Home » Kongkow » Biologi » Apakah Fungsi Saraf Motorik?

Apakah Fungsi Saraf Motorik?

- Rabu, 03 Maret 2021 | 12:00 WIB
Apakah Fungsi Saraf Motorik?

Saraf motorik merupakan kumpulan saraf di otak, tulang belakang, dan jaringan otot yang mengatur fungsi pergerakan otot tubuh.

Sistem saraf motorik terbagi ke dalam dua bagian, yaitu sistem saraf motorik bagian atas yang terdapat di otak dan sistem saraf motorik bagian bawah yang terletak di sumsum tulang belakang.

Saraf motorik membawa sinyal dari otak dan sumsum tulang belakang ke otot dan kelenjar di seluruh tubuh. Mereka mengaktifkan otot-otot sadar, otot-otot yang dikendalikan melalui upaya sadar. Mereka juga bertanggung jawab atas tindakan refleks. Ketika saraf motorik tidak berfungsi normal, hasilnya dapat dilihat sebagai kejang atau dengan penurunan kemampuan otot.

Saraf ini adalah saraf eferen, yang berarti bahwa mereka membawa impuls dari saraf pusat ke luar. Mereka berbeda dari saraf sensorik, yang memasok otak dengan informasi dari bagian lain dari tubuh dengan hal-hal mengenai sentuhan, suhu dan nyeri. Mereka juga berbeda dari saraf kranial, yang dapat berupa sensorik, motorik atau keduanya. Saraf motorik berpasangan dengan saraf-saraf pada tulang belakang untuk membentuk 31 pasang saraf campuran.

Otak dan sumsum tulang belakang yang dikenal bersama sebagai sistem saraf pusat (SSP). Saraf motorik berasal pada otak dan mengambil dua jalan bagian bawah tulang belakang. Neuron motorik atas disebut urutan neuron pertama, yang berarti bahwa mereka benar-benar terkandung dalam SSP.

Sinyal dari urutan neuron pertama menyeberangi celah yang disebut sinaps untuk mencapai neuron motorik bagian bawah, neuron urutan kedua yang membentang dari batang otak ke otot-otot tubuh. Neuron motorik berhenti dalam dendrit pendek dan mengirimkan pesan mereka melalui akson panjang. Mereka beroperasi malah saraf sensorik, yang memiliki akson pendek dan menerima pesan mereka dari dendrit panjang.

Saraf motorik dapat merespon masukan dari saraf sensorik tanpa masukan dari otak. Tulang belakang memungkinkan saraf motorik untuk menggerakkan otot-otot dalam menanggapi pesan sensorik. Respon-respon otomatis disebut refleks, dan mereka tidak memerlukan masukan dari otak. Tindakan refleks memungkinkan tubuh untuk bereaksi terhadap situasi yang berbahaya dengan cepat. Misalnya, mereka menyebabkan otot untuk menarik kembali dari sumber panas sebelum otak memiliki waktu untuk memproses rasa sakit.

Saraf motorik yang rusak sering dapat dideteksi ketika mereka menyebabkan otot-otot untuk atrofi atau ketika mereka menghasilkan gerakan berkedut. Neurolog akan sering mengamati bagaimana pasien berjalan untuk mendapatkan petunjuk tentang fungsi sistem saraf nya. Fungsi saraf motorik dapat dipantau dengan merekam potensi electromyograph pada otot yang mereka kontrol. Amyotrophic lateral sclerosis, juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig, adalah suatu kondisi degeneratif saraf motorik. Lesi pada neuron motorik atas bertanggung jawab untuk cerebral palsy.

Cari Artikel Lainnya