Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 9 Kesalahan yang Harus Dibenahi Guru Agar Tercipta Lingkungan Belajar yang Kondusif

9 Kesalahan yang Harus Dibenahi Guru Agar Tercipta Lingkungan Belajar yang Kondusif

- Rabu, 20 September 2017 | 15:14 WIB
9 Kesalahan yang Harus Dibenahi Guru Agar Tercipta Lingkungan Belajar yang Kondusif

Sebagai sosok yang punya peran besar di kelas, guru berperan penting dalam penentuan kualitas pendidikan bangsa. Akan tetapi, guru juga manusia biasa yang tidak terlepas dari kesalahan dan kekurangan. Namun, bukan berarti tidak belajar. Anda sebagai guru perlu membenahi beberapa hal agar tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Berikut 9 hal tersebut beserta solusinya agar proses belajar jadi lancar, serta menyenangkan.

1. Belum menyiapkan perangkat pembelajaran

Solusi: Sebelum mengajar, hendaknya Anda sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Selain materi, bahan ajar, media atau alat pembelajaran pun sebaiknya disiapkan. Tidak perlu budget mahal, alat pembelajaran bisa Anda hasilkan dari bahan-bahan bekas di lingkungan sekitar. Semakin kreatif Anda, kemungkinan siswa akan antusias terhadap pelajaran pun semakin tinggi.

2. Metode belajar kurang variatif

Solusi: Coba variasikan metode pengajaran yang Anda aplikasikan di kelas.

3. Guru jarang membawa siswa ke dunia nyata

Solusi: Sebaiknya, penyampaian materi tidak hanya sebatas menjabarkan teori. Coba bawa siswa untuk melakukan observasi langsung ke lingkungan sekitar. Dengan demikian, pemahaman siswa terhadap sesuatu pun lebih luas karena sudah terjun langsung. Tidak ada salahnya Anda mencoba praktikkan metode pengajaran saintifik.

4. Kurang memerhatikan kemampuan awal siswa

Solusi: Kelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya. Sesuaikan posisi tempat duduk agar siswa nyaman satu dengan yang lainnya. Pembagian kelompok ini ditujukan untuk pengembangan potensi siswa. Pasangkan siswa yang aktif dengan yang agak pasif, siswa yang gemar bicara dengan yang agak pendiam, dan sebagainya.

5. Kurang pendekatan ke siswa

Solusi: Coba kenali bagaimana lingkungan siswa di luar sekolah. Misalnya, mengadakan kunjungan ke rumah siswa yang agak bermasalah di sekolah. Berbicaralah dengan pihak orang tua/wali guna mengambil jalan keluar dari masalah yang timbul. Selain itu, sesekali ajak siswa bicara, tidak harus melulu seputar sekolah. Jadilah pendengar yang baik agar siswa menaruh kepercayaan serta terbuka pada Anda. Dengan demikian, guru bisa lebih memahami karakteristik siswa dan tahu cara menghadapinya.

6. Kurang menerapkan nilai, norma, etika

Solusi: Dalam mengajar, selalu selipkan unsur spiritual dan emosional agar siswa tumbuh jadi pribadi yang lebih baik. Tidak hanya cerdas, tapi juga terampil dan berkarakter. Anda bisa coba mengaplikasikan pola pembelajaran holistik. 

7. Peraturan kurang jelas

Solusi: Sejak awal masuk kelas, jelaskan tata tertib apa yang ingin Anda terapkan di kelas. Dengan memberitahu di awal, maka siswa akan belajar untuk disiplin dan bertanggung jawab pada setiap proses pembelajaran di kelas.

8. Tidak evaluasi

Solusi: Evaluasi harus terus dilakukan agar tahu apa yang harus dipertahankan, perbaiki, atau kembangkan. Hal ini juga berguna untuk mengukur kinerja dan pencapaian Anda selama mengajar.

9. Enggan mengembangkan diri

Solusi: Jangan cepat merasa puas. Teruslah kembangkan diri dengan banyak membaca buku, jurnal, referensi, tulis karya ilmiah, ikut seminar dan sebagainya. Cara ini sebaiknya dilakukan agar memperluas wawasan Anda sebagai guru. Juga, banyak melakukan pengamatan terhadap kejadian di sekitar dan mencari solusi untuk melatih kepekaan. 

Demikianlah 9 hal yang harus dibenahi guru agar proses belajar-mengajar semakin lancar, juga menyenangkan. Yuk terus perbaiki diri agar jadi sosok guru teladan. Ingat, guru teladan akan menghasilkan siswa berkualitas. Siswa berkualitas akan membuat negara kita maju. Semangat mencerdaskan bangsa, bapak/ibu guru!

Cari Artikel Lainnya