0
1
0
Bebagi itu Indah
3 years 'ago'


    Dalam rangka menjalankan amalan di bulan ramadhan. Organisasi PMR dan Pramuka SMPN 10 Kota Probolinggo melaksanakan kegiatan bagi – bagi takjil. Kegiatan bertempat di Museum Kota Probolinggo dan sekitarnya. Kegiatan ini dimulai dari pukul 16.00 hingga menjelang berbuka puasa. Salah satu alasan pemilihan museum sebagai tempat untuk melaksaanakan kegiatan bagi – bagi takjil ialah karena kondisi sekitar museum yang tenang sehingga diharapkan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
     Masing – masing siswa disarankan untuk memakai seragam sesuai organisasi yang diikuti. Untuk siswa organisasi PMR mengenakan baju PMR. Sedangkan untuk dewan penggalang Pramuka memakai atribut pramuka lengkap. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan identitas SMPN 10 Probolinggo kepada masyarakat sekitar.
    Kegiatan bagi – bagi takjil bertujuan untuk menanamkan rasa peduli antaar sesama serta sebagai salah satu upaya untuk menyambung tali silaturrahim diantara anggota PMR dan Pramuka. Bukan hanya itu kegiatan bagi – bagi takjil juga bertujuan untuk menerapkan pengamalan Trisatya dan Dasadarma untuk anggota Pramuka, serta menerapkan  Tri Bhakti untuk anggota PMR sebagai  pedoman anggota PMR.
    Dalam pelaksanaan kegiatan bagi – bagi takjil dana berasal dari sumbangan sukkarela siswa organisasi PMR dan Pramuka tanpa adanya paksaan, serta berasal dari uang kas Pramuka. Dana yang terkumpul nantinya digunakan untuk membeli makanan ringan dan minuman yang akan dibagiakan saat pelaksanaan kegiatan.
    Salah satu siswa yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan bagi – bagi takjil mengungkapkan pengalamannya “ Saya sangat senang dengan adanya kegiatan bagi – bagi takjil. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa masih banyak masyarakat di Kota Probolinggo yang belum bisa merasakan berbuka. Seperiti halnya tukang becak, tukang parkir dan kaum yang kurang mampu. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kota Probolinggo dapat merasakan kenikmatan berbuka dengan takjil yang kami berikan.” Ungkap Valencia anggota penggalang SMPN 10 Kota Probolingggo.
     Erfan Suandi selaku pembina dalam pelaksanaan kegiatan bagi – bagi takjil berharap dengan adanya kegiatan ini dapat  mengajarkan kepada siswa untuk senantiasa berbagi dalam kehidupan. “Hidup itu harus saling berbagi. Kalau kita tidak bisa memanusiakan manusia maka hidup kita tak akan lengkap.” Tuturnya dengan nada lirih.
     Kegiatan bagi – bagi takjil ini berlangsung dengan lancar. Diakhiri dengan kegiatan buka bersama oleh anggota dewan penggalang serta anggota PMR SMPN 10 Probolinggo. (Ynt)

(Jurnalis siwa SMPN 10 Probolinggo)
  

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow