0
1
0
Gerakan Literasi
3 years 'ago'

                                     
     Literasi merupakan kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara dan memecahkan masalah pada tingkat  keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan dan masyarakat.
      Tujuan dari gerakan literasi di sekolah ialah untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis, untuk melatih kreativitas  siswa di bidang tata bahasa serta meningkatkan imajinasi siswa dalam berkarya.
       Manfaat dari diadakan gerakan literasi di sekolah yaitu untuk melatih keterampilan siswa dalam menulis dengan baik, mengembangkan kemampuan siswa dalam berfikir dan menganalisa hal – hal yang telah dibaca serta untuk meningkatkan konsentrasi  siswa  dalam membaca.
         Literasi diadakan di SMPN 10 Kota Probolinggo pada tanggal 12 sampai 14 Juni 2017. Pada hari pertama siswa diminta untuk membaca buku fiksi atau nonfiksi kemudian siswa  mendata buku tersebut. Hal yang perlu didata meliputi judul buku, penulis, penerbit, kota terbit,  dan jumlah halaman. Sedangkan pada hari kedua siswa mulai melaksanakan perlombaan. Untuk siswa kelas 7 dan kelas 8 merangkum buku fiksi atau buku nonfiksi yang telah dibaca. Kemudian pada terakhir siswa kelas 7 diminta untuk menulis komentar mengenai bahasa dan kondisi fisik buku yang telah dibaca. Sedangkan siswa kelas 8 menulis ulasan dari buku yang telah dibaca sesuai struktur.
          Kriteria penilaian lomba literasi untuk siswa kelas 7 meliputi kelengkapan data buku yang ditulis, keruntutan rangkuman yang dibuat, komentar yang diberikan berdasarkan buku yang telah dibaca serta keindahan dalam segi bahasa. Untuk kelas 8 kriteria yang diberikan ialah kelengkapan data buku, kesesuaian alur cerita dalam rangkuman yang telah dibuat serta ketepatan dalam mengulas buku fiksi ataupun nonfiksi sesuai struktur teks ulasan.
          Beberapa siswa sangat merasa senang dengan diadakannya lomba literasi. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh salah satu  siswa nan  elok rupawan ”Saya sangat tertarik dengan adanya lomba literasi ini karena selain mendapatkan wawasan baru dari buku yang saya baca, saya juga bisa belajar menulis dengan baik.” Mereka juga menginginkan agar lomba literasi dapat diadakan setiap tahunnya.
            Panitia lomba literasi yang merupakan pengurus OSIS SMPN 10 Kota Probolinggo, juga menyatakan kebanggaannya sebagai salah satu bagian dari pihak yang berperan penting dalam kegiatan literasi. “ Saya sangat senang dengan adanya kegiatan literasi, karena selain  menjadi bagian dari kelancaran kegiatan literasi, saya juga belajar untuk mengemban tanggung jawab dengan baik dan  senantiasa menegakkan kedisiplinan di kelas yang saya jaga.” Ungkap panitia bertubuh subur itu
              Gerakan literasi sangat bermanfaat bagi seluruh siswa SMPN10. Semoga dengan adanya kegiatan literasi dapat menjadi wadah untuk mengembangkan dan mengasah minat dan baca siswa dalam bidang membaca dan menulis. (Ynt)
(Jurnalis siswa SMPN 10 Kota Probolinggo)

           

Follow Us On :
Lencana
Kongkow