Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Melelehkan Cokelat Agar Hasilnya Halus

Tips Melelehkan Cokelat Agar Hasilnya Halus

- Senin, 27 Maret 2017 | 18:20 WIB
Tips Melelehkan Cokelat Agar Hasilnya Halus

Melelehkan cokelat memang susah-susah mudah Ladies. Banyak yang tidak berhasil dan malah mengacaukan bahan cokelat mereka yang mahal dan malah tidak sesuai harapan. Kadang hasil cokelat yang dilelehkan juga tak halus dan kurang sempurna sehingga mempengaruhi hasil kue.

Ada beberapa faktor yang menyebabkanmu gagal dalam melelehkan cokelat. Ini karena kamu terlalu besar menyalakan api sehingga panci untuk melelehkan cokelat terlalu panas. Hal ini akan menyebabkan hasil lelehan cokelat tidak baik. Bukannya mendapatkan cokelat cair yang halus, lembut dengan konsistensi kental yang ringan, kamu malah akan mendapatkan lelehan cokelat yang kasar, sulit diangkat dan bahkan hangus.

Nah, berikut ini  tips melelehkan cokelat yang baik agar hasilnya halus. Cara terbaik untuk mencairkan atau melelehkan cokelat adalah dengan melakukannya perlahan.

  • Taruh cokelat di dalam wadah cekung (mangkuk) aluminium. Nyalakan api kecil, dan aduk perlahan. Angkat wadah sebelum wadah menjadi benar-benar panas. Jangan tunggu lama, sebelum cokelat leleh sepenuhnya, angkat wadah dan aduk hingga halus sambil menunggu sisa panas menguap dari wadah.
  • Jika kamu melelehkannya dengan microwave maka lakukan dengan hati-hati dan keluarkan cokelat 20-30 detik sekali untuk mengaduk dan mengecek tekstur cokelat.
  • Jika menggunakan air panas, letakkan panci berisi air di atas kompor, dan tunggu hingga air di dalam panci menghangat. Masukkan wadah cokelat di atas air hangat dan lelehkan perlahan.

Dibutuhkan kesabaran dan kamu tak boleh terburu-buru saat melelehkannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Cari Artikel Lainnya