Home » Kongkow » Sejarah » Tujuan Kedatangan NICA di Indonesia

Tujuan Kedatangan NICA di Indonesia

Tujuan Kedatangan NICA di Indonesia

Tujuan Kedatangan NICA di Indonesia adalah untuk memperlancar usaha Belanda untuk menjajah Kembali Indonesia setelah kekalahan Jepang pada perang Dunia ke 2 yang harus menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.

NICA adalah singkatan dari Nederlandsch Indië Civil Administratie (Bahasa Belanda) atau Netherlands Indies Civil Administration dari bahas Inggris yang artinya Pemerintah Sipil Hindia Belanda.

NICA merupakan suatu organisasi semi militer yang di bentuk oleh Belanda dan Sekutu pada tanggal 3 April 1944 dan memiliki tugas yakni mengembalikan pemerintahan sipil dan hukum Hindia Belanda dari tangan Jepang untuk diserahkan kepada Belanda selepas perang dunia ke II usai.

Baca juga: Penjajahan Inggris di Indonesia

Kedatangan NICA atau pemerintahan sipil Hindia Belanda dan Sekutu ke Indonesia terjadi setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, 15 Agustus 1945. 


Gambar: kedatangan NICA di Indonesia (AFP PHOTO/STR)

Hal tersebut membuat seluruh tentara Jepang berangsur-angsur kembali ke negerinya, dan harus menyerahkan wilayah kekuasaanya kepada sekutu, sedangkan untuk penyerahan tersebut dilakukan oleh Komando Asia Tenggara (SEAC) yang di ketuai Laksamana Lord Louis Mounbatten.

Untuk membantu tugasnya itu maka SEAC membentuk satuan komando khusus yakni AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) yang dipimpin oleh Letnan Jendral Sir Philip Chiston.

Sedangkan untuk tugas AFNEI di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang

  • Membebasakan tawanan perang dan para warga eropa yang di tahan oleh Jepang.

  • Melucuti senjata tentara dan orang Jepang sebelum di pulangkan ke negaranya.

  • Menjaga Keamanan dan ketertiban

  • Menghimpun keterangan guna mendukung penyelidikan seberapa pihak yang dicurigai sebagai penjahat perang.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya