999 +
#
0
0
0
50 years 'ago'
Nurul Marta
7 hours 'ago'

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa sebenarnya sebagian besar komunikasi kita bukan verbal, melainkan disampaikan melalui bahasa tubuh dan respon apa yang kita perlihatkan kepada lawan bicara. Karena kita akan terus berhubungan dengan individu lain dengan tujuan yang berbeda-beda, penting untuk mengetahui pesan yang disampaikan tubuh kita, dan apakah bahasa tubuh kita cocok dengan apa yang ingin kita katakan.

Ada sembilan posisi tubuh yang harus diperhatikan yang akan menyampaikan pesan negatif tentang diri Anda kepada orang lain. Ini akan membantu Anda mengembangkan kesadaran tubuh, serta memungkinkan Anda berkomunikasi seefektif mungkin:

1. Postur membungkuk

Postur tubuh memiliki peran besar dalam hal kepercayaan diri dan apa yang kita komunikasikan kepada orang lain. Berdiri atau duduk jongkok melambangkan rasa tidak aman, merasa rendah dan menunjukkan kelemahan. Di sisi lain, bersandar terlalu jauh ke belakang berarti Anda terlalu nyaman dan tidak tertarik dengan apa yang Anda lakukan atau apa yang dikatakan kepada Anda.

Postur terbaik yang bisa diadopsi adalah duduk tegak, dengan bahu menghadap ke belakang, ini menunjukkan kepercayaan diri dan memastikan bahwa orang-orang memperhatikan Anda secara positif.

2. Posisi kaki yang salah

Posisi kaki kita memiliki efek yang signifikan pada pesan yang kita kirim ke orang yang duduk di depan kita. Pada gambar di bawah ada tiga posisi yang harus Anda hindari dan dua posisi yang harus Anda adopsi.


Posisi yang harus dihindari:

  • Lutut menempel, pergelangan kaki melebar (1) - mengesankan sifat kekanak-kanakan, tidak aman, dan sedang melamun.
  • Menyilangkan kaki Anda (2) - mengesankan perilaku defensif, jauh, dan picik.
  • Lutut, pergelangan kaki yang terpisah (3) - mengesankan dominasi dan rasa mementingkan diri sendiri, arogansi, dan bahkan kurangnya sopan santun.

Posisi yang sebaiknya diadopsi:

  • Kaki sejajar (4) - postur netral yang menunjukkan pola pikir yang tenang dan terbuka.
  • Pergelangan kaki menyilang (5) - posisi ini lebih umum di kalangan wanita dan akan mengesankan feminitas dan ketertarikan

3. Gerakan berlebihan


Gerakan tangan dan tubuh yang berlebihan menimbulkan rasa tidak aman dan terkesan kurang dewasa, ini merupakan pesan yang tidak ingin disampaikan oleh siapa pun. Bermain dengan rambut, mengetuk jari atau menggigit kuku dan bibir juga menimbulkan ketidakpastian. Gerakan ini harus dihindari ketika Anda ingin terlihat percaya diri, seperti saat wawancara kerja.

4. Melipat tangan


Ketika kita berbicara dengan seseorang yang menyilangkan tangan, kita biasanya merasa tidak senang karena lawan bicara terkesan tidak terbuka. Perasaan ini berasal dari fakta bahwa lengan menyilang yang menghalangi tubuh tersebut menunjukkan kurangnya minat, dan membuatnya tampak tak ingin dekat.

Jika ini bukan yang ingin Anda sampaikan, letakkan tangan Anda sejajar dengan tubuh atau punggung Anda sehingga Anda mengekspresikan keterbukaan dan minat pada orang lain yang akan membuat percakapan menjadi lebih menyenangkan.

5. Kontak mata yang salah


Saat Anda menatap mata orang lain, Anda memberi sinyal perhatian. Ketika Anda menghindari kontak mata, ini menunjukkan kurangnya kesiapan atau kurangnya profesionalisme, yang dapat sangat merusak dalam pertemuan bisnis.

Kontak mata yang berkepanjangan mungkin juga tidak pantas, jadi yang terbaik adalah menjaga kontak mata saat mengobrol dan berpaling sesekali sehingga Anda tidak terlalu lama menatap.

6. Gerakan gelisah


Perilaku gelisah dan panik, seperti bermain dengan rambut atau telepon, dapat mengalihkan dan mengganggu komunikasi Anda dengan orang lain. Karena itu, ketika Anda berbicara dengan orang lain, Anda harus fokus pada mereka dan apa yang dikatakan dan bukan pada hal-hal lain yang akan membuat Anda tampak tidak fokus, lemah bahkan terkesan labil.

7. Menggosok-gosokkan tangan


Menggosok-gosokkan tangan atau menyilangkan jari membuat Anda terlihat seolah-olah sedang merencanakan sesuatu, dan ini adalah dua bahsa tubuh yang harus dihindari. Selain itu, gerakan-gerakan ini menyampaikan bahwa Anda mencoba memaksakan pendapat Anda pada orang lain alih-alih membujuk mereka dengan argumen cerdas, yang dapat membuat orang menjauh. Jadi Anda harus mencoba untuk menjaga tangan Anda bebas dan membiarkannya senormal mungkin.

8. Meniru orang lain


Meniru gerakan orang lain saat berkomunikasi membantu membangun rasa saling percaya dan membuat orang secara tidak sadar merasa bahwa Anda menyukainya.

Perilaku seperti itu memperkuat hubungan dan oleh karena itu disarankan untuk menggunakan ini dari waktu ke waktu alih-alih duduk di depan seseorang yang tidak bergerak. Jadi ketika Anda ingin menunjukkan kepada seseorang bahwa Anda menyukai mereka dan bahwa Anda dapat dipercaya, cukup adopsi beberapa gerakan tubuh mereka selama percakapan dan sampaikan pesan-pesan penting ini langsung ke pikiran bawah sadar mereka.

Tapi ingat, jangan tiru gerakan tubuh orang lain secara berlebihan. Bila ia sadar Anda terlalu sering meniru gerak geriknya, ini malah membuat Anda terkesan mempermainkannya.

9. Memasang wajah datar


Ketika berkomunikasi dengan orang lain, yang ingin mereka ketahui adalah Anda memang sedang mendengarkannya. Jika Anda berdiri di depan mereka dan tidak menanggapi mereka dengan tubuh Anda, ini akan terkesan Anda kurang berminat. Jadi Anda harus tersenyum atau mengangguk untuk aktif dalam percakapan.

Ketika Anda melakukan ini, orang-orang akan fokus pada senyum di wajah Anda daripada bagian lain dari tubuh Anda, dan merasa bahwa mereka merasa nyaman. Mereka akan merasakan bahwa Anda adalah seseorang yang tahu bagaimana mendengarkan dan bereaksi terhadap apa yang ia sampaikan.

Nurul Marta
7 hours 'ago'

Terkadang sulit membedakan antara opini dan fakta. Banyak opini yang terdengar seperti fakta dan sebaliknya, banyak fakta yang terdengar seperti opini. Kebeneran sulit dipastikan, jika kita tidak mengalaminya sendiri. Ternyata di dunia ini banyak fakta-fakta aneh yang belum banyak orang mengetahuinya.

fakta

Ist

Berikut adalah fakta unik yang didapatkan berdasarkan pengalaman saya dan orang-orang di sekitar saya:

1. Warna Hijau Dapat Digunakan Untuk Terapi Mata

Tanpa kita sadari, warna hijau adalah warna yang sangat dapat mempengaruhi keadaan mata kita. Warna hijau memberikan efek suasana yang tenang dan nyaman. Dalam dunia kedokteran ada istilah ‘Terapi Hijau’ yang digunakan untuk memberikan terapi pada mata yang bermasalah seperti rabun jauh. Terapi Hijau dapat mengurangi minus pada mata dan perlahan memperbaiki kerusakan pada mata. Warna Hijau yang dimaksudkan adalah warna hijau rumput/pepohonan/alam bukan warna hijau terang (hijau neon)

2. Bubuk/Biji Kopi Dapat Menetralkan Bau

Aroma yang dimiliki oleh bubuk atau biji kopi mengandung zat-zat yang dapat menetralkan berbagai macam bau. Seperti bau ruangan setelah dicat, bau parfum yang terlalu menyengat, bau kamar mandi, dan bau-bau lainnya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

3. Memotong Bulu Mata

Bagi Anda yang tidak memiliki bulu mata, alternatif ini sangat bagus. Dengan memotong bulu mata akan membuat bulu mata tersebut akan tumbuh lebih cepat dan lebih tebal. Cara ini adalah cara paling mudah untuk solusi melebatkan bulu mata, cukup dengan memotong bulu mata menggunakan gunting kertas. Dalam hal ini Anda harus sangat berhati-hati.

4. Kotoran Hidung Dapat Menyembuhkan Bisul

Memang terdengar agak menjijikan tetapi ini merupakan cara ampuh untuk menyembuhkan bisul. Caranya, kotoran hidung diletakan pada bagian kulit yang mengalami bisulan dengan syarat bisul tersebut belum matang atau baru tumbuh.

5. Garam Dapur Menghilangkan Komedo

Selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan, garam dapur dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya, kompres wajah menggunakan air hangat selama 5 menit, tujuannya untuk membuka pori wajah, kemudian usapkan garam dapur pada bagian wajah yang berkomedo dengan perlahan, gosok perlahan dan jangan ditekan karena akan membuat kulit menjadi iritasi.

Demikianlah fakta-fakta unik yang sulit dipercaya. Terdengar aneh? Belum percaya? Silakan buktikan sendiri. Selamat mencoba!

Rizki Mumpuni
7 hours 'ago'

Sistem kekebalan Anda menurun, mungkin saja ini disebabkan karena kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C sangat berguna sekali untuk menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang menjadikan kalau vitamin C sendiri dapat mencegah seseorang terhindar dari berbagai masalah penyakit.

vitamin-c-side-effects11

Sebenarnya banyak sekali makanan yang bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit. Namun, untuk kali ini, saya akan membahas mengenai buah yang banyak mengandung vitamin C nya dan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini setiap hari. Penasaran? Simak informasinya berikut ini.

1. Jeruk

Buah apa yang paling banyak mengandung vitamin C nya? Tentu kalian akan menjawab buah jeruk. Buah jeruk memang dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C nya. Mungkin Anda hanya sebatas tahu saja kalau buah ini mengandung vitamin C nya. Namun, menurut survey terbaru mengungkapkan, Buah jeruk memiliki semacam aroma yang khas yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati seseorang. Meningkatnya hati seseorang ini justru membuat seseorang akan terasa lebih bahagia sepanjang hari.

2. Paprika

Siapa sangka bahwa kandungan vitamin C juga ada pada paprika. Paprika juga memiliki kandungan vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C nya paprika memiliki dua kali lipat dibandingkan makanan yang lainnya. Anda yang memang hobi untuk mengonsumsi paprika, bisa juga untuk campurkan paprika ke dalam pizza, salad, dan bisa untuk campuran tumis sebagai penambah rasa pedas pada makanan.

3. Strawberry

Jika Anda ingin mencari buah yang ringan untuk dikonsumsi, Anda bisa mengonsumsi buah strawberry ini. Buah Strawberry dianggap sebagai makanan ringan untuk dikonsumsi. Selain itu, buah ini juga banyak sekali manfaat antara lain mengandung vitamin C nya, mangan, dan memiliki sumber serat yang baik untuk tubuh. Jika ingin smoothie dan jus segar, Anda juga bisa mencampukan buah ini ke dalam minuman tersebut.

4. Pepaya

Anda pernah mengalami sembelit, jika pernah mengalaminya, solusi yang tepat untuk mengatasi rasa sembelit ialah dengan mengonsumsi buah pepaya. Selain sembelit, buah pepaya juga dianggap dapat memperlancar sistem buang air besar.

Nurul Marta
7 hours 'ago'

Hari ini, praktis hampir tak ada orang yang keluar rumah tanpa membawa ponselnya. Meski begitu, penelitian membuktikan ada banyak tempat yang tak boleh Anda gunakan untuk menyimpan ponsel dalam jangka waktu lama. Alasannya, bila Anda nekat menyimpan ponsel di tempat-tempat tersebut, kalau tidak ponsel Anda yang rusak, maka kesehatan Anda yang jadi korban.

Berikut delapan tempat menyimpan handphone yang harus Anda hindari:

1. Kantung celana belakang 

Banyak alasan mengapa menyimpan ponsel di kantung belakang adalah ide yang buruk. Yang paling utama, Anda akan sangat mudah lupa kalau sedang menyimpan ponsel di kantung belakang. Resikonya, ponsel akan rusak akibat tak sengaja terduduk, membuat panggilan tak sengaja atau bahkan bisa hilang tanpa sadar.

Menyimpan ponsel di kantung belakang juga bisa mengganggu sirkulasi Anda, sehingga Anda merasa sakit di bagian kaki dan perut.

2. Kantung celana depan

Menyimpan dikantung celana depan bisa membahayakan kaum pria. Ini karena studi membuktikan bahwa radiasi gelombang elektromaknetik yang dikeluarkan smartphone dapat berakibat negatif pada kualitas dan jumlah sel sperma pria. Resikonya akan meningkat seiiring semakin lamanya pria menyimpan ponsel di kantong celananya.

3. Bra

Meski tak semua ahli setuju dengan yang satu ini, sebagian peneliti memperingatkan kalau menyimpan ponsel dalam bra bisa meningkatkan resiko terserang kanker payudara.

4. Menempel di kulit

Saat berbicara di HP, cobalah untuk menjaga jarak setidaknya 0,5 hingga 1,5 cm dari wajah Anda. Ini karena bila Anda menempelkan wajah Anda ke ponsel, Anda akan mentransfer bakteri yang ada di ponsel. Radiasi elektromaknetik dari ponsel juga akan semakin kuat terserap kulit Anda.

5. Dibawah bantal

Cukup banyak alasan kenapa Anda dilarang menyimpan ponsel di bawah bantal. Radiasi yang dikeluarkan bisa membuat kepala Anda pusing, dan jika layar ponsel menyala setiap ada pemberitahuan masuk, produksi melatonin Anda akan terganggu. Jika Anda ingin tidur nyenyak, letakkanlah ponsel jauh dari kepala Anda.

6. Di pinggul Anda

Menurut peneliti, membawa ponsel dekat dengan paha atau pinggul dapat beresiko membuat tulang panggul Anda melemah, terutama saat jika membawanya dalam jangka waktu lama.

7. Di kereta bayi (Stoller)

Para ibu yang terburu-buru sering meletakkan begitu saja ponselnya kedalam stoller. Padahal, beberapa peneliti mengklaim tindakan tersebut sebenarnya dapat membuat bayi menderita beberapa gangguan, seperti ADHD dan hiperaktif.

8. Menempel di pengisi daya terlalu lama(Charger)

Meski meninggalkan ponsel dalam kondisi di cas semalaman tidak akan merusak ponsel Anda, kebiasaan ini ternyata dapat mengurangi efisensi baterai secara signifikan. Ia juga akan memperpenduk usia ponsel. Pastikan Anda mencabut daya segera setelah baterai penuh.

Beberapa tempat kadang memang tak bisa terhindarkan. Kuncinya adalah tidak menaruhnya terlalu lama di tempat-tempat terlarang tersebut.

Rizki Anugrah Ramadhan
8 hours 'ago'

Pernah dengar yang namanya barista? Bagi mereka yang rajin membaca koran atau mungkin rajin menonton berita dan yang tinggal di kota mteropolitan terutama pasti tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. Barista adalah salah satu pekerjaan yang saat ini sedang booming dan sedang digemari terutama bagi kalangan anak muda.

Ist

Ist

Lalu Apa sih itu barista? Beriktu seputar tentang barista.

1. Muncul Karena Perkembangan Coffee Shop

Seorang barista sangat identik dengan yang namanya coffee shop. Karena pada umunya, barista adalah seseorang yang bertugas untuk menyajikan kopi di coffee shop. Merekalah yang akan membuat pesanan kopi Anda.

2. Digemari Anak Muda

Coffee shop saat ini perkembangannya luar biasa. Selera konsumen yang tinggi akan kecintaannya pada minuman kopi ditambah hal ini sering dijadikan lifestyle membuat perkembangan coffee shop semakin tinggi. Hal inilah yang juga memunculkan lowongan barista yang cukup banyak dibutuhkan. Mayoritas pelamar pekerjaan ini adalah dari kalangan anak muda. Kenapa? Karena anak muda saat ini juga sangat gemar dan merasa bahwa pekerjaan seorang abrsita adalah pekerjaan yang keren dan menyenangkan.

3. Bisa Kerja Part Time

Ya, salah satu lagi alasan banyaknya anak muda yang melamar untuk menjadi seorang barista, karena coffe shop juga menawarkan pekerjaan paruh waktu. Jadi jika anak muda yang masih berada di bangku pendidikan, mereka tetap bisa bekerja paruh waktu untuk menambah uang sakunya sebagai seorang barista.

4. Menambah Skill

Apa sih skill yang akan kalian dapatkan dalam menjadi seorang barista? Barista adalah salah satu pekerjaan yang multifungsi. Kalian tidak hanya bertugas untuk meracik kpi, tapi kalian juga akan belajar dalam hal kasir (pemesanan), meracik kopi hingga membersihkan sampah. Multifungsi banget ‘kan? Selain itu, kalian akan mengetahui berbagai hal dan mencobai berbagain jenis racikan kopi yang akan kalian buat sendiri.

Bagaimana tertarik menjadi seorang barista? Pekerjaan yang menyenangkan ditambah gaji yang cukup menjanjikan menjadi minat para pelamar barista saat ini. Apalagi perkembangan coffee shop menambah lapangan pekerjaan bagi barista. Siapkan CV kalian.

Cinta Silvia
8 hours 'ago'

Resep Bola Ubi Kopong

Siapa yang belum pernah mencicipi jajanan kekinian ini? Bola ubi kopong dengan citarasa legit ini termasuk jajanan pinggir jalan yang populer di Thailand dan negara-negara Melayu. Namun, sekarang jajanan kekinian yang bernama bola ubi kopong ini bahkan sudah menjadi salah satu makanan yang hits di kalangan anak muda Indonesia. Dan juga jangan salah meskipun salah satu jajanan yang lagi hits ini bernama bola ubi kopong, tapi sensasinya gak kopong.

Selain itu, sangking cukup populernya hasil pencarian di google untuk resep bola ubi kopong. Terdapat sekitar 306 varian resep, dan juga masih banyak lagi varian resep bola-bola ubi kopong enak lainnya! Oleh karena itu, jika anda ingin menikmati kudapan dari ubi manis yang lain dari biasanya? Yuk, coba bikin bola ubi kopong yang enak ini.

Apalagi cara membuatnya cukup dengan hanya berbekal beberapa bahan saja, bola ubi kopong ini sudah dapat dibuat. Lantas bagaimana resep dan cara membuatnya? Bagi anda yang penasaran seperti apa resep dan cara membuat bola ubi kopong yang lagi hits di era ini. Yuk, simak resep mudahnya dibawah ini.

Berikut Ini Resep dan Cara Membuat Bola Ubi Kopong

bola ubi kopong
Image Source: idntimes.com

Bahan-Bahannya:

  • 700 gram ubi jalar.
  • 200 gram tepung tapioka.
  • 5 sendok makan gula pasir.
  • 3 sendok makan baking powder.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuatnya:

  1. Cuci ubi jalar yang dan kupas kulitnya. Lalu, kukus ubi yang telah dikupas selama 15-20 menit hingga empuk.
  2. Setelah dikukus, haluskan ubi tersebut hingga lembut menggunakan garpu atau alat masak lainnya.
  3. Campurkan ubi jalar yang sudah lembut tadi dengan tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder. Lalu, aduk dengan tangan.
  4. Setelah semua bahan bercampur, ambil sedikit demi sedikit dan bulat-bulatkan di tangan hingga berbentuk bola. Besar kecilnya sesuaikan dengan selera, tapi jangan terlalu besar.
  5. Goreng di minyak dengan api medium. Api jangan terlalu besar karena bola ubi tersebut bisa cepat gosong. Bolak balikan bola ubi yang sedang digoreng tersebut sambil ditekan-tekan agar tengahnya menjadi kopong.
  6. Setelah cukup berwarna coklat, tiriskan. Bola ubi kopong pun siap dihidangkan.
Marissa Putri
8 hours 'ago'

Pembuluh darah merupakan bagian sistem sirkulasi yang fungsinya mengangkut darah ke seluruh bagian tubuh. Dalam tubuh ada 3 jenis pembuluh darah yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler. pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu pembuluh kapiler. Sudah tahukah kamu dengan apa yang dimaksud pembuluh kapiler dan apa fungsi pembuluh kapiler? Jika belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan pembuluh kapiler dan fungsinya, maka kamu bisa menyimak pembahasan tentang pengertian dan fungsi pembuluh kapiler di sini. Selain membahas pengertian atau arti pembuluh kapiler dan juga fungsi pembuluh kapiler, di sini juga kami tambahkan penjelasan lain yang dapat mendukung pemahaman kamu tentang pembuluh kapiler. Penjelasan lainnya yaitu tentang ciri ciri pembuluh kapiler, struktur pembuluh kapiler, jenis jenis pembuluh kapiler, dan cara kerja pembuluh kapiler.

Pengertian Pembuluh Kapiler dan Fungsinya

Pengertian Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler adalah penghubung antara arteriola dan venula yang dapat memungkinkan terjadinya pertukran air, oksigen, karbon dioksida, nutriun dan zat kimia sampah antara jaringan dan darah yang ada di sekelilingnya. Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang berukuran sangat kecil, diameternya antara 5 sampai 10 mikrometer.

Darah mengalir dari jantung ke pembuluh arteri, lalu menyabang dan menyempit ke arteriola, lalu masih bercabang lagi menjadi pembuluh-pembuluh yang sangat kecil yaitu pembuluh kapiler. Sesudah terjadi perfusi jaringan, pembuluh kapiler bergabung serta melebar menjadi pembuluh vena, yang kemudian mengembalikan darah ke jantung.

Pembuluh kapiler membentuk sebuah jaringan yang rapat dan berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, dinding pembuluh kapiler tersusun dari selapis sel yang sangat sempit sehingga hanya bisa dilewati sel-sel darah satu per satu. Karena itulah, darah yang dari pembuluh kapiler bisa langsung memberikan oksigen dan zat-zat makanan ke sel tubuh. Di waktu yang bersamaan, sel darah juga mengangkut zat zat sisa metabolisme dari sel-sel tubuh dibawa melalui pembuluh balik menuju ke jantung. Dengan begitu, jaringan pembuluh kapiler menghubungkan pembuluh nadi terkecil (arteriol) dan pembuluh balik terkecil (venula). Jadi peredaran darah dari jantung menuju ke sel-sel tubuh melalui pembuluh nadi, pembuluh kapiler, kemudian menuju ke pembuluh balik untuk kembali lagi ke jantung yang merupakan sistem sirkulasi atau peredaran darah tertutup.

Fungsi Pembuluh Kapiler

Apa fungsi pembuluh kapiler? fungsi pembuluh kapiler pada sistem peredaran darah manusia adalah sebagai berikut:

  • Sebagai tempat terhubungnya pembuluh arteri dan vena.
  • Tempat terjadinya pertukran cairan, makanan elektrolit, hormon serta bahan-bahan lain.
  • Untuk proses pertukaran oksigen dan karbondioksida di paru-paru
  • Absorbsi nutrisi pada usus.
  • Absorbsi sekret kelenjar.
  • Sebagai filtrasi pada ginjal.
  • Untuk pengaturan suhu tubuh.
  • Untuk membuang sampah terhadap sel-sel di sekitarnya.
  • Sebagai penyerap sari makanan di usus.
  • Pengatur tekanan cairan limfa.
  • Penanda kesehatan seseorang.

Ciri ciri Pembuluh Kapiler

Sebutkan ciri ciri pembuluh kapiler? Ciri ciri pembuluh kapiler adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai ukuran yang sangat kecil dengna diameter 5 – 10 mikrometer.
  • Tidak memiliki katub.
  • Denyutan tidak bisa diraskan.
  • Bercabang-cabang.
  • Tersebar di seluruh permukaan tubuh.
  • Apabila mengalami luka, darah akan menetes.
  • Tersusun atas selapis sel dan sangat sempit.
  • Dinding pembuluh darah tipis.
  • Tekanan darah pada pembuluh darah kapiler sangat kecil.
  • Jaring-jaring pembuluh ada di seluruh tubuh.
  • Pembuluh darah paling bisa dilihat pada retina mata.
  • Ketika tubuh aktif, maka kulit kelihatan kemeerahan.

Struktur Pembuluh Kapiler

Bagaimana struktur pembuluh kapiler? Struktur pembuluh darah kapiler terdiri atas endotelium, yang bentuknya lebih kecil dibanding dengan sistem peredaran darah yaitu pembuluh darah arteri dan vena. Endotelium merupakan sel yang terletak di bagian dalam rongga pembuluh darah kapiler. Sel endotelium dilapisi oleh dinding yang sifatnya bisa dipengaruhi adanya tekanan hidrostatik dan osmotik. Tekanan hidrostatik adalah tekanan yang dipengaruhi luas bidang tekan dengan kedalaman tertentu sehingga pergerakannya itu tergantung dari massa jenis, jenis zat dan percepatan gravitasi. Sedangkan tekanan osmotik adalah tekanan yang dapat mempertahankan zat pelarut dengan tidak memindahkannya ke larutan yang berkonsentrasi tinggi.

Jenis jenis Pembuluh Kapiler

Macam macam pembuluh kapiler terbagi menjadi 3 tipe yaitu:

  1. Pembuluh kapiler continue adalah pembuluh kapiler yang dinding dan membran basal utuh. Pembuluh ini terdapat di sebagian besar jaringan tubuh.
  2. Pembuluh kapiler fenestrated adalah pembuluh kapiler yang dinding dan membran basal tidak utuh karena berbentuk pori-pori. Pembuluh ini ada pada usus, ginjal, dan pankreas.
  3. Pembuluh kapiler sinusoidal adalah pembuluh kapiler yang bentuknya tidak silinder dan agak tidak beraturan . Letak pembuluh ini berada di sistem endokrin, sumsum tulang, limfa dan hati.

Cara Kerja Pembuluh Kapiler

Mekanisme kerja pembuluh kapiler diawali dari sistem peredaran darah yang mengalir dari jantung menuju ke paru-paru. Darah tersebut melepaskan sisa dari metabolisme yang berupa karbondioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis. Sesudah itu darah dibawa lagi menuju ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah darah sampai di jantung, kemudian darah dialirkan menuju ke seluruh tubuh. Ketika darah dialirkan ke seluruh tubuh inilah, pembuluh darah kapiler baru dapat bekerja.

Ketika darah yang berasal dari peredaran darah jantung maka tekanan darah tersebut dalam keadaan kurang. Dengan begitu, untuk meningkatkan tekanan darah supaya darah yang telah sampai jantung dapat kembali lagi, maka harus ada tekanan darah dari bagian bawah tubuh. Aliran darah yang mengalir ke atas jantung ini berlawanan arah dengan daya tarik bumi. Setelah itu darah yang kembali dari seluruh tubuh ke jantung melalui saluran pembuluh vena cava superior dan pembuluh vena cava inferior.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian pembuluh kapiler dan fungsinya

Nurul Marta
9 hours 'ago'

Pada umumnya tumbuhan mempunyai beberapa bagian diantaranya yaitu batang, akar dan daun. Nah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa itu bantang. Sedangkan untuk akar dan daun akan kami bahas di lain waktu. Sudah tahukah kamu dengan apa yang dimaksud batang? Tentunya sudah banyak yang tahu kan dengan apa yang dimaksud dengan batang, karena dalam lingkungan kita pasti banyak sekali tumbuh-tumbuhan. Namun di sini kami akan memberikan penjelasan secara rinci tentang definisi batang, dilengkapi juga penjelasan tentang fungsi batang, sifat batang, jenis jenis batang dan, struktur batang. Berikut ini penjelasannya silahkan di simak.

Pengertian Fungsi Sifat Jenis dan Struktur Batang

Pengertian Batang

Batang atau caulis (dalam bahasa latin) merupakan salah satu organ dasar pada tumbuhan berpembuluh. Batang merupakan sumbu tumbuhan, yaitu tempat di mana semua organ lain dapat bertumpu dan tumbuh. Akar dan daun pada tumbuhan dianggap sebagai perkembangan lanjutan dari batang untuk dapat menjalankan fungsi yang lebih spesifik.

Batang adalah bagian utama pada tumbuhan yang tumbuh di atas tanah dan mendukung bagian-bagian yang lain dari tumbuhan yaitu daun, bunga dan buah. Karena itulah batang mempunyai struktur yang lebih kompleks dibandingkan dengan akar. Batang mempunyai ruas dan antar ruas. Pada ruas batang akan muncul tunas daun dan bunga. Pada batang terdapat cabang-cabang yang berfungsi untuk menempatkan daun dalam posisi yang dapat memungkinkan daun memperoleh cahaya matahari untuk proses fotosintesis tumbuhan. Tanpa adanya batang tumbuhan yang berpembuluh tidak dapat hidup, hal itu karena titik tumbuhnya berasal dari batang. Bentuk penampang melintang batang, pada umumnya dibedakan menjadi 3 yaitu: bulat, pipih, dan persegi. Contoh tumbuhan berbatang bulat yaitu kelapa dan bambu. Kemudian contoh bentuk batang pipih yaitu tumbuhan kaktus. Sedangkan untuk contoh tumbuhan berbatang persegi empat yaitu tumbuhan markisa dan iler. Ada pula yang berbentuk persegi tiga yaitu tumbuhan rumput teki.

Fungsi Batang

Fungsi batang pada tumbuhan adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai pendukung bagian-bagian lain pada tumbuhan yaitu daun, bunga dan buah.
  • Sebagai penopang atau penyokong tumbuhan sehingga tetap bisa berdiri tegak.
  • Merupakan tempat melekatnya daun, bunga dan buah.
  • Menjadi jalur transportasi air dan zat makanan hasil dari fotosintesis.
  • Untuk membantu proses pernapasan, karena oksigen bisa masuk ke lentisel.
  • Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, mislanya tumbuhan sagu.
  • Sebagai alat perkembangbiakan secara vegetatif dengan metode cangkok.

Sifat Batang

Sifat batang tumbuhan yaitu sebagai berikut:

  • Pada umumnya pertumbuha batang tidak terbatas.
  • Batang tumbuhan mempunyai sifat fototropi yaitu arah pertumbuhan yang ke atas atau menuju cahaya.
  • Pada batang tumbuhan monokotil mempunyai ruas-ruas yang jelas.
  • Pada tumbuhan dikotil ruas-ruas batangnya tidak terlihat dengan jelas.
  • Pada tumbuhan yang berbiji terbuka (Gymnospermae) hanya terdiri dari tumbuhan berkayu.
  • Pada tumbuhan yang berbiji tertutup (Angiospermae) terdiri dari tumbuhan yang berbatang basah, batang mendong, batang rumput dan batang berkayu.
  • Beberapa jenis batang bisa dibedakan dengan bagian yang lain sebagai contoh pohon kelapa, ada juga batang yang tertutup dengan pelapah daunnya sebagai contoh tanaman jagung.

Jenis jenis Batang Tumbuhan

Sebutkan jenis jenis batang pada tumbuhan? Macam macam batang tumbuhan dan contohnya adalah sebagai berikut:

  • Batang basah atau herbaceous adalah batang tumbuhan yang lemah dan berair. Contoh tanaman dengan batang herbaceous yaitu tumbuhan krokot dan bayam.
  • Batang rumput atau calmus adalah batang tumbuhan yang tidak keras dan terlihat beruas-ruas. Bagian dalam batang calmus pada umumnya berongga. contoh tipe batang rumput atau contoh tumbuhan calmus yaitu padi.
  • Batang mendong atau calamus adalah batang tumbuhan yang mirip seperti rumput, namun ruasnya lebih panjang. Contoh batang calmus yaitu batang pada tumbuhan mendong dan wingi.
  • Batang berkayu atau lignosus adalah adalah jenis batang tumbuhan yang berkayu keras dan kuat. Baik itu berbentuk pohon maupun semak. Contoh tumbuhan batang berkayu diantaranya adalah jati (dalam bentuk pohon), sidoguri (dalam bentuk semak).

Struktur Batang

Struktur batang tumbuhan pada umumnya terdiri dari beberapa jaringan yaitu sebagai berikut:

  1. Epidermis adalah jaringan pada tumbuhan yang berfungsi untuk lapisan pelindung dari bahaya kekeringan. Epidermis merupakan batang yang tersusun dari selapis sel yang tersusun dengan rapat tanpa adanya ruang antar sel dan bertikula. Sel-sel penyusun jaringan epidermis salalu aktif membelah untuk mengimbangi pertumbuhan batang. Batang tumbuhan dikotil mempunyai lapisan epidermis yaitu berupa kulit kayu yang terbentuk dari jaringan gabus. Jaringan gabus tidak bisa ditembus oleh gas dan air. Karena itulah jaringan gabus mempunyai celah-celah yang berupa lentisel untuk memelihara perubahan gas.
  2. Konteks adalah struktur batang yang tersusun dari jaringan parenkin yang berkloroplas. Sel-selnya mempunyai dinding yang tipis dan tersusun tak beraturan dengan ruang antar sel yang cukup lebar. Beberapa jenis dari tumbuhan rumput-rumputan memiliki jaringan sklerenkim sebagai jaringan pengangkut pada konteks batang, sedangkan pada tumbuhan konifer atau sejenis pinus, umumnya tidak memiliki jaringan pengangkut.
  3. Endodermis adalah lapisan konteks yang paling dalam yang berbatasan degnan silinder pusat, mempunyai sel-sel yang susunan dan bentuknya yang khas. Lapisan sel yang menjadi batas antara konteks dan silinder pusat dengan silinder pusat pada akar dinamakan dengna endodermis.
  4. Silinder pusat merupakan bagian paling dalam dari batang yang tersusun dari beberapa jaringan, diantaranya yaitu berkas pengangkut, empulur, dan perikambium. Perikambium (perisikel) lapisan sel yang paling tepi dari silinder pusat. Di sebelah dalamnya ada jaringan parenkim dan berkas-berkas pembuluh pengangkut. Berkas pembuluh pengangkut terdiri dari xilem dan floem yang merupakan kelanjutan dari xilem dan floem pada akar. Empilur yang letaknya berada di tengah atau inti batang tersusun dari jaringan parenkim. Di beberapa batang tumbuhan, bagian empilur mengalami kerusakan selama masa pertumbuhan sehingga membentuk banyak ruang antar sel. Pada batang tumbuhan tertentu mempunyai saluran getah yang letaknya berada di dalam silinder pusat.

Seperti itulah penjelsan yang bisa kami tulis tentang pengertian fungsi sifat jenis dan struktur batang pada tumbuhan. 

Nurul Marta
9 hours 'ago'

Pantai merupakan salah satu destinasi traveling yang sangat menyenangkan. Lokasinya yang begitu eksotis, membuat orang-orang jadi betah. Apalagi pantai yang dikunjungi masih sangat alami, surgawi banget deh. Tapi kadang ada beberapa orang yang malas buat pergi ke pantai karena berbagai hal, pasir yang menempel di kaki, panas terik, kulit gosong dan lain sebagainya. But wait, Ladies. Dengan tips berikut ini pantai bukan lagi lokasi yang menyebalkan. So, kamu yang mau liburan anti ribet saat traveling ke pantai, wajib coba tips unik ini!

Bawa Bedak Bayi

Tips Unik Liburan Anti Ribet Saat Traveling ke Pantai

Foto: kitamuda.id

Suka sebal dengan pasir yang menempel di telapak kaki? Siasati dengan bedak bayi ya Ladies. Sebelum ‘bercengkrama’ dengan pasir pantai, terlebih dahulu gosokkan bedak bayi ke telapak kaki ataupun tangan. Meskipun kamu berjalan tanpa alas di pantai, nggak bakal ada tuh pasir yang menempel. Nggak ribet, kan?

Masukkan Ponsel ke Plastic Wrap atau Ziplock

Tips Unik Liburan Anti Ribet Saat Traveling ke Pantai

Foto: kitamuda.id

Supaya smartphonemu aman, jangan lupa bawa plastic wrapataupun juga plastik Ziplock. Pastinya kamu bakal mengabadikan banyak momen saat di pantai ya. Jadi sebelum timbul malapetaka, masukkan dulu smartphonemu ke plastic wrap atau ziplock. Jadi, kalo seumpamanya kamu nggak sengaja jatuhin ponsel ke air, dia masih selamat. Air laut kan sangat berbahaya bagi barang elektronik. Jangan sampai gadget kamu jadi korban dan merusak mood liburanmu.

Bawa Balon

Tips Unik Liburan Anti Ribet Saat Traveling ke Pantai

Foto: kitamuda.id

Setelah bermain dengan air sepanjang hari ada kemungkinan telingamu bisa kemasukan air. Nah, untuk menyiasati hal itu jangan lupa untuk membawa balon ya. Buat apasih balon? For your information nih, Ladies… balon ini bisa kamu tiup untuk mengembalikan telinga yang tersumbat oleh air. Cara kreatif dan gampang banget ya buat ditiru.

Balik Sandalmu

Tips Unik Liburan Anti Ribet Saat Traveling ke Pantai

Foto: kitamuda.id

Terik matahari yang sangat tinggi akan membuat alas kakimu gampang rusak. Jika tak terlalu kuat, misalnya saja berbahan karet, bisa-bisa akan rusak dan nggak bisa dipakai lagi. Untuk itulah, saat berada di pantai letakkan sandal di tempat yang teduh. Atau jika tak ada loaksi yang teduh, letkakan alas kakimu dalam posisi terbalik agar matahari tak merusaknya.

Letakkan Barang Berharga di Dalam Popok

Tips Unik Liburan Anti Ribet Saat Traveling ke Pantai

Foto: kitamuda.id

Tak jarang, saking serunya bermain di pantai kamu lupa dengan barang-barang berhargamu. Seperti halnya smartphone, kunci mobil, dan lain sebagainya. Jika kamu sedang liburan bersama dengan keluarga dan membawa bayi, manfaatkan popok sebagai wadah barang-barang berharga. Selain simple, orang-orang nggak bakalan menyangka jika isi dari popok itu ada benda-benda berharga. Aman dan mudah buat dilakukan. Hehehe…

Buat Es Lidah Buaya

Tips Liburan Unik Anti Ribet Saat Traveling ke Pantai-f

Foto: kitamuda.id

Seharian berada di bawah terik matahari mau tidak mau akan membuat wajah atau tubuh jadi gosong. Nah, untuk mengurangi efek panas sinar matahari ini, buatlah es lidah buaya. Jadi, setelah selesai bermain di pasir, kamu bisa langsung mengaplikasikan gel aloe vera atau juga es lidah buaya pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

Kalo sudah begini, pantai tak akan lagi jadi tempat yang menakutkan ya. Jangan lupa lakukan tips mudah di atas agar liburanmu ke pantai jadi menyenangkan dan tak terlupakan. Apa kamu punya tips mudah lainnya? 

Nurul Marta
9 hours 'ago'

Konsumsi buah-buahan di bulan puasa seperti sekarang biasanya meningkat. Salah satu buah favorit yang nyaris tak pernah ketinggalan mengisi berbuka adalah buah semangka. Rasa manis dengan air jusnya yang melimpah sangat cocok menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Tapi tahukah Anda? Kebanyakan kita hanya mengkonsumsi daging buahnya saja, tanpa tahu bahwa kulit buah semangka yang berwarna putih kehijauan ternyata juga dapat dikonsumsi. Bahkan, kulit buah semangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Faktanya, 95% nutrisi yang terkandung dalam semangka tersimpan di kulit buahnya.


Kulit buah semangka mirip daging buahnya dimana sama-sama mengandung kadar air yang tinggi. Karenanya, konsentrasi air yang tinggi dapat membantu kerja ginjal lebih efektif. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu menurunkan tekanan darah. Kulit semangka juga penuh dengan vitain C, B6, dan A. Dengan mengonsumsi kulit buahnya, kadar Kalium dan Seng yang dibutuhkan tubuh dapat tercukupi.

Jurnal Ilmu Pangan dan Pertanian Amerika menyatakan bahwa senyawa citrulline yang ada di kulit semangka dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Semua vitamin dan mineral tersebut dapat ditemukan hanya dalam satu porsi dari total buah.

Manfaat mengkonsumsi kulit buah semangka


1. Menghancurkan batu ginjal

Kalium pada kulit semangka adalah unsur penting untuk kesehatan ginjal karena membantu mengatur dan menjaga kadar asam dalam urin.  Selain itu, kandungan air pada kulit semangka membantu meluruhkan batu yang bersembunyi di ginjal. Oleh karena itu kulit semangka sangat bagus untuk pengobatan dan pencegahan batu ginjal.

2. Menurunkan berat badan

Citrulinne dapat membantu menurunkan berat badan. Serat yang terkandung di kulit membuat Anda menjadi kenyang untuk waktu yang lama. Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi citrulline, mengalami kehilangan 30% lemak lebih banyak dari yang tidak mengonsumsinya.

3. Anti inflamasi

Likopen yang ditemkan dalam kulit semangka mampu mengurangi peradangan penyebab radang sendi, sedangkan folat dapat mengurangi resiko serangan jantung dan kanker usus besar. Selain itu, karena kulit semangka merupakan sumber beta-karoten yang baik, ia akan menyehatkan mata Anda.

4. Afrosidiak

Kulit semangka membantu meningkatkan sirkulasi darah. Efeknya, minum jus semangka dapat membantu pria yang menderita disfungsi ereksi sedang. Kesehatan prostat pria juga akan terjaga.

5. Mengobati infeksi saluran kemih

Sifat melembabkan dan diuretik dari kulit semangka sangat efektif mengobati infeksi saluran kemih. Karena itu, jika terdapat gejala ISK, mulailah minum jus semangka.

6. Mengurangi keluhan saat hamil

Wanita hamil dapat mengonsumsi kulit semangka untuk mengurangi rasa mulas dan pembengkakan saat hamil. Gula alami yang ada di kulit bahkan dapat mengurangi mual di pagi hari.

7. Mengatur tekanan darah

Karena kandungan airnya yang tinggi, mengonsumsi kulit semangka dapat menurunkan darah tinggi. Selain itu, jika Anda menderita tekanan darah rendah, mengkonsumsi kulit semangka akan mengatur sirkulasi darah Anda dan menormalkan tekanan darah.

8. Lebih ekonomis

Menggunakan setiap bagian dari semangka tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi juga bermanfaat bagi dompet Anda. Anda dapat membuat acar dari kulit semangka karena memiliki konsistensi yang sama dengan mentimun.

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
395
2
3
4
5
Lencana
Kongkow