Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa

Tips Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa

- Sabtu, 18 Mei 2019 | 08:39 WIB
Tips Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa

Di bulan Ramadhan, tidur memang dianggap berpahala. Meski demikian, bukan berarti Anda disarankan untuk tidur terus-menerus tanpa melakukan kegiatan lainnya. Puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Di bulan Ramadhan ini, Anda justru disarankan untuk terus berbuat kebaikan dan mendulang pahala, termasuk dengan bekerja sebaik-baiknya. Lantas, bagaimana menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa?

Jangan lewatkan sahur

Sahur sangat diperlukan dan jangan sampai dilewatkan, sama halnya dengan sarapan yang menjadi waktu makan terpenting dalam sehari. Melewatkan waktu sahur ibarat Anda memperpanjang waktu puasa sehingga tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah dan cepat merasa haus. Orang-orang yang melewatkan sahur juga cenderung makan berlebihan saat berbuka.

Jangan makan berlebihan saat berbuka

Puasa menuntut kita untuk bisa mengendalikan dan menahan diri, bukan hanya dari sahur hingga berbuka puasa, tetapi juga setelahnya. Percuma saja menahan lapar dan haus seharian jika kita tidak bisa mengendalikan diri saat berbuka. Kalap makan dan minum saat berbuka justru bisa meningkatkan berat badan secara cepat, apalagi jika kita memilih menu tidak sehat seperti gorengan dan fast food.

Hindari makanan yang terlalu manis dan berlemak

Anggapan untuk berbuka dengan yang manis sering terdengar di bulan Ramadhan. Entah dari mana kepercayaan ini berasal. Yang jelas, anggapan ini tampaknya sudah melekat di benak masyarakat. Tidak heran jika pedagang es sirup dan minuman manis lainnya menjamur di bulan puasa. Makan atau minum yang manis memang diperlukan untuk menormalkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa, namun tentu saja harus dikonsumsi secara wajar juga. Berlebihan mengkonsumsi makanan yang manis justru dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan rasa lemas dan kurang konsentrasi selama berpuasa. Apalagi kita tinggal di daerah tropis yang cuacanya cenderung panas. Cukupilah kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka untuk menghindari dehidrasi. Air putih paling dianjurkan, namun bisa digantikan dengan susu atau jus buah murni.

Lakukan olahraga ringan

Tetap lakukan olahraga rutin selama bulan Ramadhan, tetapi batasi porsinya dari yang biasanya. Olahraga di siang bolong bisa memicu dehidrasi dan menguras energi. Sebaiknya, cukup melakukan olahraga ringan seperti bersepeda atau jogging selama 15 hingga 20 menit saat ngabuburit atau menjelang berbuka.

Itulah tips untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa.

 

Cari Artikel Lainnya