999 +
#
0
0
0
50 years 'ago'
Rizki Anugrah Ramadhan
-74993 seconds 'ago'

Penggunaan mayones dalam makanan semakin populer. Salad, pizza dan beberapa makanan lain selalu menyertakan mayones sebagai penambah rasa. Demikian pula dengan makanan yang di goreng, seperti  udang, kentang, dan sebagainya.

Namun tahukah Anda, apakah mayones baik untuk kesehatan?

Mayones diketahui terbuat dari minyak, kuning telur, jus lemon atau cuka, garam dan mustard. Secangkir mayones mengandung 1440 kalori, 24 gram lemak jenuh, dan 160 gram lemak. Selain itu mayones juga mengandung vitamin dan mineral. Dalam 100 gram mayones terkadung 20 gram kalium, 635 miligram natrium, satu gram protein, 42 miligram kolesterol, serta masing-masing  satu persen vitamin A, B12, D, E, K, dan zat besi.

Beberapa jenis mayones seperti  light mayonnaise, memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit. Sedangkan reduced fat mayonnaise memiliki kalori dan lemak jenuh rendah. Ada pula mayones yang berbahan sayur seperti veg mayones.

Bagi orang yang sedang menjalani program diet sebaiknya tidak mengonsumsi mayones. Kandungan lemak tinggi dalam mayones dikhawatirkan justru merusak program diet yang dilakukan. Meskipun mayones dibuat menggunakan minyak cair yang tidak seluruhnya terbuat dari lemak jenuh. Minyak zaitun yang kerap ditambahkan dalam mayones memiliki kandungan lemak yang tinggi serta 124 kalori setiap sendok makan.

Mengonsumsi mayones dalam jumlah besar juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan arteri koroner. Penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat menyebutkan, mayones yang mengandung natrium dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sedangkan telur yang digunakan untuk membuat mayones dikhawatirkan juga menyebabkan beberapa penyakit seperti diare, demam, dan infeksi bakteri salmonella.

Namun di sisi lain, mayones juga memiliki berbagai manfaat. Salah satunya membantu tubuh menyerap nutrisi seperti vitamin A, D, E, dan K. Semua vitamin tersebut akan larut dalam lemak. Sehingga tubuh membutuhkan lemak agar vitamin-vitamin tersebut terserap dengan baik.

Mayones juga dapat membantu memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya mayones mengandung jus lemon dan minyak zaitun yang mampu meningkatkan sistem imun. Sedangkan kandungan vitamin C dan omega 3 dapat menghindarkan tubuh dari penyakit akibat patogen mikroorganisme.

Sedangkan kuning telur yang digunakan membuat mayones sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya kuning telur tidak hanya tinggi protein tetapi juga banyak mengandung mineral penting yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Mayones juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini lantaran rasa asam dan manis dalam mayones dapat menambah cita rasa. Kandungan minyak mayones memiliki palatabilitas  atau kemampuan untuk merasa, mencicipi, mengecap makanan yang tinggi dan membuat orang ingin mencicipi.

Melihat beberapa penjelasan tersebut maka tidak masalah kita mengonsumsi mayones. Namun tetap dalam jumlah secukupnya dan tidak berlebihan. Namun bagi Anda yang memiliki masalah dengan kalori sebaiknya tidak mengonsumsi mayones.

Nurul Marta
-68759 seconds 'ago'

Salah satu oleh-oleh yang kerap dibawa para jamaah haji dari Arab Saudi adalah kapulaga, selain kurma dan kismis. Kapulaga mempunyai bentuk yang khas, terlihat mirip dengan kacang arab. Namun kapulaga lebih besar dan memiliki kulit tipis, warnanya hijau atau coklat tua. Sepintas bentuknya juga mirip gelandong.

Ternyata kapulaga bukan hanya sekadar oleh-oleh. Pasalnya kapulaga termasuk rempah-rempah yang sangat banyak manfaatnya, terutama bagi kesehatan. Kapulaga sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan pembuat obat-obatan herbal.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kapulaga bagi kesehatan?

Tanaman penghasil kapulaga berasal dari genus Elettaria dan Amomun serta masuk dalam famili Zingiberaceae. Itulah sebabnya kapulaga masih bersaudara dengan tanaman jahe-jahean.

Kapulaga yang banyak digunakan masyarakat Indonesia ada dua macam, yakni kapulaga jawa dan kapulaga sabrang. Dinamankan kapulaga sabrang karena berasal dari negeri sebrang, seperti India dan Arab. Kapulaga jawa berwarna merah berbentuk bulat. Sedangkan kapulaga sabrang berwarna hijau dan berbentuk lonjong. Ada pula kapulaga yang berwarna kuning kelabu.

Kapulaga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, B, dan C. Sedangkan kandungan mineral yang dimiliki kapulaga adalah kalsium, zat besi, dan minyak astiri. Itulah sebabnya kapulaga sangat baik untuk kesehatan, salah satunya untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena kadungan serat yang cukup tinggi. Setiap sendok kapulaga mengandung sekitar dua gram serat.

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa menjadi solusinya. Selain itu kapulaga juga bermanfaat mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, mengatasi kejang usus, dan memperbaiki nafsu makan.

Kapulaga juga dikenal memiliki sifat antimikroba. Itulah sebabnya rempah ini sangat efektif melindungi tubuh dari penyakit akibat infeksi. Selain itu kapulaga juga dapat melawan berbagai jenis bakteri, virus dan jamur. Sistem kekebalan tubuh juga menjadi semakin baik dengan mengonsumsi kapulaga.

Kandungn vitamin C dan mangan dalam kapulaga membuatnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kedua zat tersebut dapat menghindarkan tulang dari penyakit osteoporosis. Pasalnya mangan dan vitamin C dapat menjaga kepadatan tulang.

Kapulaga juga dapat menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing. Pasalnya Kapulaga memiliki sifat diuretik yang berguna menjaga kesehatan ginjal. Selain itu kapulaga juga dapat mencegah penyakit infeksi saluran kemih atau sistitis dan peradangan ginjal atau nefritis. Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

Manfaat kapulaga yang lain adalah sebagai obat batuk dan pilek. Pasalnya kapulaga juga mempunyai efek mengencerkan dahak. Akibatnya pernapasan pun menjadi lega dan lancar. Rasa kapulaga yang hangat juga memberikan efek hangat di dada dan tenggorokan.

Sedangkan sifat antiinflamasi yang dimiliki kapulaga dapat meredakan gejala sariawan dan radang tenggorokan. Selain itu kapulaga juga dapat menghilangkan nafas tidak sedap dan membuat bau mulut menjadi lebih segar.

Manfaat kapulaga lainnya adalah ampuh dijadikan sebagai obat nyeri. Sifat analgesik dalam kapulaga membuatnya mampu meredakan rasa nyeri. Sedangkan sifat antiinflamasi yang bisa menyembuhkan berbagai macam peradangan yang mejadi penyebab nyeri.

Untuk bisa mendapatkan manfaat kapulaga, bisa dengan cara mengonsumsi biji kapulaga yang sudah dikeringkan. Bisa juga menggunakan biji kapulaga sebagai campuran bumbu masak. Saat ini untuk memperoleh manfaat kapulaga bisa lebih gampang. Pasalnya sudah tersedia kapulaga bubuk, teh kapulaga dan suplemen kapulaga.

Namun saat mengonsumsi suplemen kapulaga perhatikan komposisinya. Pasalnya seringkali pada suplemen kapulaga ditambahkan pula berbagai bahan tambahan. Sehingga tidak lagi murni kapulaga.

Rizki Anugrah Ramadhan
-64217 seconds 'ago'

Menghangatkan kembali masakan yang telah dingin merupakan suatu kebiasaan yang tidak sehat. Para ilmuwan menemukan sebuah penyakit yang bernama fried rice sindrome atau sindrom nasi goreng, akibat dari kebiasaan tersebut. Sindrom nasi goreng terdengar seperti lelucon, tapi ini benar adanya dan merupakan suatu hal yang serius. 

Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan sindrom nasi goreng?

Sindrom nasi goreng merupakan istilah untuk menyebut keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri Bacillus cereus. Bacillus cereus adalah bakteri yang mampu meracuni makanan dan pada umumnya terdapat pada makanan yang didiamkan terlalu lama di suhu ruang. Menurut ahli mikrobiologi dan professor klinis di New York University, Philip Tierno, bahwa bakteri ini akan mencemari makan yang mengandung zat tepung (starch), seperti nasi, mie, spageti, dan roti. Menurut laporan yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Microbiology, bahwa bakteri ini mampu menyebabkan setidaknya 63.000 kasus keracunan makanan di Amerika Serikat setiap tahunnya, dan pada beberapa kasus menimbulkan korban jiwa.

Dinamakan sindrome nasi goreng, karena awal kasus ini disebabkan oleh keracunan nasi goreng yang terkontaminasi oleh bakteri Bacillus cereus. Mendinginkan nasi selama lebih dari 2 jam dalam suhu ruang dengan harapanan tidak lembek sebelum dimasak mengakibatkan nasi terkontaminasi bakteri ini. Hal ini juga berlaku bagi masakan yang dihangatkan kembali setelah dingin dalam suhu ruang selama lebih dari 2 jam. Menghangatkan kembali nasi atau masakan yang telah matang tidak serta merta bisa menghilangkan bakteri dan racun yang telah diproduksi.

Menurut Food and Drug Administration AS (FDA), terdapat 2 macam racun yang diproduksi oleh bakteri Bacillius cereus. Jenis racun pertama dilepaskan di usus kecil setelah makanan yang terkontaminasi bakteri ini dikonsumsi. Hal ini membuat penderitanya mengalami diare, kram, dan kadang mual tapi jarang sampai muntah. Gejala akan mulai terlihat biasanya 6-15 jam setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Racun yang kedua dilepaskan oleh bakteri ini sebelum makanan dikonsumsi. Racun ini membuat penderitanya mengalami mual dan muntah dalam kurun waktu 30 menit sampai 6 jam. 

Pertolongan pertama pada orang yang keracunan bakteri ini dapat dilakukan dengan cara beristirahat dan menjaga tubuh terhidrasi terutama pada hari pertama. Jika gejala tidak kunjung reda setelah 1 hari pertama, maka penderita harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mendeteksi apakah seseorang mengalami sindrom nasi goreng, biasanya dokter akan melakukan tes pada muntahan atau feses.

Untuk mencegah agar makanan tidak terkontaminasi bakteri ini dapat dilakukan dengan cara menjaga suhu makanan agar tetap konstan. Makanan panas harus disimpan dalam suhu minimal 60oC, sedangkan makanan dingin harus disimpan dalam suhu kurang dari 4oC. Menyimpan sisa makanan diluar lemari es berjam-jam berpotensi menyebabkan makanan berubah menjadi racun, dan  memanaskan kembali makanan yang telah didiamkan selama lebih dari 2 jam dapat memicu sindrom nasi goreng. 

Jika ingin mengkonsumsi makanan beku, sebaiknya dihabiskan dalam jangka waktu 2-4 jam setelah dipanaskan. Apabila ingin mendinginkan nasi untuk dijadikan nasi goreng, dapat dengan membuat permukaannya lebih rata agar cepat dingin. Karena memanaskan masakan yang telah terkontaminasi hanya akan membunuh bakterinya tapi tidak menghilangkan racunnya.

Demi kesehatan, alangkah baiknya meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri. Niat hati ingin untung, malah buntung.

Putri Mahmudah
5 hours 'ago'

Pot Pintar Ini Bisa Ekspresikan Kondisi Tanaman, Unik Banget

Pot pintar (Sumber: Boredpanda)

Banyak orang menyukai tanaman. Alasannya karena tanaman bisa menyegarkan susana sekitar. Bahkan tak sedikit orang yang memiliki tempat khusus di dalam rumah untuk meletakkan tanaman-tanaman hias favoritnya. Merawat sebuah tanaman tentu saja harus membutuhkan perhatian khusus. Bukan hanya sekadar ditanam dalam pot dan diletakan disudut ruangan saja. Namun kamu harus bisa merawatnya mulai dari menyiramnya, memberikan cahaya matahari untuk berfotosintesis serta memberi pupuk untuk menyehatkan tanaman.

Meski telah mencoba merawat tanaman hias sebaik mungkin, beberapa kali mungkin kamu tetap menemukannya dalam keadaan mati. Pasti momen tersebut bikin sedih kan? Rupanya ada cara untuk mengetahui bagaimana perawatan tanaman yang baik dengan melihat ekspresi tanaman tersebut. Meski terkesan mustahil, akan tetapi sebuah perusahaan bernama Mu Design berhasil membuat sebuah pot pintar untuk tanaman kesayanganmu. Sebuah pot pintar bernama Lua ini mampu membuat tanaman kesayanganmu berubah seolah-oleh menjadi binatang peliharaan. Pasalnya pot pintar yang diproduksi oleh Mu Design ini mampu menunjukkan berbagai ekspersi mengenai kondisi dari tanaman itu sendiri.

Tampilkan emosi tanaman di layar

Pot Pintar Ini Bisa Ekspresikan Kondisi Tanaman, Unik Banget

Pot pintar (Sumber: Boredpanda)

Sebelum menggunakan pot pintar ini, kamu harus memindai kode QR yang ada pada pot dengan sebuah aplikasi. Jadi, pastikan untuk mengunduh aplikasi dari pot pintar ini pada ponsel. Bukan hanya memindai kode QR saja, akan tetapi kamu juga diharuskan memilih jenis tanaman yang kamu tanam pada pot tersebut. Hal ini dilakukan guna mengetahui bagaimana jenis perawatan yang harus dilakukan.

Pot Pintar Ini Bisa Ekspresikan Kondisi Tanaman, Unik Banget

Pot pintar (Sumber: Boredpanda)

Pada pot pintar terdapat sebuah layar LED yang bisa menampilkan berbagai ekspresi tanaman kesayanganmu. Lua sendiri memiliki 15 jenis emosi yang berbeda untuk mengekspresikan kebutuhan dasar dari tanamanmu. Mulai dari terlalu banyak air ataupun sinar matahari.

Ada sensor gerak

Pot Pintar Ini Bisa Ekspresikan Kondisi Tanaman, Unik Banget

Pot pintar (Sumber: Boredpanda)

Bukan hanya memiliki layar LED saja, akan tetapi Lua juga mempunyai sebuah sensor gerak. Di mana ekspresi yang ditampilkan pada layar LED akan bergerak. Selain itu, Lua juga bisa menampilkan tatapan marah jika ada suatu benda yang bergerak mengganggu tanamanmu.

Tentu saja ekspresi yang dihasilkan oleh Lua terlihat cukup menggemaskan. Kamu juga bisa memantau mengenai kondisi tanaman dengan ponsel. Jadi kamu tetap bisa merawat tanaman kesayanganmu dengan lebih baik. Jika menginginkan pot pintar, kamu harus sabar menunggu. Pasalnya pot pintar ini belum resmi dipasarkan. Pot pintar Lua baru dijual bebas pada Desember 2019 mendatang.

Cinta Silvia
6 hours 'ago'

Jepang kembali membuktikan dirinya sebagai negara terdepan dalam hal inovasi dan pelestarian lingkungan alam. Yang terbaru, negeri matahari terbit ini menciptakan kertas koran yang bisa ditanam dan berkembang menjadi tumbuhan berbunga. Wah!


Sumber: Peopleofprint

Koran yang terbuat dari kertas daur ulang dengan benih-benih tanaman serta tinta yang mengandung pupuk—kenapa tidak? The Mainichi, adalah surat kabar harian pertama di Jepang yang menggunakan inovasi ‘hijau’ ini. Didukung penuh Dentsu, agen periklanan terkenal asal Jepang, ide tersebut pun akhirnya terlaksana.


Sumber: Cargocollective

Hanya dengan merobek-robek kertas koran tersebut menjadi bagian-bagian kecil (setelah selesai dibaca tentunya), menanamnya di dalam tanah, serta menyirami air, maka dalam beberapa minggu, Anda pun akan segera memiliki tanaman baru!


Sumber: Peopleofprint

Hasilnya? Sejak September 2015, The Mainichi sukses meraih oplah hingga 4 juta cetak per hari dan pendapatan bersih sebesar ¥8 juta dengan inovasi kertasnya tersebut. Sekolah-sekolah di Jepang yang terlibat dengan kampanye ini juga sangat diuntungkan; The Mainichi memberi contoh nyata kepada anak-anak mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan mendaur ulang. K-E-R-E-N.


Sumber: Coloribus


Sumber: Peopleofprint

Seperti kita ketahui bersama, untuk mendapatkan 1 rim kertas, setidaknya satu buah pohon harus ditebang. Bisa bayangkan apa jadinya bumi ini bila hutan-hutan menjadi gundul akibat penebangan pohon demi memenuhi kebutuhan kertas di seluruh dunia? 


Sumber: Thinking-minds

Atas dasar itu pulalah The Mainichi menghadirkan inovasi pada produknya. Menurut The Mainichi, mendaur ulang sampah merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi emisi karbon dioksida, dan mendaur ulang sampah kertas adalah pilihan tepat untuk hal ini. Dengan begitu, pemanasan global pun bisa dikurangi.

Jadi, ‘the green newspaper’ yang tak hanya terdepan menyampaikan berita-berita terkini, tapi juga aktif mengampanyekan isu-isu lingkungan. A double coolness, isn’t it?

Marissa Putri
6 hours 'ago'

 

Foto : www.recycledisland.com

Upaya mendaur ulang sampah plastik bisa menjadi salah satu solusi jika dilakukan dengan serius dan konsisten. Salah satunya di kota Rotterdam, Belanda, tumpukan sampah plastik yang seringkali mencemari lautan ternyata bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat taman terapung.

Sebuah inisiatif oleh Recycled Island Foundation (Yayasan Pulau Daur Ulang) di kota Rotterdam memasang prototipe desain bidang terapung (platform) untuk taman publik diatas air yang seluruhnya terbuat dari sampah plastik daur ulang, taman terapung ini kemudian diberi nama Recycled Park.

Platform Recycled Park yang juga bisa menjadi penopang habitat alami. / Foto : www.recycledisland.com

Menurut studi dari Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Belanda, lebih dari 1.000 meter kubik sampah plastik “mengalir” setiap tahunnya melalui Sungai Meuse dan akhirnya mencemari Laut Utara. Sampah plastik tersebut berasal dari bocoran tempat pembuangan akhir, pertanian, pembuangan limbah dan aktivitas jasa pengiriman darat sehingga akhirnya mencemari sungai melalui limpasan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Yayasan Pulau Daur Ulang dan 25 mitra bekerjasama memasang perangkap di sepanjang Sungai Meuse untuk mengumpulkan sampah, yang kemudian dikumpulkan dan diubah menjadi bidang platform untuk taman terapung.

Untuk membuat platform taman terapung, plastik yang dikumpulkan dikirim ke Universitas Wageningen, yang melalukan penelitian tentang teknik daur ulang yang efektif. Dari sana, platform dirancang oleh HEBO Mariteimservice yang juga membantu  dalam pengembangan perangkap sampah pasif untuk mengambil sampah laut dari sungai.

Tetapi platform tidak hanya dirancang untuk mengurangi polusi plastik, mereka juga berfungsi sebagai habitat satwa liar. Tumbuhan tumbuh baik di atas maupun di bawah permukaan sungai, memungkinkan tanaman hijau tumbuh subur di atas platform, menyediakan habitat yang mampu menopang kehidupan laut dan mendorong ikan untuk bertelur di bawahnya.

Menurut situs resminya, Yayasan Pulau Daur Ulang kini sedang  mencari opsi ekspansi yang bertujuan untuk memasukkan beberapa jenis platform air ke dalam taman, sambil menemukan lokasi permanen untuk mengumpulkan plastik dari pelabuhan Belanda.

Selain itu, kota Rotterdam kedepannya berencana untuk menciptakann lebih banyak area hijau. Floating green dapat mengambil peran penting dalam hal ini sebagai taman terapung atau pantai hijau.

Nurul Marta
6 hours 'ago'

 

cara alami

Ilustrasi. Foto: pinterest.com

Serangga seperti nyamuk, lalat dan kecoak seringkali “mampir” ke dalam rumah kita tanpa permisi dan membuat para penghuni rumah merasa risih. Untuk mengusir serangga-serangga tersebut secara cepat, biasanya kita akan langsung menyemprotkan obat anti serangga atau insektisida. Obat anti serangga memang bisa membasmi serangga dengan cepat, tapi tahukah kamu jika obat tersebut mengandung zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan? Jika obat anti serangga tidak sengaja terhirup atau termakan, bisa-bisa kita mengalami keracunan.

Alih-alih menggunakan obat anti serangga untuk membasmi serangga di rumah, kita bisa mengusir serangga dengan cara yang alami, lho. Daripada penasaran, yuk kita intip empat cara alami untuk membasmi serangga di rumah!

cara alami

Ilustrasi. Foto: pixabay

1. Usir semut dan kecoak dengan irisan bawang putih

Tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dapat kita manfaatkan untuk mengusir serangga. Jika kita menemukan gerombolan semut di dalam rumah, cukup letakkan irisan bawang putih dan semut pun akan segera pergi. Selain itu, meletakkan irisan bawang putih di beberapa titik dalam rumah juga dapat mencegah hadirnya kecoak lho.

cara alami

Ilustrasi. Foto: pixabay

2. Basmi lalat dengan daun mint

Kehadiran lalat di dalam rumah sering membuat kita merasa jengkel. Lalat dikenal sebagai serangga yang kotor dan memiliki suara yang mengganggu. Selain itu, lalat juga sering hinggap di atas makanan dan akan meninggalkan kuman serta kotoran. Tak heran jika serangga yang satu ini sering disebut sebagai serangga penyebar penyakit.

Untuk mengusir lalat, kita bisa menggunakan daun mint sebagai insektisida alami. Daun mint memiliki wangi yang cukup kuat dan wangi tersebut dibenci oleh lalat. Cukup letakkan daun mint di dekat makanan, niscaya lalat tidak akan berani untuk mendekati makanan tersebut. Selain dapat dibasmi oleh daun mint, kehadiran lalat juga bisa dicegah dengan menggunakan daun salam.

cara alami

Ilustrasi. Foto: thespruce.com

3. Meletakkan irisan batang serai

Meletakkan irisan batang serai rupanya dapat mengusir nyamuk dari dalam rumah. Serai sudah lama dikenal sebagai pembasmi nyamuk alami karena serai mengandung minyak citronella yang wanginya tidak disukai oleh nyamuk.

Mengusir nyamuk dengan menggunakan serai dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Cukup letakkan irisan batang serai di dalam wadah, lalu simpan wadah tersebut di tempat-tempat yang sering dijadikan sarang nyamuk.

cara alami

Ilustrasi. Foto: pixabay

4. Usir ngengat dengan kulit jeruk lemon

Ngengat merupakan salah satu serangga yang sering ditemukan di lemari pakaian. Keberadaan serangga ini di lemari pakaian dapat merusak pakaian dan membuat lemari menjadi kotor. Bila menjumpai ngengat di dalam lemari pakaian, jangan langsung panik. Kita bisa mengusir ngengat tersebut hanya dengan menggunakan kulit jeruk lemon. Cukup keringkan kulit jeruk lemon, lalu simpan kulit jeruk lemon tersebut di dalam lemari. Selain menggunakan kulit jeruk lemon, ngengat juga bisa kita basmi dengan menggunakan kayu manis ataupun cengkih.

Guna mencegah serangga datang kembali ke dalam rumah, kebersihan rumah tentunya harus selalu kita jaga. Bila rumah rutin dibersihkan setiap waktu, niscaya serangga pun akan enggan bertamu.

Marissa Putri
6 hours 'ago'

Buah jeruk menjadi favorit banyak orang, termasuk di Indonesia. Buah yang satu ini bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Jenisnya yang beragam menjadikan buah yang satu ini tidak membosankan disajikan sebagai hidangan. Di Indonesia, ada dua jenis jeruk yang paling sering dijual. Berikut ini cara membedakan jeruk keprok dan siam yang mudah diterapkan.

cara membedakan jeruk keprok dan siam

Foto: instagram bibit_tanaman_buah_berkualitas

Jeruk keprok dan siam sangat mudah dijumpai sehari-hari. Kedua jenis jeruk ini dan variannya banyak dijual, mulai dari supermarket hingga pinggir jalan. Tampak serupa, tapi keduanya memiliki perbedaan jika diamati lebih teliti lagi.

Pertama, dari segi rasa. Jeruk keprok memiliki rasa manis yang sedikit masam. Rasa jeruk keprok ini juga cenderung lebih segar karena perpaduan dua rasa tersebut. Berbeda dengan jeruk siam. Rasa jeruk yang satu ini cenderung lebih manis ketimbang jeruk keprok.

Kedua, dari segi kulit buah. Kulit buah jeruk keprok berwarna cemerlang. Warna jeruk keprok beragam mulai dari hijau kekuningan sampai oranye. Buah jeruk keprok berwarna oranye biasanya ditemukan pada jenis buah yang ditanam di dataran tinggi.

Kulit buah jeruk keprok juga lebih tebal. Ketebalan kulitnya ini bisa mencapai 3,13—4,63 milimeter. Oleh karena itu, bagian kulit jeruk keprok ini cenderung kaku dan lebih sulit dibuka. Tekstur permukaan jeruk keprok juga lebih kasar. Pori-pori jeruk keprok bisa mencapai lebih besar dari 1,2 milimeter.

cara membedakan jeruk keprok dan siam

Foto: instagram ratna_srm

Berbeda dengan jeruk siam yang memiliki warna kulit hijau kekuningan. Tekstur kulit pun lebih mengilat ketimbang jeruk keprok. Pori-pori jeruk siam bisa hanya berukuran 0,8 milimeter atau bahkan lebih kecil.

Selain itu, kulit buahnya juga lebih tipis, yakni berkisar antara 1,8—2,5 milimeter. Karena kulit buah yang tipis, jeruk siam lebih mudah dibuka ketimbang jeruk keprok. Pori-pori jeruk siam ini lebih rapat.

Ketiga, dari bentuk penampakan buahnya. Ciri khas utama dari jeruk ini adalah memiliki ‘konde’ di bagian kulitnya. Buah ini biasanya berwarna bulat dan sedikit gepeng. Berat jeruk keprok berukuran 125—274 gram per buahnya.

Buah jeruk siam berukuran lebih kecil, yakni 99,8—112,2 gram per buahnya. Jeruk siam berbentuk bulat, ujung buahnya juga bundar.

Terakhir, bagian dalam, yakni daging buah dan spons. Lapisan spons berwarna putih tersebut disebut albedo. Jeruk keprok dan jeruk siam memiliki perbedaan yang mencolok jika dilihat dari albedo ini.

Jeruk keprok memiliki albedo yang lebih kasar. Di dalam buah terdapat segmen atau bagian buah yang memiliki kulit tipis berwarna putih transparan. Daging buah atau pulp jeruk keprok berwarna kuning oranye. Sementara, pulp jeruk siam lebih lembut.

Nurul Marta
6 hours 'ago'

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

Jika tidur Anda berkualitas maka saat tidur akan terasa nyenyak dan tentu saja dapat membuat tubuh menjadi segar dan sehat. Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidur, diantaranya berolahraga dan menjaga pola tidur agar tetap teratur. Namun tidak hanya itu, makanan yang kita konsumsi juga ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur, lho. Berikut adalah 7 makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

1. Cherry

Buah yang identik dengan hiasan atau toping kue ini ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. Cherry mengandung senyawa yang menghambat produksi bahan kimia di otak yang menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Hasil penelitian dari Louisiana State University  menemukan bahwa orang dewasa yang menderita insomnia yang meminum 8 ons jus cherry dua kali sehari selama dua minggu memiliki waktu tidur lebih lama 84 menit setiap malamnya. Selain itu, mengonsumsi cherry dapat mengurangi kadar kynurenine dalam darah yang berkaitan dengan gangguan tidur.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

2. Kiwi

Buah kiwi selama ini dikenal sebagai buah yang meningkatkan kesuburan dan sangat disukai oleh ibu hamil. Sebuah penelitian dari Taipei Medical University menemukan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi sekitar satu jam sebelum tidur memiliki hasil yang mengejutkan.  bahwa peserta studi tertidur lebih cepat, dengan penurunan waktu tidur sekitar 35,4 persen. Mereka juga tidur 28,9 persen lebih nyenyak dan tidur lebih baik, dengan peningkatan 42,4 persen pada kuesioner kualitas tidur standar. Secara keseluruhan, total waktu tidur untuk subjek penelitian meningkat sebesar 13,4 persen.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

3.Rumput laut

kadar omega-3 DHA (asam lemak yang ditemukan dalam alga dan seafood) yang lebih tinggi berkaitan dengan kualitas tidur yang lebih baik. Dalam penelitian yang dilakukan secara acak, setelah 16 minggu mengonsumsi suplemen ganggang 600 mg, anak-anak mengalami tidur yang lebih baik, mengurangi parasomnia dan gangguan tidur total

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

4. Kacang kenari

Kacang Kenari atau Walnut merupakan sumber melatonin yang sangat baik. Menurut sebuah studi dari University of Texas, memakan beberapa kacang kenari dapat meningkatkan kadar hormon darah dan mengendalikan siklus tidur-bangun yang lebih baik.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

5. Kacang almond

Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak ditemukan dalam produk cokelat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa jika tubuh kekurangan magnesium, masalah tidur sering terjadi. Untuk meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, National Institutes of Health menyarankan untuk mengonsumsi kacang almond karena mengandung magnesium yang tinggi.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

6.Teh chamomile

Terlalu banyak mengonsumsi kafein mengakibatkan anda mengalami gangguan tidur. Sudah saatnya mengganti kopi anda dengan teh chamomile untuk diminum di malam hari. teh chamomile adalah obat tradisional untuk mengobati insomnia dan membuat rileks. Selain itu, jika anda meminum 2-3 cangkir teh chamomile per hari khasiatnya sangat baik untuk meredakan stress.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

7. Roti dan selai kacang

makanan terbaik untuk mendorong tidur yaitu menggabungkan protein dengan karbohidrat. Mengonsumsi roti gandum dan selai kacang tanah atau selai almond sebelum tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh dan menyiapkannya untuk tidur.

Bintang Maulidya
6 hours 'ago'

Di balik kepopuleran dan banyak kegunaannya, apa kamu tahu fakta bunga melati yang lainnya? Jika ingin tahu lebih banyak mengenai bunga melati, simak ulasan berikut ini.

fakta bunga melati

Foto: Pixabay

  1. Masih satu famili dengan zaitun

Melati termasuk famili Oleaceae yang masih satu famili dengan zaitun. Namun, berbeda dengan keluarga Oleaceae lain, melati biasanya memiliki empat sampai sembilan kelopak. Selain itu, melati juga termasuk tumbuhan semak yang tingginya bisa mencapai 4,5 meter. Melati yang merambat dapat mencapai sembilan meter.

Melati dapat hidup di daerah yang memiliki tingkat kesuburan sedang dengan drainase baik. Melati dapat bertahan hidup selama 15 sampai 20 tahun di alam liar. Namun, melati sudah banyak dibudidayakan dan dijadikan tanaman hias. Oleh karena itu, jika dirawat dengan tepat, melati akan lebih produktif dan usianya lebih panjang.

  1. Terdiri atas ratusan spesies

Sampai saat ini telah diketahui sekitar 200 spesies bunga melati. Sebagian besar spesiesnya berwarna putih dan kuning, tapi juga ada yang berwarna merah muda. Beberapa spesies yang terkenal, yaitu Jasminum officinale dan Jasminum grandiflorum. Jenis melati lainnya adalah Carolina Jasmine yang beracun. Namun, akarnya jika sudah kering dapat dimanfaatkan untuk obat penenang.

  1. Dapat berbuah

Beberapa jenis melati dapat berbuah dengan bentuk bulat dan berwarna hitam jika sudah matang, akan berwarna hijau jika masih mentah. Bunga melati tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri, meski memiliki putik dan benang sari. Sebab, keduanya berkembang pada saat yang berbeda sehingga diperlukan bantuan lebah atau kupu-kupu untuk melakukan penyerbukan.

  1. Keharuman yang menjadikannya “Ratu Malam”

Pada daerah tropis, bunga melati dapat mekar sepanjang waktu. Namun, pada daerah subtropis biasanya akan mekar dan berbau harum selama musim panas dan musim semi. Uniknya, bau melati akan lebih kuat saat malam hari. Hal tersebut disebabkan oleh turunnya temperatur udara sehingga memicu pemekaran dan pelepasan aromanya yang harum. Bahkan, di India dijuluki sebagai “Ratu Malam”.

  1. Sebagai bahan dasar aneka produk

Melati memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, salah satunya kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa merasakannya setelah mengonsumsi teh yang dicampur dengan melati. Manfaat lainnya, yaitu aroma dari minyak atsiri yang dapat mengurangi stres serta masih banyak lagi. Selain manfaat di atas, melati juga digunakan dalam produk kecantikan seperti perawatan kulit dan wajah.

  1. Bermakna di berbagai negara

Ternyata melati tidak hanya menjadi bunga nasional Indonesia. Pakistan menjadikan Jasminum officinale sebagai bunga nasional. Sementara, masyarakat Thailand menjadikan melati sebagai simbol untuk cinta dan kehormatan. Berbeda lagi dengan Tiongkok yang mengartikan melati sebagai kebahagiaan, kasih sayang, dan keagungan.

Indonesia sendiri menjadikan Jasminum sambac sebagai bunga nasional. Suku Jawa, Sunda hingga Bugis pun menjadikan melati sebagai aksesoris mempelai saat pernikahan atau upacara adat. Sebab, melati dimaknai sebagai ketulusan hati setiap perkataan dan perbuatan. Bisa saja setiap suku berbeda-beda dalam memaknai melati.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow