Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Sering Stres? Waspadai Ancaman Penyakit Berikut Ini

Sering Stres? Waspadai Ancaman Penyakit Berikut Ini

- Kamis, 22 Maret 2018 | 01:47 WIB
Sering Stres? Waspadai Ancaman Penyakit Berikut Ini
Diluar fisik, sumber penyakit terbesar yang perlu diwaspadai ialah pikiran. Ketika pikiran sehat, maka penyakit pun menjauh. Pikiran memiliki peran besar untuk membentuk jadi penyakit kronis. Karenanya, pikiran dan mental yang sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jika tidak, stres yang terakumulasi bisa menjadi gerbang berbagai penyakit.

Stres memang bukan suatu penyakit dan hanya merupakan masalah psikologis, namun stres juga memiliki dampak yang cukup besar terhadap kesehatan fisik. Seringkali gejala-gejala penyakit akibat stres dianggap tidak perlu diobati karena hanya berupa keluhan-keluhan ringan saja. Padahal, gejala penyakit tersebut berpotensi menjadi penyakit yang lebih serius jika tidak segera ditangani. Karena itu kenalilah beberapa macam penyakit akibat stress yang mesti wajib Anda waspadai.

1. Sakit kepala/migrain
Stres bisa membuat daya tahan tubuh menurun lalu memicu sakit kepala atau migrain. Untuk menghindarinya, pastikan untuk menjaga pola makan dan pola tidur secara teratur.

2. Jerawat
Stres juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah, hal ini disebabkan oleh meningkatnya risiko inflamasi. Untuk mencegah jerawat muncul, oleskan pelembab dan lotion yang mengandung asam salisilat.

3. Alergi
Hormon stres diyakini memicu produksi imunoglobulin E yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Selain itu pikiran gelisah dan tidak tenang juga dapat memperparah penderita alergi.

4. Sakit perut
Risiko mengalami sakit perut meningkat tiga kali lipat pada orang stres. Ketika syaraf otak bereaksi terhadap stres, syaraf di usus menangkap sinyal yang sama dan memberikan respon seperti rasa mulas.

5. Gatal-gatal
Stres ternyata mengaktifkan sejumlah serabut syaraf yang memicu sensasi gatal. Dan orang yang memiliki penyakit kulit seperti gatal-gatal kronis dua kali lebih rentan mengalami stres.

6. Kram
Saat stress, hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga mengakibatkan kram di beberapa bagian tubuh. Risiko mengalami kram bisa dua kali lebih besar karena adanya aktifitas syaraf simpatis yang lebih tinggi. Untuk mencegahnya, berolahragalah secara teratur.

Demikianlah beberapa penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa disebabkan dan ditimbulkan akibat stress pada diri seseorang yang tidak tertangani dengan baik. Maka seseorang juga harus mengetahui bagaimana cara mengantisipasi stress dengan baik.
Cari Artikel Lainnya