Home » Kongkow » Catatan » Terapkan 4 Kebiasaan Hidup Sehat di Kantor

Terapkan 4 Kebiasaan Hidup Sehat di Kantor

- Jumat, 26 Agustus 2016 | 08:52 WIB
Terapkan 4 Kebiasaan Hidup Sehat di Kantor

 Siapapun berlomba untuk menerapkan gaya hidup, terlebih mereka yang bekerja di kantor. Seringkali sebagian dari Anda mengabaikan kebersihan dan kebiasaan yang sehat saat di kantor dengan alasan pekerjaan menumpuk. 

Banyak faktor yang menyebabkan pekerja kantoran kerap sakit, seperti udara dari penyejuk ruangan yang terlalu dingin hingga jam kerja yang kelewat batas. Namun, setidaknya dengan menerapkan kebiasaan sehat bisa meminimalisir datangnya penyakit.

Seorang ahli osteorapi dan penulis buku The Body Doesn’t Lie, Vicky Vlachonis, mengungkap empat kebiasaan sehat yang harus Anda lakukan di tempat kerja, khususnya pekerja kantoran. Berikut ini ulasannya:

1. Ruang atau meja kerja selalu rapi
Vlachonis mengatakan, ruang kerja berpengaruh besar terhadap suasana hati Anda dan kemampuan untuk mengatasi stres. Dalam sebuah studi di Princeton University, peneliti menemukan lingkungan yang berantakan akan mengurangi kemampuan otak Anda untuk fokus, bahkan memicu stres. Untuk itu, buanglah kertas yang tidak terpakai dan pasang foto untuk membuat meja Anda merasa sedikit lebih santai dan ceria.
 

2. Taruh camilan sehat di laci
Usahakan Anda memesan meja kantor yang dilengkapi laci. Menurut Vlachonis, dengan begitu Anda akan memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk menyehatkan tubuh. “Isilah laci dengan camilan sehat, seperti buah, kacang-kacangan, popcorn (non-mentega), dan apapun yang membuat Anda merasa sehat,” ujarnya.

3. Siapkan Minyak Oles
Dikatakan Vlachonis, minyak atsiri yang terkandung dalam tanaman dapat disimpan di laci juga. Saat dibutuhkan, Anda bisa menggunakannya dengan cara membukanya kemudian menghirupnya, menggosoknya, atau juga bisa meneteskannya  dalam air minum. Minyak tersebut dapat meningkatkan sistem pencernaan dan membantu melawan stres.

“Saat Anda merasa sakit kepala akibat stres, oleskan beberapa tetes minyakcedarwood ke tangan antara ibu jari dan jari telunjuk, dan pijatlah selama 10 sampai 15 detik. Ini akan membantu meredakan ketegangan dan sakit kepala,” jelas Vlacchonis.

4. Banyak minum
Jangan biarkan tubuh menahan hidrasi sampai Anda pulang kerja. Jika mempunyai kebiasaan buruk ini, Anda akan sakit kepala, sembelit, dan kelelahan. Siapkan sebotol air selama bekerja setiap hari dan bisa diisi ulang saat habis.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya