Home » Materi » Biologi » Pengertian dan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Pengertian dan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

6 days 'ago'

Teknologi ramah lingkungan adalah suatu metode yang pelaksanaannya mengacu pada wawasan untuk mencapai suatu tujuan serta memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan disekitarnya. 

Untuk dapat menikmati teknologi tersebut biasanya diperlukan biaya yang tentunya tidak sedikit apabila dibandingkan dengan membeli peralatan dengan teknologi konvensional. Kondisi tersebut tentunya membuat para pengembang mendapatkan tantangan untuk menciptakan teknologi hijau yang dengan harga yang lebih terjangkau.

Contoh Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan

Walaupun memang teknologi akan membuat biaya menjadi meningkat namun dampak positif dari penerapan dan penggunaan teknologi untuk kehidupan sehari-hari diantaranya:

1. Kincir Angin

Angin yang bisa dijadikan sebagai alternatif sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Energi angin ini juga digunakan untuk menggerakan kincir tersebut yang kemudian menghasilkan jenis energi lainnya seperti energi listrik yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Sistem kincir angin inilah merupakan sumber energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi udara. Tentunya hal ini berbeda dengan energi listrik yang dihasilkan oleh bahan bakar non terbarukan yang memberikan dampak butuh bagi atmosfer.

2. Biogas

Tidak akan ada yang sadar bahwa kotoran hewan dapat dijadikan sebuah energi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biogas dihasilkan oleh aktivitas fermentasi bahan-bahan yang organik. Namun, tidak hanya kotoran hewan, kotoran manusia dan limbah domestik juga dapat dimanfaatkan sebagai biogas. 

Mengapa kotoran kotoran ini dapat dijadikan sumber energi? Kotoran merupakan sebab adanya karbondioksida dan metana pada kotoranlah yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan maupun listrik. Selain hemat biaya, bahan bakar biogas ini lebih ramah lingkungan dan menjadi solusi cerdas dalam pengelolaan limbah.

3. Mobil Listrik

Ketersediaan bahan bakar yang semakin hari semakin menipis membuat banyak inovasi baru bermunculan. Karenanya, inovasi seperti mobil listrik yang lebih ramah lingkungan ini bisa menjadi salah satu solusinya. 

Meskipun jumlahnya masih tidak sebanding dengan mobill konvensional, diharapkan pengguna mobil listrik ini terus meningkat setiap tahunnya. Selain ramah lingkungan, perawatannya pun lebih mudah.

4. Rooftop Garden

Sudah banyak bangunan yang memiliki taman yang luas di atap rumahnya, adanya taman ini adalah untuk menyerap panas yang mungkin bisa langsung berdampak panas pada rumah tersebut selain itu dengan adanya tanaman juga dapat mengurangi CO2. Ditambah lagi adanya tumbuhan di atap rumah ini membuat rumah jadi terlihat lebih indah dan menarik. 

5. Panel Surya

Yang terakhir ini mungkin sudah seringkali kamu lihat sekaligus digunakan di berbagai macam kebutuhan baik itu digunakan secara pribadi maupun umum. Karena, panel surya ini adalah suatu teknologi yang mampu mengubah cahaya menjadi aliran listrik. 

Inovasi ini juga disebut sebagai photovoltaic yang artinya cahaya listrik. Sel ini bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir diantara dua lapisan yang muatannya berlawanan.

Itulah sedikit banyak terkait perkembangan teknologi ramah lingkungan. Yuk mulai dari sekarang kamu juga dapat membantu mengurangi pemanasan global demi anak cucu kita memiliki dunia yang lebih baik.

Perilaku hemat energi dalam keseharian

Berikut ini beberapa cara untuk menghemat energi, diantaranya:

1. Mematikan Perangkat Elektronik jika Sudah Tidak Terpakai
2. Menggunakan kulkas dengan freon ramah lingkungan
3. Mengganti Lampu dengan yang Hemat Energi
4. Menggunakan Air Secukupnya
5. Mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari
6. Membuat Rumah dengan Ventilasi dan Penerangan yang Cukup
7. Jangan Mengisi Daya Telepon Genggam Semalaman
8. Mematikan TV Secara Penuh
9. Menggunakan Perangkat Rumah yang Hemat Daya
10. Memasang Timer Pada Pendingin Udara
11. Mencabut Penanak Nasi Jika Sudah Tidak Digunakan
12. Membuat Jadwal Mencuci Pakaian Sendiri
13. Menggunakan fasilitas transportasi umum
14. Memanfaatkan energi alternatif

sumber : https://www.akseleran.co.id/

utakatikotak
0
utakatikotak
11
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.