Home » Kongkow » Materi » 4 Jenis Jaringan Manusia dan Masing-masing Fungsinya

4 Jenis Jaringan Manusia dan Masing-masing Fungsinya

- Kamis, 15 Maret 2018 | 15:40 WIB
4 Jenis Jaringan Manusia dan Masing-masing Fungsinya

Tubuh manusia terdiri dari sel, jaringan, dan organ-organ tubuh. Sel akan membentuk jaringan, kemudian jaringan akan membentuk organ tubuh seperti paru dan jantung. Akan tetapi, sudahkah Anda tahu apa itu jaringan? Jaringan manusia adalah kumpulan sel dengan susunan yang serupa. Sekumpulan sel ini bekerja sama untuk mencapai suatu fungsi tertentu. Pada tubuh manusia, ada empat jenis jaringan utama. Cari tahu lebih jauh soal jaringan manusia dalam ulasan berikut ini.

Apa itu jaringan manusia?

Jaringan manusia adalah kumpulan sel yang membangun tubuh manusia. Jaringan membangun lengan, kaki, tangan, serta organ-organ seperti lapisan lambung, paru-paru, otak, dan lainnya. Setiap bagian tubuh memiliki fungsinya masing-masing. Maka itu, ada banyak jenis jaringan yang menyusun tubuh manusia.

Apabila Anda memperbesar jaringan melalui mikroskop, Anda akan melihat bahwa jaringan manusia adalah kelompok sel-sel yang teratur secara rapi berdasarkan struktur dan fungsi masing-masing. Berdasarkan pengelompokkan sel-sel ini, jaringan dibentuk dan kemudian membangun organ dan bagian tubuh lainnya.

Berbagai jenis jaringan manusia

Seperti yang disebutkan di atas, tubuh manusia terdiri dari 4 jenis jaringan yang berbeda. Keempatnya adalah jaringan otot, jaringan ikat, jaringan epitel, dan jaringan saraf pada tubuh. Berikut masing-masing penjelasannya.

Jaringan otot

Otot adalah jaringan lunak pada tubuh yang membantu mengendalikan pergerakan tubuh. Jaringan otot terdiri dari sel-sel panjang dan berserat yang dapat berkontraksi dan membesar, sehingga dapat membuat desakan pada otot untuk bergerak.

Sel-sel pada jaringan otot tersusun dalam garis sejajar dan terikat, sehingga jaringan otot adalah jaringan yang paling kuat pada tubuh manusia.

Jaringan epitel

Jaringan epitel dapat ditemukan pada tubuh serta lapisan beberapa rongga dan organ internal. Sel-sel epitel ditujukan untuk fungsi tubuh tertentu, termasuk sekresi, penyerapan selektif, proteksi, transport transeluler dan perasa.

Jaringan epitel terbuat dari sel-sel epitel. Sel ini dapat berupa rata atau gepeng, berbentuk kubus atau kolom. Sel-sel menempel dengan erat, membuat lembaran tunggal atau bertumpuk. Seperti selimut yang dijahit rapat, epitelium merupakan pelindung yang sangat baik untuk bagian-bagian tubuh manusia.

Jaringan ikat

Seperti namanya, jaringan ikat berperan dalam memberikan dukungan (support) dan menahan bagian-bagian tubuh agar tetap terikat bersama. Jaringan ini mengisi ruang kosong di antara organ. Beberapa jaringan ikat di antaranya adalah adiposa (lemak); serat kolagen yang menyusun tendon dan ligamen; serta kartilago dan tulang, meliputi jaringan dan sumsum tulang.

Jaringan saraf

Jaringan saraf manusia ditemukan di dalam sistem saraf dan terbuat dari sel-sel khusus yang unik. Seperti sirkuit listrik, sistem saraf menghantarkan sinyal dari saraf ke saraf tulang belakang dan otak. Sel-sel yang dikenal sebagai neuron mengonduksi impuls ini, sehingga Anda dapat menggunakan seluruh indra seperti perabaan, pengecapan, dan pengidu (penciuman).

Cari Artikel Lainnya