999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Bintang Maulidya
-56193 seconds 'ago'

Kabar baik untuk kamu yang suka membaca buku. Penelitian terkini menyebutkan bahwa seseorang yang hobi membaca bisa membuat hidup lebih lama dua tahun lamanya.

Menurut jurnal Social Science and Medicine dikutip dari iflscience.com bahwa seseorang yang rutin membaca buku 3,5 jam dalam satu minggu bisa membuat hidupnya lebih lama dua tahun dari orang yang biasanya.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Avni Bavishi dari Yale University School of Publik Health dalam penelitiannya selama 12 tahun membagi tiga grup antara lain kelompok yang tidak pernah membaca buku, kelompok yang membaca buku 3,5 jam per minggu atau kurang, dan kelompok yang membaca buku lebih dari 3,5 jam per minggu.

Sebanyak 17% terhadap mereka orang-orang yang memiliki hobi membaca buku akan hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak.

Dalam penelitiannya, buku merupakan sarana seseorang mendapatkan empati, sosial persepsi, dan kecerdasan emosional untuk seseorang yang suka membaca. Jadi kamu yang tidak suka membaca buku masih ragu manfaat dari buku yang amazing ini?

Rizki Anugrah Ramadhan
-52600 seconds 'ago'

Memiliki permasalahan tentang diri kamu yang tidak bisa dibicarakan dengan orang lain? Bingung mengatakannya atau merasa tidak enak dengan rahasia yang kamu miliki diketahui oleh orang lain? Mungkin satu cara ini bisa menjadi alternatif agar pikiran menjadi tenang. Menulis rahasia yang kamu miliki bisa membuat kamu sehat secara mental lho.

Menurut seorang ahli saraf, neurosurgeon dan chief executive of PINGMD dikutip dari lifehack.org mengatakan bahwa seseorang yang menyimpan rahasia memiliki beban pikiran. Ketika seseorang merasa paranoia dikarenakan sulitnya menyimpan rahasia, maka tingkat hormon pada tubuh akan meningkat yang membuat stress pada otak dan tubuh.

Hal itu berdampak pada metabolism tubuh, tekanan darah, daya ingat, dan juga respon otak.

Solusinya adalah menulis rahasia dalam secarik kertas yang tersimpan dengan baik. Cara itu bisa mengurangi beban pada diri seseorang.

Menulislah apapun hal itu yang menjadi rahasia yang kamu miliki. Tidak perlu mengecek kesalahan ejaan ataupun itu. Menulislah. Tulis semua hal tentang dirimu, bukan orang lain.

Hal yang akan terjadi selanjutnya adalah kamu akan merasa sedih di fase awal menulis. Hal yang wajar, ketika rahasia dalam hidupmu tercurahkan dalam secarik kertas.

Rahasiakan benar-benar tulisan tentang dirimu itu. Hanya kamu yang tau. Dan jika kamu takut nantinya ada seseorang yang membaca rahasia dirimu, ada baiknya untuk menyobek dan membuang kertas jauh-jauh.

Setelah itu,perasaan yang muncul akan menjadi lebih baik. Penasaran? Yuk dicoba…

Bos Babecom
4 hours 'ago'

Membuka mata di pagi hari bergegas bangun dari tempat tidur untuk kemudian melanjutkan  aktivitas sering menjadi hal yang bikin malas bagi banyak orang.

Rasa malas, capek dan rasa ingin masih tidur membuat kamu mengeluh dan tidak bersemangat untuk memulai aktivitas. Namun, salah satu bagian untuk membuatmu tetap bersemangat adalah bangun pagi.

Dilansir dari popsugar,  apapun ritual di pagi hari yang kamu lakukan bisa menentukan mood kamu seharian. Kalau dari pagi saja kamu sudah bermalas-malasan, maka jangan heran kalau sepanjang hari rasanya ada saja yang bikin kamu pusing.

ritual di pagi hari

Bermalas-malasan memang secara langsung bikin kamu enggak bersemangat, inilah yang akan memicu aura negatif dalam tubuhmu.

Beberapa orang yang secara konstan bangun pagi dengan bahagia terbukti enggak pernah bangun dalam keadaan menyesali sesuatu.

Orang  bahagia akan selalu bersuka cita melakukan aktivitas mereka dengan tidak menunda-nundanya dengan rasa malas.

So, usahakanlah memulai hari tanpa stress, dijamin kamu akan bahagia seharian. Fokuslah pada hal-hal dan suasana hati yang positif, percayalah, bahwa harimu akan lebih cerah dari biasanya.

ritual di pagi hari

Kebiasaan bangun pagi dengan suasana hati yang bersuka cita membuatmu lebih siap dalam menghadapi hari. Tak hanya membuatmu merasa punya hari yang lebih panjang, bangun pagi juga memunculkan semangat untuk menuntaskan banyak hal di hari tersebut.

Jangan lupakan juga ritual di pagi hari yang tak kalah penting, yaitu ucapkan syukur setiap kali bangun pagi, karena kamu masih diberi anugerah untuk hidup dan bernafas hari ini.

Jadi, masih kurang semangat atau masih bermalas-malasan karena tidak bahagia setiap kali bangun pagi? Semoga kamu termasuk orang yang selalu bersyukur ya, Semarfriends! 

Nurul Marta
6 hours 'ago'

Sukses merupakan impian hampir semua orang, tak terkecuali satu orang pun. Biasanya dalam hal pekerjaan, meskipun kamu belum bisa mencapainya, tentu kamu akan berjuang keras agar yang kamu impikan tercapai bukan? Sebenarnya kesuksesan adalah masalah waktu saja loh, masalahnya memang setiap orang sukses di waktu yang berbeda-beda.

Tapi tenang bisa jadi sebenarnya kamu adalah calon orang sukses namun kamunya yang enggak sadar karena terlalu memikirkan orang lain. Padahal pintu kesuksesan sudah dekat dan sedikit lagi menghampiri kamu, ada loh tanda-tandanya.

Memang sih tidak selalu berhubungan dengan pekerjaan, namun jika kamu memiliki 7 tanda ini, kamu merupakan salah satu bakal orang sukses. Apa sajakah tanda-tandanya? Berikut tanda-tanda orang sukses dilansir dari linked in,

Menurutmu respect lebih penting

tanda orang sukses

Seperti orang sukses yang kita ketahui, menurutnya kesusksesan itu sendiri tidaklah begitu penting. Justru yang menurut mereka penting adalah lebih mementingkan harga diri dan kehormatan diri sendiri dan orang lain dari pada seberapa tinggi jabatannya atau seberapa banyak harta yang ia miliki. Makanya itu kebanyakan orang sukses biasanya lebih mempesona dari pada orang ‘kaya’.

Kamu senang jika orang lain sukses

tanda orang sukses

Tanda calon orang sukses lainnya adalah menghargai kesuksesan orang lain. Mereka suka membantu orang lain mencapai kesuksesannya. Memang biasanya tanda-tanda kesuksesan ditandai dengan hal-hal moralitas dibanding hal yang pekerjaan.

Tidak merasa spesial

tanda orang sukses

Orang sukses biasanya suka merendah diri dan merasa dirinya bukan apa-apa. Tidak seperti orang yang mengumumkan kelebihannya, mereka justru tidak sombong dengan apa yang mereka miliki. Walaupun mereka unggul, justru orang sukses ini tidak ingin terlalu menonjol. Bahkan ia masih meminta saran dan bantuan dari orang lain.

Suka mencari pengalaman baru

tanda orang sukses

Calon orang sukses bahkan orang yang sudah sukses suka melakukan hal yang baru dan mendapat pengalaman yang baru. Mereka senang melakukan dan belajar hal baru karena mereka akan merasa memiliki banyak ilmu dan pengetauan. Tentunya pengalaman dan ilmu bukan hanya dicari saat dibangku sekolah, ketika kita sudah mapan pun orang ini gemar sekali belajar sesuatu yang baru. Kalau kamu masuk kriteria ini, kesusksesan sudah di depan mata!

Uang adalah tanggung jawab untukmu

tanda orang sukses

Hayo kalau uang menurut kamu adalah hadiah atas kerja kerasmu, coba perlahan-lahan ubah. Karena calon orang sukses melihat uang sebagai tanggung jawab, sehingga bisa dikelola dengan sebaik mungkin.

Kamu mudah empati

tanda orang sukses

Banyak yang bilang, sukses itu bukan cuma perkara banyak uang dan memiliki jabatan oke. Orang bijak bilang, orang yang sukses juga pasti memiliki hati yang baik. Ada benarnya juga loh karena salah satu tanda calon orang sukses adalah kamu memiliki empati. Jadi kalau kamu mudah empati terhadap orang lain, bisa jadi kamu calon orang sukses selanjutnya kan?

Tidak ada maksud pamer ke orang lain

tanda orang sukses

Orang sukses biasanya ingin mmbuktikan ke dirinya sendiri bahwa ia bisa melakukan hal yang melampaui batas. Untuk itu biasanya mereka tak tertarik untuk menunjukkannya ke orang lain. Kesusksesan bagi mereka adalah sesuatu untuk kepentingannya pribadi dibanding untuk memamerkan ke orang banyak.

Lintang Prisilia
6 hours 'ago'

Sejatinya banyak orang yang percaya bahwa kangkung mampu membuat Anda kantuk. Hal ini selalu jadi perbincangan khalayak umum akan kebenarannya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, tapi bukan berarti kalau tanggapan ini juga salah.

Setiap orang yang  mengantuk ternyata disebabkan  efek rileks bagi tubuh yang disebut sebagai triptofan, sebuah protein yang bisa memproduksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon serotonin sendiri ternyata bisa membuat sistem saraf otak bekerja dengan lebih rileks.

Kangkung mengandung mineral kalium dalam jumlah banyak (175 mg dalam satu cup kangkung), dan makanan tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah. Efek itulah yang dirasakan sebagai kantuk bagi sebagian orang.

Kebanyakan orang yang sering mengonsumsi karbohidrat juga memicu terjadinya kantuk di siang hari. Sehingga kangkung tidak bisa dijadikan tolak ukur pemicu kantuk pada manusia.

Kangkung sendiri menjadi salah satu favorit pecinta makanan khas Indonesia. Sayuran yang banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara ini sering di masak tumis. Menu-menu seperti tumis kangkung balacan, kangkung saus tiram, dan lainnya sangat sering dijumpai di warung-warung pinggir jalan.

Jangan takut ya untuk makan kangkung di pagi dan siang hari, sayuran akan serat ini soalnya bisa membuat pencernaan lancar  kembali.

Marissa Putri
7 hours 'ago'

Guru adalah seseorang yang memiliki tugas mulia. Pekerjaan mulia ini memiliki misi untuk membimbing muridnya menjadi lebih unggul. Bagi para murid, guru dinobatkan sebagai orang tua di sekolah. Karena selain mengajar, guru juga dipercaya oleh orang tua murid untuk menjadi pengganti mereka selama di sekolah. Orang tua “menitipkan” anak-anaknya ke guru dengan harapan menjadi lebih pintar dan memiliki budi pekerti yang baik.

Sungguh berat tugas guru ya. Selain mengajar, mereka juga harus mampu mendidik budi pekerti para muridnya. Tentunya, untuk menjadi seorang guru dibutuhkan keahlian khusus agar bisa mencetak murid-murid berprestasi. Selain memiliki ilmu pengetahuan yang luas, guru juga harus memiliki daya kreatif dalam mengajar agar mampu mencetak peserta didik yang pandai dan berbudi baik. Berikut ini beberapa langkah untuk menjadi guru yang kreatif.

Percaya Diri

Teacher talking to students at chalkboard

Seorang guru tentunya harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, apalagi saat mengajar. Kalau dari pribadi gurunya saja tidak memiliki rasa percaya diri, bagaimana bisa ilmu yang dimiliki tersampaikan dengan baik ke para murid? Jika Anda sudah yakin dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, maka ajarkanlah dengan penuh percaya diri agar ilmu yang disampaikan pun dapat diserap dengan baik oleh para murid.

Tak cuma percaya diri dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, guru juga harus memiliki rasa percaya diri untuk tampil di depan kelas. Kalau gurunya saja malu-malu, bagaimana bisa total dalam mengajar? Karena murid sangat menginginkan guru yang mampu berkomunikasi dengan baik agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah mereka mengerti.

Tak Pernah Malas untuk Belajar

library-man-reading-c-wide-banner

Jadi, tak cuma murid yang harus belajar agar bisa mendapat nilai yang bagus di sekolah, tapi guru juga harus terus belajar lho. Walaupun guru sudah mengerti semua materi yang harus diajarkan kepada murid, tetapi para guru juga dituntut untuk selalu belajar dan menemukan cara baru sebagai metode pengajaran yang efektif untuk dibagikan ke para murid.

Usahakan untuk tidak memiliki rasa puas agar terus bisa memacu Anda utuk terus belajar. Karena dengan belajar Anda memiliki kesempatan untuk terus mengambangkan diri. Guru yang memiliki pemikiran kreatif tentunya sangat dibutuhkan oleh peserta didik, sekolah, maupun guru lain, dan tentunya diri Anda sendiri.

Mengemas Pelajaran Agar Lebih Mudah Dimengerti Murid

o-ELEMENTARY-SCHOOL-TEACHER-facebook

Kalau pada poin sebelumnya dijelaskan bahwa Anda harus terus belajar, salah satu fungsinya adalah untuk menemukan sistem  pembelajaran yang praktis dan mudah dimengerti oleh peserta didiknya. Nah, disinilah salah satu tantangan menjadi seorang guru. Tak hanya mampu mengajar dengan baik, guru juga dituntut untuk berpikir “out of the box” agar menemukan teknik pembelajaran yang mudah dan menyenangkan untruk dipahami oleh murid.

Karena, guru kreatif tidak ingin peserta didiknya merasa bosan atau bahkan tertekan dengan materi yang diberikan. Jika para murid paham dengan materi pelajaran yang diberikan, sudah pasti mereka yang sangat senang untuk belajar. Efeknya, murid akan menjadi lebih memahami pelajaran dan bisa memperoleh nilai yang baik. Sehingga orang tua pun akan semakin percaya untuk menitipkan anaknya ke para guru.

Menjalin Komunikasi yang Baik Dengan Murid

6c4fa981111447d6_shutterstock_82693060.xxxlarge_2x

Untuk bisa mengajari para murid dengan lebih luwes, tentunya guru harus memiliki modal berkomunikasi yang baik dengan murid. Komunikasi yang terjalin dengan baik akan membentuk keterikatan yang baik pula. Sehingga murid tidak merasa canggung atau segan untuk menyampaikan pendapatnya. Karena pendapat murid juga sangat dibutuhkan oleh seorang guru sebagai bahan evaluasi. Baik evaluasi diri maupun evaluasi materi pembelajaran.

Jalinan komunikasi yang baik akan membentuk suasana kelas menjadi lebih hidup karena para murid tidak malu segan untuk menyampaikan pendapatnya.

Peka Potensi Diri dan Keadaan Murid

large_e50a067251c314e70e85

Seperti yang sudah sedikit diulas diatas, guru tak hanya bertugas untuk mengajar. Tapi, guru juga memiliki peran serta dalam mendidik budi pekerti anak. Ternyata, bukan cuma dua hal itu. Guru juga dituntut untuk mampu melihat potensi dan talenta yang dimiliki oleh para murid. Untuk itu, guru harus memiliki kepekaan untuk bisa menemukan dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh para peserta didik.

Karena guru mengemban amanah dari para orang tua murid, maka secara tidak langsung mereka juga dituntut untuk mengetahui kondisi psikologis peserta didiknya. Seorang guru harus peka melihat keadaan muridnya. Baik murid dalam keadaan bahagia maupun keadaan sedih. Guru harus memiliki kepekaan agar tahu keadaan muridnya, sehingga ia pun bisa mengatur pola dan ritme sistem pengajaran.

Tidak “Menjatuhkan” Muridnya

Teacher in classroom

Guru yang baik tidak akan pernah tega untuk menyalahkan muridnya di depan murid lain. Seorang guru harus bisa merangkul semua muridnya. Menyalahkan atau membeberkan kesalahan murid ke murid lain hanya akan merusak psikologisnya. Untuk itu, Anda dituntut untuk  bersikap adil dan mengayomi seluruh murid dengan baik.

Tenaga pengajar yang kreatif akan selalu menanamkan hal-hal yang positif kepada seluruh peserta didiknya. Karena dengan “menjatuhkan” murid, maka sama saja Anda memupuskan harapan peserta didik untuk berkembang dan menjadi lebih baik.

Mampu Menjadi Panutan

Professor giving class at the blackboard

Image source: http://www.missourilearningstandards.com/

Predikat “orang tua di sekolah” yang disandang oleh seorang guru merupakan sebuah hal yang tidak bisa disepelekan. Tanpa Anda sadari, murid akan mencontoh apa yang Anda lakukan. Maka jadilah model yang baik sebagai panutan para murid selain orang tua mereka di rumah.

Jika Anda merupakan seorang guru yang kreatif, maka Anda akan selalu menjadi yang terbaik bagi para murid. Guru yang kreatif akan selalu mencari cara untuk selalu menjadi yang terbaik tanpa melakukan hal yang tidak sepatutnya dilakukan.

Menjadi Pendengar yang Baik

teaching

Seorang guru yang kreatif akan bisa merangkap sebagai “tempat sampah” para muridya. Karena jika murid memiliki keluh kesah yang masih dipendam, maka akan menganggu konsentrasi mereka untuk belajar. Untuk itu, jadilah guru yang mampu merangkap sebagai pendengar yang baik agar menciptakan suasana kelas yang bersahabat dan selalu mengerti keadaan murid.

Berpikir Positif

615_300_Teacher

Pikiran yang selalu positif akan mendatangkan sesuatu yang inovatif dan kreatif. Pemikiran yang terbuka juga harus dimiliki seorang guru agar mampu membaca keadaan dan membuahkan ide-ide yang segar untuk menjadi bahan pengajaran yang kreatif. Selain itu, dengan selalu berpikir positif, maka Anda juga selalu sehat. Karena pemikiran yang positif akan mempengaruhi tubuh untuk selalu sehat.

Buang jauh-jauh pemikiran negatif, apalagi tentang murid. Berilah mereka kepercayaan untuk mengembangkan diri, tugas Anda sebagai guru hanyalah memantau dan mendapinginya.

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menjadi guru yang kreatif. Jika Anda menerapkannya setiap mengajar, maka secara perlahan Anda akan belajar menjadi guru yang kreatif.

Marissa Putri
7 hours 'ago'

Masih sering dibilang lemah otak alias lemot? Jangan khawatir, coba aja sederet tips berikut ini. Sering Disebut Lemot? Pake 8 Cara Ini Buat Ngebuangnya!

Bagaimana cara meningkatkan otak agar berpikir lebih cepat lagi dan nggak disebut lemot? Atau ingin menyetarakan kinerja otak ditengah gempuran persaingan rekan kerja dengan tugas-tugas kantor yang membutuhkan kreatifitas dan berpikir cepat?

Tenang, kalian nggak perlu khawatir untuk semua itu. Lakukan sederet langkah-langkah dibawah ini, dan bersiaplah untuk membuang jauh-jauh sebutan lemot di diri Anda.

1. Konsumsi Dosis EPA Secukupnya

EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya, jadi mengapa tidak memberikannya kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.

PUNYA OTAK ENCER, CEWEK KEMBAR IMUT INI HANYA BUTUH 1 TAHUN LULUS KULIAH!

2. Bermain Teka-teki

Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

3. Perbanyak Olahraga Jalan Santai

Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu Anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran Anda tetap jernih.

4. Pelajari Bahasa Baru

Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.

BENARKAH KONSUMSI ALKOHOL BISA PECAHKAN PEMBULUH DARAH OTAK?

5. Tertawa

Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya.

6. Lebih Kreatif

Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

7. Belajar Melempar Barang

Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.

SUKA NGGAK TERIMA DIBILANG OTAK NGERES? COBA BUKTIIN DISINI!

8. Berhubungan Dengan Kenak-kanakan

Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2). Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada apa yang kita pelajari selama satu dekade. Bebaskan pikiran Anda dari penjara pikiran “seorang dewasa”, Anda akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya, Anda mungkin akan membuat penemuan besar yang berikutnya.

Udah saatnya sekarang ucapkan selamat tinggal lemot…

Rizki Anugrah Ramadhan
7 hours 'ago'

 

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Kisi-kisi USBN danUN 2019 dapat diunduh di:

  1. Kisi-kisi USBN 2019
  2. Kisi-kisi UN 2019
Cinta Silvia
24 hours 'ago'

Kecerdasan seseorang enggak cuma bisa diukur dari tingginya nilai pelajaran di sekolah atau dari nilai IQ-nya saja loh. Teryata ada banyak sekali tanda yang bisa menunjukan bahwa seseorang memiliki otak yang cerdas.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, semua tanda-tanda itu bisa dilihat dari kebiasaan dan sifat yang kita lakukan setiap hari. Enggak percaya? Mending kamu simak informasi berikut ini:

1. KIDAL

Buat yang selama ini mengalami kidal, enggak perlu berkecil hati. Sebab dari hasil penelitian, orang yang mengalami kidal memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dari pada orang normal. Hal ini karena penggunaan tangan kiri mampu membuat kinerja otak lebih terstruktur.

Orang yang mengalami kidal, diperkirakan menggunakan kedua sisi otak untuk beraktivitas. Sementara orang yang menggunakan tangan kanan, hanya menggunakan satu bagian otak di sebelah kiri. Banyak orang-orang terkenal di dunia yang bertangan kidal, contohnya Leonardo da Vinci, Aristoteles, Mozart dan masih banyak lagi.

2. SERING KHAWATIR DENGAN HAL-HAL KECIL

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, orang yang sering merasa khawatir terhadap banyak hal cendrung memiliki kecerdasan tinggi. Selain itu, mereka adalah sosok yang dapat diandalkan untuk urusan pekerjaan.

3. SUKA BERCANDA

Siapa bilang orang yang suka bercanda itu tidak cerdas? Berdasarkan hasil studi uang dilakukan oleh ilmuan dari Univeristas New Mexico mengungkapkan, jika rasa humor yang dimiliki seseorang ternyata memperngaruhi kemampuan intelektual. Selain itu juga membuat otak dan sistem saraf lebih baik dan membuat otak lebih pintar.

4. SERING MERASA PENASARAN

Apakah kamu sering merasa penasaran dan ingin tahu akan hal-hal baru? Kalau iya, berarti kamu termasuk dalam golongan orang yang cerdas. Hal ini diungkapkan oleh seorang profesor bernama Tomas Chamorro-Premuzic dari Harvard Business Review. Menurutnya, anak-anak yang mendapat nilai tinggi dalam tes IQ adalah anak-anak yang memiliki rasa penasaran tinggi dan terbuka pada pengalaman baru.

5. MENDERITA INSOMNIA

Meski berdampak buruk bagi kesehatan, ternyata orang yang menderita insomnia memiliki tingkat kecerdasan otak lebih tinggi. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh majalah Personality and Individual Differences ditemukan fakta bahwa mayoritas orang pintar senang terbangun di malam hari untuk menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini karena pada saat malam hari, aktivitas otak sedang tinggi dan memudahkan seseorang untuk berpikir.

6. MUDAH TERPENGARUH HAL-HAL KECIL

Jika kamu sering merasa terpengaruh akan hal-hal kecil, kemungkinan kamu memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dari pada orang lain. Sebab menurut sebuah studi, semakin sulit bagi seseorang untuk berkonsentrasi, semakin pintar orang tersebut. Hal ini karena orang tersebut sulit untuk mempertahankan aktivitas otak yang sangat tinggi.

7. SUKA BERJALAN

Ilmuan asal Amerika Serikat menemukan fakta bahwa orang yang suka berjalan kaki, memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan orang yang selalu menaiki kendaran. Maka dari itu, kalau kamu ingin cerdas usahakan selalu berjalan kaki setiap hari.

8. MERAGUKAN KEMAMPUAN

Dalam hasil penilitian yang dilakukan oleh Justin Kruger dan David Dunning, menyebutkan jika semakin cerdas seseorang semakin sering dia meragukan kemampuannya. Selain itu, orang yang memiliki kecerdasan tidak takut mengatakan 'tidak tahu' untuk hal yang baru ia temui. Namun saat mengetahui sesuatu, mereka bisa menemukan hal-hal yang unik dan kreatif.

9. MUDAH MENGENDALIKAN DIRI

Kamu punya sifat sabar dan mudah menekan amarah? Kalo iya, tandanya kamu memiliki kecerdasan otak yang tinggi. Hal ini karena orang cerdas mampu menekan emosi dan berpikir jernih Mereka juga terbiasa untuk memikirkan konsekuensi sebelum melakukan sesuatu.

10. SERING MENUNDA-NUNDA

Sebagian besar orang berpendapat jika kebiasaan menunda-nunda sesuatu adalah sikap yang harus dihindari. Namun sebagian profesor menganggap jika kebiasaan ini merupakan sebuah tanda dari kreativitas dan gagagsan bersar dari seseorang.

11. SERING TIDUR SIANG

Orang yang pintar cenderung memiliki kebiasaan tidur siang. Hal ini karena otak bekerja lebih intensif dan membuat seseorang menjadi cepat lelah. Untuk bisa memulihkan kinerja otak kembali, kamu harus tidur siang selama 20 menit.

Nurul Marta
1 day 'ago'

Biasanya, menjelang tahun baru kamu bakal sibuk bikin berbagai resolusi. “Tahun depan mau ngapain ya?”, begitulah kira-kira yang sibuk dipikirkan. Nah, resolusi-resolusi yang belum tercapai semisal ingin menjadi dewasa seutuhnya kamu tulis ulang untuk tahun depan. Yah, siapa tahu bisa terwujud di tahun mendatang.

Tahun 2019 tinggal menghitung hari. Malu jika kamu masih menjadi pribadi yang belum dewasa. Katanya sih, kurang baik kalau tak ada perubahan yang lebih positif dari tahun sebelumnya. Daripada sibuk mikirin akhir tahun ke mana, lebih baik berkaca lagi yuk. Lakukan delapan perubahan berikut ini agar di 2019 kamu beneran sudah dewasa dan telah say good bye dengan pribadimu yang dulu.

1. Bangun pagi dan mulai aktivitasmu sebelum jam 10 atau menjelang siang. Kan katanya mau berubah, masa masih bangun kesiangan?

Orang yang sudah dewasa identik dengan dirinya yang pandai mengatur waktu. Jadi, nggak ada lagi kesiangan gara-gara lembur kerja atau begadang karena maraton drama korea. Karena itu, ubah kebiasaan bangun siangmu dan paksa diri untuk mulai beraktivitas sebelum jam 10 atau menjelang siang hari.

2. Jangan membuat janji kalau kamu nggak bisa memenuhi. Malu ih menjadi orang tak pernah menepati janji

Seperti apa rasanya sering dijanjikan orang, tapi tak ditepati olehnya? Kamu pasti kesal dan sulit melupakan. Maka dari itu, jangan ikutan seperti dia yang bikin janji kalau kamu tak bisa memenuhi. Jujurlah dengan kemampuanmu seperti apa. Toh, orang lain justru akan lebih menghargai dengan sikap dirimu yang apa adanya.

3. Kurangi main ponsel deh. Tahun sudah berganti, saatnya ubah kebiasaan ini dengan hal realistis lain

Era milenial memang serba dunia maya. Maka tidak heran kalau kamu sibuk pegang gadget ke mana-mana. Bukan cuma main media sosial (medsos) yang hits itu, tapi juga main games dan sok-sokan jepret sana-sini biar dibilang paham ilmu fotografi. Orang yang benar dewasa kelakuannya tak seperti ini. Mereka cenderung bijak menggunakan ponsel. Cukup seperlunya karena tahu kalau banyak hal lain yang realistis dan sudah menunggu.

4. Nggak perlu khawatir dengan opini orang. Hak mereka berpendapat dan hak kamu untuk tidak memusingkan omongan mereka

Baper mode on sering aktif ketika kamu dikritik berbagai hal. Bahkan, kamu yang cuma diberi saran saja sering merasa tersinggung dan berujung galau. Padahal, hak tiap orang berpendapat, pun demikian dengan hak kamu untuk nggak memusingkan omongan mereka. Toh, bakal banyak opini yang kamu dengar. Kalau kamu nggak selow sama hal itu, ya masalah bakal selalu muncul dari dalam dirimu sendiri.

5. Kembalikan lagi yuk hobi baca buku dan koran harian. Rasakan sensasi bedanya dengan baca informasi via online

Berita online memang mudah kamu kepoin. Tapi, bukankah lama-lama bikin kamu jenuh lantaran banyak notifikasi chatting dan email masuk? Fokuslah membaca berita dari media cetak seperti koran harian. Sama halnya kurangi baca E-Book dan bermanja-manja dengan hobi bacamu lagi lewat buku.

6. Tak perlu ragu lakukan apa-apa sendiri. Selama bisa, kenapa harus ditemani sih?

Dewasa itu ditandai dengan diri yang mandiri, apa-apa bisa lakukan sendiri misalnya. Sudah tak ada lagi pribadi yang masih tergantung teman atau minta ditemani orangtua. Saat kamu bisa melakukannya, percaya deh kamu bakal senang sekali.

7. Tunjukkan kepribadianmu lewat penampilan biar karaktermu menguat. Gaya apa yang paling kamu banget?

Nggak ada lagi kebingungan ketika mau beraktivitas kayak “Hari ini pakai baju apa ya?”. Karena orang yang dewasa sudah paham gaya sehari-hari yang mencerminkan kepribadiannya. Hal ini dilakukan agar karakternya menguat dan membuatnya percaya diri di depan banyak orang.

8. Rayakan kebahagiaan sekecil apapun. Karena kamu harus ingat kalau hal seperti itu belum tentu akan terulang lagi

Hal-hal yang bikin kamu senyum atau tertawa bisa menjadi hal yang sangat berharga di lain hari. Belum tentu pada 10 tahun mendatang, atau 5 tahun ke depan kamu bisa senyum dan tertawa disebabkan oleh hal yang sama. Bisa saja nanti-nantinya kamu sudah tak mengalami hal-hal kecil itu. Makanya, jangan pelit untuk rayakan tiap hal kecil yang membuatmu bahagia.

Mengubah kebiasaan bukan berarti mengganti jati diri sebenarnya. Kamu hanya berproses menjadi pribadi yang lebih baik saja, kok. Karena beragam hal di kemudian hari memang harus dihadapi dengan diri yang dewasa dan mandiri.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow