999 +
0
21
0
Bagaimana Menyelesaiakan Operasi Pecahan Bentuk Aljabar
2 months 'ago'

Bentuk pecahan seperti apa tentunya temen-temen sudah sangat paham karena sudah pernah diajarkan sejak duduk dibangku SD. Lalu bagaimana kalo pecahannya bentuk aljabar, apa saja operasinya dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Operasi – Operasi Pecahan Bentuk Aljabar

  • Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar

Ketika berada dikelas VII temen-temen telah mempelajari bersama operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan aljabar dengan penyebut suku satu. Sama seperti pada kasus penjumlahan dan pengurangan penyebut suku satu, pada pecahan bentuk aljabar dengan penyebut suku dua serta sama dapat langsung dijumlahkan atau dikurangkan pembilangnya.

Dimana pada penjumlahan dan pengurangan pecahan aljabar dengan penyebut yang berbeda dapat dilakukan dengan cara menyamakan penyebutnya menjadi sebuah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari penyebut-penyebutnya.

8

Jadi aljabar dengan penyebut suku dua pada prinsipnya sama dengan suku satu, kita tinggal samakan penyebutnyaa, baru kita jumlahkan atau kalikan pembilangnyaa. Agar semakin paham, perhatikan contoh berikut.

8

8

Jadi setelah memperhatikan contoh diatas semakin paham cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurahan pecahan bentuk aljabar dua suku kan yaa sekarang. Karena prinsipnya sama seperti pecahahn sederhana.

  • Perkalian Dan Pembagian Pecahan Aljabar

Ketika kita akan mengalikan dua buah pecahan kita dapat melakukannya dengan mengalikan antara pembilang dengan pembilang serta penyebut dengan penyebut.

8

Untuk lebih memahami perkalian pecahan bentuk aljabar, perhatikan contoh berikut.

8

 

8

Jadi mudah bukan cara menyelesaikan perkalian pecahan bentuk aljabar, karena pada prinsipnya sama seperti perkalian biasa, bagian penyebut kita kalian dengan penyebut begitu juga bagian pembilang kita kalikan dengan pembilang juga. Semakin paham kan yaa sekarang….

Selanjutnya untuk pembagian pecahan bentuk aljabar dikerjakan dengan mengubah bentuk pembagian tersebut menjadi bentuk perkalian dengan cara mengalikan dengan kebalikan pecahan pembagi.

8

agar lebih paham mengenai konsep pembagian pecahan bentuk aljabar perhatikan contoh berikut.

8

 

8

Jadi untuk pembagian sama aja kita mengerjakan bentuk perkalian, karena pembagian akan diubah kedalam bentuk perkalian. Jika temen-temen sudah sangat paham mengerjakan bentuk perkalian maka akan sangat mudah juga mengerjakan bentuk pembagian karena prinsipnya sama.

  • Menyederhanakan Pecahan Aljabar

Sebuah bentuk pecahan dikatakan sederhana jika pembilang serta penyebutnya tidak lagi memiliki faktor persekutuan, kecuali 1. Dengan perkataan lain, jika sebuah pembilang serta penyebut sebuah pecahan memilki faktor yang sama kecuali satu maka pecahan tersebut dapat disederhanakan. Dimana perihal seperti ini juga berlaku pada pecahan bentuk aljabar.

Dalam menyederhakan pecahan bentuk aljabar dapat kita lakukan dengan memfaktorkan pembilang serta penyebutnya terlebih dahulu, selanjutnya dibagi dengan faktor sekutu dari pembilang dan penyebut tersebut. Agar lebih paham tentang menyederhanakan pecahan bentuk aljabar, perhatikan contoh berikut.

8

 

8

Setelah memperhatikan contoh diatas temen-temen sudah semakin paham kan ya, bagaimana cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar. Sangat mudah bukan? kita tinggal memfaktorkan lalu kita hilangkan persekutuannya.

 

  • Menyederhanakan Pecahan Bersusun

Sebuah pecahan bersusun atau kompleks merupakan suatu pecahan yang pembilang serta penyebutnya ataupun kedua-duanya masih memuat pecahan. Untuk menyederhakan bentuk pecahan bersusun seperti ini, kita dapat melakukannya dengan cara mengalikan pembilang dan penyebutnya dengan KPK dari penyebut pecahan pada pembilang dan penyebut pecahan pada penyebut bersusun itu. Perhatikan secara seksama contoh berikut agar temen-temen lebih mudah memahami cara menyederhakan pecahan bersusun.

8

8

Jadi sekarang sudah semakin paham kan.. prinsipnya selesaikan dulu bagian pembilang dan penyebutnya masing-masing. setelah ketemu masing-masing hasilnya kemudian kita ubah dalam bentuk perkalian. Kemudian tinggal kita selesaikan… Ga sulit kan yaaaa….

Setelah semakin paham bagaimana cara menyelesaikan operasi pecahan bentuk aljabar, diharapkan temen-temen tidak akan merasa kesulitan lagi dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar. 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow