0
1
0
REMAJA GAUL YANG SEHAT
3 years 'ago'
Remaja itu seorang manusia yang berusia berkisar antara 13 – 18 tahun dan mempunyai karakeristik yang bervariasi. Dari mulai mencari jati diri sampai ingin diterima di lingkungannya, itu merupakan perubahan peralihan dari masa pubertas yang dialami oleh setiap remaja. Masa remaja mengalami masa perubahan baik fisik maupun psikis yang ini merupakan tugas perkembangan yang harus dilalui oleh setiap remaja. Setiap remaja harus mengenal dan memahami perubahan yang terjadi pada dirinya baik fisik maupun psikis, karena untuk mengetahui setiap perubahan dan kemampuan yang terjadi pada dirinya.

Dari setiap perubahan yang dialami oleh remaja, peran orangtua untuk mendampingi hal ini sangat mempengaruhi terhadap perubahan terjadi pada diri remaja. Orangtua sangat mendukung dan memberikan informasi tentang masa pubertas kepada anaknya yang menghadapi perubahan pada dirinya. Jika hal ini dilakukan oleh orangtua maka setiap remaja tidak akan mengalami hambatan dalam perubahan masa pubertas pada dirinya. Dan tidak akan mengalami masalah dalam mencari jati dirinya sebagai seorang remaja, sehingga remaja akan menikmati masa remajanya dengan sehat dengan mengikuti kekinian yang sehat pula.

Dikatakan remaja gaul adalah remaja yang tidak kuper dalam lingkungannya, bisa mengendalikan emosinya dan bisa mencari pergaulan yang baik dan sehat untuk dirinya sendiri. Banyak remaja yang salah kaprah bahwa gaul itu yang mengikuti arus pergaulan yang dianggap ngetrend di kalangan remaja saat ini sehingga remaja bebas dalam melakukan pergaulan yang tidak sehat dan menyimpang dari norma – norma dalam kehidupan. Remaja dihadapkan dengan pergaulan yang luas karena sebagai makhluk sosial kita sebagai manusia masih tergantung dan membutuhkan orang lain. Disitulah remaja dapat mengembangkan.kemampuannya dalam bergaul dengan siapa saja dan lingkungannya, namun remaja juga mampu menemukan pilihan untuk bergaul dengan siapa yang tepat untuk dirinya. Ini perlu adanya sebuah filter pada diri remaja untuk bergaul dengan orang lain. Tatkala remaja itu pandai dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk dirinya seketika itu bisa sukses dalam pergaulan. Namun jika sebaliknya maka remaja akan hancur masa depannya sebagai remaja gaul yang sehat.

Remaja yang bisa menentukan pilihan pergaulannya yang sehat akan terlihat hasilnya dalam masa depannya. Tidak akan mengikuti salah kaprah tentang arti gaul yang dianggap pergaulan yang bebas dan menyimpang dari norma – norma dalam kehidupan. Namun gaul yang sehat itu yang tidak menyimpang dari segala aspek kehidupan baik norma, akhlak maupun perilaku. Gaul yang sehat itu yang tidak mengikuti arus pergaulan yang salah seperti pacaran, narkoba dan pergaulan bebas. Jika setiap remaja memiliki prinsip dan pendirian terhadap pergaulan yang sehat maka perjalanan kehidupan remaja tersebut akan sukses dalam masa depannya.

Remaja biasanya takut dikatakan tidak gaul jika tidak melakukan pacaran, merokok atau yang lainnya maka itu merupakan anggapan yang salah atas pernyataan tersebut. Malah sebaliknya remaja yang gaul itu harus berpikiran bahwa remaja yang gaul itu yang berprestasi dalam segala bidang dan tidak melakukan penyimpangan terhadap norma dalam kehidupan. Jangan salahkan dirinya sendiri jika kalian tidak melakukan gaul yang tidak sehat namun salahkan dirimu jika dalam menentukan jalan ke arah yang salah dalam pergaulan sehat. Remaja harus berani menolak ajakan teman ke arah gaul yang tidak sehat dan memiliki prinip juga pendirian terhadap pergaulannya sendiri sebagai seorang remaja. Seseorang jangan takut tidak punya teman jika teman itu mengajak gaul yang tidak sehat dan jangan takut tidak akan diperhatikan oleh teman jika teman itu tidak baik untuk dirimu. Sesuatu yang ada kaitannyakemampuannya dalam bergaul dengan siapa saja dan lingkungannya, namun remaja juga mampu menemukan pilihan untuk bergaul dengan siapa yang tepat untuk dirinya. Ini perlu adanya sebuah filter pada diri remaja untuk bergaul dengan orang lain. Tatkala remaja itu pandai dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk dirinya seketika itu bisa sukses dalam pergaulan. Namun jika sebaliknya maka remaja akan hancur masa depannya sebagai remaja gaul yang sehat.

Remaja yang bisa menentukan pilihan pergaulannya yang sehat akan terlihat hasilnya dalam masa depannya. Tidak akan mengikuti salah kaprah tentang arti gaul yang dianggap pergaulan yang bebas dan menyimpang dari norma – norma dalam kehidupan. Namun gaul yang sehat itu yang tidak menyimpang dari segala aspek kehidupan baik norma, akhlak maupun perilaku. Gaul yang sehat itu yang tidak mengikuti arus pergaulan yang salah seperti pacaran, narkoba dan pergaulan bebas. Jika setiap remaja memiliki prinsip dan pendirian terhadap pergaulan yang sehat maka perjalanan kehidupan remaja tersebut akan sukses dalam masa depannya.

Remaja biasanya takut dikatakan tidak gaul jika tidak melakukan pacaran, merokok atau yang lainnya maka itu merupakan anggapan yang salah atas pernyataan tersebut. Malah sebaliknya remaja yang gaul itu harus berpikiran bahwa remaja yang gaul itu yang berprestasi dalam segala bidang dan tidak melakukan penyimpangan terhadap norma dalam kehidupan. Jangan salahkan dirinya sendiri jika kalian tidak melakukan gaul yang tidak sehat namun salahkan dirimu jika dalam menentukan jalan ke arah yang salah dalam pergaulan sehat. Remaja harus berani menolak ajakan teman ke arah gaul yang tidak sehat dan memiliki prinip juga pendirian terhadap pergaulannya sendiri sebagai seorang remaja. Seseorang jangan takut tidak punya teman jika teman itu mengajak gaul yang tidak sehat dan jangan takut tidak akan diperhatikan oleh teman jika teman itu tidak baik untuk dirimu. Sesuatu yang ada kaitannya. dengan yang merusak pada diri sendiri maka remaja berhak untuk menolak dan menghindarinya dari pergaulan yang salah.

Cara remaja untuk melakukan pergaulan yang sehat dengan kata lain remaja gaul yang sehat adalah :
1. Remaja harus memiliki kekuatan iman dengan cara menjaga segala bentuk ibadah sehari – hari baik di rumah maupun di sekolah dan dimana saja
2. Punya komitmen dan prinsip pada diri remaja sendiri untuk menjadikan dirinya sebagai remaja gaul yang sehat
3. Remaja harus berani menolak atau katakan tidak untuk melakukan pergaulan yang tidak sehat
4. Remaja harus berusaha menghindari dari perbuatan yang mengarah pada pergaulan yang tidak sehat
5. Punya tujuan hidup dan masa depan untuk dirinya
6. Selalu melakukan kegiatan positif yang mengarah pada prestasi baik akademik maupun non akademik
7. Jangan mudah terpengaruh terhadap hal – hal yang mengarah pada pergaulan bebas dan menyimpang dari norma – norma dalam kehidupan
8. Tetap semangat dan percaya diri untuk menjadi remaja gaul yang sehat


Follow Us On :
Lencana
Kongkow