Home » Kongkow » Tutorial » Macam-Macam Kecepatan Akses Internet

Macam-Macam Kecepatan Akses Internet

- Senin, 24 Juli 2017 | 11:16 WIB
Macam-Macam Kecepatan Akses Internet

Dalam mempelajari internet tentunya kita tidak lepas dari memahami segala unsur yang mempengaruhinya, kaitannya dengan internet pastinya pada zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan mutlak dari setiap orang, baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan sekolah-sekolah pun sudah menerapkan sistem pembelajaran menggunakan internet, untuk lebih mengasah pengetahuan kita dalam bidang internet alangkah baiknya kita mengetahui unsur kecepatan internet. Apa saja unsur atau macam-macam kecepatan akses internet itu?

Pada saat mengakses internet, sepertimengirim email, membuka website, mendownload dan aktivitas lainnya, sebenarnya saat itu sedang terjadi transfer data. Proses tersebut tentu membutuhkan waktu. Umumnya pengguna internet menginginkan agar transfer data dilakukan secepat mungkin. Kecepatan transfer data di internet dinyatakan dalam byte per second (bps), hal ini menyatakan berapa bit data yang dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain dalam setiap detik.

Berikut ini beberapa komponen yang mempengaruhi kecepatan akses atau transfer data di internet.
 

  • Bandwidth
  • Backbone
  • Server proxy
  • Keamanan data
  • Spesifikasi komputer



1. Bandwidth
Bandwidth adalahukuran yang menyatakan banyaknya data yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. Bandwidth dapat digunakan untuk mengukur aliran data analog maupun digital. Namun umumnya sekarang kata bandwidth digunakan untuk mengukur aliran data digital. Semakin besar bandwidth yang dimiliki sebuah ISP misalnya, maka kecepatan akses internet akan semakin tinggi.

2. Backbone
Backbone yaitusaluran utama koneksi antara ISP dengan internet. Dikarenakan membutuhkan dana yang cukup besar untuk membangun sebuah backbone. Maka kebanyakan ISP menyewanya dari perusahaan lain. Alternatif lain adalah membangun backbone dan menggunakannya secara bersama-sama. Namun resikonya akan memperlambat kecepatan masing-masing ISP.

3. Server Proxy
Server Proxy yang ada di ISP berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman situs web yang sering dikunjungi para pelanggan sehingga jika salah satu pelanggan ingin mengunjungi situs webfavoritnya tidak perlu terhubung ke server web tersebut tapi cukup terhubung langsung dengan server proxy ISP. Dengan demikian akan menghemat penggunaan bandwidth, sehingga kecepatan akses akan semakin tinggi.

4. Keamanan data
Sebuah ISP dalam melakukan pengamanan data terutama keamanan transaksi online selalu menggunakan firewall untuk mengantisipasinya. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan transfer data, terutama saat upload dan download.

5. Spesifikasi komputer
Spesifikasi komputer yang kita gunakan sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan akses internet. Baik jenis prosesornya, RAM, besarnya harddisk, dan perangkat lainnya. Jikakita ingin memperoleh kecepatan yang tinggi pada saat mengakses internet, gunakan komputer dengan spesifikasi sebaik mungkin.

Cari Artikel Lainnya