Home » Kongkow » Catatan » Ini Alasan Mengapa Sulit Fokus dan Berkonsentrasi Saat Berpuasa

Ini Alasan Mengapa Sulit Fokus dan Berkonsentrasi Saat Berpuasa

- Jumat, 23 Juni 2017 | 10:22 WIB
Ini Alasan Mengapa Sulit Fokus dan Berkonsentrasi Saat Berpuasa

Banyak orang yang mengaku kesulitan untuk berkonsentrasi dan fokus saat bekerja atau belajar di bulan puasa. Biasanya, mereka akan menyalahkan rasa lapar dan haus sebagai penyebab dari susahnya untuk mendapatkan fokus atau konsentrasi tersebut. Padahal, menurut pakar kesehatan, asalkan kita bisa menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat di bulan puasa, kita tidak akan mengalami kesulitan dalam menjaga fokus dan konsentrasi. Lantas, apa penyebab dari susahnya kita berpikir dengan jernih di bulan puasa?

Menurunnya kadar gula dalam darah

Pakar kesehatan menyebutkan jika menurunnya kadar gula dalam darah akan berimbas pada menurunnya kemampuan otak dalam berkonsentrasi, fokus, sekaligus berpikir dengan jernih. Biasanya, hal ini kerap dialami di awal-awal bulan puasa. Beruntung, tubuh kita secara luar biasa bisa langsung beradaptasi dengan kondisi tersebut sehingga mulai mampu menyeimbangkannya sehingga di hari-hari puasa lainnya, kita seharusnya tidak akan mengalami kesulitan berpikir lagi. Penyebab dari menurunnya kadar gula dalam darah sendiri seringkali adalah kesalahan dalam memilih menu sahur dimana kebanyakan orang memilih untuk mengkonsumsi karbohidrat layaknya nasi putih, mie, roti putih, hingga minuman yang manis-manis. Memang, tujuan mengkonsumsi makanan tersebut adalah agar kita mudah kenyang, sayangnya, hal ini justru membuat kadar gula mudah turun saat berpuasa.

Banyak makan gorengan

Salah satu makanan favorit tanah air ini kerap dijadikan hidangan berbuka puasa atau dijadikan camilan dan lauk saat santap sahur. Padahal, gorengan bisa membuat ikatan oksigen pada otak menurun hingga 20 persen sehingga membuat kita sulit untuk berkonsentrasi saat berpuasa di siang hari.

Kurang minum

Demi menjaga kinerja otak tetap baik, pakar kesehatan menyarankan kita mencukupi kebutuhan air minum di malam hari sehingga kita tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan di siang hari saat berpuasa.

Kurang tidur

Karena kita bangun di dini hari untuk melakukan santap sahur, banyak orang yang mengaku kurang tidur sehingga mengantuk dan sulit berkonsentrasi di siang hari. Cobalah untuk menata waktu tidur lebih baik demi menjaga kesehatan dan fungsi otak kita tetap baik.

Cari Artikel Lainnya