Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 10 Kebiasaan Sederhana yang Gak Sadar Bikin Kita Makin Pintar

10 Kebiasaan Sederhana yang Gak Sadar Bikin Kita Makin Pintar

- Selasa, 12 Desember 2017 | 18:45 WIB
10 Kebiasaan Sederhana yang Gak Sadar Bikin Kita Makin Pintar

Menjadi pintar dan cerdas adalah modal penting untuk masa depan yang cemerlang. Gak melulu harus mengandalkan bakat, kecerdasan juga bisa dilatih dan dikembangkan lho. Bukan pakai obat, bukan pakai sulap, cukup terapkan 10 tips sederhana ini mulai sekarang!

1. Sering melihat smartphone tidak bikin kamu makin pintar, tapi apa yang kamu buka bisa menentukan kecerdasan.

Jika kamu hanya online di smartphone untuk melihat sosial media dan ngepoin orang, sekarang gunakanlah sebagian waktu tersebut untuk melihat berita online. Jadi kamu selalu update dengan kabar-kabar terbaru saat ini.

2. Kecerdasan memang gak kayak flu yang gampang menular, tapi percayalah memiliki teman-teman yang pintar bisa membuatmu berpengetahuan luas.

Lingkungan bisa mempengaruhi kepintaranmu, lho. Kalau kamu dikelilingi orang-orang pintar dan terus mendengarkan obrolan “dewa” mereka, percayalah, lama-lama kamu akan mencari tahu sendiri dan mengerti. Tentu saja, kamu akan jadi pintar.

3. Membaca, membaca dan membaca adalah gerbang utama untuk menjadi pintar dan punya otak cemerlang.

Entah kamu membaca buku pengetahuan, berita online, cerita fiksi, apapun jenisnya membaca itu baik untuk memperluas pengetahuanmu.

4. Meski sepele, tapi menjelaskan apa yang telah kamu pelajari kepada orang lain bikin otakmu lebih pintar lho.

Saat kamu menjelaskan, secara tidak langsung kamu mengulang kembali apa yang telah kamu pelajari. Tentu saja, ini juga bisa memperkaya dirimu sendiri. Sharing is caring.

5. Kalau kamu ingin lebih pintar, jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru yang positif dan bermanfaat.

Hal-hal baru yang kamu temui akan menambah pengalamanmu. Tentu saja, di setiap pengalaman baru, akan ada hal-ha yang bisa kamu pelajari. Tapi ingatlah, hindari hal-hal negatif, ya!

6. Dan ingat, jangan pernah bosan untuk menjelajahi tempat baru dan bertemu orang-orang baru.

Setiap orang memiliki latar belakang budaya sekaligus pengetahuan berbeda-beda. Semakin banyak orang yang kamu temui, semakin banyak pengalaman yang bisa kamu serap dan mengambil sisi positifnya untuk kemajuan dirimu.

7. Buat daftar mengenai hal-hal yang telah kamu lakukan dan pelajari. Meski sepele, hal ini bisa bikin kamu makin cerdas!

Anggap saja kamu mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal yang kamu pelajari, supaya terus ingat dan paham betul.

8. Kamu ingin punya otak yang cerdas? Coba deh berolahraga secara rutin untuk menyegarkan pikiran.

Olahraga juga ternyata membantu otak untuk berpikir lebih jernih dan lancar, lho! Jadi, biasakan untuk olahraga secara rutin, apalagi di pagi hari sebelum memulai aktivitas, agar pikiran segar!

9. Ternyata kurang tidur bisa menghambat otak lho, pastikan kamu tidur yang cukup agar lebih pintar.

Saat kamu tidak cukup tidur, kemampuan otak untuk berpikir otomatis menurun dan konsentrasi cenderung hilang. Manfaatkanlah waktu yang kamu miliki secara efektif dan efisien, agar kamu selalu tidur cukup, oke?

10. Hindari belajar terus menerus, sesekali carilah waktu untuk bersantai dan beristirahat.

Kalau kamu belajar secara non-stop tanpa ada istirahat, lama kelamaan kamu bisa jenuh dan tidak akan ada pengetahuan baru yang bisa kamu terima dengan baik. Tak ada salahnya kok beristirahat sesekali, kemudian baru melanjutkan proses belajarmu lagi.

Nah sudah tahu 'kan? Bukan hanya cerdas secara pengetahuan saja, tapi caramu bersikap, mengambil keputusan dan memperlakukan orang lain di sekitarmu juga mengukur seberapa pintar dirimu sebenarnya.

Selamat menerapkan!

Cari Artikel Lainnya