0
1
0
Pondok Spenluh
3 years 'ago'

    Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang selalu ditunggu – tunggu kedatangannya oleh umat islam. Siswa SMPN 10 Kota Probolinggo menyambut bulan penuh berkah ini dengan mengikuti kegiatan  pondok ramadhan. Kegiatan pondok ramadhan dilaksanakan sejak tanggal 5 sampai 10 Juni 2017. Pada kegiatan pondok ramadhan siswa dibimbing untuk senantiasa malaksanakan sholat dhuha berjamaah dan dilanjutkan dengan tadarus. Selain itu siswa juga dibimbing untuk menghafal Q.S Abasa.

     Kegiatan pondok ramadhan siswa dihimbau untuk mengenakan busana muslim bebas, sedangkan bagi siswa yang beragama lain memakai pakaian bebas dan sopan.

         Pondok ramadhan ini lebih menitik beratkan pada pembinaan akhlaq mulia oleh guru agama. Sebagaimana yang diungkapkan oleh salah satu guru PAI SMPN 10 Kota Probolinggo Bapak Qomaruddin Sudarso “Pembinaan akhlaq mulia terus dilakukan terutama dalam menyambut bulan suci ramadhan, hal ini sebagai salah satu upaya untuk menambah wawasan keagamaan dan mempertebal keimanan siswa kepada Allah.” Dengan demikian diharapkan siswa dapat menerapkan perilaku akhlaq mulia dalam kehidupan sehari-hari.

     Kegiatan pondok ramadhan rutin dilaksanakan setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk mendidik dan menumbuhkan kreativitas, kadisiplinan serta keterampilan siswa di bidang keagamaan. Selain itu dengan pondok ramadhan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dalam ukhuwah islamiah diantara sesama umat muslim.

Menurut siswa SMPN 10 Kota Probolinggo, kegiatan pondok ramadhan merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu luang saat menjalankan ibadah puasa. “Kegiatan pondok ramadhan sangat menyenangkan dan bermanfaat. Karena selain mendapatkan pembelajaran mengenai keagamaan kami juga bisa mengisi waktu luang dengan melakukan berbagai amal ibadah yang diterapkan di lingkungan sekolah.” Ujar siswa nan cantik itu.
    Dengan demikian kegiatan pondok ramadhan mempunyai dampak positif bagi seluruh siswa untuk menjadi pribadi yang lebih islami.(Ynt)
 

(Jurnalis Siswa SMPN 10 Kota Probolinggo)
 

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow