Home » Kongkow » Multimedia » Jenis-Jenis Klasifikasi Informasi

Jenis-Jenis Klasifikasi Informasi

- Selasa, 22 Februari 2022 | 14:00 WIB
Jenis-Jenis Klasifikasi Informasi

Klasifikasi Informasi berdasarkan Karakteristik

Berdasarkan klasifikasi Anthony Management, informasi yang digunakan dalam bisnis untuk pengambilan keputusan umumnya dikategorikan menjadi tiga jenis:

  • Informasi Strategy : Informasi Strategy berkaitan dengan keputusan kebijakan jangka panjang yang mendefinisikan tujuan bisnis dan memeriksa seberapa baik tujuan ini terpenuhi. Misalnya, mengakuisisi pabrik baru, produk baru, diversifikasi bisnis dll

  • Informasi Taktik : Informasi Taktik  berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan untuk mengendalikan sumber daya bisnis, seperti penganggaran, pengendalian mutu, tingkat layanan, tingkat persediaan, tingkat produktivitas, dll

  • Informasi Operasional : Informasi operasional berkaitan dengan informasi tingkat tanaman / bisnis dan digunakan untuk memastikan konduksi yang tepat dari tugas operasional spesifik sesuai rencana. Berbagai spesifik operator, spesifik mesin dan pekerjaan spesifik untuk pengecekan kontrol kualitas

 

Klasifikasi informasi berdasarkan Aplikasi

Dari sisi aplikasi, informasi bisa dikategorikan sebagai:

  • Informasi Perencanaan: Ini adalah informasi yang dibutuhkan untuk menetapkan norma dan spesifikasi standar dalam sebuah organisasi. Informasi ini digunakan dalam perencanaan strategy, taktik, dan operasional dari aktifitas apapun. Contoh informasi tersebut adalah standar waktu, standar desain.

  • Informasi Pengendalian: Informasi ini diperlukan untuk menetapkan kontrol atas semua aktivitas bisnis melalui mekanisme umpan balik. Informasi ini digunakan untuk mengendalikan pencapaian, sifat dan pemanfaatan proses penting dalam suatu sistem. Bila informasi semacam itu mencerminkan penyimpangan dari standar yang ditetapkan, sistem harus menginduksi keputusan atau tindakan yang mengarah pada kontrol.

  • Informasi Pengetahuan: Pengetahuan didefinisikan sebagai "informasi tentang informasi". Informasi pengetahuan diperoleh melalui pengalaman dan pembelajaran, dan dikumpulkan dari data arsip dan studi penelitian. Untuk lebih jelasnya bisa juga di baca tentang "knowledge management"

  • Informasi Organisasi: Informasi organisasi berkaitan dengan lingkungan organisasi, budaya sesuai dengan tujuannya. Teori Informasi Organisasi Karl Weick menekankan bahwa sebuah organisasi mengurangi ketidakjelasan atau ketidakpastiannya dengan mengumpulkan, mengelola dan menggunakan informasi ini dengan hati-hati. Informasi ini digunakan oleh semua orang dalam organisasi; Contoh informasi tersebut adalah informasi karyawan dan penggajian

  • Informasi Fungsional / Operasional: Ini adalah informasi spesifik operasi. Misalnya, jadwal harian di pabrik manufaktur yang mengacu pada tugas mendetail untuk mesin atau mesin ke operator. Dalam bisnis yang berorientasi layanan, akan menjadi daftar tugas berbagai personil. Informasi ini sebagian besar bersifat internal bagi organisasi.

  • Informasi Basis Data / database: Informasi basis data menafsirkan sejumlah besar informasi yang memiliki banyak penggunaan dan aplikasi. Informasi tersebut disimpan, diambil dan dikelola untuk membuat database. Misalnya, spesifikasi material atau informasi pemasok disimpan untuk beberapa pengguna. 

Cari Artikel Lainnya