0
1
0
Masa Pengenalana Lingkungan Sekolah
3 years 'ago'

          Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan dalam rangka peneriman peserta didik baru. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik baru dapat mengenali lingkungan sekolah sehingga mudah beradaptasi dengan suasana belajar baru. Selain itu kegiatan MPLS ini bertujuan untuk melatih siswa agar saling berinteraksi dan mudah berbaur dengan siswa lainnya.

       Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa kegiatan MPLS tidak diperkenankan untuk melakukan sikap diskriminasi dan perpeloncolan. Dengan demikian siswa harus dibimbing untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekolah. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan MPLS ini peserta didik baru lebih diarahkan untuk melakukan kegiatan belajar yang mengembirakan.

     SMPN 10 Kota Probolinggo melaksanakan MPLS pada tanggal 17, 18, dan 19 Juli 2017. Dalam pelaksaan MPLS ini siswa diwajibkan memakai seragam merah putih serta bersepatu hitam. Bagi siswa putri diharapkan untuk menguncir rambut menjadi dua ikatan, sedangkan bagi siswa yang berhijab dihimbau dapat mengenakan hijab yang sesuai. Sedangkan bagi siswa laki – laki diharapkan dapat berpotongan rambut rapi dan sopan.

     Kegiatan MPLS diawali dengan pengenalan sarana dan prasarana sekolah meliputi lapangan voli, ruang komputer dan sebagainya. Dalam kegiatan MPLS ini peserta didik baru diberikan penjelasan mengenai menfaat dari masing masing sarana. Selain itu peserta didik baru juga mendapatkan tugas untuk mencatat SOP yang nantinya digunakan sebagai pedoman bertingkah laku di sekolah. Dengan demikian diharapkan peserta didik baru dapat mematuhi segala jenis peraturan yang ada sehingga tercipta ketertiban di lingkungan sekolah.

    Pada hari ke-2 peserta didik baru dibimbing untuk melaksanakan kegiatan PBB. Hal ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan dalam berbaris. Selain itu peserta didik baru diminta untuk membawa bunga dalam rangka melaksanakan kegiatan tamanisasi. Kegiatan tamanisasi dilakukan dengan menanam bunga di depan ruang kelas masing – masing. Kegiatan ini bermaksud agar peserta didik baru dapat menerapkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

      Pada hari terakhir peserta didik baru diajak untuk melakukan kegiatan game out door. Game ini disebut dengan Danger Circle. Permainan ini dimainkan oleh dua regu , yaitu regu putra dab regu putri. Cara memainkannya ialah peserta harus mendengarkan alunan lagu dengan seksama, jika alunan lagu berhenti maka peserta harus berada di dalam lingkaran yang telah dibuat oleh panitia. Jika peserta melampaui batas garis lingkaran maka dinyatakan diskualifikasi. Game ini bertujuan untuk melatih kerjasama dan kekompakan para siswa. Selain itu pada akhir acara MPLS peserta didik baru juga dijelaskan tentang kesiapan diri untuk menjadi siswa SMP dengan segala ketentuan yang ada.

     Salah seorang peserta didik baru mengutarakan pendapatnya terhadap kegiatan MPLS “ Menurut saya kegiatan MPLS kali ini sangatlah menyenangkan, hal ini dikarenakan saya dapat belajar sambil bermain. Bukan hanya itu saya juga menjadi mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. “ ungkap siswa berparas elok itu. Siswa tersebut berharap agar kegiatan MPLS dapat terus dikembangkan melalui berbagai kegiatan yang lebih meriah.

     Pelaksanaan MPLS juga tak lepas dari peran serta pengurus OSIS serta dukungan dari bapak/ibu guru. Kerja sama panitia yang terjalin dengan baik membuat kegiatan MPLS dapat berjalan dengan lancar. Panitia telah bekerja dengan maksimal sehingga mampu menyukseskan masa pelaksaan pengenalan lingkungan sekolah melalui berbagai kegiatan yang telah disajikan. Salah seorang pengurus OSIS bependapat “ Berkat kekompakan dan solidaritas tim, kami dapat membimbing para siswa dengan baik sehingga kegiatan MPLS tahun ini dapat dilaksanakan dengan lacar tanpa kendala satu apapun.” Ungkap siswa bertubuh subur itu.

      Kegiatan MPLS merupakan salah satu wadah para siswa untuk menuangkan keingintahuan yang tinggi terhadap situasi lingkungan baru. Dengan demikian diharapkan siswa dapat lebih nyaman untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. (Ynt)

Tim Jurnalis Siswa SMPN 10 Kota Probolinggo

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow