih baik diketik saja

Sekarang banyak perusahaan yang menyarankan untuk menulis cover letter diketik saja daripada ditulis manual. Walaupun masih banyak perusahaan lebih memilih yang manual karena kebutuhan penilaian karakter. Tapi jika tidak diharuskan lebih baik diketik saja untuk mendukung kerapihan format surat pengantar.

3. Isi keterangan secara jujur

Tulis isi cover letter secara jujur. Lampirkan kelengkapan dokumen sesuai apa yang kamu tulis di cover letter karena akan dipertanyakan ketika kamu akan interview. Jika tidak HRD akan menilai kamu sebagai karakter yang ceroboh, tidak teliti dan sulit dipercaya.

Sesuaikan Resume dengan Kebutuhan, Jenis Pekerjaan dan Perusahaannya

Pilih format resume yang sesuai kebutuhan, jika kamu tidak terlalu baik dalam berbahasa asing jangan dipaksakan dan gunakan saja bahasa Indonesia, walaupun kamu melamar kerja diperusahaan asing. Asalkan posisi yang kamu lamar memang sesuai dan tidak ada tuntutan berbahasa asing yang baik dan format serta isi cover letter rapih maka kesempatan kamu dilirik HRD bisa juga sama besarnya dengan yang menulis cover letter dengan bahasa asing.

Rizki Anugrah Ramadhan
24 hours 'ago'

Apa ada nama lain kerajaan Majapahit, kalaupun ada namanya apa dan mengapa majapahit bisa memiliki nama itu ?

Bintang Maulidya
1 day 'ago'

Pernahkah Anda melihat seseorang yang sehari-harinya sungguh produktif? Sehingga dia memiliki banyak karya? Waktu hidupnya dipakai untuk menyebarkan manfaat?

Nah, terkadang saya berfikir dan merenung, kenapa mereka bisa seperti itu ya..?? Apa bedanya dengan saya..??

Memang, ada lumayan banyak perbedaannya. Namun, setidaknya, mereka meninggalkan 7 hal  berikut ini. Yang mana kebanyakan orang masih melakukan 7 hal ini. Meski mungkin agak sulit untuk melakukannya. Namun, kalau sudah berhasil Anda tinggalkan 7 hal tersebut, maka hidup Anda bisa menjadi jauh lebih baik.

Apa saja 7 hal tersebut? Berikut ini dia.

1. Uninstall aplikasi FacebookInstagram, dan social media lainnya

Barangkali bisa Anda evaluasi, baik secara kasar maupun dengan hitungan akurat; terkait berapa menit dalam sehari yang Anda habiskan hanya untuk main facebookinstagram, atau social media lainnya?

Ada riset yang mengatakan, bahwa Orang (Indonesia) menghabiskan waktu sampai 5,5 jam per hari di hadapan smartphone. Ntah itu dominan buka social media atau apa.

Coba Anda pertimbangkan, bagaimana seandainya waktu tersebut Anda pakai untuk membaca buku? Menulis? Mendesain? Berkarya? Silaturahmi? Atau aktivitas produktif dan bermanfaat lainnya? InsyaAllah hidup Anda akan menjadi lebih bermanfaat dan produktif.

Dan terkadang agar lebih efektif, aplikasi-aplikasi socmed itu harus di-uninstall, agar menyulitkan kita untuk menunda-nunda. 

Meski tentu bisa jadi ada sebagian orang yang justru pekerjaannya menggunakan aplikasi socmed. Kalau seperti itu, mungkin bisa mencoba tips berikutnya.

2. Tinggalkan grup-grup messenger yang tidak aktif, yang tidak bermanfaat, dan yang mirip-mirip

Satu lagi yang mungkin tanpa sadar membuat kita jadi menunda-nunda pekerjaan, yaitu saat muncul notifikasi messenger seperti whatsappline; atau yang lainnya, kita buru-buru mengkepoinnya. Bahkan, kadang malah jadi mengkepoin chat-chat lainnya.

Nah, bisa jadi untuk mencegahnya adalah dengan cara meng-uninstall aplikasi-aplikasi tersebut. Namun, seringnya aplikasi messenger lebih jelas bermanfaat daripada social media. Maka, tidak apa-apa tidak usah di-uninstall, mungkin bisa Anda cegah dengan cara keluar dari grup-grup chat yang sudah tidak aktif lagi, yang jarang aktif, yang tidak bermanfaat, atau mungkin yang isinya mirip-mirip dengan yang lain.

3. Kurangi atau bahkan pensiun dari aktivitas rutin nonton film

Nah, bisa jadi ini merupakan hal yang berat bagi sebagian orang, hehehe…

Tapi coba kita bayangkan dampaknya yang luar biasa… Dalam sehari itu ada berapa menit yang kita pakai untuk menonton film? Atau dalam seminggu? Jangan spelekan misalnya walau dalam seminggu hanya 3 jam saja. Karena tak jarang kan kadang kita berandai-andai “Seandainya dalam 1 hari itu ada 25 jam.. atau 30 jam..”, nah sebenarnya hal tersebut agak bisa ‘diwujudkan’ bila kita coba mengurangi nonton film.

Bahkan, efek sampingnya, bukan hanya lebih hemat waktu, tapi bisa juga hemat kuota internet dan uang, hehehe…

Tidak masalah juga seandainya Anda bertahap membentuk kebiasaan stop nonton film. Mungkin biasanya Anda habiskan 1 hari untuk nonton film selama 90 menit. Mungkin, bisa Anda mulai dari hanya nonton film 6 kali dalam seminggu. Dan begitu seterusnya, hingga hanya menonton film sekali dalam seminggu, bahkan jadi hanya sekali dalam sebulan misalnya.

4. Uninstall game-game di smartphone dan PC, sekalian jual console game

Tips yang ini agak mirip dengan tips sebelumnya terkait pensiun nonton film. Bisa jadi lebih sulit atau lebih mudah..

Lebih sulit, karena justru biasanya pemain game itu lebih candu dan banyak maniaknya daripada penonton film. 

Tapi juga bisa jadi lebih mudah, karena faktanya pada akhirnya tidak ada seorang pun yang langgeng main suatu game selama bertahun-tahun. Palingan suatu game itu hanya populer dimainkan selama setahun, atau 2 tahun, atau mungkin 3-4 tahun. Setelah itu, pada akhirnya orang-orang jadi bosan. Kalau pada game online, pada akhirnya server-nya ditutup.

Saya kira kalau game ini ditinggalkan, lumayan bisa menghemat waktu juga, bahkan mungkin hemat uang juga.

5. Pensiun dari kebiasaan rajin ngemil setiap hari

Nah, kalau ngemil ini jelas lebih banyak lagi yang melakukannya. Namun, ada sebagian orang yang ngemilnya itu bisa dibilang setiap hari. Tiada hari tanpa jajan. Ntah itu jajan makanan berat seperti bakso dan mie ayam, atau jajan makanan ringan seperti keripik, coklat, wafer, biskuit, dan snack lainnya.

Sekiranya kita mulai coba mengurangi sedikit demi sedikit, bahkan hingga banyak berkurang; maka insya Allah kita akan lebih hemat uang dan waktu. Bahkan, bisa ‘hemat tenaga’ juga, bila cemilan-cemilan tersebut ada yang mengandung gula dan lemak yang notabene sedikit/banyak mempengaruhi kesehatan kita.

6. Hentikan kebiasaan tidur kemalaman dan bangun kesiangan

Kalau tips yang nomor 6 ini mungkin lebih relatif. Setiap orang bisa berbeda-beda. Namun, sehemat yang saya tahu, kebanyakan mereka yang produktif dan sehat itu suka tidur lebih awal. Kemudian, bisa cepat bangun lebih awal.

Normalnya sih begitu, meski bisa jadi pada hari-hari tertentu mereka terpaksa begadang.

Beberapa keunggulannya, nanti bisa sholat tahajjud, lebih konsentrasi kerja karena sepi, dan lain-lain.

7. Mulai kurangi bergaul dengan orang-orang yang bejat

Nah, terkait teman bergaul ini yang amat sangat besar dampaknya pada kehidupan kita. Dan bisa jadi yang agak berat yah ini.

Tapi, kalau hal ini bisa diubah, insyaAllah sangat bisa pula hidup Anda berubah drastis.

Saya pribadi sudah melakukan hal ini, dan alhamdulillah memang dampaknya berbalik 180° derajat.

  • Betapa dulu teman-teman pergaulan saya itu hanya sibuk main-main melulu.
  • Kemudian, ada juga teman-teman pergaulan saya yang lumayan produktif membahas bisnis, tapi, sayangnya mereka agak kurang membahas Islam.
  • Sekarang, alhamdulillah saya punya teman-teman pergaulan tidak hanya membahas hal bermanfaat seperti bsnis, namun juga intens membahas Islam.

Dan alhamdulillah hidup saya sekarang jadi jauh lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu, meski tentu belum sempurna.

Oh iya, tentunya “kurangi bergaul” di situ maksudnya bukan berarti putus silaturahmi yaa. Hanya saja mengurangi intensitas perjumpaannya, agar kita tidak terpengaruh, seandainya kita masih lemah belum mampu mempengaruhi.

Nah, setidaknya begitulah 7 hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk ditinggalkan, agar lebih produktif dan hidup lebih baik.

Tentu konteksnya di sini saya tidak membahas halal-haram. Hanya persoalan tips produktivitas saja. Meski, khusus yang nomor 7 soal pergaulan yang jelek, itu harus.  Maka dari itu, selain itu, memang terserah Anda saja mau mengadopsi tips-tips ini atau tidak. Tidak ada paksaan. Hanya rekomendasi saja. Kalau mau berproses meninggalkan sedikit dan sebagian dulu saja pun nggak apa-apa. Yang penting Anda paham dampak dari pilihan-pilihan Anda tersebut.

Meski memang yah itu tadi, barangkali sulit bagi sebagian dari kita untuk melakukannya. Namun, insya Allah bisa. Dan seandainya 7 hal tersebut sudah kita tinggalkan, besar kemungkinannya maka kita akan lebih memiliki banyak waktu, tenaga, bahkan uang untuk lebih disalurkan pada hal-hal yang lebih bermanfaat.

Sehingga, hidup kita bisa berubah menjadi lebih baik, lebih produktif, dan lebih sukses… insyaAllah…

Putri Mahmudah
1 day 'ago'

Saat ini, jarang kita temukan siswa atau mahasiswa yang senang mengerjakan pekerjaan rumah (PR) di rumah setiap hari. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang membutuhkan dorongan atau motivasi saat ini dan seterusnya. Tapi jangan terkejut apabila sesuatu yang kamu anggap sepele dengan menyia-nyiakan PR selama ini akan membuatmu berterimakasih dimasa depan.

Sekalipun saat ini kamu tidak melihat dampak positif dari mengerjakan PR, namun kamu juga harus melihat dari sudut pandang yang lain. Misalnya apabila kamu mengerjakan PR, nilaimu akan menjadi lebih bagus dikelas.

Agar proses belajar melebih menyenangkan, berikut adalah beberapa tips cara menjadi mahasiswa berprestasi yang bisa kamu ikutin.

1. Ubah perspektifmu

tips menjadi mahasiswa berprestasi

Sudut pandang adalah alasan utama mengapa banyak diantara kita (mahasiswa dan pelajar) yang enggan untuk mengerjakan PR di rumah karena menganggapnya tidak berguna. Namun sebenarnya banyak bentuk pengetahuan dasar yang merupakan akar dari keterampilan yang akan dikembangkan pada masa yang akan datang. Sehingga semua yang tampaknya tidak berguna saat ini bisa jadi sangat penting di masa yang akan datang terutama untuk memahami ilmu yang lebih tinggi.

Satu contoh kecil, jika kamu tidak menyukai matematika atau aljabar, kamu seharusnya bisa memahami pentingnya belajar matematika dan aljabar karena ini adalah dasar dari ilmu ekonomi, ilmu bisnis, ilmu pengetahuan dan bidang studi lainnya termasuk juga komputer tidak bisa lepas dari matematika.

Pada saat kamu mengerjakan PR bahasa inggris, kamu harus memahami bahwa menulis bahasa Inggris merupakan keterampilan yang juga sangat penting, tidak hanya untuk meng-upgrade nilainya saat ini, namun pada saat bekerja nanti, tidak sedikit yang memprioritaskan pelamar yang bisa berbahasa inggris baik aktif maupun pasif.

2. Menjadi ahli di bidangmu

cara menjadi mahasiswa yang baik

Jarang sekali kita temukan mahasiswa yang benar-benar mencintai sebuah mata pelajaran atau mata kuliah. Namun, yang perlu kamu lakukan adalah cobalah untuk lebih fokus pada pelajaran yang benar-benar klik atau kamu sukai, atau yang setidaknya kamu rasa menarik.

Mungkin kamu bisa mulai membuat blog dan menulis terkait dengan mata pelajaran yang kamu sukai untuk dibahas didalamnya. Dengan begitu, kamu akan terpancing untuk meneliti lebih dalam sehingga mata pelajaran yang kamu sukai tersebut benar-benar bisa kamu kuasai layaknya seorang ahli.

Mengajar juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menguasai suatu mata pelajaran. Karena dengan mengajar kamu akan termotivasi untuk mempersiapkan materi dengan lebih baik. Saat mejadi mahasiswa tidak ada salahnya menjadi relawan pengajar di beberapa sekolah. Atau kamu juga bisa melamar di Bimbel.

3. Jangan takut bersaing!

cara menjadi mahasiswa sukses

Banyak anak muda saat ini sangat mudah minder dan merasa kalah sebelum bersaing. Kamu tidak perlu mengubur semangat kompetitif yang kamu miliki. Bahkan jika kamu ingin berprestasi, kamu harus mencari seorang kompetitor yang benar-benar bisa membuatmu merasa tertantang.

Cara menjadi mahasiswa berprestasi dengan menantang diri dan menghadapi setiap tantangan yang ada, merupakan cara paling ampuh untuk memaksakan diri dan menggali potensi yang kamu miliki.

Menjadi seorang yang kompetitif bukan berarti bahwa kamu juga harus bermusuhan dengan teman sekelas. Kamu hanya perlu bergabung dan bergaul dengan teman-teman yang menginspirasi dan yang bisa kamu jadikan sebagai pesaing. Karena ini merupakan motivasi sekaligus inspirasi yang akan membuatmu menjadi lebih giat belajar.

4. Hadiah juga dapat memotivasimu lho..

cara belajar yang baik untuk mahasiswa

Sejak dahulu kita tahu bahwa hadiah adalah salah satu yang paling besar pengaruhnya terhadap motivasi yang kita miliki. Tidak jarang saat kita masih berada di bangku sekolah dasar kita diiming-imingi dengan hadiah tertentu oleh orang tua maupun guru jika kita mampu berbicara banyak terutama apabila meraih rangking di kelas.

Hadiah tidak harus diberikan oleh orang lain. Namun kamu juga bisa memberikan dirimu sendiri hadiah. Apabila kamu bisa melakukan sesuatu yang menjadi tujuan atau targetmu.

Kamu bisa memotivasi diri dengan menetapkan tenggat waktu atau deadline untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu atau untuk melahap habis buku pelajaran. Setelah itu kamu bisa memberikan dirimu hadiah dengan beristirahat lebih awal, berlibur atau pergi ke tempat-tempat yang kamu sukai atau makan, makanan favorite.

5. Carilah dukungan untuk mendapatkan motivasi lebih buat dirimu

menjadi mahasiswa berprestasi

Ada banyak jenis motivasi mulai dari dukungan keluarga, teman atau bahkan seseorang yang kita cintai.

Jika kamu tidak mendapatkan dukungan dari keluarga atau teman-teman, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkannya dari yang lain, dan bukan berarti mereka tidak peduli.

Kamu bisa mendapatkan motivasi tambahan dengan mencari dukungan dari guru atau dosen. Guru akan selalu bangga dan mendukung siswa mereka untuk bisa berhasil dan berprestasi di kelas.

Kamu juga bisa mencari dukungan di forum-forum pendidikan untuk menemukan motivasi yang benar-benar kamu butuhkan.

Ingatlah, pada saat menjadi siswa atau mahasiswa, seringkali kita tidak bisa mengimplementasikan pelajaran yang kita peroleh di bangku sekolah sehingga pelajaran dan usaha keras yang kita lakukan terasa sia-sia. Padahal, setelah kita lulus dari bangku kuliah pelajaran-pelajaran tersebut sangat kita butuhkan terutama untuk bisa bersaing dengan orang lain di dunia kerja.

Nurul Marta
1 day 'ago'

Kesulitan mengatur waktu bukan hanya bagi mereka yang memang telah memiliki jabatan tinggi di sebuah perusahaan tapi juga berlaku bagi orang yang memiliki banyak urusan atau kegiatan lainnya. Misalnya saja, selain bekerja di kantor, ia juga memiliki bisnis sampingan, ada kegiatan olahraga dan sebagainya.

Bagi Anda yang sibuk karena memiliki banyak kegiatan yang padat, berikut ini ada cara mudah membagi waktu yang bisa dipraktikan langsung.

1. Kategorikan Setiap Kegiatan

Banyaknya kegiatan yang menumpuk seringkali membuat seseorang menjadi bingung harus memulai dari yang mana. Tapi bila Anda memetakan kegiatan per kategori bisa menjadi solusi yang tepat.

Cara ini sendiri diterapkan oleh Chief of Engineering Pinterest, Li Fan dimana dirinya membagi hari-hari khusus untuk melakukan pertemuan besar di satu hari, kemudian pertemuan yang lebih kecil di hari berikutnya, dilanjutkan dengan pertemuan dengan perorangan di hari yang lain dan tak terlupakan diskusi dengan anak buahnya yang dilakukan pada hari lain berikutnya.

Dengan membagi-bagi hari penting, Anda bisa menjadi lebih fokus mengerjakan sebuah pekerjaan. Selain itu dengan memisahkan pekerjaan satu dengan yang lain, Anda pun dapat menerapkannya pada hal-hal yang sifatnya lebih kecil. Salah satu contohnya, menerapkan hal tersebut untuk belajar. Misalnya setiap hari senin Anda belajar matematika, kemudian selasa belajar IPA, dan begitupun hari-hari berikutnya.

2. Warnai Kegiatan dan  Isi Waktu yang Kosong

kalender

Anthony Casalena yang merupakan CEO dari Squarespace menerapkan tips simple yang cukup efektif yaitu mewarnai kegiatan yang telah Anda lakukan pada kalender online seperti google calendar maupun kalender cetak. Tujuan untuk mengukur waktu senggang yang Anda miliki sehingga bisa dialokasikan dengan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat.

3. Terapkan Sistem Zero Inbox E-mail

Zero inbox email bertujuan untuk mengosongkan kotak masuk email pekerjaan Anda setiap harinya. Tips ini adalah tips dari CEO Squarespaces, Casalena. Email yang menumpuk dalam inbox sering membuat membuat orang lupa untuk membukanya. Dengan mengosongkan inbox setiap harinya setidaknya membuat lebih mudah disadari.

Hal ini sangat penting untuk menghindari jenis email yang membutuhkan response dengan cepat seperti email pemberitahuan dari client, perubahan jadwal meeting, hingga informasi-informasi penting lainnya. Menerapkan tips satu ini pun terbilang cukup mudah, yakni cukup cek email di waktu tertentu.

4. Alokasikan Waktu Senggang dengan Tugas Ringan

kerja di mobil

Untuk tetap fokus pada apa yang dikerjakan, cobalah memulainya dengan mengalokasikan waktu senggang untuk mengerjakan tugas yang ringan. Hal tersebut telah dijalankan oleh Emmanuel Arnaud yang merupakan CEO dari GuestToGuest  dan HomeExchange.

Dengan mengerjakan tugas di kala senggang setidaknya dapat Anda bisa menyicil pekerjaan agar selesai tepat waktu. Waktu senggang tersebut misalnya sewaktu makan siang, istirahat di rumah dan dalam perjalanan menggunakan bus atau taxi dan sebagainya. Mulailah dengan mengerjakan tugas yang tidak terlalu rumit.

5. Carilah Waktu untuk “Me Time”

Menurut CEO eHarmony, pekerjaan yang sering bertemu dengan banyak orang adalah salah satu pekerjaan yang cukup membosankan. Oleh karena itu, dirinya merekomendasikan setiap karyawan yang mengalami hal tersebut untuk dapat mengatur waktu dan mencari waktu menenangkan diri dengan memanjakan diri atau “Me Time”. Dengan “Me Time” Anda bisa menjadi lebih fokus, tidak terganggu orang lain dan tentunya akan jauh lebih mengenal potensi dari dalam diri sendiri. Hal ini tentunya akan membuat hidup menjadi lebih tenang dan fresh, sehingga ketika mau mulai aktivitas lagi menjadi lebih segar dan semangat.

6. Buat Catatan ‘to do list’ dengan Menggunakan Tangan

todolis

Beberapa survei akademik menyebutkan bahwa menulis to do list dengan menggunakan tangan jauh lebih efektif dibandingkan menyimpan to do list menggunakan perangkat elektronik.

Kegiatan menulis tangan dinilai mampu membuat pemahaman di otak menjadi lebih baik. Sedangkan menulis catatan dengan menggunakan komputer maupun handphone dapat menimbulkan resiko hilang, terganggu karena terlalu fokus dengan hal lain dan kurang mampu dipahami secara mendalam oleh alam bawah sadar.

Untuk memulai menulis to do list yang sederhana, Anda bisa menuliskannya di note book, post in, dan lain sebagainya yang sifatnya lebih mudah diakses dan tentunya tidak mudah hilang.

Lakukan dengan Disiplin

Percuma saja rasanya bila cara membagi waktu sudah diketahui tapi tidak mempraktikannya langsung. Segeralah atur kegiatan yang super padat, agar Anda bisa lebih mudah menjalankan setiap kegiatan. Selain itu, hasil yang dikerjakan juga akan lebih maksimal. Mungkin awal pertama Anda akan merasa sulit tapi jika dilakukan dengan disiplin, cepat atau lambat akan terbiasa dengan jadwal kegiatan yang tertata rapi.

Cinta Silvia
1 day 'ago'

Mencapai sukses di usia muda bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Ada tiga kunci utama yang dibutuhkan adalah usaha, kerja keras, dan pengorbanan. Jika ketiga kunci ini sudah dilakukan, maka kesuksesan akan segera datang.

Namun, perjalanan menuju sukses tidak pernah mulus. Ada berbagai hal lain yang sering kali menjadi penghalang kesuksesan. Tak perlu ragu, tetaplah kejar berusaha dan perhatikan tujuh kunci sukses berikut ini agar sukses di usia muda bisa Anda raih.

1. Tetapkan Tujuan Hidup yang Realistis

tujuan

Kebanyakan orang menghabiskan masa muda untuk bersenang-senang tanpa memikirkan dampak dari kebiasaan tersebut di masa tua. Kebiasaan seperti ini tidak perlu Anda ikuti dengan berlebihan karena sifatnya hanya sementara. Lebih baik investasikan waktu dan uang untuk menetapkan tujuan hidup dalam 10 atau 20 tahun ke depan.

Tujuan hidup yang ditetapkan hari ini akan sangat mempengaruhi kehidupan Anda di masa mendatang. Pertimbangkan plus dan minus dari setiap poin yang ditetapkan. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain jika membutuhkannya.

2. Berani Menjadi Sosok yang Unik

Setiap orang memiliki sisi keunikan masing-masing, termasuk Anda. Keunikan ini akan menonjolkan ciri khas yang akan membedakan Anda dengan orang lain. Manfaatkan keunikan ini dalam membangun sebuah karier, misalnya membangun persaingan sehat dengan para kompetitor, baik di dunia kerja maupun di dunia bisnis.

Menjadi sosok yang unik ini tentu tidak mudah. Ada saja satu atau dua orang yang tidak suka dengan kepribadian Anda. Tidak perlu memikirkan apa yang orang lain katakan selagi apa yang dilakukan tidak merugikan orang lain.

3. Menghilangkan Pikiran Negatif

nilai

Pro dan kontra bukan hal yang tabuh lagi dalam suatu kehidupan. Saat Anda ingin melebarkan sayap menuju sukses, ada saja orang yang tidak suka bahkan berencana untuk merusak apa yang sudah direncanakan dengan memberikan asumsi-asumsi tidak baik yang justru akan membuat pikiran menjadi negatif.

Jika Anda menemui orang yang seperti ini, sebaiknya segera menjauh agar tetap fokus untuk mewujudkan mimpi. Sebaiknya bangun pola pikir positif dan yakinkan diri kalau Anda mampu mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Imbangi dengan usaha dan kerja keras agar perjalanan menuju sukses semakin dimudahkan.

4. Menghindari Kebiasaan Pasif

Jadilah sosok yang aktif di dunia kerja, artinya tidak malu saat berkomunikasi dengan sesama rekan kerja di kantor. Komunikasi ini tentu akan sangat membantu Anda saat menyelesaikan pekerjaan secara tim sehingga pekerjaan cepat terselesaikan. Coba bayangkan jika Anda dan rekan kerja hanya diam saat bekerja, tugas pasti akan terbengkalai.

Membangun komunikasi tidak sulit. Percakapan akan mengalir seperti air apabila salah satu pihak berinisiatif untuk membuka pembicaraan. Mulai percakapan dengan topik pembahasan yang ringan terlebih dahulu, seperti menanyakan kabar atau perkembangan tugas.

5. Berteman dengan Orang Sukses

rekan kerja

Jika ingin sukses, coba bergaul dengan orang sukses yang ada di sekitar Anda, seperti di kawasan tempat tinggal, kantor, komunitas dan sebagainya. Kisah sukses yang disampaikan oleh orang-orang di sekitar akan membuat Anda semakin termotivasi untuk mengejar kesuksesan meskipun telah berkali-kali mengalami kegagalan.

Pilih lingkungan pergaulan yang dapat membuat Anda maju, bukan menjadi terbelakang. Jaga hubungan baik dengan orang-orang yang ada di dalam lingkungan pergaulan agar hubungan pertemanan semakin kuat.

6. Membeli Barang Sekaligus Berinvestasi

Sah-sah saja jika ingin membeli gadget atau kendaraan baru. Namun, pertimbangkan apakah barang yang dibeli dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang atau tidak. Usahakan agar uang yang dikeluarkan hari ini bermanfaat untuk masa yang akan datang agar terhindar dari kesan membuang-buang uang.

Ada banyak jenis barang yang bisa dipakai sekaligus dijadikan investasi. Misalnya, rumah, perhiasan, tas dan sepatu branded, hingga jam tangan. Harga beli barang yang bisa diinvestasikan memang mahal, tetapi harga jualnya tetap atau bertambah mahal karena adanya kenaikan permintaan.

7. Jangan Menghindari Kegagalan

gagal

Kegagalan dan kesuksesan ibaratkan parasit yang menempel dengan tumbuhan inang, dimana keduanya tidak bisa dipisahkan begitu saja. Jika ingin sukses, Anda harus bersedia menghadapi kegagalan yang bisa terjadi kapan saja.  

Tidak ada kegagalan yang manis, semuanya pahit. Dari sinilah banyak hal yang bisa dipetik. Ambil nilai positif dari sebuah kegagalan dan buang nilai negatifnya agar tidak merasa terbebani saat mewujudkan kesuksesan.

Kesuksesan Hanya Masalah Waktu, Tetap Berusaha

Semuanya yang ingin dicapai butuh proses, jadi jangan terburu-buru untuk mencapai kesuksesan, atau malah memilih jalan yang instan. Sebaiknya, nangun komitmen Anda sejak dini agar semakin fokus untuk mengejar hal-hal yang diinginkan. Jika usaha yang dilakukan sudah maksimal, sabarlah menunggu hingga kesuksesan tiba di depan mata.

Putri Mahmudah
1 day 'ago'

Salah satu hiburan paling menyenangkan di saat segala aktivitas telah selesai di lakukan yaitu mendengarkan musik. Mungkin Anda setuju dengan pendapat tersebut. Musik memang bisa menjadi salah satu hiburan yang dapat menjangkau berbagai lapisan usia dari anak-anak, remaja dan dewasa serta usia tua. Tapi tahukah Anda, selain sebagai hiburan, mendengarkan musik juga sangat baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat luar biasa musik bagi kesehatan kita?

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mendengarkan musik:
1. Baik untuk kesehatan jantung

Anda mungkin berpikir bahwa musik tidak ada kaitannya dengan jantung. Namun penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

2. Melindungi pendengaran
Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja Anda tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

3. Meredakan sakit
Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.

4. Memperkuat daya ingat
Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

5. Musik menurunkan stres
Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangkat kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

6. Membuat otak awet
Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

Jangan remehkan kekuatan musik. Mendengarkan musik tidak hanya sekedar hobi atau karier, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan pikiran dan fisik. Sudah mendengarkan musik apa Anda hari ini?

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow