Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mandi 2 Kali Sehari Ternyata Tak Baik untuk Tubuh, Ini Alasannya

Mandi 2 Kali Sehari Ternyata Tak Baik untuk Tubuh, Ini Alasannya

- Selasa, 27 April 2021 | 13:00 WIB
Mandi 2 Kali Sehari Ternyata Tak Baik untuk Tubuh, Ini Alasannya

Bagi sebagian besar orang, mandi adalah hal yang penting dilakukan setiap hari guna menjaga tubuh tetap bersih dan sehat. Namun, bagaimana jika seseorang malas untuk mandi setiap hari?

Kemungkinan besar orang tersebut akan dicap jorok. Padahal menurut studi ilmiah terbaru, jarang mandi justru baik kesehatan tubuh. 

Dikutip dari laman iflscience.com pada Jumat (9/2/2018), sebuah studi ilmiah dilakukan pada suku primitif Yanomami di pedalaman hutan Amazon. Suku ini diketahui jarang bersentuhan dengan air untuk mandi guna melindungi diri dari ancaman 'predator', baik itu suku lain yang menjadi musuh maupun hewan-hewan buas yang mendiami sekitar sungai.

Menariknya, hal tersebut justru membuat kulit orang-orang suku Yanomami memiliki kompleksitas bakteri yang tinggi sehingga mampu menjadi antibiotik alami bagi tubuh mereka. Akibatnya, tubuh mereka pun menjadi lebih kebal terhadap serangan virus penyakit.

Jika ditilik dari segi ilmiah, kompleksitas bakteri terkait merupakan sekumpulan mikro bioma yang penting untuk menunjang kelancaran sistem imun, pencernaan, dan fungsi hati.

Jika kompleksitas bakteri ini berkurang, maka sistem pertahanan tubuh pun akan rentan terhadap serangan virus penyakit, apalagi di daerah beriklim tropis yang lembap, di mana virus bakteri jahat mampu berkembang biak dengan cepat.

Memang tidak disebutkan bahwa jarang mandi akan benar-benar berdampak baik bagi kesehatan tubuh, namun terbukti secara ilmiah baik bagi kesehatan kulit. Kelembapan kulit pun akan terjaga dengan baik jika mandi dilakukan secara berkala, paling sering satu kali sehari.

Paparan bahan kimia pada sabun berisiko mengurangi tingkat kelembapan kulit jika digunakan terlalu sering, dan inilah yang sebenarnya sering dikeluhkan oleh banyak orang setelah selesai mandi.

Cari Artikel Lainnya