999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
almondy
8 hours 'ago'
Oleh karena itu prosedur dan peralatan yang dipakai untuk menangani bahan bakar jenis ini harus dipastikan benar-benar aman dan harus mendapat perhatian yang sangat serius tidak boleh diabaikan begitu saja. Adapun untuk harga dari bahan bakar Avgas ini yaitu pada saat ini sekitar Rp.7000/liternya.
Ica
15 hours 'ago'

Dua buah muatan qA dan qB masing-masing besarnya +40 µC dan +40 µC. Keduanya terpisah sejauh 40 mm di udara. Besar dan arah gaya listrik kedua muatan tersebut adalah ….

A. 9 × 103 N
B. 10 × 103 N
C. 6,75 × 103 N
D. 6,75 × 10-3 N
E. 67,5 × 103 N

Bintang Maulidya
20 hours 'ago'

Sampai saat ini, bumi masih menjadi satu-satunya planet yang mempunyai kehidupan, ada manusia dan makhluk hidup lain yang tinggal di dalamnya. Banyak misteri tentang bumi yang masih banyak belum diketahui orang

Namun dengan seiring berjalannya waktu telah banyak penelitian yang terus menerus membongkar tentang planet yang kita huni ini. Rupanya, banyak anggapan tentang bumi yang selama ini dianggap benar, ternyata salah besar.

Bumi kita terdiri dari 70% air dan 30% sisanya merupakan daratan. Tetapi masih ada fakta lain yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut kami sajikan tentang fakta-fakta tentang Bumi yang jarang diketahui.

1. Suhu terdingin bumi adalah -128,6 derajat F

Cuaca bumi dibilang ekstrim alias tak menentu setiap kalinya. Cuaca terdingin yang pernah dialami bumi adalah pada tahun 1983 di Vostok Station, Antartika yaitu mencapai 128,6 derajat F. Sedangkan untuk suhu terpanas bumi terjadi di El Azizia, Libiya, pada tahun 1922 yaitu mencapai 136 F.

2. Bumi tidak bulat sempurna

Jika mengingat kembali pelajaran sekolah dasar, bumi dikatakan bulat sempurna seperti bola. Tetapi pada kenyataanya ternyata bumi tidak bulat sempurna karena memilki tonjolan ekuator yang disebabkan oelh gaya gravitasi. Radius equator bumi adalah 3.963,34 mil sedangakan polar radius bumi adalah 3.949,99 mil.

3. Bumi memiliki kembaran bernama Theia

Para ilmuwan mengklaim bahwa bumi memilki kembaran bernama Theia. Hal ini berdasar pada saat penciptaan bulan. Dikabarkan milyaran tahun lalu terdapat planet mirip Mars dan berada 60 derajat di depan atau di belakang bumi.

4. Satu hari tidak sama dengan 24 jam

Satu hari di bumi terhitung sama dengan 24 jam. Tetapi faktanya bumi berputar pada posorsnya (berotasi) tepatnya 23 jam 56 menit 4 detik. Hanya terdapat selisih beberapa menit saat bumi berputar dan kembali pada keadaan semula.

5. Satu-satunya planet berlempeng tektonik

Berdasarkan penelitian para ilmuawan, bumi memiliki 7 lempengan utama kerak bumi yang bergerak ke arah berbeda sampai 4 inchi per tahunnya. Jika bertubrukan, lempeng-lempeng inilah yang menyebabkan gepa dan gunung meletus terjadi.

Marissa Putri
20 hours 'ago'

Masuk angin memang bukan penyakit yang berat dan biasanya suka sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja, ketika masuk angin tubuh terasa lemah dan tidak nyaman. Akibatnya aktivitas kerja jadi terganggu.

Sayangnya kebanyakan orang suka minum obat dari warung agar masuk angin cepat sembuh. Memang sembuhnya bisa sangat cepat, tapi ada efek sampingnya yang cukup berbahaya untuk jangka panjang. Daripada meminum obat yang tidak jelas, lebih baik gunakan cara lebih aman untuk menyembuhkan masuk angin.

Yaitu dengan merendam kaki dalam air dingin. Kok bisa, bagaimana caranya merendam kaki dalam air dingin bisa menyembuhkan masuk angin?

Seorang dokter asal Rusia, Sergei Bubnovsky, mengklaim bahwa merendam kaki dalam air dingin bisa meningkatkan sistem imun, mengusir masuk angin dan flu dengan cepat.

Begini caranya!

Caranya rendam kaki Anda dalam air dingin selama 10-15 detik sebelum tidur. Meskipun Sergei tidak menyebutkan berapa tepatnya suhu air yang digunakan, cukup saja asalkan air yang digunakan agak dingin.

Untuk bagian kaki yang direndam lebih bagusnya dari lutut sampai tumit, tapi jika tidak memungkinkan cukup sampai pergelangan kaki saja.

Bagi yang memiliki daya tahan tubuh lemah, disarankan untuk merendam kaki 4 jam sekali sesuai kebutuhan.

Metode ini memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tapi menurut beberapa studi menjelaskan bahwa air dingin memang memiliki efek yang baik bagu tubuh. Salah satunya dapat memicu hormon norepinephrine yang mirip adrenalin.

Hormon tersebut berfungsi merangsang pelepasan glukosa dari cadangan energi dalam tubuh, meningkatkan alirah darah ke otot rangka dan mampu meningkatkan kinerja detak jantung dalam tubuh.

Bintang Maulidya
20 hours 'ago'

Percaya atau tidak, kebiasaan yang kamu anggap sepele ternyata dapat mengundang penyakit mematikan seperti kanker. Contoh sederhananya saja kebiasaan stalking mantan di medsos. Kamu selalu memantau profil mantan dan ternyata mantan udah punya pacar baru, sementara kamu belum. Akhirnya ini jadi beban pikiran buatmu, kamu pun depresi, dan depresi bisa menyebabkan gagal jantung.

Nah selain stalking mantan, rupanya ada banyak kebiasaan sepele lain yang ternyata dapat mengundang kanker. Memang kebiasaan-kebiasaan ini tidak ada yang aneh, tapi dilihat dari sisi ilmiah, ternyata kebiasaan tersebut bisa menumbuhkan sel kanker dalam tubuh kamu. Kalau udah kena kanker, dijamin kamu bakalan berhenti stalking mantan di medsos.

Berikut ini 4 kebiasaan sepele yang sudah membuat banyak orang terkena kanker. Mulai sekarang lebih perhatikan pola hidup sehat yah!

1. Sering begadang

Hampir semua orang zaman sekarang suka begadang. Ada yang begadang karena main game online di hp, pacaran sampai larut malam, nonton bola, ngerjain tugas dan sebagainya. Tahu tidak kalau begadang bisa menumbuhkan sel kanker?

Begadang bisa membuat kondisi tubuh melemah karena tubuh kekurangan istirahat. Otomatis sistem kekebalan tubuh pun akan ikut melemah, jadi kanker bisa menempel di tubuh kamu dengan mudah, semudah kamu menempel di pelukannya. Kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat lho.

2. Demen makan makanan berlemak

Memang nikmat rasanya menyantap makanan berlemak seperti gorengan yang dicocol ke dalam sambel sambil nyeruput teh manis dikala hujan. Akan tetapi kalau kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, efeknya bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat, kanker payudara dan usus besar.

Kalau mau imbangi dengan olahraga sehingga lemak dalam tubuh tidak menumpuk. Ini mah rajin makan lemak, tapi olahraga malas, ya wajar saja kalau penyakit begitu menyukaimu.

3. Jarang makan sayur

Sayuran mengandung banyak nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Kalau kamu jarang makan sayur, tapi rajin makan junk food, itu seperti baru gajihan lalu habis semua buat bayar utang. Rajinlah makan sayur karena sayuran mampu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.

4. Sering makan daging merah

Ini menurut penelitian lho, kalau kamu terlalu banyak makan daging merah, itu bisa membuat kamu terkena penyakit mematikan seperti kanker prostat, kanker prankreas, kanker paru-paru dan gagal jantung.

Bintang Maulidya
20 hours 'ago'

Memiliki umur yang panjang tidak semudah yang kita bayangkan. Kita harus memiliki pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan lainnya.

Namun jika pola hidup Anda tidak sehat baik itu dari makanan dan gaya hidup jangan terlalu berharap umur kamu panjang. Meskipun soal usia itu urusan Tuhan, tidak ada salahnya kita mencoba untuk menerepkan pola hidup sehat untuk mendapatkan umur yang panjang.

Kita bisa memulainya dengan kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan. Langsung saja, berikut lima kebiasan sehari-hari yang dapat memperpanjang umur kamu.

1. Makan sayur dan buah

Mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan karena banyak mengandung nutrisi serta antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu orang yang banyak mengonsusmi buah dan sayur secara konsisten bisa memiliki risiko terkena penyakit yang lebih rendah dan juga dapat menurunkan berat badan serta memperpanjang umur.

2. Asam lemak omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 berupa EPA dan DHA dipercaya bisa membuat panjang umur. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di San Fransisco General Hospital menemukan adanya kaitan antara efek EPA dan DHA pada penuaan kromosom.

Mereka menemukan bahwa orang dengan tingkat EPA dan DHA lebih tinggi pada darah mereka memiliki kemungkinan terkena serangan jantung dan penuaan kromosom lebih rendah.

EPA dan DHA bisa ditemukan dalam lemak ikan seperti salmon, tuna, halibut, makarel, dan sarden. Jika Anda tidak suka ikan laut, Anda bisa menggantinya dengan suplemen minyak ikan.

3. Melakukan flossing

Ternyata melakukan flossing setiap hari tak hanya baik untuk gusi, tetapi juga untuk kesehatan dan usia yang lebih panjang. Melakukan flossing setiap hari akan menghilangkan bakteri yang bisa menyebabkan gigi menjadi rusak.

Yang jadi masalah kalau bakteri dalam gigi itu terus dibiarkan tanpa ada perawatan maka bakteri itu lama-kelamaan akan menumpuk dan akan masuk ke aliran darah. Nantinya bakteri ini akan menyebabkan peradangan dan akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Peneliti dari Journal of Periodontology membandingkan orang yang melakukan flossing setiap hari dengan mereka yang jarang melakukan flossing. Hasilnya diketahui bahwa orang yang tidak melakukan flossing memiliki kemungkinan 86 persen lebih tinggi untuk memiliki bakteri dalam darahnya dibandingkan dengan yang sering melakukan flossing setiap harinya.

4. Minum teh hijau

Menikmati secangkir teh hijau di pagi hari mungkin jadi kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang untuk bersantai dan menyegarkan pikiran. Bagi yang belum suka minum teh hijau sebaiknya memulai untuk meminum secangkir teh sehat itu.

Meskipun belum benar-benar terbukti bisa mencegah kanker, namun teh hijau bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung antioksidan bernama epigallocatechin-3-gallate atau EGCG.

Menurut penelitian pada tahun 2010, jika dipadukan dengan kafein dalam teh hijau, ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu menyehatkan tubuh dan membuat umur Anda lebih panjang.

5. Lebih banyak bergerak

Jika Anda memiliki gaya hidup yang pasif, hal itu bisa meningkatkan proses penuaan dengan lebih cepat. Dengan lebih banyak bergerak setiap harinya atau lebih aktif lagi bisa membantu tubuh Anda menjadi lebih bugar dan sehat.

Peneliti menyarankan agar banyak orang yang lebih sering jalan-jalan di pagi hari atau banyak melakukan aktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah dan aktivitas lainnya.

Nurul Marta
20 hours 'ago'

Jika kamu memelihara kucing di rumah, mungkin kamu penasaran dengan tingkah laku kucingmu yang aneh. Perlu diketahui, setiap gerak gerik yang dilakukan kucingmu sebenarnya memiliki maksud.

Melalui bahasa tubuhnya, kucing ingin mengatakan atau memberitahumu sesuatu. Tapi sangat jarang ada yang tahu apa maksud dari bahasa tubuh kucing itu, bahkan bagi cat lovers sekalipun.

Buat kalian para cat lovers, berikut ini kenali 10 bahasa tubuh kucing yang ternyata ada maksudnya. Kamu harus paham tentunya biar nanti gak salah paham.

1. Menggosokkan badannya dengan manja

Pernah tidak kucing milikmu menggosokkan badannya ke tubuhmu? Jika kucing mulai menggosok-gosokan badangnya ke kakimu atau tanganmu, itu artinya ia senang berada di dekatmu.

Tujuan dari menggosokan tubuhnya ke tubuhmu yaitu untuk menyebarkan bau tubuhnya ke kamu sehingga nanti mudah dikenali. Ia juga akan menjilati tubuh atau cakarnya dengan tujuan untuk mengenali bau tubuhmu.

2. Berbaring dengan santai sambil mengedipkan matanya perlahan-lahan

Kalau kucing kamu lagi berbaring dengan manja sambil mengedipkan matanya perlahan-lahan, berarti kucingmu sedang bersantai sambil beristirahat. Dia juga sedang dalam keadaan senang, tapi tidak lagi ingin diganggu.

3. Mengeong halus kepadamu

Kalau ada kucing mengeong kepadamu dengan suara yang halus, dia berarti sedang menyapamu. Kamu harus membalas balik sapaan kucing tersebut dengan cara mengelus kepalanya dengan lemah lembut.

4. Kalau suara mengeongnya agak nyaring, berarti ia lapar

Kalau meow nya halus, ia sedang menyapamu, tapi kalau suaranya agak nyaring, berarti ia sedang lapar. Segeralah beri kucingmu makanan kalau ia sudah mengeluarkan suara meow yang nyaring.

5. Jangan mengganggu kucingmu saat dia mengarahkan telinganya ke belakang

Kalau kucingmu tiba-tiba mengarahkan telinganya ke depan lalu memutarnya ke belakang, bahasa tubuh ini berarti ia sedang tidak ingin diganggu. Dia sebenarnya sedang marah dan sedang dalam mode waspada dengan menggunakan bahasa tubuh ini.

6. Bulunya tiba-tiba mengembang atau berdiri

Kalau kucing tiba-tiba mengembangkan bulunya seperti pada gambar di atas, biasanya dia sedang merasa takut. Mungkin ia bertemu rivalnya atau menemukan sesuatu yang menakutkan, hantu bisa jadi.

7. Mencakar-cakar benda

Kucing kadang suka mencakar-cakar karpet atau benda lainnya. Mungkin kamu mengira kalau kucingmu sedang kesal atau lapar, tapi sebenarnya ia sedang merasa bahagia karena semua keinginannya sudah terpenuhi.

8. Berguling-guling di tanah

Jika kamu melihat kucingmu tiba-tiba berguling di tanah tepat di depan kamu, berarti dia sedang ingin bermain bersamamu. Tapi kalau dia melakukannya di depan kucing lawan jenisnya, berarti dia sedang PDKT.

Cat lovers, setelah kalian mengetahui maksud dari bahasa tubuh kucing, mulai sekarang kalian jangan salah paham lagi yah!

Lies Halizah
2 days 'ago'

Susunlah kalimat-kalimat berikut menjadi sebuah dialog yang benar!

A : Do you want more sugar in your orange juice?
A : Would you like me to help you, Sir?
A : Okay. Meatball, a plate of rice and sandwich. Anything else?
A : Wait a minute, please. And what would you like to eat?
B : Yes, thank you. I would like a glass of orange juice.
B : No, thank you.
B : Yes, of course. I like sweet orange juice.
B : I’d like, meatball, a plate of rice and sandwich.

Marissa Putri
2 days 'ago'

Waktu kecil dulu, pernah tidak makan mie instan mentah langsung dari bungkusnya? Jika pernah, berarti masa kecil kalian bahagia. Walau terdengar menjijikan, tapi ngemil mie mentah memang nikmat lho. Mungkin saja kebiasaan ini masih sering kalian lakukan hingga dewasa ini.

Tapi walaupun begitu nikmat dan berkesan, makan mie instan mentah jauh lebih berbahaya ketimbang makan mis instan yang direbus. Pasalnya mie instan itu mengandung bahwan pengawet dan zat berbahaya lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Jika keseringan mengkonsumsinya, kamu bisa terkena kanker dan tekanan darah tinggi lho.

Berikut ada lima bahaya yang mengancam kesehatan jika kamu sering makan mie instan mentah.

1. Menaikan tekanan darah

Kandungan garam dalam mie instan sangat tinggi, terutama pada bagian bumbunya. Karena kandungan garamnya sangat tinggi, mie instan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal itu disebabkan oleh kandungan garam, lemak dan minyak yang bersatu membentuk gumpalan yang pada akhirnya menghalangi peredaran darah. Ini berlaku bagi mie instan yang direbus, apalagi jika tidak direbus terlebih dahulu.

2. Menyebabkan luka pada usus

Tekstur mie lumayan keras bila tidak direbus dulu. Jika kamu suka menyantapnya mentah-mentah, mie tersebut dapat melukai dinding usus kamu. Selain itu, kandungan garam dan zat pengawet dalam mie juga dapat merusak usus jika dilakukan dalam jangka panjang.

3. Menyebabkan sakit tenggorokan

Makan mie instan mentah dapat menyebabkan tenggorokan kamu jadi sakit. Kandungan zat MSG dan bahan pengawet dalam mie instan nantinya akan melekat pada dinding saluran kerongkongan. Akibatnya tenggorokan jadi gatal, serak dan bahkan nyeri. Jika kebiasaan ini terus dilanjutkan, kamu bisa terkena infeksi saluran tenggorokan.

4. Menyebabkan kanker

Bumbu yang terdapat pada mie instan mengandung zat yang berisiko menyebabkan kanker. Selain bumbunya, mie nya juga mengandung zat pengawet yang sudah terbukti dapat menyebabkan kanker. Jika dikonsumsi tanpa melalui proses perebusan, maka zat-zat berbahaya itu tidak akan terkikis, sehingga risiko terkena kanker jadi jauh lebih besar.

5. Menaikan kolesterol

Baik makan mie instan yang direbus atau mentah, keduanya sama-sama bisa menaikan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Terlalu tinggi kolesterol dapat menyebabkan stroke dan gagal jantung. Oleh karena itu, jangan terlalu sering makan mie instan.

Rizki Anugrah Ramadhan
2 days 'ago'

Ketika kamu memasak makanan, kadang kala kamu tidak langsung menyantapnya. Kamu simpan dulu makanan tersebut di meja makan untuk disantap nanti. Alhasil makanan yang tadinya panas berubah jadi dingin.

Tapi tahu tidak ada beberapa makanan yang seharusnya langsung kamu makan saja setelah dimasak. Jangan sampai ditunda dulu, karena kalau sudah dingin, makanan tersebut malah bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut ini lima makanan yang sebaiknya harus langsung dimakan setelah dimasak karena cukup berbahaya jika dibiarkan terlebih dahulu.

1. Roti Bakar

Siapa di sini yang suka makan roti bakar? Jika kamu membeli atau membuat roti bakar, sebaiknya langsung dimakan yah, jangan sampai dibiarkan dulu.

Saat dibakar, roti akan melepaskan zat akrilamida. Nah jika roti bakar dibiarkan terlalu lama, maka zat tersebut akan berubah jadi senyawa yang bisa menyebabkan kanker.

Oleh karena itu roti agak kurang enak kalau dimakan pas udah dingin.

2. Nasi

Saat kamu mengambil nasi dari rice cooker, jangan sampai kamu menyimpan nasi itu sampai dingin. Sebab menyimpan nasi dalam suhu ruangan yang tidak panas dapat memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan.

Simpanlah nasi dalam pemanas jika tidak berniat langsung menyantapnya.

3. Telur rebus

Telur yang dimasak dengan cara direbus juga sebaiknya langsung dimakan. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, takutnya telur itu akan dihinggapi bakteri yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4. Kentang

Kentang yang sudah dimasak jangan sampai dibiarkan sampai dingin. Kentang yang dingin sangat rentan ditumbuhi bakteri berbahaya. Namun di sisi lain, kamu jangan memasak kembali kentang karena berbahaya bagi tubuh.

5. Ayam

Tahu tidak kalau ayam yang sudah digoreng atau dimasak sebenarnya kurang sehat jika dimakan setelah dingin. Hal itu dikarenakan kandungan protein di dalamnya mulai berkurang dan bahkan bisa berubah jadi zat racun..

Kamu jangan pula memasak kembali ayam untuk kedua kalinya karena bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow