999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Rizki Mumpuni
2 days 'ago'

Orang-orang yang bekerja sebagai penulis, karyawan dan juga profesional komputer mengharuskan kamu untuk terus menerus menggunakan jari untuk mengetik tombol yang ada di komputer. Aktivitas rutin ini rupanya meningkatkan tekanan pada tangan dan menempatkan kamu pada risiko carpel tunnel syndrome.

Melansir dari mayoclinik.com, carpel tunnel syndrome adalah kondisi tangan dan lengan yang menyebabkan mati rasa, kesemutan dan gejala lainnya. Carpel tunnel syndrome disebabkan oleh saraf terjepit di pergelangan tangan.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sindrom ini, termasuk anatomi pergelangan tangan, gangguan kesehatan tertentu dan juga pola penggunaan tangan. Untuk bisa dengan segera mengenali sindrom ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa gejala yang ditimbulkannya.

Melansir dari thehealthsite.com, berikut ini merupakan gejala-gejala carpel tunnel syndrome yang bisa kamu kenali.

1. Jari terasa nyeri

Mengetik pada keyboard komputer memicu kemunculan koloni mikroba tendonitis di pergelangan tangan dan ibu jari. Hal inilah yang menyebabkan munculnya rasa nyeri di jari. Dalam beberapa kasus,rasa nyeri tersebut menyebar hingga lengan.

2. Pembengkakan

Sebagian besar orang seringkali menyepelekan pembengkakan yang terjadi di tangan. Ini mungkin saja karena pembengkakan tersebut akan menghilang dalam beberapa hari.

Tetapi, jika kamu mengalami pembengkakan atau muncul benjolan di tangan setelah bekerja selama berjam-jam dengan keyboard komputer, ini bisa saja menunjukkan gejala carpel tunnel syndrome.

3. Lengan sakit saat digerakkan

Menghabiskan banyak waktu dengan tombol keyboard dapat mengganggu saraf yang ada di pergelangan tangan. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di pergelangan tangan saat digerakkan. Jika kamu mengalami ini, maka cobalah untuk mengistirahatkan pergelangan tangan sejenak.

4. Kesemutan pada jari

Karena adanya tekanan pada saraf lengan karena jari yang digunakan secara terus-menerus menyebabkan kesemutan pada jari. Dalam beberapa kasus, kesemutan dan bahkan nyeri akan terasa pada lengan saat kamu bangun tidur.

5. Kesulitan menggenggam atau memegang benda

Dengan kekakuan pada lengan atau kesemutan pada lengan dan jari dapat membuat lengan kamu menjadi lemah.

Tak jarang, kamu bahkan bisa menjatuhkan benda yang kamu pegang karena tak kuat menahan beratnya. Jika kamu sering mengalaminya, cobalah untuk mengonsultasikannya dengan dokter.

Untuk menghindari peningkatan risiko, ada baiknya kamu melakukan kegiatan lain di luar kerja (misalnya di rumah atau melakukan hobi) yang tak memberikan tekanan berat pada jari dan lengan. Selain itu, cobalah untuk melatih diri menggunakan posisi lain atau teknik lain untuk bekerja dengan komputer yang dapat meringankan stres jari dan lengan.

Rizki Anugrah Ramadhan
2 days 'ago'

Kamu pasti tahu kalau ada istilah 'menulis adalah bekerja untuk keabadian'. Kutipan dari Pramoedya Ananta Toer tersebut bisa menjadi salah satu semangatmu untuk tetap dan terus menulis. Bagaimana tidak? Ketika kamu berbicara, isi dari bicaramu hanya akan sepintas didengar orang lain. Namun, ketika kamu menulis, isi tulisanmu akan terus ada meskipun kamu sudah tak ada di dunia ini.

Menulis adalah salah satu kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Dalam pengertian yang lain, menulis adalah kegiatan untuk menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat dipahami oleh pembaca dan berfungsi sebagai alat komunikasi secara tidak langsung. Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa pengertian menulis adalah kegiatan seseorang untuk menyampaikan gagasan kepada pembaca dalam bahasa tulis agar bisa dipahami oleh pembaca.

Tapi tahukah kamu bila menulis itu bisa bikin cerdas? Tak hanya membaca, menulis pun ternyata mampu membantu meningkatkan kecerdasanmu, lho. Beberapa penelitian pun telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. 

Nah, berikut adalah 3 alasan tentang menulis bisa mencerdaskan manusia, dilansir oleh brilio.netdari lifehack, Jumat (13/11).

1. Kamu bisa melepaskan kekacauan pikiran dan mampu berpikir lebih jelas

Dalam bukunya, Why We Write, kurator Meredith Maran menyatakan bahwa menulis akan menyediakan waktu dan menyediakan tempat sendiri untuk orang bercermin, mencerna, dan berpikir secara mendalam. 

Selain itu, Joan Didion, penulis Play It as It Lays berkata, "Saya menulis sepenuhnya untuk mencari tahu apa yang saya pikirkan, apa yang saya lihat, dan juga apa arti dari itu semua."

Armistead Maupin sendiri, penulis Tales of The City, menjelaskan, "Saya menulis untuk menjelaskan ke diri sendiri, siapa sebenarnya saya."

Intinya, menulis adalah cara untuk mengatur pikiranmu. Menulis akan memungkinkan kamu untuk merenungkan dan membantumu mendapatkan wawasan baru dan juga menemukan perspektif yang baru. Secara tak langsung, kamu akan berpikir lebih dalam ketika kamu menulis, dan kamu akan melihat sesuatu dengan jelas ketika kamu menulis.
 

2. Menulis membantumu menyerap informasi secara lebih baik dan bantu tingkatkan proses belajarmu

Tak hanya melihat sesuatu secara lebih jelas, dengan menulis, kamu dapat menyerap informasi yang diberikan kepadamu, kemudian menceritakan informasi yang kamu serap tersebut dalam tulisan. Proses seperti itu lebih banyak membantu meningkatkan kecerdasan daripada kamu hanya membaca saja. Logis kan?

Menariknya, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer dari Princeton University dan University of California, mahasiswa yang menulis catatan kuliah di atas kertas akan cenderung lebih cepat belajar daripada mahasiswa lain yang tidak membuat catatan atau yang membuat catatan pada laptop.

Menurut para peneliti, mereka yang mencatat dengan menulis, bagaimana pun, jelas tidak bisa menuliskan setiap kata pembicara ketika berbicara. Jadi, mereka harus mendengarkan dengan penuh perhatian, meringkas pelajaran, mendaftar hanya poin-poin penting dan efeknya. Dengan begitu mereka akan belajar secara tidak langsung. 

Otak kamu akan sepenuhnya terlibat dalam proses pemahaman ketika kamu menulis dengan tangan, yang berarti kamu akan mengingat informasi yang disampaikan kepadamu dengan lebih baik.

3. Bantu kamu memproses perasaan negatif dan meningkatkan kecerdasan emosional

Sebuah studi 1994 ini telah dilakukan oleh Stefanie Spera, James Pennebaker dan Eric Buhrfeind. Mereka meneliti tentang 63 insinyur yang menganggur lalu kemudian menulis, untuk melihat tingkat stress mereka. Penelitian tersebut dilakukan selama 8 bulan. Dan hasilnya, sebagian besar insinyur yang menulis tersebut pada akhirnya mendapat pekerjaan.

Dengan kata lain, para peneliti tersebut menemukan bahwa menulis dapat menekan perasaan negatif. Bahkan menulis pun dapat menstabilkan emosi dan membuat seseorang siap untuk menghadapi situasi yang tidak menyenangkan.

Nah, sudah siapkah kamu untuk rajin menulis? Jangan takut untuk mencoba ya. Ayo menulis!

Bintang Maulidya
3 days 'ago'

Faktor genetik adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan seseorang. Jika Anda ingin mempunyai anak yang cerdas, carilah seorang istri yang cerdas, karena ternyata kecerdasan anak diturunkan dari ibu.

IBU YANG CERDAS BERPOTENSI MELAHIRKAN ANAK YANG CERDAS PULA

Menurut Dr. Ben Hamel, seorang ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands, kecerdasan seseorang terkait dengan kromosom X yang berasal dari Ibu. Ibu yang memiliki 23 pasang kromosom XX tentunya lebih berperan dalam menentukan kecerdasan seseorang. Oleh karena itu, Ibu yang cerdas berpotensi melahirkan anak yang cerdas pula.

Namun demikian, tidak selalu kecerdasan 100% diturunkan dari Ibu kepada anaknya. Penurunan sifat ini bisa saja gagal oleh karena beberapa faktor. Salah satu penyebabnya bisa karena kegagalan peleburan kromosom pada saat fertilisasi. Kegagalan ini dapat menimbulkan kelainan yang berupa retardasi mental.

DASAR PEMBENTUKAN INTELEGENSIA SESEORANG DIPENGARUHI OLEH 3 HAL YAITU NUTRISI, STIMULASI DAN GENETIK ATAU KETURUNAN

Menurut neurolog sekaligus Kabid Pemeliharaan Peningkatan Intelegensia Kesehatan Depkes RI, Adre Mayza, SpK (K), Seperti dikutif dari detikhealth (25/02/2016), dasar pembentukan intelegensia seseorang dipengaruhi oleh 3 hal yaitu nutrisi, stimulasi dan genetik atau keturunan.

Meski tidak mempengaruhi seutuhnya, namun banyak juga anak yang terlahir cerdas dari orang tua yang cerdas. “Gen ibu lebih banyak berperan pada kecerdasan anak. Kalau anaknya cerdas, biasanya ibunya juga cerdas. Jadi kalau cari suami nggak perlu yang pintar-pintar amat, tapi kalau cari istri kalau bisa yang pintar,” ujar Adre.

Rizki Anugrah Ramadhan
4 days 'ago'

Gigi dan gusi sehat bisa dijaga dengan asupan makanan dan minuman. Teh hijau dan apel bisa membuat gusi sehat dan gigi kuat.

Selain menggosok gigi dan menggunakan dental floss untuk mengangkat sisa makanan di sela gigi. Ada bahan alami yang dapat menyehatkan gigi juga membuatnya nampak putih berkilau. Seperti 6 bahan makanan alami ini.

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung zat catechins yang bisa melawan peradangan dan infeksi bakteri. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan orang yang rutin mengonsumsi teh hijau punya risiko rendah terserang periodontitis. Penelitian lain di Jepang menyatakan jika pria atau wanita minum teh hijau satu sampai dua cangkir sehari bisa mengurangi resiko kehilangan gigi. 

Zat catechins yang terkandung dalam teh hijau masih perlu dikaji lebih lanjut. Tapi dengan adanya dua penelitian tadi, dapat disimpulkan bahwa teh hijau bisa menyehatkan dan memperkuat gigi Anda.

2. Buah Strawberry dan Kiwi

Agar Gigi dan Gusi Sehat, Ini 6 Makanan Alami yang Perlu Sering Dikonsumsi


Kedua buah ini kaya akan vitamin C. Vitamin C mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut karena dapat mencegah rusaknya kolagen. Tanpa kolagen, gigi akan menjadi rapuh dan bisa terserang periodontitis. Buah ini memberi manfaat ganda karena astringen yang dimiliki mampu melawan plak atau noda kuning pada gigi yang disebabkan kopi dan wine.


3. Bawang


Bawang yang dimakan mentah dapat melawan bakteri berkat senyawa antimikroba. Anda bisa mencampur bawang putih mentah pada sandwich atau salad. Jika Anda kurang menyukai bawang putih mentah baiknya Anda makan bawnag putih yang sudah dimasak dari pada tidak mengonsumsinya sama sekali.

4. Jamur Shitake

Jamur jenis ini mengandung lentinan. Zat ini adalah gula alami yang dapat mencegah Anda terkena radang gusi. Peradangan gusi ditandai dengan pembengkakan pada gusi yang berwarna merah. Peradangan akan semakin parah bila terjadi pendarahan. Hal ini disebabkan oleh pembentukan bakteri biofilm. Studi terbaru menunjukkan bahwa senyawa antibakteri seperti lentinan secara khusus melawan mikroba pembuatan biofilm tersebut. Letinan hanya membunuh bakteri jahat dan tidak mengganggu bakteri baik yang ada pada tenggorokan Anda.

5. Kacang dan Biji-bijian

Agar Gigi dan Gusi Sehat, Ini 6 Makanan Alami yang Perlu Sering Dikonsumsi


Kedua bahan ini adalah sumber protein. Mereka bisa menjaga kesehatan gigi karena dengan mensuplai fosfor, magnesium, potasium, seng serta kalsium pada tubuh. Kalsium dapat menguatkan tulang dan gigi. Diet kalsium sebenarnya bisa meremineralisasi gigi. Kacang paling tinggi kalsium adalah kacang almond dan kacang Brazil. Biji wijen juga sangat tinggi kalsium.

6. Apel, Seledri, Sayuran Rendah Asam & Kaya Serat Lain

Sayuran dan buah ini kaya akan air yang dapat meningkatkan produksi air liur. Hal inilah yang akan menjaga bakteri baik di mulut. Makanan berserat tinggi memiliki efek 'menggosok' atau membersihkan permukaan gigi saat Anda mengunyah makanan. Selain itu, mengunyah makanan bisa menyingkirkan plak yang baru terbentuk di gigi.

Rizki Mumpuni
4 days 'ago'

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menristekdikti Mohamad Nasir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin (diwakilkan) menandatangani komitmen implementasi pendidikan antikorupsi pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi.

Penandatanganan komitmen ini dilaksanakan pada rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pendidikan Anti-korupsi di Jakarta pada 11-12 Desember 2018. Dengan adanya MoU ini, diharapakan mulai tahun 2019, pendidikan antikorupsi wajib masuk kurikulum di semua jenjang pendidikan.

Rakornas Pendidikan Anti-korupsi ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi dengan mendorong dimplementasikannya pendidikan anti-korupsi di setiap jenjang. Implementasi tersebut diwujudkan dengan lahirnya kebijakan dari setiap kementerian terkait insersi pendidikan anti-korupsi pada kurikulum pendidikan di Indonesia.

Pasca penandatanganan komitmen oleh para kepala lembaga, secara lebih teknis direktorat jenderal dari tiap kementerian dan lembaga merumuskan dan menyepakati rencana aksi sebagai upaya percepatan implementasi pendidikan anti-korupsi.

Setidaknya ada delapan poin rencana aksi yakni; menyusun kebijakan yang mewajibkan pedidikan karakter dan budaya anti-korupsi, menyusun dan mendistribusikan materi pendidikan karakter dan budaya anti-korupsi, melakukan pendampingan pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi, menyiapkan sumber daya manusia, anggaran dan sumber daya lainnya, serta satuan pendidikan khusus/ pokja yang memadai dalam ralisasi rencana aksi pendidikan karakter.

Poin rencana aksi selanjutnya, melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya anti-korupsi, melakukan publikasi terhadap kepatuhan implemetasi pendidikan karakter dan budaya anti-korupsi; serta mendorong keterbukaan informasi publik dengan menerapkan transparansi data yang dapat diakses masyarakat melalui portal-portal informasi, antara lain melalui platform JAGA-KPK.

Bintang Maulidya
4 days 'ago'

Kabar baik untuk kamu yang suka membaca buku. Penelitian terkini menyebutkan bahwa seseorang yang hobi membaca bisa membuat hidup lebih lama dua tahun lamanya.

Menurut jurnal Social Science and Medicine dikutip dari iflscience.com bahwa seseorang yang rutin membaca buku 3,5 jam dalam satu minggu bisa membuat hidupnya lebih lama dua tahun dari orang yang biasanya.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Avni Bavishi dari Yale University School of Publik Health dalam penelitiannya selama 12 tahun membagi tiga grup antara lain kelompok yang tidak pernah membaca buku, kelompok yang membaca buku 3,5 jam per minggu atau kurang, dan kelompok yang membaca buku lebih dari 3,5 jam per minggu.

Sebanyak 17% terhadap mereka orang-orang yang memiliki hobi membaca buku akan hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak.

Dalam penelitiannya, buku merupakan sarana seseorang mendapatkan empati, sosial persepsi, dan kecerdasan emosional untuk seseorang yang suka membaca. Jadi kamu yang tidak suka membaca buku masih ragu manfaat dari buku yang amazing ini?

Rizki Anugrah Ramadhan
4 days 'ago'

Memiliki permasalahan tentang diri kamu yang tidak bisa dibicarakan dengan orang lain? Bingung mengatakannya atau merasa tidak enak dengan rahasia yang kamu miliki diketahui oleh orang lain? Mungkin satu cara ini bisa menjadi alternatif agar pikiran menjadi tenang. Menulis rahasia yang kamu miliki bisa membuat kamu sehat secara mental lho.

Menurut seorang ahli saraf, neurosurgeon dan chief executive of PINGMD dikutip dari lifehack.org mengatakan bahwa seseorang yang menyimpan rahasia memiliki beban pikiran. Ketika seseorang merasa paranoia dikarenakan sulitnya menyimpan rahasia, maka tingkat hormon pada tubuh akan meningkat yang membuat stress pada otak dan tubuh.

Hal itu berdampak pada metabolism tubuh, tekanan darah, daya ingat, dan juga respon otak.

Solusinya adalah menulis rahasia dalam secarik kertas yang tersimpan dengan baik. Cara itu bisa mengurangi beban pada diri seseorang.

Menulislah apapun hal itu yang menjadi rahasia yang kamu miliki. Tidak perlu mengecek kesalahan ejaan ataupun itu. Menulislah. Tulis semua hal tentang dirimu, bukan orang lain.

Hal yang akan terjadi selanjutnya adalah kamu akan merasa sedih di fase awal menulis. Hal yang wajar, ketika rahasia dalam hidupmu tercurahkan dalam secarik kertas.

Rahasiakan benar-benar tulisan tentang dirimu itu. Hanya kamu yang tau. Dan jika kamu takut nantinya ada seseorang yang membaca rahasia dirimu, ada baiknya untuk menyobek dan membuang kertas jauh-jauh.

Setelah itu,perasaan yang muncul akan menjadi lebih baik. Penasaran? Yuk dicoba…

Bos Babecom
5 days 'ago'

Membuka mata di pagi hari bergegas bangun dari tempat tidur untuk kemudian melanjutkan  aktivitas sering menjadi hal yang bikin malas bagi banyak orang.

Rasa malas, capek dan rasa ingin masih tidur membuat kamu mengeluh dan tidak bersemangat untuk memulai aktivitas. Namun, salah satu bagian untuk membuatmu tetap bersemangat adalah bangun pagi.

Dilansir dari popsugar,  apapun ritual di pagi hari yang kamu lakukan bisa menentukan mood kamu seharian. Kalau dari pagi saja kamu sudah bermalas-malasan, maka jangan heran kalau sepanjang hari rasanya ada saja yang bikin kamu pusing.

ritual di pagi hari

Bermalas-malasan memang secara langsung bikin kamu enggak bersemangat, inilah yang akan memicu aura negatif dalam tubuhmu.

Beberapa orang yang secara konstan bangun pagi dengan bahagia terbukti enggak pernah bangun dalam keadaan menyesali sesuatu.

Orang  bahagia akan selalu bersuka cita melakukan aktivitas mereka dengan tidak menunda-nundanya dengan rasa malas.

So, usahakanlah memulai hari tanpa stress, dijamin kamu akan bahagia seharian. Fokuslah pada hal-hal dan suasana hati yang positif, percayalah, bahwa harimu akan lebih cerah dari biasanya.

ritual di pagi hari

Kebiasaan bangun pagi dengan suasana hati yang bersuka cita membuatmu lebih siap dalam menghadapi hari. Tak hanya membuatmu merasa punya hari yang lebih panjang, bangun pagi juga memunculkan semangat untuk menuntaskan banyak hal di hari tersebut.

Jangan lupakan juga ritual di pagi hari yang tak kalah penting, yaitu ucapkan syukur setiap kali bangun pagi, karena kamu masih diberi anugerah untuk hidup dan bernafas hari ini.

Jadi, masih kurang semangat atau masih bermalas-malasan karena tidak bahagia setiap kali bangun pagi? Semoga kamu termasuk orang yang selalu bersyukur ya, Semarfriends! 

Nurul Marta
5 days 'ago'

Sukses merupakan impian hampir semua orang, tak terkecuali satu orang pun. Biasanya dalam hal pekerjaan, meskipun kamu belum bisa mencapainya, tentu kamu akan berjuang keras agar yang kamu impikan tercapai bukan? Sebenarnya kesuksesan adalah masalah waktu saja loh, masalahnya memang setiap orang sukses di waktu yang berbeda-beda.

Tapi tenang bisa jadi sebenarnya kamu adalah calon orang sukses namun kamunya yang enggak sadar karena terlalu memikirkan orang lain. Padahal pintu kesuksesan sudah dekat dan sedikit lagi menghampiri kamu, ada loh tanda-tandanya.

Memang sih tidak selalu berhubungan dengan pekerjaan, namun jika kamu memiliki 7 tanda ini, kamu merupakan salah satu bakal orang sukses. Apa sajakah tanda-tandanya? Berikut tanda-tanda orang sukses dilansir dari linked in,

Menurutmu respect lebih penting

tanda orang sukses

Seperti orang sukses yang kita ketahui, menurutnya kesusksesan itu sendiri tidaklah begitu penting. Justru yang menurut mereka penting adalah lebih mementingkan harga diri dan kehormatan diri sendiri dan orang lain dari pada seberapa tinggi jabatannya atau seberapa banyak harta yang ia miliki. Makanya itu kebanyakan orang sukses biasanya lebih mempesona dari pada orang ‘kaya’.

Kamu senang jika orang lain sukses

tanda orang sukses

Tanda calon orang sukses lainnya adalah menghargai kesuksesan orang lain. Mereka suka membantu orang lain mencapai kesuksesannya. Memang biasanya tanda-tanda kesuksesan ditandai dengan hal-hal moralitas dibanding hal yang pekerjaan.

Tidak merasa spesial

tanda orang sukses

Orang sukses biasanya suka merendah diri dan merasa dirinya bukan apa-apa. Tidak seperti orang yang mengumumkan kelebihannya, mereka justru tidak sombong dengan apa yang mereka miliki. Walaupun mereka unggul, justru orang sukses ini tidak ingin terlalu menonjol. Bahkan ia masih meminta saran dan bantuan dari orang lain.

Suka mencari pengalaman baru

tanda orang sukses

Calon orang sukses bahkan orang yang sudah sukses suka melakukan hal yang baru dan mendapat pengalaman yang baru. Mereka senang melakukan dan belajar hal baru karena mereka akan merasa memiliki banyak ilmu dan pengetauan. Tentunya pengalaman dan ilmu bukan hanya dicari saat dibangku sekolah, ketika kita sudah mapan pun orang ini gemar sekali belajar sesuatu yang baru. Kalau kamu masuk kriteria ini, kesusksesan sudah di depan mata!

Uang adalah tanggung jawab untukmu

tanda orang sukses

Hayo kalau uang menurut kamu adalah hadiah atas kerja kerasmu, coba perlahan-lahan ubah. Karena calon orang sukses melihat uang sebagai tanggung jawab, sehingga bisa dikelola dengan sebaik mungkin.

Kamu mudah empati

tanda orang sukses

Banyak yang bilang, sukses itu bukan cuma perkara banyak uang dan memiliki jabatan oke. Orang bijak bilang, orang yang sukses juga pasti memiliki hati yang baik. Ada benarnya juga loh karena salah satu tanda calon orang sukses adalah kamu memiliki empati. Jadi kalau kamu mudah empati terhadap orang lain, bisa jadi kamu calon orang sukses selanjutnya kan?

Tidak ada maksud pamer ke orang lain

tanda orang sukses

Orang sukses biasanya ingin mmbuktikan ke dirinya sendiri bahwa ia bisa melakukan hal yang melampaui batas. Untuk itu biasanya mereka tak tertarik untuk menunjukkannya ke orang lain. Kesusksesan bagi mereka adalah sesuatu untuk kepentingannya pribadi dibanding untuk memamerkan ke orang banyak.

Lintang Prisilia
5 days 'ago'

Sejatinya banyak orang yang percaya bahwa kangkung mampu membuat Anda kantuk. Hal ini selalu jadi perbincangan khalayak umum akan kebenarannya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, tapi bukan berarti kalau tanggapan ini juga salah.

Setiap orang yang  mengantuk ternyata disebabkan  efek rileks bagi tubuh yang disebut sebagai triptofan, sebuah protein yang bisa memproduksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon serotonin sendiri ternyata bisa membuat sistem saraf otak bekerja dengan lebih rileks.

Kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah banyak (175 mg dalam satu cup kangkung), dan makanan tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah. Efek itulah yang dirasakan sebagai kantuk bagi sebagian orang.

Kebanyakan orang yang sering mengonsumsi karbohidrat juga memicu terjadinya kantuk di siang hari. Sehingga kangkung tidak bisa dijadikan tolak ukur pemicu kantuk pada manusia.

Kangkung sendiri menjadi salah satu favorit pecinta makanan khas Indonesia. Sayuran yang banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara ini sering di masak tumis. Menu-menu seperti tumis kangkung balacan, kangkung saus tiram, dan lainnya sangat sering dijumpai di warung-warung pinggir jalan.

Jangan takut ya untuk makan kangkung di pagi dan siang hari, sayuran akan serat ini soalnya bisa membuat pencernaan lancar  kembali.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow