999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Marissa Putri
-27608 seconds 'ago'

Kontingen Indonesia yang berkompetisi di ajang Olimpiade Fisika Eropa Tahun 2019 atau European Physics Olympiad (EuPhO) berhasil mempersembahkan lima medali. Para pelajar Indonesia meraih satu medali emas, dua perak, dan dua perunggu di olimpiade yang digelar di Riga, Latvia.

Medali emas EuPhO 2019 diraih Ivander Jonathan M.W. dari SMA Mawar Sharon Christian School Surabaya Jawa Timur. Medali perak dipersembahkan oleh Nixon Widjaja (SMAK IPEKA Plus Tangerang Banten) dan Yuwanza Ramadhan (SMA Negeri 1 Depok Jawa Barat). Daffa Fathani Adila (SMA Negeri 8 Jakarta) dan Gusti Putu Surya Govinda Atmaja (SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta) meraih medali perunggu.

Tahun ini Indonesia tidak mengirimkan kontingen ke Olimpiade Fisika Internasional atau IPhO, karena kegiatan tersebut digelar di Israel, dimana Indonesia tidak memiliki hubungan bilateral. Sebagai gantinya, Indonesia mengirimkan para siswa terbaiknya berlaga di EuPhO. Olimpiade Fisika di ibu kota Latvia ini berlangsung dari tanggal 31 Mei hingga 4 Juni 2019.

Acara EuPhO tahun ini diikuti oleh 35 negara dengan jumlah delegasi lebih dari 250 orang. Selain diikuti kontingen dari negara-negara Eropa, sebanyak tujuh negara luar Eropa turut berpartisipasi di ajang tersebut.

Soal-soal Fisika baik teori maupun eksperimen diujikan dalam olimpiade ini. Tahapan tes dilakukan dalam dua gelombang. Tes pertama adalah Fisika Eksperimen yang dilakukan pada hari Sabtu (1/6/2019) dan tes kedua adalah Fisika Teori pada hari Minggu. Masing-masing tes berlangsung selama lima jam di kampus Universitas Latvia.

Tim Olimpiade Fisika Indonesia kali ini dipimpin oleh SyamsuRosid dari Universitas Indonesia. Tim juga didampingi oleh Bobby E Gunara dari Institut Teknologi Bandung, Rinto Anugraha dari Universitas Gajah Mada dan Junus Simangunsong dari Kemendikbud. Tim Olimpiade Fisika Indonesia tiba di tanah air Rabu 5 Juni 2019, dan disambut perwakilan dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud.

Nurul Marta
9 hours 'ago'

Magang merupakan cara terbaik untuk mengalami dan beljar tentang dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Magang bisa menjadi hal yang menakutkan bagi kamu yang pertama kali akan melakukan magang. Banyak hal-hal yang kamu takuti, mulai dari supervisor, pekerjaan yang akan ditugaskan ke kamu sampai dengan cara bersikap yang baik dan benar saat magang.

Dibawah ini adalah SOLUSI untuk permasalahan cara bersikap saat magang. Inilah 4 sikap-sikap yang harus kamu perhatikan saat kamu magang di sebuah perusahaan:

1. Banyak Bertanya
Saat kamu magang di sebuah perusahaan mungkin kamu khawatir dengan banyak hal dan tidak berani untuk bertanya, justru jika kamu bersikap demikian, para karyawan di sekitar kamu akan merasa bahwa kamu sudah tahu semuanya dan tidak membutuhkan bantuan. Bertanya itu adalah hal yang wajar saat pertama kali kamu melakukan hal yang baru karena akan ada banyak hal-hal baru yang akan kamu temui.

Jika kamu takut untuk bertanya, kamu tidak akan bisa belajar dan beradaptasi. Supervisor kamu akan lebih senang jika kamu jujur saat kamu tidak mengerti dan bertanya agar kamu dapat melakukan hal yang benar sesuai dengan perintah yang diberikan, jadi SILAHKAN BERTANYA !

2. Bersikap Professional 

Bersikap layaknya seorang professional merupakan suatu hal yang harus kamu lakukan meskipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja atau magang. Dalam hal ini, bersikap menghargai dan menghormati adalah kuncinya. Kamu juga harus tahu kapan kamu dapat berbicara dan kapan kamu harus mendengarkan. 

Saat kamu magang, kamu akan dilihat sebagai seseorang yang tidak tahu apa-apa tentang dunia pekerjaan, dengan bersikap professional, kamu dapat mematahkan prasangka tersebut. Hal ini sangatlah penting dalam dunia pekerjaan karena memang sikap yang seharusnya ditunjukkan adalah selalu bersikap professional.


3. Selalu Berkata IYA!

Dalam poin kali ini, berkata IYA bukan hanya tunjukkan dengan perkataan yang kamu ucapkan akan tetapi juga dengan body language. Saat supervisor kamu memberikan tugas kepada kamu meskipun yang tidak masuk akal sekalipun, selalu katakan IYA baik dengan mulut dan body language.

Body Language yang dimaksud adalah jika kamu mengatakan kamu bersedia untuk melakukannya, tunjukkanlah! Supervisor kamu akan memperhatikan body language kamu, jika kamu mengatakan kamu bersedia akan tetapi kamu bersikap seperti seseorang yang berbeban untuk melakukan hal tersebut, supervisor kamu akan merasa bahwa kamu tidak memiliki semangat bekerja dan kamu tidak akan dihargai.


4. Bersikap Ramah

Ketiga poin diatas mungkin membuat kamu merasa bahwa dunia pekerjaan adalah environment yang serius dan menakutkan, karena itu poin terakhir ini merupakan poin yang akan merubah pemikiran kamu.

Salah satu alasan sebuah perusahaan membuka peluang magang adalah sebagai pengubah suasana di tempat pekerjaan. Saat kamu merupakan karyawan magang dalam suatu perusahaan, ingatlah untuk bersikap RAMAH! Melakukan pekerjaan sebaik-baiknya memang sangat penting akan tetapi jangan lupa untuk juga bersosialisasi dengan orang-orang yang ada disekitar kamu.

Marissa Putri
8 hours 'ago'

Sekarang ini, banya sekali mahasiswa yang memanfaatkan semester akhir atau liburan semesternya untuk magang. Magang dilakukan baik di instasi pemerintah, perusahaan besar, maupun di organisasi social, mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di dalam dunia pekerjaan yang nyata. Tak hanya mengaplikasikan ilmu kamu juga bisa merasakan rasanya menjadi karyawan yang sesungguhnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika magang.

Tapi tak semua aktifitas magang adalah pengalaman yang manis. Banyak juga dari pengalaman tersebut yang terbuang sia-sia, ini semua dikarenakan sedikitnya tugas yang harus kamu kerjakan. Jadi masa liburanmu akhirnya hanya terbuang sia-sia. Nah kalua kalian tidak mau waktu magangnya terbuang sia-sia, baca tips dibawah ini agar magangmu lebih bermakna!

  1. Pastikan instasi yang kamu incar memang sedang membutuhkan anak magang.

Tidak semua perusahaan siap menerima mahasiswa magang. Banyaknya perusahaan rintisan yang mempunyai sumber daya yang terbatas, sehingga yang bisa mereka kembangkakn hanyalah skill karyawan tetap mereka saja. Tak hanya itu saja, perusahaan besar atau instansi pemerintah yang sudah settled pun belum tentu akan menjamin masa magangmu menyenangkan. Perusahaan besar tersebut ada kemungkinan merasa bahwa karyawan mereka selama ini sudah mampu memenuhi semua kebutuhan perusahaan.

  1. Teliti program dari perusahaan yang akan kalian jadikan tempat magang

Agar pengalaman magangmu tidak terbuang sia-sia, ada baiknya kamu ajukan pertanyaan seperti berikut sebelum melamar magang di sebuah perusahaan:

  • Apakah perusahaan tersebut memang membuak program magang untuk mahasiswa, atau hanya kamu yang berinisiatif untuk melamar disana?
  • Apa perusahaan tersebut mempunyai mentor yang mampu dan mau mengembangkan bakat kamu?
  • Magang yang dibayar merupakan salah satu tanda terbaik bahwa program magang itu serius. Dengan cara itu kamu diharap bisa berkontribusi sesuai dengan kapasitasmu dan tanda lainnya juga bahwa kamu dihargai atas kontribusimu.
  • Skill apa saja yang ingin kamu kembangkan dari program magang itu?

Dan jangan lupa untuk perhitungkan apa perusahaan itu memang sama dengan pasioon kamu. Tinjaulah tujuan magangmu, jangan sampai sia-sia atasu sebatas kewajiban akademik saja.

  1. Sikap professional harus ditunjukan, karena magang tak seperti kuliah biasa

Untuk menjadi sukses di perusahaan membutuhkan lebih dari kecerdasan akademis dan pengetahuan yang luas. Bagi sebuah perusahaan pintarnya seseorang harus diimbangin dengan sikap atau attitude yang baik. Dalam sebuah perusahaan terdiri dari berbagai macam orang, denga latar, sikap yang beragam. Sebaiknya kita sebagai mahasiswa magang bisa menghormati tenaga kerja yang lain pada perusahaan tersebut.

Seandainya kamu magang denga posisi kerja lapangan, kamu harus bisa bersikap baik dengan klien-klien kamu di lapangan. Kakmu juga harus mematuhi pertaturan yang ada di dalam perusahaan. Jaika diperlukan, mintalah saran professional dari merka dengan tetap menghormati waktu dan tenaga terbatas yang mereka punya.

  1. Anak magang hanya mempunyai dua tangan

2 tangan? Maksudnya gimanasih? Kedua tangan yang kamu punya itu satu untuk membantu atasan dan tangan yang lainnya untuk membantu karyawan lain yang sedang membutuhkan bantuan.

Sebagai anak magang, jangan terlalu strict kepada job desc asli kita. Apabila pekerjaan pada area A telah selesai, jangan ragu untuk menawarkan bantuan di area B selama masih berkaitan dengan bidang kita atau pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Semakin banyak menolong, semakin banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan di tempat magang.

Jangan pernah ragu untuk bertanya akan sesuatu yang tidak kamu mengerti. Karenanya kamu harus memiliki inisiatif untuk bertanya pada orang-orang yang lebih tahu atau ahli. Hilangkan alasan “Aku tidak tahu karena tidak ada yang memberi tahu”, sebab bekerja menuntut lebih banyak inisiatifmu. Toh tidak semua poin-poin bisa disampaikan selama kamu dimentori. Ada saja yang luput. Jangan ragu dan takut salah ketika menghadapi pekerjaan. Jangan pula bertingkah sok tahu karena begitu inginnya mendapatkan penilaian positif di mata perusahaan.

  1. Magang merupakan kesempatan untuk menjaring koneksi

Jangan malu untuk berkenalan dengan banyak orang baru. Kamu disarankan untuk mengenali rekan-rekan dari berbagai divisi, bhakan diluar divisimu sendiri. Tunjukkan bahwa kamu mudah bersosialisasi dan beradptasi dengan mereka yang bekerja di perusahaan. Ada begitu banyak orang dalam perusahaan yang akan membantumu berkembang. Janganlah malu-malu berkenalan kalau mau dibantu. Bukan saat kamu sedang magang saja, namun mungkin juga di masa depan ketika kamu perlu mencari kerja.

Jangan lupa untuk meninggalkan kesan unik dan mengesankan selama menjalani periode magang. Bukan tak munkin kesan tersebut akan membuat nama kita selalu diingat perusahaan. Mengerjakan sesuatu yang disukai adalah hal paling penting dalam mengerjakan sesuatu. Termasuk magang. Sepanjang kita mengerjakannya berdasarkan kecintaan, yang kita dapatkan tak hanya sebatas lembaran nilai dari kampus. Ada pengalaman, arena bermain yang seru, wadah berekspresi, dan masa depan yang lebih baik. Selamat mencoba!

Bintang Maulidya
9 hours 'ago'

Pendaftaran PPDB (penerimaan peserta didik baru) 2019 online untuk jenjang SMP negeri di Jepara dimulai hari senin 17 Juni 2019. Kuota penerimaan siswa ditenentukan berdasarkan zonasi, prestasi, dan siswa pindahan. Ada lima persen kuota prestasi dari hasil akumulasi nilai ujian sekolah dan poin prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Agus Tri Harjono menjelaskan, masyarakat masih kebingungan dengan kuota lima persen jalur prestasi itu. Pemahaman sebagain masyarakat, jalur prestasi hanya untuk siswa yang punya prestasi di luar nilai ujian. Padahal, jalur tersebut menggunakan skema penambahan nilai ujian dan prestasi. Nilai US (ujian sekolah) juga termasuk prestasi. Artinya, walaupun tidak punya prestasi, bisa mendaftar di jalur prestasi menggunakan nilai itu.

Sementara itu, PPDB online SMP negeri berlangsung tiga hari. Mulai Senin (17/6) hingga Rabu (19/6). Hasil analisa peringkat disampaikan pada 21 Juni mendatang. Peringkat pendaftar ditentukan tiga jenis jalur pendaftaran. Pembagian kuota ini dibagi sesuai dengan daya tampung sekolah. Setiap sekolah memiliki daya tampung siswa yang berbeda. Dari daya tampung yang dimiliki sekolah, 90 persen kuotanya diperuntukkan siswa berdasarkan zonasi, lima persen siswa prestasi, dan lima persen siswa pindahan. Namun zonasi calon peserta didik ini, tidak berdasarkan wilayah desa sekitar sekolah. Melainkan berdasarkan jarak antara domisili peserta didik dengan sekolah lokasi pendaftaran.

Pendaftaran dari jalur zonasi mewajibkan sekolah menerima calon peserta didik baru dari zonasi terdekat dengan sekolah sebanyak 90 persen dari daya tampung. Sedangkan jalur prestasi yang berdomisili di luar zona terdekat dari sekolah paling banyak lima persen dari jumlah peserta didik yang diterima. Lalu, jalur bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar zona terdekat dari sekolah dengan alasan khusus sebanyak lima persen. Alasan khusus itu, seperti perpindahan domisili orang tua atau peserta didik serta alasan bencana alam atau sosial.

Nurul Marta
12 hours 'ago'

Ilustrasi tumbuh kembang tanaman.

Sama seperti beberapa makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga telah melalui berbagai evolusi sebagai langkah bertahan hidup. Tidak hanya warna, bentuk, atau kemampuan untuk memancing penyerbukan oleh makhluk lainnya, tumbuhan juga mengembangkan kemampuan mempertahankan diri.

Tumbuhan mengembangkan duri, racun, hingga mekanisme pertahanan lainnya agar mereka tidak dirusak atau dimangsa oleh makhluk lainnya. Menakjubkan? Ini belum seberapa. Mereka ternyata lebih aktif melawan makhluk herbivora daripada yang kita kira sebelumnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Tim ahli biologi Leipzig University dan The German Centre for Integrative Biodiversity Research (iDiv), mengungkap bahwa tanaman Beech Eropa (Fagus sylvatica) dan sycamore (Acer pseudoplatanus) dapat membedakan apakah pucuk-pucuk mereka rusak akibat dimakan rusa atau karena gangguan lain, seperti badai misalnya. 

Para peneliti melaporkan, ketika rusa memakan dedaunan muda mereka, pohon dapat merasakan liur hewan tersebut pada daun yang terluka atau rusak. Tidak berhenti sampai situ, hal ini kemudian memicu respons pohon untuk memproduksi hormon yang dikenal sebagai asam salisilat.

Hormon tersebut kemudian menyebabkan terjadinya peningkatkan konsentrasi zat tanin pada bagian daun yang rusak. Zat tanin memiliki rasa yang pahit dan lengket, sehingga bisa membuat rusa tak lagi bernafsu untuk menyantap dedaunan tersebut.

Tidak hanya itu, tanaman kemudian akan dengan segera memproduksi hormon pertumbuhan yang lebih banyak, sehingga tunas yang tersisa dapat tumbuh lebih cepat dan menggantikan bagian yang hilang akibat dimakan hewan.

“Pada sisi lain, jika dedaunan muda rusak karena hal-hal lainnya, dan bukannya karena dimakan hewan, pohon tidak akan merangsang produksi asam salisilat maupun maupun zat tanin, tetapi mereka tetap memproduksi hormon penyembuh luka dan pertumbuhan agar segera dapat menggantikan bagian yang rusak,” ungkao Bettina Ohse, penulis utama studi.

Kompleksitas mekanisme pertahanan diri tanaman ketika dimakan oleh hewan mungkin mengejutkan kita. Studi sebelumnya bahkan menemukan bahwa ketika dirinya sedang dimakan, tanaman dapat memperingatkan tanaman lain di sekitarnya tentang bahaya yang sedang mengancam mereka.

Ketika hewan mulai mengunyah daun, tanaman menghasilkan senyawa organik yang mudah menguap ke udara. Ketika senyawa ini terdeteksi oleh tanamanlain di sekitarnya, mereka akan mempersiapkan pertahanan diri dengan meningkatkan konsentrasi senyawa tanin pada daun-daun mereka.

Selama ini kita mengenal tumbuhan sebagai organisme pasif, namun ternyata sebenarnya mereka melakukan perlawanan sengit terhadap hewan-hewan yang memangsanya. Hal ini mungkin membawa kita kepada tokoh fiksi bernama Groot, dalam film Guardians of The Galaxy.

Nurul Marta
13 hours 'ago'

APA ITU TANAMAN VARIEGATA ?

Pengertian Variegata yaitu bagian dari tanaman yang memiliki suatu perbedaan warna dengan warna aslinya , pada umumnya letaknya berdampingan pada satu bagian tubuh tanaman. Variegata diekspresikan dalam bentuk bagian tanaman berupa belang atau bercak warna yang berbeda dengan warna aslinya. Warna variegata pada umumnya yaitu kuning, putih,merah muda dan coraknya tidak beraturan, Namun ada juga variegata yang coraknya beraturan bahkan bisa terjadi pada seluruh bagian sehingga tampilan warnanya hanya kuning, putih, atau merah muda saja
Bagaimana proses terjadinya variegata? Variegata terjadi akibat hasil dari perubahan genetik atau mutasi pada sel-sel tanaman. Mutasi atau perubahan dapat terjadi secara alami ataupun dengan buatan. Mutasi yang terjadi secara alami sangatlah langka dan jarang, kisaran terjadinya 1 banding 1000000, sedangkan mutasi buatan lebih sedikit perbandingannya. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengapa ada yang sengaja membuat mutasi? Karena tanaman varigata mempunyai nilai ekonomi tersendiri bahkan nominalnya bisa dikatakan tidak wajar karena diatas rata-rata. Tanaman varigata tertentu menjadi buruan para kolektor tanaman langka.

gambar sawo manila dan palem weregu variegata

sawo manila dan palem weregu variegata

Mutasi yang menyebabkan variegata adalah perubahan sebagian kecil dari gen (gen warna) pada sel titik tumbuh tanaman, sehingga menimbulkan pada perkembangan sel-sel tersebut bisa membelah dan semakin banyak. Di lain sisi sel yang normal atau sehat juga berkembang. Kedua jenis sel itu bersama-sama berkembang sampai membentuk organ seperti daun, pada kondisi itulah daun tersebut dinamakan dengan variegata.

contoh gambar bunga sepatu variegata

gambar bunga sepatu variegata

Pada pertumbuhan tanaman, warna variegata tidak selalu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Terkadang bagian ini kembali berwujud seperti semula berwarna hijau. Ada dua kemungkinan hal ini bisa terjadi, yaitu disebabkan sel variegata mempunyai sifat mutasi dapat kembali normal (tidak permanen) dan yang kedua yaitu disebabkan sel variegate lemah atau tidak sempurna. Sifat lemah variegata bisa menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit atau tidak dapat mampu bersaing dengan sel sehat/normal dalam menyerap suplai sari makanan, pada akhirnya sel tersebut tidak berkembang dan mati. Oleh karena itu kita dapat menjumpai tanaman hijau-kuning yang lama kelamaan kembali berwarna hijau.

bunga paarigata Ashoka daun lebar

bunga parigata Ashoka

Di dalam dunia tanaman hias, tanaman variegata mempunyai nilai lebih jika dibandingkan yang berwarna biasa. Mungkin dikarenakan coraknya yang lebih memiliki daya tarik dan langka karena diluar kewajaran tanaman pada umumnya. Namun jangan sampai terkecoh dalam menentukan tanaman tersebut variegata atau bukan, bisa saja sama-sama memiliki corak warna yang berbeda pada satu bagian tanaman tetapi ternyata tanaman tersebut berpenyakit atau karena kekurangan unsur hara.

Ciri-ciri yang paling terlihat dari variegata yaitu pada batas coraknya jelas dan saling terhubung dengan corak pada bagian yang lain sebab variegata tersebut terjadi dari mutasi sel. Coraknya bisa diidentifikasi mirip seperti batik karena batasnya jelas. Sedangkan perbedaan warna yang disebabkan dari penyakit atau kekurangan hara yaitu menyerupai bercak tumpahan kopi, terdapat tingkatan (gradasi) warna yang beda dan tak beraturan dan juga tidak saling terhubung antara beberapa bercak. Jika ditemui bercak yang tak terhubung bisa dicurigai hal tersebut mungkin bukan variegata.

contoh gambar sepatu filum variegata

gambar sepatu filum variegata

Ciri yang lain yaitu bercak variegata bisa terlihat sampai ke batang atau yang paling tidak terlihat sampai tangkai dan juga tulang daun, sedangkan yang terserang penyakit atau kekurangan unsure hara hanya terjadi pada daun saja (umumnya pada pinggir daun). Hal tersebut disebabkan mutasi sel berawal dari pucuk meristem (titik tumbuh) lalu terus tumbuh dan berkembang sampai membentuk daun. Dari hal tersebut sel-sel hasil pertumbuhan itu bisa terlihat di batang, tangkai dan sampai tulang daun.

Nurul Marta
13 hours 'ago'

Pengertian tumbuhan dan tanaman perlu diketahui siapa saja. Pasalnya, keduanya sering disalah artikan sebagai sesuatu yang sama. Padahal tanaman dan tumbuhan memiliki perbedaan tersendiri. Meskipun semuanya merupakan jenis flora, tak sedikit yang menyebut tumbuhan sebagai tanaman ataupun sebaliknya.

Pengertian Tumbuhan dan Tanaman

Pengertian tumbuhan dan tanaman

Tumbuhan memiliki arti yang berbeda dengan tanaman. Tumbuhan sendiri adalah organisme yang tergolong pada kerajaan plantae.

Ada sekitar 350.000 spesies yang termasuk organisme yang tergolong tumbuhan. Kebanyakan tumbuhan berwarna hijai. Meskipun tak jarang ditemui pula warna lain seperti kuning. Hal tersebut tergantung dari dominasi pigmen klorofil yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut.

Sedangkan tanaman merupakan jenis tumbuhan juga. Tanaman ini merupakan organisme yang dengan senagja dibudidayakan di ruang atau media tertentu. Tanaman ini akhirnya akan dipanen ketika sudah memasuki tahap pertumbuhan tertentu. Semuanya sengaja dibudidayakan untuk diambil nilai ekonomisnya.

Jenis tanaman ini bisa beragam, dari jamur, alga, kacang-kacangan hingga umbi-umbian. Semuanya bisa memenuhi kebutuhan hidup manusia khususnya dalam hal penyediaan pangan.

Perbedaan Tumbuhan dan Tanaman

Pengertian tumbuhan dan tanaman

Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tanaman dan tumbuhan adalah dua hal yang bebeda. Tanaman termasuk pada tumbuhan, namun tak semua tumbuhan adalah tanaman.

Perbedaan yang lebih jelas ialah tumbuhan merupakan flora yang tumbuh serta berkembang dengan cara alami di alam. Pertumbuhan flora ini tanpa campur tangan manusia atau tanpa pembudidayaan tertentu. Sedangkan tanaman ialah flora yang tumbuh dan berkembang dengan campur tangan manusia melalui proses pembudidayaan.

Dengan kata lain, tumbuhan itu tumbuh dengan sendirinya. Dan tanaman sengaja di tanam oleh manusia. Misalnya ialah tanaan padi. Flora ini disebut dengan tanaman karena sengaja ditanam untuk kemudian dipanen oleh petani.

Jenis-Jenis Tanaman dan Tumbuhan

Pengertian tumbuhan dan tanaman

Antara tanaman dan tumbuhan, ternyata masing-maisng terdapat kategori dan golongan. Semuanya merupakan flora yang sangat akrab dengan kehidupan manusia. Khususnya tanaman, selain untuk pangan, keberadaannya juga memenuhi kebutuhan papan manusia. Berikut ini ada golongan-golongan tanaman dan tumbuhan :

Di dalam dunia tumbuhan ada beberapa kategori, yaitu :

  • Tumbuhan berbunga
  • Tumbuhan berbiji terbuka
  • Lycopodiopsida
  • Paku-pakuan
  • Lumut
  • Alga hijau

Sedangkan tanaman bisa dibedakan menjadi :

  • Tanaman pangan utama yang menghasilkan biji-bijian atau serealia
  • Tanaman berupa kacang-kacangan
  • Tanaman penghasil buah-buahan
  • Tanaman penghaisl sayur mayor
  • Tanaman industri berupa karet, pewarna, dll
  • Tanaman penghasil rempah
  • Tanaman penghasil umbi-umbian
  • Tanaman serat yang dimanfaatkan manusia
  • Tanaman obat
  • Tanaman penghasil minyak atsiri

Manfaat Tumbuhan dan Tanaman di Sekitar Kita

Pengertian tumbuhan dan tanaman

Kita sering menemukan tanaman maupun tumbuhan di lingkungan kita. Lihat saja sekeliling kita, pasti ada banyak tanaman maupun tumbuhan di tempat Anda. Mulai dari rumput hingga mungkin bonsai yang sengaja dibudidayakan.

Perlu ditekankan kembali bahwa tumbuhan dan tumbuhan sangat berbeda. Meskipun dua kata tersebut merujuk pada satu golongan, yaitu merujuk pada flora. Tumbuhan banyak sekali ditemui di hutan, tepi jalan, pekarangan rumah. Ada tumbuhan yang menganggu seperti halnya rumput yang tumbuh liar diantara tanaman budidaya.

Namun ada pula tumbuhan yang bermanfaat. Karena pohon-pohon yang ada dihutan termasuk jenis tumbuhan. Semuanya menyumbangkan manfaat bagi kehidupan manusia dan alam sekitar. Tumbuhan Sedangkan tanaman memiliki manfaat dari nilai ekonomisnya. Semuanya ditanam guna memenuhi kebutuhan manusia.

Setelah tahu pengertian tumbuhan dan tanaman, kita juga harus tahu manfaatnya. Hal ini karena, manfaat tanaman dan tumbuhan sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Hal ini harus kita sadari sehingga kita tahu bagaimana melindungi dan menghargai keberadaan mereka.

Rizki Anugrah Ramadhan
13 hours 'ago'

Orang yang tertarik pada bahasa asing juga cenderung tertarik pada kancah internasional. Oleh karena itu, Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) cenderung dilihat sebagai istana megah yang berdiri di puncak bukit. Organisasi dunia PBB tidak saja menjadi standar emas dalam diplomasi internasional, namun juga standar dalam keterampilan linguistik.

Ada enam bahasa yang digunakan secara resmi di PBB. Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Sebagian besar dari bahasa-bahasa ini menjadi bahasa resmi karena paling banyak digunakan di dunia. Namun, semua ini juga tidak terlepas dari sejarah politik di balik terpilihnya enam bahasa yang digunakan oleh PBB. 

Walaupun belakangan ini sudah banyak aplikasi penerjemah, tidak ada salahnya kalau kamu tetap mempelajari salah satu dari keenam bahasa ini. Selain mempermudah dan mempercepat komunikasi, kemampuan bahasamu bisa menjadi nilai plus tersendiri. Entah untuk kualifikasi melamar kerja di perusahaan maupun di PBB, mengambil kesempatan belajar dan tinggal di luar negeri, hingga solo travelling. Sudah banyak aplikasi untuk belajar bahasa baru. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar!

Sesuai slogan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, "Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Pelajari Bahasa Asing!"

1. Bahasa Inggris: "Hello!"

Kita sudah mempelajari Bahasa Inggris mulai sejak pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa wajib untuk berkomunikasi di dunia internasional. Kehidupan kita juga tidak bisa lepas dari Bahasa Inggris. Coba lihat setiap aplikasi di gawai milikmu. Apakah ada yang tidak memakai Bahasa Inggris?

Pada tahun 1946 setelah berdirinya PBB, kelima bahasa pada saat itu (kecuali Bahasa Arab) diadopsi sebagai bahasa resmi, bahkan Bahasa Inggris dan Perancis diadopsi sebagai bahasa kerja. Perbedaannya, bahasa kerja adalah "bahasa pertukaran profesional sehari-hari," sedangkan bahasa resmi adalah bahasa di mana semua dokumen resmi harus ditulis.

Sebagai bahasa internasional, kamu wajib mempelajari Bahasa Inggris. Pergaulan internasional mengharuskan kamu untuk aktif berbahasa Inggris. Beruntung bagi kamu yang saat ini tengah menimba ilmu di negeri orang dan sehari-harinya berbicara dalam Bahasa Inggris. Kamu sudah memiliki modal awal yang baik. Sebaiknya, kamu belajar bahasa lainnya untuk menambah peluangmu masuk dan bekerja di PBB yang bermarkas di New York.

2. Bahasa Perancis: "Bonjour!"

Bahasa Perancis menjadi salah satu bahasa resmi dan bahasa kerja di PBB pada tahun 1946. Memasukkan Bahasa Perancis menjadi hal yang masuk akal, karena bahasa ini  banyak digunakan di dunia. Tidak hanya di Eropa, di Afrika (Selatan) pun menggunakan Bahasa Perancis sebagai bahasa nasional mereka.

Namun, Bahasa Perancis menjadi sangat sulit dimengerti jika kamu baru mempelajarinya. Apalagi, penulisan dan pengucapan dalam Bahasa Perancis adalah dua hal yang berbeda. Apa yang kamu tulis, tidak sama dengan apa yang harus diucapkan. Tetapi, jangan patah semangat. When there is a will, there is a way!

Dinamika peradaban di dunia ini memang tidak terlepas juga dari sejarah Perancis. Persatuan Bangsa-Bangsa di dunia mewajibkan kamu yang ingin bergabung bersama mereka untuk berbahasa Perancis. Kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa lebih dari dua bahasa internasional, maka kamu layak bekerja di PBB. Sebagai langkah awal, ada baiknya kamu mencari makna pepatah tua ini: "Abondance de bien ne nuit pas." Tidak ada salahnya mempersiapkan semuanya sejak awal!

3. Bahasa Spanyol: "Hola!"

Masih ingat dengan ekspansi Bangsa Spanyol sejak abad 14? Pada saat itu, Spanyol dan Bangsa Portugal berbagi wilayah di dunia untuk dikuasai. Kesepakatan itu dibuat pada tahun 1494 dan dikenal dengan nama The Treaty of Tordisillas. Perjalanan Columbus menjelajahi dunia menjadi dasar kesepakatan tersebut, yaitu untuk meletakkan dan memperluas pengaruh Spanyol. Jauh sebelum kesepakatan tersebut dibuat, Columbus telah mengklaim San Salvador, Kuba and Hispaniola sebagai wilayah baru yang ditemukannya. Setelah Christopher Colombus menemukan Amerika di tahun 1492, penaklukan wilayah baru meluas ke wilayah selatan dan tengah Amerika, sebagian Karibia, Meksiko dan sebagian besar Amerika Serikat. Bayangkan seberapa besar pengaruh Spanyol dalam peradaban dunia. 

Walaupun kriteria bahasa resmi adalah bahasa dari negara-negara yang paling berpengaruh secara politis dan kuat di masa pasca perang, Bahasa Spanyol dimasukkan karena merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahasa Spanyol menjadi bahasa yang dipakai hampir di seluruh wilayah Amerika sehingga jelas posisinya sebagai salah satu bahasa internasional yang wajib digunakan di PBB. Bagi kamu yang ingin memulai belajar Bahasa Spanyol, kamu bisa menonton Dora the Explorer. Dalam setiap episode pasti kamu akan menemukan bagimana cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Spanyol. "Hola, soy Dora!" atau "Hola, mi nombre es Dora." Kata-kata lain yang selalu ada dalam film Dora, seperti amigosla familiaabuelavamonos, dan sebagainya. Dengan menguasai bahasa ini, kamu berpeluang besar untuk bergabung menjadi staf PBB.

4. Bahasa Rusia: "Привет!"

Sebelum Rusia terpecah menjadi negara-negara baru, Rusia dikenal dengan nama Uni Soviet atau Union of Soviet Socialist Republics, disingkat menjadi  USSR. Di era perang dingin, hegemoni kekuasaan ada di antara Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara tersebut dianggap sebagai negara adidaya. Meskipun pengaruh Rusia di dunia global tidak sebesar dulu, pengaruhnya masih terasa hingga saat ini. Negara Rusia juga menjadi negara anggota tetap di Dewan Keamanan yang ada di PBB. Jadi, wajar saja bila Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa wajib di PBB.

Bahasa Rusia menjadi bahasa resmi baik dalam Majelis Umum maupun Dewan Keamanan PBB pada tahun 1968 dan 1969 setelah deklarasi Brezhnev Doctrine, sebuah doktrin yang menegaskan hak Uni Soviet untuk campur tangan dalam persoalan luar negeri.

Pernahkah kamu menonton film James Bond 007 yang berjudul Golden Eye? Film ini bercerita tentang era akhir perang dingin dan kejatuhan Rusia. Ada beberapa kata dalam Bahasa Rusia yang familiar di telinga jika kita menonton film tersebut. Misalnya спасибо yang dibaca spaseeba, "пожалуйста" yang dibaca pazhalusta dan "не стоит" yang dibaca ni stoit. Spaseebaartinya terimakasih, pazhalusta "terimakasih kembali," dan ni stoit yang artinya "tidak perlu berterimakasih".

5. Bahasa Cina: "你好!"

Bahasa Cina merupakan bahasa paling yang tidak kalah sulit untuk dipelajari. Bagi kamu yang sangat menyukai tantangan, Bahasa Cina menjadi bahasa yang tepat untuk kamu pelajari. 

Yang menjadi standar Bahasa Cina di PBB adalah Bahasa Mandarin, salah satu dalam kelompok Bahasa Tionghoa yang paling umum dan banyak digunakan di dunia. Setiap suara dalam sistem transkripsi fonetik pinyin Mandarin memiliki empat cara pengucapan yang berbeda. Belum lagi, Bahasa Mandarin adalah bahasa yang kaya homofon, penuh dengan idiom, dan kata-kata mutiara dari sejarahnya yang panjang.

Mengucapkan sepatah kata, seperti "Ma," dengan nada yang berbeda membuat perbedaan tipis antara kosakata "ibu" dan "kuda". Hal ini membuat Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang paling sulit di dunia untuk dipelajari, khususnya oleh penutur Bahasa Inggris. But don't worry!

一步一个脚印, atau dibaca "Yibu yige jiaoyin," bermakna setiap langkah akan meninggalkan jejak. Jadi, lakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh, maka perubahan yang baik akan terjadi!

6. Bahasa Arab: "مرحبا"

Bahasa Arab baru ditambahkan pada tahun 1973. Sementara, bahasa resmi lainnya dipilih ketika PBB didirikan (Inggris dan Perancis), pertimbangan historis (Spanyol) dan pertimbangan politis secara global (Rusia dan China). Sementara itu, Bangsa Arab berhasil menegosiasikan cara untuk menjadi bahasa resmi di PBB. Mereka bahkan mendorong semua negara anggota PBB yang berbahasa Arab bersedia untuk membayar biaya pengenalan Bahasa Arab selama tiga tahun kepada PBB. 

Bangsa-bangsa yang tinggal di kawasan Asia Barat umtumnya menggunakan Bahasa Arab. Pertimbangan banyaknya pengguna Bahasa Arab di dunia ini juga yang sesungguhnya membuat bahasa tersebut pantas menjadi salah satu bahasa resmi di PBB.

Perkembangan selanjutnya. Bahasa Arab menjadi bahasa tersulit kedua setelah Mandarin. Dalam bahasa Arab, sebagian besar huruf ditulis dalam 4 bentuk berbeda. Tergantung di mana huruf itu ditempatkan dalam sebuah kata. Yang lebih menyulitkan, huruf vokal tidak dimasukkan saat menulis. Hal ini membuat penerjemahan menjadi tugas yang jauh lebih sulit dalam bahasa Arab daripada bahasa-bahasa lainnya.

Selain itu, Bahasa Arab memiliki banyak dialek yang berbeda. Bahasa Arab yang digunakan di Mesir tentunya berbeda dari yang digunakan di Arab Saudi. Namun seperti semboyan dalam Bahasa Arab,  اتَّكَلْنا منه على خُصٍّ الاتحاد قوة  yang artinya unity is power, mereka bersatu untuk tampil di dunia internasional.

Dengan mempelajari salah satu dari keenam bahasa di atas, kamu tidak hanya dapat memahami dialek-dialek yang berbeda. Saat kamu bergaul secara internasional, kamu tidak akan lagi menemui kendala bahasa.

If you want the adventure, plan it right now! Mulailah belajar, karena suatu saat mungkin saja kamu akan keluar-masuk markas PBB untuk berkarir di sana.

Nurul Marta
13 hours 'ago'

Bermanfaat untuk kesehatan dan indah di pandang

5 Fakta Menarik Buah Parijoto, Tanaman Hias Sekaligus Obat Herbalflickr.com/[email protected]

Nama buah Parijoto mungkin cukup asing ditelingamu, namun di beberapa daerah di Indonesia, buah ini sudah dibudidayakan, lho. Buah yang memiliki nama latin Medinilla speciosa berwarna merah muda ketika masih mentah dan ungu kehitaman ketika sudah matang. Jika kamu masih penasaran, berikut ini fakta buah parijoto yang perlu kamu ketahui.

1. Tanaman semak yang hidup di hutan hujan tropis

5 Fakta Menarik Buah Parijoto, Tanaman Hias Sekaligus Obat Herbalstuff.co.nz

Buah Parijoto ini ada yang telah dibudidayakan seperti di Kabupaten Kudus atau bahkan tumbuh liar di daerah dataran tinggi. Buah tersebut biasannya tumbuh subur pada ketinggian 800 sampai 2.300mdpl dan hutan hujan tropis.

Kamu pun bisa menemukannya dengan mudah di beberapa dataran tinggi di Indonesia, seperti Gunung Andong dan Gunung Muria. Selain itu, persebarannya pun sampai Kalimantan dan Filipina dengan sebutan anggur Asia.

2. Dipercaya bermanfaat untuk kesuburan dan ibu hamil

5 Fakta Menarik Buah Parijoto, Tanaman Hias Sekaligus Obat Herbalflickr.com/vsny

Berdasarkan penelitian beberapa ahli, buah parijoto tersebut mengandung antioksidan yang baik untuk kesuburan. Selain itu, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bagus jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, pria pun boleh mengonsumsi buah tersebut untuk meningkatkan kesuburannya.

3. Tanaman hias yang menjadi primadona

5 Fakta Menarik Buah Parijoto, Tanaman Hias Sekaligus Obat Herbaleikohworld.co.jp

Salah satu jenis tanaman semak ini biasanya juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Apabila di beberapa wilayah Indonesia parijoto tumbuh liar atau dibudidayakan sebagai obat herbal, berbeda dengan di luar negeri. Parijoto dijadikan tanaman hias di Eropa, Amerika dan Asia, seperti di Jepang, bahkan menjadi primadona dan harga pasar yang cukup mahal.

4. Dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk

5 Fakta Menarik Buah Parijoto, Tanaman Hias Sekaligus Obat Herbalbukalapak.com/thony_ngelapak

Selain sebagai tanaman hias dan obat herbal, buah tersebut dapat diolah dalam beragam variasi. Ada yang berupa sirup dalam bentuk kemasan. Tidak hanya itu, buah parijoto yang memiliki rasa sedikit asam tersebut dapat disulap menjadi selai, permen, roti maupun keripik. Kamu pun tidak perlu repot lagi bila ingin menjadikan buah parijoto sebagai

5. Inspirasi motif batik Nusantara

5 Fakta Menarik Buah Parijoto, Tanaman Hias Sekaligus Obat Herbalmuriabatikkudus.com

Tanaman ini selain bermanfaat untuk dijadikan obat-obatan juga menginspirasi dalam pembuatan motif batik. Motif batik di setiap daerah biasanya berasal dari potensi yang ada di wilayah tersebut. Seperti halnya di Kabupaten Kudus yang terkenal dengan buah Parijoto khas Gunung Muria. Kemudian menjadikan parijoto sebagai motif batik khas daerah tersebut. Selain itu, batik sinom parijoto salak menjadi motif khas Kabupaten Sleman.

Nah, beberapa fakta buah parijoto di atas membuat rasa penasaranmu hilang, kan?

Nurul Marta
14 hours 'ago'

Yang susah tidur, cobain deh ramuan dari tumbuhan ini!

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/congerdesign

Meskipun sering disangka rumput liar yang gak ada manfaatnya, ternyata tumbuhan yang dijuluki "putri malu" ini punya segudang khasiat yang menakjubkan lho. Tumbuhan yang punya nama latin Mimosa pudica ini disinyalir ampuh banget mengobati berbagai penyakit.

Mulai dari luka akibat penyakit diabetes sampai penangkal bisa ular, semuanya bisa diatasi dengan tumbuhan ajaib ini. Gak percaya? Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini!

1. Menyembuhkan luka bagi penderita diabetes

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/KrishnenduPramanick

Tumbuhan yang sangat sensitif terhadap rangsangan ini ternyata punya khasiat ajaib untuk menyembuhkan luka bagi penderita diabetes lho. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian salah satu universitas ternama di Indonesia. Ekstrak kloroform yang terkandung dalam akar tumbuhan inilah yang diduga ampuh banget menyembuhkan luka yang dialami para penderita diabetes.

2. Menyembuhkan batuk

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/PublicDomainPictures

Buat kamu yang lagi batuk dan sudah minum berbagai obat tapi gak kunjung sembuh, cobain deh konsumsi air rebusan dari daun putri malu ini. Soalnya kandungan zat yang ada di tumbuhan ajaib ini dipercaya ampuh untuk mengobati batuk yang disertai dahak.

Air rebusan daun putri malu ini juga bisa menjadi obat alami dalam menyembuhkan penyakit pernapasan seperti flu dan semacamnya . Cukup dengan merebus 10-15 gram daun putri malu, kamu dapat meminum ramuan ini.

3. Mengobati hepatitis

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/JanHaerer

Tanaman yang mengandung berbagai zat bermanfaat seperti mimosin, tanin, asam pipekolinat ini, ternyata bisa menjadi obat herbal alami untuk menyembuhkan penyakit hepatitis lho. Gak cuma itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun putri malu ini juga dapat meminimalisir gejala peradangan pada organ hati, akibat dari virus penyakit hepatitis. Nah, ajaib banget kan tumbuhan ini, guys.

4. Menghentikan pendarahan dan infeksi

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Maluunsplash.com/shyamen

Ekstrak bubuk tumbuhan ajaib ini juga bisa menghentikan pendarahan dan infeksi lho. Kandungan senyawa tanin dan antioksidan yang ada pada putri malu inilah yang mampu menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi, serta membantu dalam proses pembentukan kulit yang lebih sehat.

5. Melindungi hati

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/congerdesign

Selain mampu menghentikan penarahan pada luka, tumbuhan putri malu juga dapat menjaga organ hati tetap sehat dan terbebas dari racun berbahaya dalam tubuh lho. Kandungan etanol, tanin dan zat baik lainnya inilah yang diduga mampu melindungi hati dari berbagai serangan bakteri maupun virus jahat. Dengan mengosumsi ekstrak daun putri malu ataupun air rebusan daunnya, organ hati kamu bakal terlindungi dari berbagai penyakit.

6. Mengatasi insomnia

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/ecoplay1

Siapa nih yang punya penyakit susah tidur saat malam hari? Eits, jangan khawatir, mulai sekarang cobain deh minum ramuan dari tumbuhan ajaib yang satu ini. Dijamin kamu gak bakal insomnia lagi deh.

Yups, tumbuhan putri malu memang mempunyai kandungan zat melatonin yang mampu memberikan efek sedatif (penenang), sehingga akan membuat tubuh kamu menjadi relaks, serta memicu rasa kantuk secara alami. Dengan hanya merebus 50 gram putri malu secukupnya dan diminum sebelum tidur, kamu bakalan bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

7. Mempercepat proses penyembuhan luka

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/Hans

Selain bisa menghentikan pendarahan dan infeksi, ekstrak tumbuhan unik ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka lho. Kandungan fenol yang ada dalam akar putri malu mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.

Bahkan tanaman ini juga digadang-gadang mampu menjadi obat untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Wah, hebat sekali ya tumbuhan imut yang satu ini.

8. Mengatasi wasir

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/Bubiorange

Kalau kamu lagi terserang penyakit wasir, tumbuhan imut ini juga bisa menjadi obatnya lho. Dengan menggunakan pasta dari daun putri malu ini, kamu bakal terbebas dari penyakit wasir. Soalnya, tumbuhan ini juga berfungsi sebagai astringent alami, memiliki sifat antiseptik dan dapat juga mengecilkan ukuran wasir serta mengurangi pembengkakan.

Cukup oleskan pasta daun putri malu di daerah yang sakit, maka pendarahan akan berhenti sekaligus mengurangi rasa sakit dari wasir. Bahkan ini bisa mengatasi iritasi sekaligus mengurangi gatal berkaitan dengan wasir. Lengkap banget kan khasiatnya, guys?

9. Menangkal bisa ular

Sering Dikira Cuma Rumput Liar, Ini 9 Khasiat Ajaib Tanaman Putri Malupixabay.com/aubryal

Tidak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi serta antioksidan, ternyata tumbuhan ini juga memiliki sifat antitoksin juga lho. Jadi ga heran kalo tumbuhan ini bisa  dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra.

Akar dari tanaman putri malu yang sudah dikeringkan dan direbus membuktikan bahwa ekstraknya terbilang efektif untuk menghambat racun dari bisa ular. Namun sebaiknya tetap dilakukan oleh pakar, agar dosis yang digunakan bisa tepat dan aman ya, guys.

Gak nyangka kan, guys? tumbuhan yang sering dianggap rumput liar tak berguna ini malah punya khasiat yang menakjubkan. Mulai sekarang kalau kamu menemukan tumbuhan ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk kesehatan. Selamat mencoba!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow