999 +
#
0
0
0
49 years 'ago'
Bintang Maulidya
-3057 seconds 'ago'

Menjalankan puasa tanpa diimbangi dengan menjaga diri akan sangat berpengaruh pada penampilan. Karena selama Ramadan jam biologis berubah sedangkan aktivitas harus tetap on. Agar tetap dapat dua-duanya yaitu pahala puasa dan penampilan tetap fresh hingga akhir Ramadan ada tips-nya.Yuk, simak tips tampil fresh menjalani puasa hingga usai.

1. Jaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri adalah sebuah kebutuhan. Agar selalu tampak segar dan bersih dapat dilakukan dengan mandi secara teratur. Yaitu pagi dan sore hari atau pagi dan setelah pulang dari aktivitas, seperti pulang dari kerja. Membersihkan badan membantu kulit agar selalu lembap. Mandi juga membantu untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga tubuh selalu segar dan pikiran menjadi tenang. Dan juga suasana hati menjadi positif dan bahagia.

2. Make up

Make up bertujuan untuk memberikan tampilan wajah yang segar. Menggunakan make up tidak untuk tampil berlebihan, namun digunakan sebagai mencerahkan wajah agar tidak nampak pucat ketika berinteraksi dengan banyak orang. Karena dengan penampilan yang fresh dan cantik bisa menambah rasa percaya diri ketika berinteraksi di mana pun dan dengan siapa pun.

3. Menjaga penampilan

Menjaga penampilan tidak harus ribet. Namun cukup dengan menggunakan sesuatu yang tepat pada porsi dan waktunya. Lebih mengenali sosok diri sendiri akan mempermudah kamu mengenali cara berpenampilan yang pas untuk diri sendiri. Tidak harus mahal namun tetap menarik ketika dipandang. Berpenampilan bersih, rapi, sopan dan tepat membuat kamu tampil oke dan nyaman di hadapan banyak orang.

4. Asupan nutrisi

Mengoonsumsi makanan yang bergizi dapat menjaga kesehatan tubuh dan mempercantik penampilan. Seperti makanan yang berserat, kaya akan vitamin, kandungan mineral yang bagus, protein dan kebutuhan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga dengan menjaga asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh maka kulit tubuh menjadi sehat, segar, tidak keriput, lembut, cerah dan kenyal.

5. Cukup istirahat

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh agar selalu memiliki tubuh yang fit dan fresh. Istirahat yang cukup membantu kamu meningkatkan semangat agar tidak loyo ketika beraktivitas. Selain itu tubuh menjadi sehat, suasana hati selalu happy, pertumbuhan dan berat badan pun terjaga.

6. Iman dan syukur

Pribadi yang beriman yaitu memiliki kepercayaan terhadap penciptanya akan selalu menjalani hari-harinya dengan penuh optimis, keyakinan dan berprasangka baik. Aura positif selalu terpancar dalam dirinya. Dan kebiasaannya yang selalu bersyukur membuat suasana hati selalu bahagia dalam menjalani kehidupan.

Enam tips di atas bisa kamu coba untuk melewati Ramadan hingga menyambut hari kemenangan.

Cinta Silvia
-694 seconds 'ago'

Dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat, sejak 2016 pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan program Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang terdiri dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga, dan Gerakan Literasi Bangsa. Untuk mendukung program GLN, diperlukan sokongan kajian yang memadai terutama untuk memetakan persoalan literasi secara nasional sehingga program GLN dapat lebih tepat sasaran. Merespon kebutuhan itu, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud telah melakukan kajian yang bertujuan untuk: (1) menelaah dimensi dan indikator yang dapat merepresentasikan aktivitas literasi membaca; dan

(2) menyusun indeks untuk mengukur tingkat aktivitas literasi membaca. Hasil kajian ini adalah Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Indeks Alibaca) tingkat provinsi.

Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, saat membuka acara Diskusi dan Peluncuran Buku Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Indeks Alibaca), di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, pada Jumat (17/05/2019) menyampaikan; "Dalam membaca kita selalu terkendala. Rata-rata dalam Ujian Nasional (UN), anak bisa menjawab soal bahasa Indonesia hanya 60 persen. Dengan wacana atau teks yang agak panjang lebih kedodoran. Ini disebabkan aktivitas bacanya kurang,".

Indeks Alibaca mengadopsi konsep Miller dan McKenna (2016) dalam buku World literacy: How countries rank and why it matters, mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas literasi, yaitu:

(1) kecakapan (proficiency), merupakan syarat awal agar seseorang dapat mengakses bahan literasi;

(2) akses (access), yaitu sumber daya pendukung dimana masyarakat mendapatkan bahan literasi, seperti perpustakaan, toko buku, dan media massa;

(3) alternatif (alternatives), yaitu beragam pilihan perangkat teknologi informasi dan hiburan untuk mengakses bahan literasi; dan

(4) budaya (culture), yaitu kebiasaan yang turut membentuk habitus literasi.

Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud, Emi Emilia, dalam paparannya mengatakan bahwa guru seharusnya lebih memahami teks bacaan sehingga dapat memberikan penjelasan yang mendalam kepada murid. Yang paling penting juga mengenai pemahaman guru, mengenai pemahaman teks ini yang belum. Misalnya ini lho teks eksplanasi. Jangan ketika diminta untuk berargumen, kok kita malah mendeskripsikan, diminta untuk memberikan instruksi malah justru mendeskripsikan. Dengan adanya hal ini perlu adanya guru yang pintar dan ini perlu dilatih mengenai hal-hal ini. Jadi, untuk guru harus dilatih untuk lebih meningkatkan pemahaman teks.

Sementara itu, salah seorang narasumber, Nirwan Ahmad Arsuka, menjelaskan bahwa sumber masalah terbesarnya adalah adanya mitos bahwa minat baca anak Indonesia itu rendah. Kemendikbud adalah salah satu agen yang sering mengulang-ulang mitos tersebut. Kemudian ditirulah oleh banyak selebritis ini. termasuk mbak Najwa dulu, kemudian belakangan kita tunjukan bahwa sebenarnya baca anak Indonesia itu tinggi, hanya bukunya saja yang tidak ada.

Dilanjutkan Nirwan, peran serta masyarakat saat ini dalam memajukan literasi sangat besar. Warga yang selama ini jadi objek saja, sekarang sudah jadi subjek. Mereka bisa menyumbang bambu, atap, dan bikin perpustakaan di kampung-kampung. Bukunya siapa yang menyumbang ? Sebagian ada anak-anak yang pulang atau yang bekerja di Jakarta, TKW-TKW di Hongkong misalnya, itulah yang demikian yang mengirim buku ke kampung-kampung. Banyak warga yang dulunya tidak sekolah dan merantau kini mereka menjadi penyumbang untuk membantu sosial masyarakat. Anak-anak ini barangkali tidak terlalu istimewa di kota, tetapi di kampung-kampung menjadi tokoh masyarakat. Karena mereka bisa mengajak warga untuk membangun perpustakaannya.

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Puslitjakdikbud Kemendikbud adalah sebagai berikut:

(1) Pemerintah dan pemerintah daerah perlu memberikan perhatian khusus kepada daerah/provinsi yang memiliki tingkat indeks literasi membaca yang rendah, terutama Provinsi Papua, Papua Barat, dan Kalimantan Barat;

(2) dimensi alternatif. Perlu dorongan pemanfaatan teknologi informasi disertai kampanye penggunaan internet yang sehat, sehingga dapat menunjang peningkatan aktivitas literasi masyarakat;

(3) dimensi akses. Perlu upaya sistematis untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas literasi publik, baik di sekolah maupun di masyarakat; (4) dimensi budaya. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) perlu diimbangi dengan dorongan pembiasaan di rumah, misalnya melalui kebijakan "Jam Belajar" pada waktu berkumpul dengan keluarga;

(5) pihak swasta dan dunia usaha dapat mendukung pemenuhan akses literasi melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan, misalnya mendukung perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan komunitas;

(6) masyarakat dan pegiat literasi dapat berpartisipasi dengan membuat perpustakaan di rumah, menyelenggarakan aktivitas rutin membaca di tingkat keluarga, serta menjadi donatur bantuan buku bagi sekolah maupun komunitas literasi.

Usai diskusi, Totok memberikan pernyataan penutup yang menyatakan bahwa persoalan literasi dalam dunia pendidikan memang tidak bisa diabaikan karena hal ini terpampang nyata. Jujur saja, salah satu persoalan kita dalam dunia literasi yaitu akses. Jumlah murid itu naik terus tetapi persoalanya ada pada literasi ini, apakah ini merupakan literasi sains, atau apa. Tetapi, ini semua awalnya dari membaca. Bagaimana bisa paham sains kalau memahami kalimat saja tidak bisa? Apalagi membedah implisit yang tidak tertulis, dan ini banyak terjadi. Jadi, literasi membaca itu merupakan awal untuk memahami ilmu-ilmu yang lain. Kalau ini saja problematik, maka jangan berharap literasi yang lain juga akan baik.

Totok mengapresiasi para pegiat literasi dan berharap agar kegiatan ini bukan hanya semacam simbol melainkan titik awal pergerakan komunitas-komunitas yang bersinergi dalam memajukan dunia literasi. Saya kepikiran mengumpulkan kawan-kawan yang macam-macam ini. Kawan-kawan mungkin bisa berkumpul membuat semacam policy brief (ringkasan kebijakan) supaya tidak panjang-panjang, yang menggabungkan keseluruhan tadi apa yang harus digabungkan, supaya juga nyambung dan sinergi dengan program literasi. Bagaimana agar cita-cita UU Sistem Perbukuan untuk mewujudkan ketersediaan buku yang 3M yaitu merata, murah dan bermutu.

 

Rizki Anugrah Ramadhan
8 minutes 'ago'

Meski sedang berpuasa Ramadan, seringkali aktivitas kita tidak banyak berkurang. Setiap hari tetap bekerja meski beberapa tempat kerja menerapkan pengurangan jam kerja. Bagi yang masih sekolah atau kuliah, tetap melakukan rutinitas belajarnya seperti biasa.

Namun, selama Ramadan ada beberapa kegiatan seru yang sering dilakukan. Dan uniknya, kegiatan-kegiatan ini hanya ada di Indonesia. Apa saja? Yuk, simak.

1. Membangunkan sahur warga

Hampir semua daerah masih melakukan rutinitas menjelang sahur dengan membangunkan warga. Beberapa malah membangunkan dengan cara yang unik seperti berkeliling sambil membunyikan kentongan.

Bagi orang-orang di perkotaan mungkin cara ini terdengar berisik dan merepotkan. Namun, justru disinilah keseruan Ramadan mulai terasa. Kebersamaan saat membangunkan warga memberi kesenangan tersendiri, selain juga tentunya mendatangkan pahala.

2. Ngabuburit

Istilah ngabuburit sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang artinya kegiatan menunggu sore menjelang berbuka puasa saat Ramadan.

Banyak cara yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Biasanya, kebanyakan orang mengisinya dengan cara berburu takjil atau sekedar nongkrong menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Meskipun begitu, acara ngabuburit dapat juga dilakukan dengan cara bertadarus di masjid dan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

3. Sahur on the road

Merebaknya berbagai kegiatan seru di bulan Ramadan membuat orang semakin rajin untuk membuat kegiatan lainnya. Salah satu yang cukup hits adalah sahur on the road. Beberapa mengisi kegiatan ini dengan berburu makanan sahur di jalan.

Biasanya mereka mencari makanan yang unik dan belum pernah di coba. Namun seiring berjalannya waktu, kegiatan sahur on the road kini bukan hanya tentang berburu sahur tapi juga berisikan kegiatan sosial seperti berbagi makanan sahur.

4. Bukber alias buka bersama

Satu lagi kegiatan unik dan hits yang tidak pernah ketinggalan di bulan Ramadan, bukber alias buka bersama. Biasanya di minggu kedua puasa, sudah mulai banyak undangan acara buka puasa bersama. Mulai dari teman kantor, teman sekolah, teman kuliah, sampai pada warga di lingkungan rumah pun seperti gak mau ketinggalan membuat acara bukber.

Meski pada akhirnya kita jadi sibuk dengan acara bukber dimana-mana, tapi semua tetap mengasyikkan untuk dijalani. Hanya saja, jangan sampai gak pernah buka di rumah bareng keluarga, ya.

5. Belanja baju lebaran

Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan yang satu ini cukup khas di Indonesia. Apalagi kalau bukan belanja baju lebaran yang sudah menjadi tradisi sejak kita kecil.

Menjelang lebaran biasanya pusat perbelanjaan semakin padat pembeli. Baik orang dewasa maupun anak-anak, pria maupun wanita, semua seolah memiliki keharusan untuk berbelanja baju lebaran. Bahkan meski masih berpuasa dan pusat perbelanjaan penuh sesak, mereka seolah tidak merasa lelah dan tetap asik memilih belanjaan.

Nah, itu tadi beberapa kegiatan unik bulan Ramadan yang hanya ada di Indonesia. Kalau kamu, biasanya melakukan yang mana nih guys?

Nurul Marta
3 hours 'ago'

7 Tanaman Penangkal Asap Rokok

 Seperti diketahui asap rokok sangat berbahaya bagi tubuh kita, baik itu sang perokok maupun si perokok pasif. Dan apabila ada salah satu anggota keluarga atau tamu yang sedang berkunjung ke rumah Anda itu merokok, bahaya asap rokok tentunya akan mengintai Anda (perokok pasif). Namun tidak perlu khawatir karena ada cara mudah dan ampuh, yaitu menempatkan tanaman – tanaman berikut ini di sekitar rumah Anda, 

1. Bunga Lili

Bunga lili dengan jenis peace lily dikenal paling efektif dalam menyerap dan menetralisasi senyawa benzena yang ada dalam asap rokok. Bunga cantik ini dapat ditempatkan di dalam ruangan seluas 9-10 meter persegi untuk menjadi penawar racun dari asap rokok. Tidak hanya itu, bunga lili juga akan sangat cocok jika diletakkan di dalam ruang kerja yang ada di rumah maupun kantor. Hal ini tentunya karena bunga lili dapat meminimalkan bahaya dari alkohol, aseton, trikloro, dan formaldehida yang dapat ditemukan pada alat tulis kantor.

2. Sirih Belanda

Tanaman yang satu ini lebih unggul jika dibandingkan dengan bunga lili. Mengapa? Tak hanya senyawa benzena, tanaman sirih belanda juga mampu menyerap senyawa formaldehida. Berdasarkan penelitian, tanaman ini dapat menyerap sekitar 50 persen masing-masing kandungan dua senyawa tersebut. Selain menyerap racun rokok, sirih belanda juga mampu menyerap karbon monoksida sebesar 75 persen. Penempatannya sendiri bisa di mana saja karena bentuknya unik yang memungkinkan tanaman ini ditempatkan di dalam atau luar rumah.

3. Lidah Mertua

Tanaman yang satu ini memang sering dijadikan sebagai hiasan interior rumah. Namun, tahukah Anda, ternyata tanaman cantik ini mampu menyerap 107 unsur polutan di udara, termasuk senyawa formaldehida dalam asap rokok. Tak hanya itu, lidah mertua pun mampu menyerap radiasi dari peralatan elektronik.

4. Pakis Boston

Senyawa xylene dalam asap rokok dapat diserap stomata dari tanaman yang satu ini. Nantinya senyawa tersebut masuk ke dalam sistem metabolisme pakis boston, lalu diubah menjadi zat bermanfaat. Anda pun dapat menempatkan dua pot pakis boston di dalam ruangan seluas 30 meter persegi.

5. Gerbera

Bunga yang satu ini sangat tidak asing untuk dijadikan hiasan rumah. Ternyata, di balik bentuknya yang cantik, gerbera mampu menyerap 90 persen asap rokok dan gas polutan lainnya. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menghasilkan uap air yang dapat membuat udara di ruangan menjadi semakin segar.

6. Sri Rejeki

Aneh mendengar namanya? Jangan salah. Tanaman yang berasal dari suku talas-talasan ini mampu menghadang polutan yang ada di rumah, termasuk asap rokok dan mikroorganisme lain. Untuk hasil maksimal, pilihlah tanaman sri rejeki berdaun minimal 14 helai dan sertakan lidah mertua dewasa minimal berdaun lima helai. Dua tanaman ini akan menggantikan fungsi air purifier untuk menetralkan kandungan bahan berbahaya.

7. Palem Kuning

Siapa sangka ternyata tanaman palem kuning mampu menyerap berbagai jenis racun jika dibandingkan dengan tanaman lain. Ya, berbagai senyawa, seperti trikloroetin, formaldehida, benzena, karbon monoksida, xylene, dan juga amonia, dapat diserap tanaman ini. 

Nurul Marta
3 hours 'ago'

 

Tidak Hanya Cantik Dipandang, Ini 5 Manfaat Tanaman Dandelion yang Perlu Anda Tahu

Dandelion, atau Taraxacum spp, adalah tanaman yang biasanya ditemukan di pegunungan atau tempat-tempat di dataran tinggi lainnya. Meski tidak sepopuler bunga mawar atau melati, tapi tanaman yang punya bunga berwarna kuning cerah saat sudah mekar dan berwarna putih saat masih menjadi benih ini, ternyata punya beragam manfaat baik. Apa saja, ya, manfaat dandelion untuk kesehatan?

Berbagai manfaat dandelion yang mungkin belum Anda tahu

Berbagai bagian dari tanaman dandelion, meliputi akar, bunga, daun, maupun batangnya, dapat diolah menjadi obat herbal yang baik untuk menunjang maupun menjaga kesehatan tubuh. Tidak percaya? Simak serangkaian manfaat dandelion berikut ini:

bunga dandelion manfaat dandelion

1. Mengatur gula darah

Dandelion mengandung 2 senyawa bioaktif, yakni asam chicoric dan chlorogenic di seluruh bagian tanamannya, yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam Biochemical and Biophysical Research Communications.

Menurut hasil penelitian, kedua senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sekresi insulin pada pankreas sekaligus melancarkan proses penyerapan glukosa dalam darah hewan coba. Ditambah lagi, penelitian dari Journal of the Society for Biomedical Diabetes Research di tahun 2016, menelusuri sifat antihyperglycemic, antioksidan, dan antiradang pada dandelion yang diduga dapat membantu mengobati penyakit diabetes tipe 2.

Namun tentu saja, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk benar-benar membuktikan keampuhan manfaat dandelion ini pada tubuh manusia.

2. Sumber antioksidan

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, antioksidan bertugas untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kronis. Demi memperbanyak jumlah sekaligus menunjang kerja antioksidan yang sudah ada di dalam tubuh, dandelion menyumbang banyak antioksidan berupa beta karoten guna melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, dandelion juga dilengkapi oleh antioksidan bernama polifenol yang banyak terdapat pada bunga, akar, daun, serta batangnya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dandelion dipercaya memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat memperbaiki kemampuan tubuh dalam melawan serangan infeksi. Ya, beberapa penelitian pun turut menemukan bahwa ekstrak tanaman dandelion memang mampu mengurangi kemampuan virus untuk bereplikasi, alias memperbanyak jumlah dirinya.

Meski begitu, sejauh ini masih diperlukan penelitian yang lebih dalam untuk menarik kesimpulan pasti mengenai manfaat dandelion atau si bunga berwarna kuning cerah ini. Khususnya untuk melawan infeksi virus dan bakteri pada tubuh manusia.

4. Meredakan peradangan

Berbagai senyawa bioaktif, salah satunya polifenol, yang terkandung di dalam dandelion dapat membantu mengurangi peradangan akibat penyakit di dalam tubuh. Para peneliti memang baru melakukan pengujian yang terbatas pada hewan coba saja, tapi terlihat perkembangan positif pada respon peradangan tubuh yang diobati dengan tanaman dandelion.

Supaya hasil yang ditemukan lebih optimal, masih diperlukan banyak penelitian untuk mencari tahu bagaimana perkembangannya pada tubuh manusia.

5. Sebagai bahan dasar perawatan kulit

Manfaat dandelion tidak hanya sebatas untuk menunjang kesehatan tubuh saja. Dandelion juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit, misalnya melindungi dari paparan sinar matahari, penuaan kulit, hingga jerawat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Oxidative Medicine and Cellular Longevity, menemukan bahwa dandelion dapat mengurangi kerusakan sel-sel sulit yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV). Terlebih ketika ekstrak daun dan bunga dandelion tersebut digunakan pada kulit tepat sebelum atau segera setelah terkena sinar matahari.

Sementara itu, ekstrak dari akar dandelion diyakini mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru sekaligus menghambat proses penuaan. Bukan itu saja, ekstrak tanaman dandelion tak kalah bermanfaat untuk meredakan peradangan pada kulit, iritasi kulit, meningkatkan hidrasi, dan memperbanyak produksi kolagen.

Nurul Marta
3 hours 'ago'

5 Manfaat Tanaman Hias Dirumah

Tidak hanya dapat menyegarkan hunian dalam rumah, nyatanya terdapat beberapa manfaat tanaman hias lainnya yang baik untuk diri Anda, mulai dari mulai meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15%, mengurangi stres, serta memperbaiki mood. Selain itu, menurut penelitian oleh NASA menunjukkan bahwa memajang tanaman hias di dalam rumah dapat menghilangkan 87 persen racun udara dalam 24 jam.

Namun, penting untuk diingat karena tanaman kebanyakan mengeluarkan karbondioksida pada malam hari, sehingga tidak baik memajang tanaman hias dengan jumlah yang banyak di dalam ruangan atau kamar tidur Anda. Pastikan memajang tanaman hias dengan jumlah yang layak dan tepat agar manfaat yang didapat jauh lebih baik. Berikut beberapa manfaat tanaman hias yang bisa Anda dapatkan;

1. Menghias Ruangan

Salah satu manfaat tanaman hias dirumah adalah dapat membuat ruangan paling polos sekalipun terlihat segar, meskipun hanya dengan satu tanaman saja. Saat ini, ada beberapa tanaman indoor yang sedang banyak digemari orang karena bentuknya yang cantik, seperti Monstera, Philodendron, Lili Paris, dan sebagainya. Namun, Anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam karena tanaman indoor sederhana pun tetap akan terlihat menarik bila diletakkan dalam wadah yang unik. Mulai dari vas, pot gantung, perabotan vintage, hingga wadah terrarium atau kokedama, hingaa bola lumut khas Jepang yang bisa digantung sebagai dekorasi.

2. Dapat Merevitalisasi dan Memurnikan Udara

Meskipun di dalam sebuah ruangan, nyatanya polusi udara tidak dapat dihindari begitu saja. Maka dari itu, manfaat tanaman hias tersebut adalah dapat menyerap gas yang mencemari udara di dalam ruangan terutama pada siang hari sehingga udara yang dihirup lebih steril dan baik untuk kesehatan. Selain itu, tanaman hias di dalam ruangan juga dapat meningkatkan kelembaban udara yang dapat mencegah dari masalah pernapasan, batuk, dan sakit tenggorokan, lalu mendinginkan ruangan ketika musim panas, dan menghangatkan ruangan ketika musim dingin. Cek juga pentingnya asuransi kebakaran rumah selama liburan disini.

3. Mencegah Penyakit

Jika Anda sering merasa tidak enak badan atau kurang sehat di kantor, bisa jadi Anda mengalami sick building syndrome yang merupakan gejala penyakit seperti sakit kepala dan masalah pernapasan yang umum menyerang para pekerja kantoran. Penyebabnya adalah lingkungan kantor yang kurang kondusif seperti ventilasi buruk, tingkat karbondioksida yang tinggi di satu ruangan, hingga efek pendingin ruangan (AC). Manfaat tanaman hias di dalam ruangan bisa menstabilkan denyut jantung, membantu masalah pernapasan, hingga mengurangi stres dan rasa cemas untuk meningkatkan produktivitas. 

4. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Pada malam hari memang kebanyakan tanaman menghasilkan karbondioksida. Namun, ada beberapa manfaat tanaman hias seperti anggrek, lidah buaya, sukulen, lidah mertua, dan palem kuning yang dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen di malam hari sehingga membuat tidur Anda menjadi lebih lelap. Selain itu, beberapa tanaman lain seperti melati, lavender, dan gardenia juga dapat membantu tidur lebih pulas jika diletakkan di kamar tidur Anda karena memiliki aroma menenangkan yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. 

5. Mengatasi Stres dan Depresi

Manfaat tanaman hias bisa menjadi relaksasi diri yang diyakini dapat mengatasi stress dan depresi setelah seharian beraktivitas. Studi menunjukkan, menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit bisa menurunkan tingkat stres. Selain itu, merawat tanaman juga dapat menjadi salah satu cara melawan rasa depresi karena akan menumbuhkan motivasi dan memberikan kepuasan saat melihat tanaman yang dirawat mulai tumbuh. 

Itulah beberapa manfaat tanaman hias dirumah yang bisa Anda dapatkan. Selain dapat membuat ruangan terlihat lebih segar dan meriah, memajang tanaman hias juga dapat mendatangkan keuntungan untuk kesehatan fisik maupun mental. Disamping itu, berikan juga proteksi untuk rumah Anda dengan produk asuransi Mega Rumah dari Mega Travel Care yang siap melengkapi kenyamanan Anda bersama keluarga.

Putri Mahmudah
2 hours 'ago'

Madu ialah minuman yang dihasilkan oleh tawon, bentuknya yang menyerupai sirup serta mempunyai rasa manis seperti gula.

Madu banyak manfaatnya bagi kesehatan, seperti mencegah peradangan tenggorokan , mengobati batuk, mengobati penyakit jantung, kanker dll.

Rambut adalah mahkota indah yang dimiliki setiap orang, banyak produk-produk yang menawarkan kelebihannya guna memperbaiki kualitas rambut. Tapi ternyata madu pun berkhasiat dalam memperbaiki kualitas rambut, bisa dijadikan sebagai conditioner atau masker rambut. Beberapa masalah pada rambut dibawah ini bisa memanfaatkan madu untuk memperbaikinya, seperti:

1. Menjaga kelembapan rambut

Rambut ialah mahkota yang selalu ingin terlihat indah, terlebih seorang wanita. Banyak perawatan yang dilakukan guna mendapatkan rambut yang indah. Misalnya untuk membuat rambut tetap lembab.

Namun, ternyata madu pun mempunyai khasiat dalam melembabkan rambut, lho!

2. Mengatasi kerontokan pada rambut

Ketombe menjadi masalah lumrah yang dihadapi hampir oleh 50% populasi penduduk dunia.

Ketombe diakibatkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal, faktor eksternal yang memicu tumbuhnya ketombe seperti terkena polusi udara, sering terpapar sinar matahari, keringat, seringnya menggunakan alat seperti pengering rambut dll.

Untuk menghilangkan ketombe yang menjamur di kulit kepala pun, kamu bisa manfaatkan madu, lho! Gunakan madu sebagai conditioner secara rutin, 1-2 kali dalam seminggu.

3. Menyuburkan rambut

Rambut rontok menjadi penyebab hilangnya kesuburan rambut. Berbagai faktor pun memicu terjadi kerontokan pada rambut seperti, polusi udara yang menempel pada rambut, seringnya terpapar sinar matahari, terlalu sering melakukan styling pada rambut dll.

Nah, madu ternyata bermanfaat dalam menyuburkan rambu, guys. Selain menggunakan shampo dalam mengatasi masalah rambut, kamu pun bisa manfaatkan madu sebagai conditionernya.

4. Membuat rambut berkilau

Rambut yang berkilau menjadi dambaan semua orang juga, terutama wanita. Rambut yang berkilau memang indah di pandang.

Selain shampo dan perawatan lainnya, madu pun bisa kamu manfaatkan agar rambut kamu terlihat berkilau. Kamu bisa aplikasikan madu dalam rambut kamu sebagai masker atau conditioner.

5. Mencegah rusaknya selaput (kutikula) pada rambut

Kutikula atau selaput ialah lapisan terluar yang dimiliki rambut. Kutikula mempunyai fungsi vital pada rambut yaitu melindungi korteks pada rambut agar rambut tetap lembab dan lembut, serta tekstur rambut tetap terjaga.

Madu pun menjadi alternatif dalam menjaga kutikula rambut kamu, nih. Kamu bisa manfaatkan madu setiap 2 kali dalam seminggu sebagai conditioner.

6. Cara menggunakan madu bagi rambut

Cara yang bisa kamu aplikasikan pun cukup mudah, ialah:

  1. Sediakan madu 2 sendok makan
  2. Campurkan dengan air setengah gelas
  3. Gunakan sebagai masker setelah keramas
  4. Pijat-pijat kulit kepalanya selama 5 menit
  5. Diamkan beberapa menit hingga mengering
  6. Basuh rambut dengan air hingga bersih

Madu menjadi alternatif baik nih bagi kesehatan rambut kamu, memiliki banyak khasiat dan tentunya alami karena dihasilkan dari alam. Jadi, kapan mau mulai pakai masker rambut dengan campuran madu?

Nurul Marta
3 hours 'ago'

 

bunga matahari

Solar Sunflower dapat bergerak mengikuti sinar matahari dan mendinginkan dirinya sendiri dengan memompa air lewat saluran di dalamnya seperti tumbuhan. Foto: IBM via mnn.com

Inovasi terbaru yang berhubungan dengan tenaga surya datang dari para peneliti Swiss yang bekerja untuk Airlight Energy dan IBM Research di Zurich. Hasil temuan mereka disebut Solar Sunflower. Seperti namanya (sunflower berarti bunga matahari), alat ini dapat bergerak mengikuti sinar matahari dan mendinginkan dirinya sendiri dengan memompa air melalui saluran yang ada di dalamnya, seperti tumbuhan.

Terlepas dari bentuknya yang indah, Solar Sunflower menggunakan beberapa teknologi inovatif lainnya. Salah satunya adalah HCPVT (sel surya dengan efisiensi yang tinggi) yang berfungsi menghasilkan listrik dan air panas. Pada dasarnya, metode ini memanfaatkan reflektor untuk memusatkan cahaya matahari dan mengubahnya menjadi listrik.

Kemampuan alat ini memusatkan energi matahari hanya mengandalkan reflektor yang diatur sudutnya sehingga menghasilkan “5.000 matahari”. Pengujian pernah dilakukan untuk memusatkan cahaya matahari dengan alat ini, hasilnya panas yang dihasilkan bisa membuat lubang pada logam. Kemampuan Solar Sunflower mengatasi panas yang sangat tinggi inilah yang membedakannya dengan produk-produk sejenis.

Sel foto yang digunakan oleh Sunflower memiliki tempatur maksimal sebesar 105 derajat Celcius, yang sebenarnya jauh daripada temperatur yang diperlukan untuk membuat lubang pada logam. Untuk mengatasinya, Sunflower menggunakan sistem pendingin berbasis air yang dipompa ke bagian belakang sel surya tersebut sehingga meredam panas.

Yang menarik dan inovatif dari alat ini adalah air panas yang dihasilkan kemudian diubah juga menjadi sumber daya untuk menghangatkan rumah atau dialirkan pada sistem industri lainnya. Hasilnya adalah sebuah alat yang bisa memproduksi 12 kilowatt energi listrik dan 21 kilowatt energi panas.

Walaupun energi sebesar itu hanya cukup untuk dipakai beberapa rumah saja, namun teknologi ini sangat efisien. Satu-satunya kendala adalah biayanya yang sangat tinggi. Sel surya dari galiium-arsenida yang digunakan pada alat ini walaupun sangat efisien namun tidaklah murah.

Nurul Marta
3 hours 'ago'

 

rumput liar

Foto: Ống Hút Cỏ

Upaya untuk memerangi limbah plastik sebenarnya tidak cukup dengan berhenti menggunakan produk berbahan plastik saja. Ada hal lain yang harus dipertimbangkan seperti bisa atau tidaknya produk pengganti plastik tersebut didaur ulang dan mengutamakan bahan organik demi menjaga kelestarian lingkungan. Sadar akan pentingnya menciptakan produk berkelanjutan, seorang pengusaha muda asal Vietnam terinspirasi untuk membuat sedotan menggunakan rumput liar.

Dilansir dari The Epoch Times, Tran Minh Tien melalui Ống Hút Cỏ, perusahaan yang didirikannya berhasil membuat dua jenis sedotan dari rerumputan yang tumbuh liar di sepanjang Delta Mekong. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah video yang diunggah di Facebook oleh VnExpress International, rumput sedge memiliki batang berongga sehingga secara alami berbentuk seperti sedotan.

rumput liar

Sedotan rumput yang dijual dalam kondisi sudah dikeringkan. Foto: Ống Hút Cỏ

Sedotan rumput yang dibuat oleh Tran Minh Tien terdiri dari sedotan segar dan sedotan kering. Proses pengolahannya meliputi proses pencucian dan pemotongan rumput. Setiap rumput yang dikumpulkan kemudian dipotong dengan ukuran panjang 20 sentimeter.

Tran Minh Tien menggunakan batang besi untuk membersihkan bagian dalam sedotan rumput. Dan untuk memastikan sedotannya aman untuk digunakan, pada tahap terakhir sedotan tersebut dicuci sampai benar-benar bersih.

rumput liar

Tran Minh Tien memanfaatkan rumput sedge yang tumbuh liar di sepanjang sungai Mekong sebagai bahan baku sedotan rumput. Foto: Ống Hút Cỏ

Sedotan segar dijual dalam satu ikatan yang terdiri dari 100 sedotan. Sedotan ini dikumpulkan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Menurut situs resmi Ống Hút Cỏ, sedotan segar dapat bertahan sekitar dua minggu di lemari pendingin dan paling baik disimpan dalam kantong ziplock. Agar sedotan segar bertahan lebih lama, situs web perusahaan menyarankan merebus sedotan dengan garam, membiarkan kering, kemudian menyimpannya di tempat kering yang sejuk.

Untuk sedotan kering, setelah melewati tahap pencucian akhir, sedotan dijemur selama dua hingga tiga hari kemudian dipanggang di dalam oven. Proses pengeringan tersebut dilakukan untuk memperpanjang usia simpan sedotan agar dapat bertahan hingga sekitar 6 bulan pada suhu ruangan.

rumput liar

Tran Minh Tien (kemeja biru) mengemas produk sedotan rumputnya menggunakan daun pisang. Untuk saat ini sedotan biodegradable ini hanya dipasarkan di Vietnam. Foto: Ống Hút Cỏ

Kedua jenis sedotan rumput buatan Tran Minh Tien ini selain ramah lingkungan juga dapat dimakan. Mengunyah sedotan ini setelah makan dapat membantu membersihkan gigi dan gusi. Karena sedotan ini terbuat dari bahan organik, sedotan ini dapat terurai secara alami, bebas bahan kimia dan bahan pengawet.

Menurut VnExpress International, sedotan rumput buatan Tran Minh Tien ini dijual dengan harga terjangkau. Untuk sedotan segar masing-masing dijual dengan harga sekitar 2,6 sen (dalam dolar Amerika) dan untuk sedotan kering masing-masing dijual dengan harga sekitar 4,3 sen. Namun untuk saat ini, sedotan rumput ini hanya dijual di Vietnam, tetapi Tran Minh Tien sedang mempertimbangkan untuk menjual sedotan kering ke negara lain.

 Sedotan rumput buatan Tran Minh Tien dapat dibeli di Zero Waste Saigon, sebuah perusahaan yang berbasis di Vietnam yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang krisis plastik.

 

Bintang Maulidya
3 hours 'ago'

Bulan Ramadan adalah bulan di mana umat islam di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Bulan ini mewajibkan umat muslim untuk menahan hawa dan nafsunya. Meski bulan puasa tak lama lagi akan usai, dan para umat muslim akan merayakan hari kemenangan yaitu Idulfitri. Banyak hal-hal yang dapat kamu terapkan ketika bulan puasa usai, yuk simak!

1. Makan lebih teratur

Puasa dimulai ketika umat muslim selesai melaksanakan makan sahur sebelum adzan subuh dikumandangkan. Berbagai hidangan khas disajikan demi menjadi bekal untuk melaksanakan puasa selama lebih dari 13 jam waktu Indonesia. Hingga akhirnya akan tiba waktu berbuka ketika adzan magrib dikumandangkan. Bulan puasa merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki waktu makan yang tidak teratur, hal ini tentunya dapat kamu lanjutkan ketika puasa usai dengan cara makan di waktu yang teratur. Jangan sampai waktu makan kamu terganggu setelah puasa, jika waktunya untuk makan maka segeralah untuk makan. Tentunya tubuhmu akan berterima kasih terhadap keteraturan yang kamu biasakan dalam kehidupan sehari-harimu.

2. Mempertahankan kualitas ibadah

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki kualitas ibadah. Tentunya memperbanyak ibadah pada bulan Ramadan merupakan suatu keharusan karena keutamaannya. Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya merupakan suatu keharusan bagi umat muslim. Serta menambah ibadah sunnah lainnya juga merupakan keutamaan bulan Ramadan. Hal ini merupakan kebiasaan yang sangat baik untuk tetap dilanjutkan pada bulan-bulan lainnya. Jangan sampai kebiasaan ini berakhir di bulan Ramadan saja.

3. Saling berbagi kepada sesama

Bulan penuh berkah ini banyak dijadikan umat muslim untuk berbagi kepada sesama. Entah itu buka bersama orang yang kurang beruntung ataupun membayar zakat yang merupakan suatu kewajiban bagi yang mampu. Tentunya, hal ini merupakan kebiasaan yang baik dan mengingatkan kita akan pentingnya untuk terus berbagi kepada sesama. Dengan berbagi, tentunya akan menimbulkan kebahagiaan dan rasa saling mengasihi antar manusia. Tak hanya pada bulan penuh berkah ini saja, ada baiknya untuk terus berbagi kepada saudara-saudara kita di luar sana.

4. Memperkuat silaturahim pertemanan

Sudah berapa kali kamu mendapat undangan untuk buka bersama? Mulai dari buka bersama teman sd hingga kuliah ataupun teman kerja. Momen buka bersama memang dijadikan sebagai ajang temu kangen alias reuni untuk sebagian orang. Namun, tentunya alangkah baiknya silaturahim pertemanan kamu tidak hanya erat pada saat buka bersama saja. Ketika puasa usai, tentunya kamu harus tetap bercengkrama dan bersilaturahim kepada mereka. Karena hubungan yang baik antar manusia sangat dijunjung oleh agama Islam.

5. Tetap sabar dan saling menghargai

Selain menahan rasa lapar seharian penuh, tentunya umat muslim harus menahan berbagai cobaan lainnya. Tak terelakkan untuk menjaga lisan dan hati untuk tetap sabar dalam menghadapi segala hal. Memang terkadang sulit untuk tetap positif terhadap sesuatu, namun di bulan Ramadan ini tentunya merupakan waktu yang tepat untuk kamu belajar bersabar.

Selain itu, tentunya sifat saling menghargai kepada sesama manusia. Walaupun ada saudara kita yang tidak melaksanakan puasa, kita harus tetap menghargai mereka. Oleh karena itu, penting untuk terus menerapkan berbagai sifat baik ini untuk ke depannya. Baik itu sifat sabar dan saling menghargai harus terus dilakukan agar tercipta kedamaian dan kerukunan antar sesama.

Usainya bulan puasa bukan merupakan akhir dari berbagai kebiasaan baik yang dilakukan. Namun, menjadi awal untuk tetap melanjutkan kebiasaan baik tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Itulah 5 hal yang harus kamu pertahankan ketika bulan Ramadan usai. Jangan sampai kebiasaan baik tersebut berakhir ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow