Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Begini Nih Cara Memilih dan Merawat Lensa Kontak

Begini Nih Cara Memilih dan Merawat Lensa Kontak

- Selasa, 19 Juli 2016 | 10:45 WIB
Begini Nih Cara Memilih dan Merawat Lensa Kontak

Bagi pengguna lensa kontak, masalah yang paling sering dihadapi adahal sulitnya merawart serta meletakkan lensa kontak yang baik. Sebab, bila tidak dirawat atau diletakkan dengan baik, bukan saja lensa kontak yang rusak.

Mata yang menggunakan lensa kontak pun bisa tercemar nakteri atau jamur. Nah, agar mata tetap terawat dengan baik meski menggunakan lensa kontak, berikut ini tip memilih dan merawat lensa kontak dari dokter Yulia Aziza, pejabat hubungan masyarakat Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia:

1. Lakukan pemeriksaan sebelum menggunakan lensa kontak.
Jangan memakai dan membeli lensa kontak yang dibeli di sembarang tempat, termasuk toko online dan toko kosmetik yang tidak berizin. Kalau terjadi iritasi, ia mengingatkan, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Rawat lensa dengan bersih.
Awali dengan cuci tangan untuk melepas lensa dan letakkan di kontainer penyimpan yang sudah berisi cairan khusus. Ganti cairan secara reguler. Istirahatkan mata sewaktu tidur dengan bebas lensa kontak.
 

3. Pilih lensa kontak berwarna di bagian tengah.
Ahli lensa kontak berwarna, Cheni Lee O.D., FIACLE, mengatakan lensa kontak yang berwarna bisa aman digunakan selama warnanya terletak di tengah lensa. Cara menguji hal ini cukup mudah. "Kalau digosok warnanya keluar, berarti sumbernya bisa berada di bagian depan atau belakang lensa," katanya. Kenapa harus di tengah? Sebab, cairan perwarna tersebut tidak akan menyentuh kornea dan kelopak mata. "Jadi lebih sehat dan aman."

Sumber :
Cari Artikel Lainnya