999 +
0
33
0
7 Cara Deskripsikan Diri Saat Interview
1 month 'ago'

Masa interview memang merupakan masa menegangkan. Semua persiapan yang telah dilakukan dari semalam bisa-bisa hilang karena gugup. Tapi, mau tidak mau kamu harus memaksa dirimu untuk tetap tenang agar bisa dapatkan pekerjaan yang kamu mau.

Biar kamu gak salah, ini lho 7 cara deskripsikan diri pas interview. Pasti ada pertanyaan dimana kamu disuruh menjelaskan dirimu seperti apa. Langsung aja cek yuk!

1. Pertama, katakan tentang soft skills yang kamu miliki.

Misalnya kamu bisa beradaptasi dengan baik, memiliki sifat bertanggung jawab dan mau belajar. Selain itu, jelaskan kalau kamu sosok yang terbuka terhadap berbagai macam peluang. Tunjukkan bahwa kamu memiliki attitude yang baik.

2. Lalu, jelaskan kemampuan akademikmu.

Bagaimana nilaimu di sekolah dulu, organisasi apa saja yang pernah kamu ikuti dan juga tentang prestasi di kantor lamamu. Itu akan menunjukkan bahwa kamu cukup kompeten dalam berbagai bidang.

3. Ceritakan tentang bagaimana keseharianmu.

Apa saja yang kamu lakukan saat waktu luang, bagaimana kamu menghadapi kesibukan dan lain-lain.

4. Bagaimana kamu menghadapi masalah juga merupakan poin penting.

Jangan berbohong tapi juga jangan terlalu jujur. Jika kamu mudah panik, katakan dengan jujur beserta dengan solusinya. Jadi katakan “Saya mudah panik, tapi biasanya saya akan menenangkan diri dulu sebelum bertindak.”

5. Jaga penjelasanmu agar tidak terlalu panjang dan banyak berpikir, kamu akan terlihat bohong.

Kalau kamu terlalu lama berpikir dan berhenti di tengah-tengah penjelasan, kamu akan terlihat seperti kamu sedang bohong. Langsung pada poin akan membuatmu kelihatan tegas.

6. Ceritakan hal-hal membanggakan apa saja yang telah kamu capai.

Apa saja yang telah kamu lakukan sebelum kamu memutuskan untuk melamar di sana. Semuanya yang menurutmu membanggakan, patut diceritakan.

7. Ceritakan tentang kekuranganmu.

Karena semua orang punya kekurangan, tidak mungkin kamu hanya menceritakan tentang kebaikanmu dan tidak dengan kekuranganmu. Jadilah jujur dan jelaskan hal apa saja yang ingin kamu perbaharui dalam hidupmu.

Setelah mengetahui semua cara tadi, kamu hanya perlu mempersiapkan dirimu agar tidak gugup saat mengatakannya. Jagaa intonasi dan juga gesture-mu agar tidak kelihatan terlalu kaku. Semoga kamu bisa dapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, ya. Semangat!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow