999 +
0
9
0
Pengertian Sistem Akuntansi dan Contohnya
6 days 'ago'

Sistem Akuntansi – Tubuh manusia diciptakan tuhan dengan sistem kerja yang luar biasa menakjubkan. Mulai dari sistem pernapasan hingga sistem kerja otak yang sangat kompleks. Buktinya sudah puluhan tahun penelitian untuk membuat sistem serupa namun mendekati pun masih belum berhasil.

Sistem tidak saja ada pada tubuh manusia. Ada banyak sistem juga yang dibuat oleh manusia. Seperti sistem yang bekerja pada gadget anda saat ini merupakan salah satu contoh sistem. Jadi apa pengertian sistem ini?

 

APA DEFINISI DARI SISTEM?

Menurut kamus cambridge, sistem adalah himpunan dari berbagai hal ataupun alat yang bekerja bersama. Arti lain dari sistem juga adalah cara untuk melakukan sesuatu. Seperti sistem pendaftaran yang harus melalui berbagai tahap.

Manfaat dari sistem ini terutama sistem buatan manusia adalah menyederhanakan cara kerja yang butuh ketelitian besar sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan. Selain itu agar suatu hal dapat berjalan dengan baik.

Sistem ini dapat diadopsi kedalam akuntansi. Tidak lain karena akuntansimemerlukan banyak cara untuk membuat laporan sehingga jika sembarangan cara yang dilakukan maka laporan nya akan berantakan. Untuk jelasnya mari kita lihat pengertian dari sistem akuntansi ini.

PENGERTIAN SISTEM AKUNTANSI

Pengertian sistem akuntansi dengan sistem tidak jauh berbeda, hanya saja dalam akuntansi dikaitkan dengan aktifitas-aktifitas pencatatan akuntansi. Berikut ini beberapa pengertian sistem akuntansi dari berbagai sumber.

Sistem Akuntansi adalah daftar kronologis pemegang buku untuk debit terkait dan kredit dari bisnis; merupakan bagian dari buku rekening 

1. cara tertentu di mana perusahaan atau catatan organisasi dan melaporkan informasi keuangan.

2. kumpulan prinsip dan metode yang digunakan oleh organisasi untuk merekam dan melaporkan informasi keuangan.

3. program komputer atau seperangkat peralatan komputer dan perangkat lunak yang digunakan untuk menjaga akun.

Jadi bisa disimpulkan Sistem akuntansi terdiri dari catatan manual atau komputerisasi transaksi keuangan untuk tujuan rekaman, mengkategorikan, menganalisis dan melaporkan informasi manajemenkeuangan yang tepat waktu. Ketika memilih sebuah sistem akuntansi, pahami kebutuhan dan kategori sistem akuntansi dan fitur yang tersedia terlebih dahulu.

 

CONTOH SISTEM AKUNTANSI

Berikut ini adalah beberapa contoh dari sistem akuntansi yang diterapkan didalam akuntansi:

  • AKUNTANSI MANAJEMEN

Tujuan dari akuntansi manajerial adalah untuk memberikan manajer dengan informasi untuk merencanakan, mengendalikan dan mengelola operasi bisnis. Ini menyediakan manajemen dengan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan penting tentang bisnis.

Salah satu jenis sistem akuntansi manajerial adalah akuntansi biaya. Biaya sistem akuntansi rekor biaya aktual yang dikeluarkan dalam memberikan produk atau layanan, membandingkan biaya-biaya untuk biaya standar atau direncanakan dan menyoroti varians untuk penyelidikan dan menindaklanjuti. sistem akuntansi manajerial lain adalah akuntansi ramping.

Akuntansi ramping melibatkan pemeriksaan proses dan hasil terkait untuk menentukan bagaimana untuk menciptakan nilai lebih untuk biaya kurang, menghilangkan pemborosan sumber daya.

  • AKUNTANSI PERSEDIAAN (INVENTORY ACCOUNTING)

sistem akuntansi persediaan digunakan untuk merencanakan dan melacak tingkat persediaan, dan kegiatan inventarisasi terkait. Salah satu sistem persediaan umum adalah kode bar pelacakan. Setiap item persediaan ditandai dengan kode bar.

Sebagai barang inventaris dibawa ke gudang atau pindah dari gudang, kode bar yang dipindai untuk menambah atau mengurangi persediaan. sistem bar code juga dapat digunakan untuk melacak untuk dan account untuk item seperti yang berpindah-pindah di sebuah gudang.

Tipe lain dari sistem akuntansi persediaan adalah RFID, sebuah teknologi baru yang akan melihat diperluas digunakan. Jenis sistem, lebih maju dari bar coding, memiliki perangkat pada setiap item persediaan yang memancarkan sinyal.

Kita dapat mendeteksi sinyal dan melacak persediaan. Tidak seperti bar coding, sistem ini dapat melacak gerakan yang sebenarnya dari persediaan secara real time ketika bergerak di sekitar gudang.

  • AKUNTANSI INDUSTRI-SPESIFIK

sistem akuntansi juga mencakup aplikasi industri-spesifik. Sebuah sistem akuntansi ritel, misalnya, memiliki kebutuhan yang berbeda dibandingkan industri lain. Penjualan ditangkap pada titik penjualan menggunakan point-of-sale cash register yang terkomputerisasi.

Ketika item dijual, sistem akuntansi ritel harus melacak dan benar melaporkan markdown barang dagangan. software akuntansi hukum memiliki persyaratan khusus lain juga, termasuk pelacakan waktu yang dihabiskan oleh pengacara, jumlah dolar dari waktu ditagih keluar berdasarkan tarif per jam dan tingkat pemanfaatan masing-masing pengacara. Tingkat pemanfaatan adalah persen dari waktu seseorang menghabiskan yang ditagih sebagai lawan administrasi.

  • AKUNTANSI NON-PROFIT

Tidak-untuk-laba akuntansi memiliki set sendiri yang spesifik dari persyaratan pelaporan. Misalnya, dana harus dilacak sehingga sumbangan ditunjuk untuk tujuan tertentu dengan benar menghabiskan. Perangkat lunak ini juga harus mampu menghasilkan laporan donasi yang melaporkan jumlah disumbangkan oleh donor individu.

Oke itu tadi pengertian singkat dari sistem akuntansi beserta contohnya yang bisa diterapkan dalam akuntansi. Semoga apa yang ada dalam artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan baru. Sekian dan terima kasih

Follow Us On :
Lencana
Kongkow