Home » Kongkow » Kesehatan » Bahaya Penggunaan AC Mobil Terus-menerus Selama Mudik

Bahaya Penggunaan AC Mobil Terus-menerus Selama Mudik

- Jumat, 23 Juni 2017 | 12:16 WIB
Bahaya Penggunaan AC Mobil Terus-menerus Selama Mudik

BAGI pemudik yang mengendarai mobil pribadi, jangan terlalu sering menyalakan AC. Apalagi ketika kondisi kendaraan berhenti karena macet.

Direktur Pelayanan Kesahatan Primer, Kemenkes RI dr Gita Maya Koemara Sakti Soepono, MHA mengatakan, orang pasti selalu menggunakan AC mobil saat di perjalanan. Jika hal ini Anda alami dampaknya bisa menyebabkan kematian.

"AC mobil jika terus dinyalakan malah bisa memicu perputaran CO2. Ini bisa menyebabkan racun yang berbahaya bagi pernapasan," kata dr Maya saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, belum lama ini.

Di dalam mobil, sebaiknya penggunaan AC diatur. Jangan sampai dinyalakan terus-menerus, karena dapat berbahaya bagi paru-paru.

Banyak kejadian meninggal dunia di jalan raya karena keracunan. Tanda-tandanya dimulai dari sesak napas dan wajah pucat.

"Kejadian Tol Brexit tahun lalu karena banyak pemudik macet-macetan di jalan raya. AC tidak dimatikan, mereka keracunan," tambahnya.

Selama di perjalanan, pesan dr Gita, Anda juga harus memperbanyak minum air putih. Ini merupakan cara menjaga stamina di jalan raya.

Cari Artikel Lainnya